Panduan dan Tips Memilih Tempat Kursus Komputer Untuk Generasi Milenial

0
3232
Halojasa tips memilih tempat kursus komputer

Dewasa ini, sebenarnya tidak terlalu sulit memilih tempat kursus komputer untuk generasi milenial. Mengingat kebutuhan akan teknologi informasi juga semakin luas dan berkembang. Memilih kuliah jurusan teknik seperti komputer memang masih menjadi primadona masyarakat. Banyak lulusan baru yang meyakini bahwa kuliah di jurusan teknik komputer memberi prospek tinggi khususnya saat mencari pekerjaan.

Era digital kini memang semakin berkuasa, ditambah lagi kebutuhan akan ilmu komputer semakin hari tidak akan tergerus zaman. Mereka yang cakap mengoperasikan komputer sianggap lebih baik dibanding yang tidak bisa sama sekali. Karena apa? Hampir setiap pekerjaan era modern khusunya pekerjaan yang bergerak di bidang teknologi, instansi pemerintah bahkan swaswa mengharuskan para karyawannya melek komputer. Sementara bagi mereka yang memiliki skill komputer sangat rendah tak perlu berkecil hati. Pasalnya kini sudah banyak lembaga kursus komputer yang menawarkan jasa kursus.

Mengapa harus belajar komputer? Meski kini sudah dihadirkan banyak perangkat pembelajar agar bisa mahir komputer baik melalui tutorial di internet atau di buku, akan tetapi beberapa orang belum mampu menguasai ilmu komputer secara otodidak. Itu mengapa lembaga kursus komputer sangat berperan dalam membantu menunjang proses belajar. Sejak kecil pun ilmu komputer kini sudah mulai diterapkan di sekolah-sekolah, jadi bagi para orangtua yang tidak memiliki waktu untuk mengajarkan buah hati belajar komputer, jasa kursus jadi solusinya.

Akan tetapi melihat banyaknya kursus komputer yang berdiri, membuat kita harus pandai memilih mana jasa yang benar-benar mampu memberikan lulusan berkompeten. Mentor berpengalaman juga penting diperhatikan agar mencapai kesuksesan belajar dalam waktu singkat. Berikut ini panduan dan tips mencari tempat kursus komputer yang bagus dan profesional yang cocok dengan para milenial.

  1. Jenis keterampilan yang diberikan

Bidang keahlian komputer kini sudah semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman juga. Beberapa contoh bidang komputer adalah bidang desainer, programmer, web development, marketing, jaringan dan masih banyak lainnya. Bahkan teknik di perusahaan negeri pun sudah menggunakan lulusan teknik komputer, sebut saja bidang teknik sipil yang tidak lepas dari bidang komputer juga. Jadi sebelum benar-benar memutuskan untuk memilih kursus bimbingan komputer, alangkah baiknya untuk mencari jenis bidang yang dimiliki. Dengan begitu Anda jadi lebih mudah menentukan bidang mana yang akan dipelajari terlebih jika menyangkut jurusan pendidikan yang diambil. Atau Anda bisa memilih tempat kursus yang menyediakan beberapa bidang kursus sekaligus lengkap dengan mentor yang ahli dibidang yang dikuasinya.

  1. Perhatikan kelengkapan materi yang diberikan

Materi merupakan pokok dari pembelajaran. Jika materi yang dibahas sesuai dengan bidang yang dipelajari maka bisa Anda ambil. Terlebih jika materi menyangkut pekerjaan atau materi yang biasa diajarkan disekolah. Ada bisa tanyakan kepada lembaga kursus tentang materi yang diberikan apakah menyediakan modul, ebook atau buku serta materi latihan untuk dipelajari. Jika Anda takut bertanya, bisa mencari refrensi lain dari teman, kerabat atau orang yang sudah pengalaman menggunakan jasa di kursus komputer tersebut. Semakin lengkap materi yang diberikan semakin pandai wawasan Anda dalam bidang komputer tentu hal itu tak lepas dari peran tentor selaku pemberi materi.

  1. Para trainer yang berpengalaman

Tahap selanjutnya sebelum memilih kursus komputer yang pas bagi para milenial adalah trainer yang sudah berpengalaman dan lugas dalam menyampaikan materi. Tempat kursus yang baik tentu menyediakan para guru dengan gaya mengajar yang bisa dipahami oleh peserta didik. Terlebih jika Anda masih baru atau ingin mempelajari ilmu komputer dari awal tentu harus mulai memahami tentang ilmu komputer melalui mentor.  Trainer yang berpengalaman tentu sudah memiliki jam mengajar yang cukup banyak sehingga jika nanti ada pertanyaan yang peserta belum memahami, maka trainer akan membantu memberi jawaban. Disiplin ilmu adalah hal yang harus dimiliki oleh trainer profesional. Jadi coba tanyakan seputar profile dan pengalaman para trainer yang disediakan oleh lembaga kursus.

  1. Memiliki jadwal yang fleksibel

Jadwal yang fleksibel bisa jadi pilihan alternatif untuk Anda yang memiliki kesibukan. Lembaga yang menyediakan jadwal fleksibel akan sangat membantu bagi peserta didik yang sulit menyesuaikan jawal dengan kesibukannya. Bahkan jika sulit menyesuaikan jadwal belajar bisa-bisa malah mengorbankan satu diantaranya. Akan tetapi dengan memilih lembaga kursus yang menyediakan waktu belajar fleksibel bisa membuat peserta didik merasa nyaman. Sayangnya tidak semua lembaga kursus memiliki jadwal fleksibel. Jadi Anda dapat mencari informasi bisa melalui internet, marketplace penyedia jasa kursus komputer, lembaga kursus di tempat Anda atau bisa melalui teman.

  1. Portofolio yang dihasilkan dan reputasi tempat belajar

Paling penting sebelum menentukan kursus komputer yang pas adalah melihat hasil yang diperoleh setelah melakukan pembelajaran bersama para tentor. Anda dapat mengamati dan melihat tentang portofolio akan sangat membantu misal membaca testimony dari mereka yang sudah menggunakan layanan jasa di lembaga kursus tersebut. Bukan hanya itu, reputasi atau kredibilitas tempat kursus juga menjadi tolak ukur kesuksesan peserta didik dalam belajar. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyak hal salah satunya sertifikat lembaga kursus. Anda bisa mengecek apakan lembaga kursus memiliki sertifikat kualitas. Anda dapat mendatangi tempat kursus atau cek melalui website nya.

  1. 6. Jaminan bisa dan penguasaan materi

Terakhir adalah lembaga kursus komputer yang anda pilih memiliki jaminan tentang penguasaan materi atau bisa juga jaminan uang kembali. Dengan jaminan inilah menandakan bahwa lembaga kursus benar-benar profesional dan mampu memuaskan peserta didik sehingga peserta didik tidak kecewa dikemudian hari. Jaminan uang kembali juga menjadi pilihan supaya peserta puas.

Sekian tips dan panduan memilih lembaga kursus komputer yang terpecaya buat para generasi milenial. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
12%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
12%
angry
Marah
25%