Tips Agar Wastafel Tidak Tersumbat 6 Cara Ini Bisa Diterapkan

0
3454
Agar Wastafel Tidak Tersumbat

Memiliki wastafel bersih tanpa adanya gangguan atau sumbatan merupakan salah satu impian setiap orang terutama ibu rumah tangga. Wastafel yang bersih dan tanpa sumbatan akan membuat segala aktifitas menjadi lancar. Tentu bukan hal yang menyenangkan jika air meluap saat Anda sedang menyikat gigi atau wastafel tersumbat setelah Anda mencuci piring. Sumbatan yang terjadi pada wastafel akan berdampak pada kebersihan di dalam rumah Anda. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan di rumah agar wastafel tidak tersumbat.

Lubang Pembuangan Wastafel Harus Dibersihkan Dengan Teratur

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan lubang pembuangan wastafel secara rutin. Hal ini sangat penting, untuk menghindari penumpukan kotoran – kotoran, seperti sabun atau pun penumpukan rambut. Jika Anda memiliki masalah rambut rontok maka Anda bisa mengambil rambut-rambut yang rontok dan membuangnya pada tempat sampah daripada menyiramnya dan membuat wastafel menjadi tersumbat. Membersihkan drainase ( saluran untuk mengalirkan air buangan) perlu menjadi perhatian utama Anda karena dari sinilah masalah akan timbul, untuk itu Anda bisa membuat jadwal rutin untuk membersihkan drainase secara teratur dua kali dalam seminggu. Agar lebih menyenangkan maka Anda bisa membuat jadwal untuk membersihkan drainase bersama anggota keluarga.

Buang Ampas dan Sisa Makanan Pada Tempat Sampah

Ampas dan sisa makanan memang tidak disarankan untuk dibuang di wastafel. Sebaiknya Anda menyiapkan kantong plastik dan meletakannya di sebelah wastafel ketika sedang mencuci piring. Dengan begitu sampah baik ampas makanan atau pun minyak bisa langsung dibuang. Minyak dan lemak yang berasal dari makanan merupakan penyebab utama yang mengakibatkan penyumbatan saluran pembuangan. Hal ini bisa terjadi karena lemak dan kotoran tersebut menempel pada salurang pembuangan, belum lagi ketika lemak dan minyak mengendap pada saluran pembuangan. Awalnya memang sedikit dan tidak akan menyebabkan masalah tetapi jika hal ini berlanjut secara terus menerus maka wastafel akan tersumbat. Untuk itu sangat disarankan agar Anda menuang sisa makanan atau minyak ke dalam wadah yang disegel dan langsung membuangnya ke tempat sampah. Selain itu Anda juga harus membersihkan minyak yang menempel pada peralatan masak sebelum mencucinya dengan sabun pencuci. Hal ini juga penting untuk Anda bicarakan dengan anggota rumah. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah bersama-sama.

Gunakan Air Mendidih atau Air Panas

Jika Anda sering lupa dan membuang minyak ke dalam wastafel maka Anda bisa memakai air panas atau air mendidih untuk melelehkan minyak dan kotoran yang mungkin menyumbatnya. Anda bisa mendidihkan satu panci air, lalu tuangkan langsung pada saluran yang tersumbat dengan perlahan-lahan. Pastikan Anda berhati-hati saat melakukannya karena memang Anda sedang berurusan dengan air panas. Anda bisa mengulangi beberapa kali sampai usmber penyumbat larut dan saluran kembali lancar. Endapan sabun, tumpukan lemak serta minyak yang tidak membandel akan larut dengan mudah. Metode ini bisa Anda lakukan rutin seminngu sekali. Dengan melakukan secara rutin maka Anda bisa meminimalisir wastafel tersumbat dan menjadi salah satu upaya pencegahan agar wastafel selalu dalam keadaan bersih. Untuk metode satu ini bisa Anda lakukan jika pipa wastafel terbuat dari logam karena air dengan suhu tinggi bisa merusak pipa plastik. Jika pipa tidak terbuat dari wastafel maka Anda bisa memilih cara yang lain.

Selalu Gunakan Tiris Pembuangan

Agar wastafel tidak tersumbat, tiris pembuangan bisa menjadi salah satu alternatif paling mudah yang bisa Anda coba terapkan pada wastafel. Tiris berguna sebai penyaring agar rambut atau sisa kotoran tidak ikut terhanyut ke dalam saluran air. Ketika tiris pembuangan sudah terlihat penuh maka Anda bisa mengambilnya dan membuangnya pada tempat sampah. Tiris pembuangan sangat mudah untuk diterapkan dan mudah diberishkan. Tidak hanya itu, tiris pembuangan juga bisa Anda gunakan untuk semua jenis saluran air.

Tidak Membilas Barang Sembarangan

Membilas barang sembarangan ke dalam wastafel bukan hal yang harus Anda lakukan. Mesikupun itu hanya berupa tisu yang mana Anda pikir tipis dan bisa larut ke dalam air. Selain tisu, kertas juga tidak diperkenankan. Material –material tersebut berpotensi menjadi salah satu penyumbat dalam sistem saluran pembuangan. Anda tentu sudah sering membaca tulisa agar tidak membuang sampah berbahan tisu atau pun kertas pada toilet umum. Bahkan larangan ini hampir ditempel di seluruh toilet yang mana ini menunjukkan sebagai peringatan keras untuk melakukan pencegahan.

Plunger Bisa Menjadi Alternatif

Plunger bisa menjadi salah satu alat yang wajib Anda sediakan di rumah. Jika memang semua cara di atas gagal dilakukan maka Anda bisa memakai plunger untuk menyedot kotoran. Meskipun alat manual tetapi kemampuan plunger cukup bisa diandalkan. Pastikan Anda meletakkan bagian atas plunger pada lubang pembuangan lalu tekan sekuat tenaga dan tarik dengan sekuat-kuatnya sebanyak 10 hingga 12 kali agar benda-benda yang menjadi penyumbat saluran pembuangan bisa ikut tersedot. Jika memang plunger Anda rasa kurang efektif dan cukup melelahkan maka Anda bisa meminta bantuan tukang service. Anda juga tidak perlu keluar rumah untuk mencari jasa tukang service. Cukup dari laptop atau dari handphone dan membuka situs halojasa.com maka Anda bisa menemukan tukang service yang ahli dan mengatasi permasalahan satu ini dan Anda cukup menunggu semua beres.

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%