Agar Jaringan Tetap Aman Dari Para Haker, Inilah Alasan Mengapa Keamanan Jaringan Wireless Sangat Penting

0
3573
Halojasa Alasan mengapa keamanan jaringan wireless sangat penting

Alasan mengapa keamanan jaringan wireless sangat penting – Mengingat jaringan nirkabel tersebut begitu rentan terhadap berbagai serangan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sejauh ini, serangan demi serangan yang dilancarkan oleh para haker mampu membuat pengguna dunia maya merasa terganggu dan tidak nyaman ketika harus menggunakan database yang terintegrasi dengan internet.

Memiliki password sebenarnya bukanlah jaminan database perusahaan tetap terlindungi. Bahkan semakin canggihnya teknologi, maka semakin canggih pula kemampuan para haker menyusup sehingga mampu mencuri data perusahaan incarannya. Bahkan lebih parahnya, jika penyusup mulai masuk ke sistem database kemungkinan bisa juga menyebarkan virus dan merusak jaringan lainnya.

Jaringan wireless atau lebih dikenal dengan sebutan WiFi adalah perangkat jaringan yang memudahkan penggunanya melakukan tugas rumahan, sekolah atau kantor tanpa perlu repot-repot memasang kabel jaringan. Jaringan ini menggunakan sinyal radio sebagai media untuk transmisi. Meskipun jaringan ini cukup rentan mengalami serangan, beberapa alasan berikut ini akan membantu memperkuat keamanan pada jaringan wireless agar terhindar atau terbebas dari serangan virus atau haker perusak data.

  1. Sulit menelusuri adanya koneksi illegal

Alasan pertama mengapa kita sebagai pengguna wifi harus ekstra berhati-hati dari ancaman virus adalah kesulitan dalam melacak atau menelusuri adanya koneksi illegal yang ingin mengakses jaringan WiFi. Jaringan tanpa kabel ini merupakan jaringan yang memakai gelombang elektromaknetik. Gelombangnya bisa muncul antara 2,4 GHz dan 5 GHz untuk media transmisi. Karena gelombang transmisi inilah sangat memudahkan penggunanya mampu terkoneksi dengan WiFi Access Point. Anda juga tak membutuhkan perangkat khusus untuk mencangkau channel yang sesuai dengan AP, dan cukup mengaktifkan WiFi maka sudah bisa menggunakan jaringan nirkabel.

Sayangnya, dengan kemampuan ini cukup membuat kita kesulitan dalam menentukan dimana letak penyusup yang mencoba masuk ke wilayah jaringan. Berbeda dengan jaringan yang menggunakan kabel, para penyusup sangat mudah untuk terdeteksi dan kita dapat memastikan siapa yang tergabung ke dalam jaringan. Caranya dengan melihat urutan kabel mana yang terpakai dengan komputer client. Wifi hanya membantu kita mengetahui alamat mac penyusup tanpa mengetahui dimana lokasinya. Jadi supaya lebih aman menggunakan jaringan wifi, lebih baik aktifkan juga sistem pengaman. And bisa meminta bantua jasa instalasi jaringan supaya sistem keamana wifi bisa terlindungi.

  1. Tidak ada batasan sinyal WiFi

Jaringan wifi dapat digunakan kemana pun Anda berada, didalam rumah atau diluar rumah. Namun berbeda dengan jaringan yang menggunakan kabel, jarak jangkau sinyal wifi cukup sulit untuk ditentukan. Menggunakan sinyal wifi yang kuat dan jauh maka jangkauan sinyal wifi juga akan bagus, meski sangat berbahaya. Mengapa demikian? Semakin jauh jarak sinyak yang dijangkau maka semakin banyak juga pengguna yang terhubung dengan koneksi tersebut.

Pancaran sinyal wifi yang cukup sulit terdeteksi dengan pasti sehingga memudahkan orang lain menjangkaunya. Contoh kasus misalnya ketika anda memilih meningkatkan jarak jangkau sinyal wifi, bisa jadi dengan jarak sekian jauh jaringan wifi Anda akan muncul ketika orang lain mengaktifka wifi. Jika Anda belum mengaktifkan sistem keamanan jaringan, maka sangat mudah bagi orang lain untuk mengakses dan memakai jaringan wifi Anda. Karena alasan inilah mengapa sangat penting melakukan pengamanan pada jaringan wifi.

  1. Mudahnya terkoneksi dengan Access Point

Kemudahan terkoneksi dengan Access Point bisa dilakukan meski dengan jarak yang cukup jauh. Akan tetapi hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan wifi yang memiliki Power atau Antenna Gain. Access Point pada sinyal Wifi umumnya sudah diatur dengan tak memakai power atau antenna gain yang besar, tetapi jika sinyal wifi pada clien memakai sinyak power yang besar, tentu sanya masih bisa menangkap sinyak dari AP bahkan dengan kualitas sinyal yang bagus.

Daya atau power perangkat wifi yang sangat besar akan memungkinkan tingginya tingkat sensitivitas ketika menerima sinyal. Hal ini juga menjadi salah satu karakter utama sinyal wifi sehingga Anda tentu harus lebih ektra dalam meningkatkan keamanan jaringa. Meski menggunaka koneksi yang besar, namun tetap bisa nyaman dengan bantuan tambahan sistem keamanan.

  1. Menempatkan Access Point yang mudah terlihat bisa mengundang banyak orang

Wireless Access Point (WAP) atau lebih sering disebut AP atau Access Point ini memang merupakan perangkat keras jaringan yang mengikuti perangkat wifi supaya memudahkan untuk jaringan terkoneksi. Jika Anda menempatkan AP yang mudah terlihat, maka sudah pasti bisa mengundang banyak orang lain untuk terhubung ke jaringan tersebut. Dan pengamanan jaringan ini tak hanya dilakukan pada bagian softwarenya saja tetapi juga secara hardware. Anda juga tidak boleh sembarangan menentukan letak perangkat wifi AP. Hal ini bisa sangat berguna supaya terhindar dari gangguan pihak yang tak bertanggungjawab.

Selain itu, keamanan jaringan pada kualitas sinyal yang diperoleh dan peletakkan perangkat AP wifi harus diperhatikan.  Dengan kata lain, Anda bisa meletakkan AP dalam box yang sudah memiliki sistem pengaman sehingga hanya akan muncul antenanya saja. Anda bisa membayangkan apabila ada pengguna tak dikenal mencoba masuk ke area wifi Anda lalu menekan tombol reset, tentu saja akan membuat Anda harus mengkonfigurasi ulang AP tersebut.

Akhir kata, jika Anda ingin meningkatkan sistem jaringan wifi supaya lebih aman tentu harus mengatur sistem keamananya. Jika kesulitan dalam hal ini, anda bisa menggunakan jasa instalasi jaringan. Atau cari informasi lebih soal bagaimana meningkatkan sistem jaringan wifi supaya terhindar dari tangan-tangan jahil tak bertanggungjawab yang mencoba membobol sinyal wifi dan akhirnya merugikan Anda.

Baca juga: Tips Merawat Jaringan Komputer Demi Kelancaran Bisnis

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
100%
angry
Marah
0%