Tips Cerdas Membeli Properti Bagi Pemula

0
2297
Halojasa Tips cerdas membeli properti

Tips cerdas membeli properti – Bagi seorang pemula membeli properti sepertinya tergolong gampang-gampang susah. Ya, investasi di bidang properti saat ini digadang-gadang menjadi bisnis yang menjanjikan. Tidak heran bila banyak selebritis yang mulai menggeluti bisnis properti. Sayangnya, untuk mendapatkan properti yang menguntungkan untuk jangka panjang seseorang juga membutuhkan kerja keras dan beberapa trik jitu. Terlebih bagi para pemula yang masih awam dengan properti. Membeli properti harus disesuaikan dengan kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek. Agar mendapatkan properti yang sesuai dan tepat, berikut ini adalah tips cerdas yang bisa digunakan.

  1. Pastikan dahulu tujuan pembelian

Tips pertama yang harus diperhatikan ialah memastikan terlebih dahulu tujuan Anda membeli properti. Apakah itu sebuah apartemen, rumah, ruko, gudang penyimpanan atau tanah. Pasalnya untuk membeli properti tersebut cara-cara yang digunakan berbeda. Misalnya Anda membeli sebuah apartemen untuk ditempati sendiri pastinya Anda harus memastikan apartemen tersebut sesuai dengan selera Anda. Berbeda dengan pembelian ruko. Anda harus mencari ruko yang nantinya diminati oleh penyewa ruko tersebut. Singkatnya, membeli properti untuk ditempati sendiri dan untuk investasi sangatlah berbeda. Bila properti digunakan untuk pribadi maka diri kita lah yang menentukan nyaman tidaknya properti tersebut. Sementara membeli properti untuk disewakan kembali harus mengikut sertakan selera dan kebutuhan penyewa untuk jangka panjang.

  1. Ketahui harga properti di pasaran

Tips selanjutnya ialah mengetahui harga properti di pasaran. Anggaran atau harga properti adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipikirkan setiap pembeli properti. Bahkan hal ini harus dilakukan pada tahap awal pencarian properti. Sebelum melakukan pembelian properti, sebagai investor yang cerdas sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Carilah harga yang nilainya wajar terutama dengan nilai pasar.  Sebagai pemula, Anda harus mengetahui bahwa seringkali vendor atau pemilik properti akan lebih terbuka untuk menawarkan harga penjualan properti tersebut. Inilah kesempatan Anda untuk menegoisasikan kesepatan yang baik. Terutama bila Anda melakukan pembelian dengan cara tunai. Ingatlah bahwa investasi yang Anda pilih sekarang akan memberikan pengaruh pada keuntungan jangka pendek dan panjang.

  1. Memilih lokasi yang tepat

Tips selanjutnya ialah memilih lokasi yang tepat. Apartemen, ruko, rumah, tanah atau gudang penyimpanan yang Anda beli sebaiknya harus berada di tempat yang paling baik. Artinya, di masa mendatang lokasi akan menentukan seberapa besar keuntungan Anda. Terutama bila Anda ingin menjadi pebisnis properti. Bagaimana tidak, lokasi yang tepat merupakan kunci penting agar Anda bisa membuka pintu saat ingin berinvestasi properti yang sukses. Sehingga Anda harus benar-benar melakukan survei terlebih dahulu dan menelusuri lokasi yang diminati banyak orang saat ini dan beberapa tahun ke depan. Bagaimana bila anggaran yang dimiliki terbatas? Sebagai pemula, ingatlah bahwa membeli properti buruk di wilayah yang tratagis dan terbaik akan lebih menguntungkan daripada membeli properti terbaik namun berada di lokasi yang terburuk.

  1. Pahami persaingan properti

Salah satu hal yang harus dipahami oleh para pembeli properti terutama pemula ialah persaingan penjualan dan penyewaan properti. Tahukah bahwa setiap saat harga properti bisa saja berubah. Terlebih saat ini ada banyak pebisnis properti. Saat Anda hendak membeli properti untuk bisnis, Anda harus bersiap untuk bersaing dengan pebisnis lainnya. Hal ini berbeda bila Anda membeli properti untuk dipakai sendiri. Anda tak perlu mengikuti arus persaingan dalam bisnis properti. Saat memilih untuk berinvestasi dalam bisnis properti, Anda harus menghimpun informasi agar tentang persaingan bisnis properti agar tidak tertinggal dengan pesaing lainnya. Tak hanya mengetahui informasi terbaru mengenai persaingan properti, sebagai pemula Anda juga harus memastikan properti yang Anda tawarkan kelak tidak banyak di pasaran. Sehingga properti bisa lebih unggul daripada pesaing lainnya.

  1. Mengetahui permintaan penyewa

Tips lain yang agar tak kecewa saat membeli properti untuk investasi ialah dengan mengetahui permintaan penyewa. Bila Anda mengidamkan keuntungan bisnis investasi properti yang besar, maka mengetahui permintaan penyewa dalam beberapa periode adalah hal wajib. Kebutuhan para penyewa jenis properti yang Anda sewakan adalah kunci untuk investasi yang sukses. Investor harus lebih jeli saat melakukan survei kebutuhan masyarakat. Pastikan Anda mengidentifikasi beragam tipe penyewa yang ada di masyarakat. Pasalnya, setiap penyewa memiliki kriteria yang berbeda dalam mencari properti. Mengetahui selera masing-masing penyewa yang menjadi target pasar Anda akan membantu Anda mendapatkan properti yang sesuai kebutuhan. Untuk itu, sebelum Anda benar-benar membeli properti sebaiknya analisa terlebih dahulu properti yang seperti apa yang diinginkan oleh target pasar Anda mendatang.

  1. Cek status dan legalitas properti

Terakhir yang tidak kalah penting ialah mengecek terlebih dahulu status properti yang hendak Anda beli. Pasalnya terkadang beberapa properti yang dijual masih dalam sengketa. Tak hanya itu, sebaiknya Anda memahami legalitas properti yang hendak dibeli. Pastikan Anda mengecek dengan jelas berkas-berkas status properti dan apabila masih ada yang janggal sebaiknya jangan ragu bertanya kepada vendor atau pemilik properti. Legalitas properti tersebut adalah hal penting untuk diurus terlebih dahulu. Tanyakan pemilik asli properti. Hal ini untuk menghindari penipuan dan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa tips cerdas membeli properti bagi para pemula. Memang tak mudah mendapatkan properti yang aman dan menguntungkan untuk investasi jangka panjang. Meminta bantuan kepada pengacara properti adalah cara yang tepat demi mendapatkan properti yang aman. Lewat pengacara properti, semua dokumen properti akan diteliliti dengan baik. Pada akhirnya, baik pemula atau yang sudah menjalankan bisnis properti menyewa pengacara properti akan lebih menguntungkan

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%