Alasan Perusahaan Memilih Security Dari Outsourcing

0
5058
Halojasa Alasan perusahaan memilih security dari outsourcing

Alasan perusahaan memilih security dari outsourcing¬†–¬†Disadari atau tidak, saat ini banyak perusahaan memilih menggunakan tenaga security yang berasal dari luar perusahaan tersebut. Dengan kata lain, tenaga keamanan ini tidak diperoleh melalui sistem perekrutan di dalam perusahan itu sendiri melainkan dari perusahaan jasa tenaga kerja atau lebih dikenal dengan outsourcing. Outsourcing sendiri merupakan kerjasama yang dilakukan oleh dua perusahaan yaitu perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan perusahaan penyedia tenaga kerja. Kebanyakan perusahaan memilih security di perusahaan penyedia tenaga kerja ialah karena terbilang lebih praktis karena perusahaan hanya tinggal menunggu security yang sudah direkrut oleh perusahaan outsourcing.

Lebih dari itu, perusahaan akan mudah melakukan komplain apabila security yang dipekerjakan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain alasan tersebut, berikut ini adalah 5 alasan penting mengapa banyak perusahaan modern memilih security dari layanan jasa outsourcing.

  1. Perusahaan dapat menghemat biaya

Alasan pertama mengapa banyak perusahaan lebih diuntungkan dengan menggunakan perusahaan jasa atau outsorcing dalam mencari tenaga kerja khususnya security ialah karena perusahaan dapat lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan perekrutan tenaga kerja secara internal, perusahaan akan dibebankan dengan biaya untuk penyeleksian. Bukan hanya itu saja, bila penyeleksian dilakukan secara internal maka dibutuhkan tenaga perekrutan dari dalam. Tentu saja karena hal ini banyak tenaga yang terkuras. Lebih dari itu, setelah tenaga kerja security sudah didapat perusahaan masih harus mengeluarkan biaya untuk pelatihan tenaga kerja. Hal ini justru berbeda bila security didapat dari perusahaan tenaga kerja security. Perusahaan tak akan menghamburkan banyak biaya untuk perekrutan dan pelatihan tenaga kerja baru karena tenaga kerja atau security tersebut sudah dilatih dan dididik di perusahaan outsourcing. Sehingga perusahaan dapat lansung menempatkan security pada bagian yang diperlukan.

  1. Mendapatkan security yang berkompeten

Alasan kedua tenaga kerja seperti security lebih dipilih dari perusahaan outsourcing ialah perusahaan akan lebih mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya. Sebuah perusahaan tentu membutuhkan tenaga kerja di bagian keamanan yang berkompeten sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat apabila terjadi sesuatu hal buruk. Untuk mendapatkannya, tentu perusahaan harus terlebih dahulu merekrut ratusan bahkan ribuan calon tenaga kerja. Perlu diketahui, untuk merekrut ratusan calon tenaga kerja khususnya security tidaklah mudah. Untuk itulah kemudian dipilihlah perusahaan yang menyediakan tenaga kerja sebagai security. Singkatnya, dengan bekerja sama dengan penyedia tenaga kerja atau outsourcing, perusahaan akan cepat mendapatkan security yang berkompeten. Mengapa demikian? Hal ini karena penyedia jasa security akan melalukan penyeleksian sendiri dan menempatkan security berdasarkan kemampuan yang dimiliki serta kebutuhan perusahaan.

  1. Perusahaan tidak direpotkan dengan tunjangan

Salah satu alasan security dari layanan tenaga kerja outsourcing lebih banyak diminati oleh perusahaan besar dan modern ialah karena perusahaan tidak akan direpotkan lagi dengan pesangon dan tunjangan dari tenaga kerja. Secara umum, perusahaan penyedia jasa memiliki kebijakan sendiri. Tunjangan tenaga kerja yang sudah ditempatkan di perusahaan rupanya diberikan oleh perusahaan yang merekrut tenaga kerja tersebut. Singakatnya, perusahaan penempatan security tidak memiliki kewenangan dalam memberikan pesangon. Hal ini juga terjadi pada beberapa hal lainnya seperti THR dan masalah PHK juga ditangani oleh perusahaan yang merekrut bukan perusahaan tempat kerja security. Hal ini cukup menguntungkan perusahaan tempat tenaga kerja dipekerjakan. Lain halnya bila security didapat dari perekrutan intern atau di dalam perusahaan, tunjangan dan THR akan menjadi kewajiban dari perusahaan tempat kerja. Karena alasan ini, jadi jangan heran bila banyak perusahaan memilih security dari outsourcing.

  1. Perusahaan dapat meminimalisir resiko

Alasan lain yang menguntungkan ialah perusahaan dapat meminimalisir resiko saat terjadi hal-hal buruk. Biasanya resiko akan ditangani oleh kedua perusahaan baik perusahaan yang menggunakan jasa maupun perusahaan penyedia security outsourcing. Namun, pembagian penanganan resiko dilakukan berdasarkan kesepakatan awal atau perjanjian kerjasama. Lebih dari itu, memilih security dari layanan tenaga kerja memang lebih menguntungkan. Berbeda bila tenaga kerja ini didapat dari seleksi perusahaan  dan tanpa melibatkan perusahaan jasa. Bila terjadi hal buruk maka resiko akan dipikul oleh perusahaan. Ini akan menjadi sesuatu yang tidak menguntungkan karena resiko sepenuhnya menjadi tanggung jawab perusahaan. Tak hanya itu, karena resiko dipegang penuh oleh si perusahaan maka perusahaan tersebut harus selalu meminimalisir hal-hal yang beresiko saat menugaskan security.

  1. Perusahaan mudah mencapai goal

Setiap perusahaan memiliki tujuan atau goal yang berbeda. Karena memiliki goal yang berbeda maka masing-masing perusahaan memiliki cara sendiri untuk mencapai tujuan akhir. Untuk mencapai goal yang ingin dicapai, perusahaan harus lebih fokus menjalankan setiap departemen di dalamnya. Bila security didapat dari tenaga kerja outsourcing maka perusahaan dapat lebih fokus pada pencapain goal. Mengapa demikian? Penyedia security memiliki kebijakan dan departemen dalam mengatur tugasnya di perusahaan. Singkatnya, hal-hal yang biasanya diurusi oleh departemen dalam perusahaan akan ditangani oleh penyedia jasa. Dengan begini, beban perusahaan akan lebih berkurang.

Itulah beberapa alasan mengapa saat ini banyak perusahaan memilih security outsource untuk dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di dalam perusahaan. Pada akhirnya, security outsource sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena memudahkan perusahaan. Lebih dari itu, kedua perusahaan yaitu perusahaan pengguna jasa dan perusahaan yang menyediakan jasa security dapat bersinergi untuk menciptakan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan. Bagaimana, apakah Anda juga termasuk orang yang membutuhkan security outsource di era globalisasi ini?

love
Senang
13%
haha
Terinspirasi
11%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
46%
angry
Marah
27%