Layar Laptop Kotor? Berikut Cara Aman Membersihkannya

0
5622
Cara Aman Membersihkan Laptop

Cara Aman Membersihkan Laptop – Di jaman yang sudah canggih, laptop memang menjadi salah kebutuhan hampir setiap orang baik yang sudah bekerja atau yang masih menempuh pendidikan. Ada berbagai aktivitas yang menuntut seseorang untuk memakai laptop, dari sekedar brwosing, atau menyiapkan persentasi untuk meeting atau sekedar nonton film. Belum lagi saat ini ada banyak sekolah yang menyiapkan anak didiknya menjadi generasi yang melek teknologi dan biasanya sistem pendidikan ini berlaku untuk anak-anak sekolah dasar. Belum lagi orang dewasa dan mahasiswa yang bekerja dengan laptop atau programer yang mana laptop seperti bagian dari nyawa mereka.

Meskipun laptop menjadi salah satu benda yang sering digunakan, bukan berarti laptop akan bebas dari debu. Debu tetap saja bisa menempel pada bagian-bagian laptop seperti keyboard atau pun layar laptop. Menjaga kebersihan laptop sangat penting untuk Anda perhatikan karena dengan menjaga kebersihan laptop maka Anda telah melakukan perawatan dengan cara sederhana. Anda tentu sudah memahami bahwa benda – benda elektronik tergolong mahal untuk segi perbaikan dan perawatan.  Tidak hanya itu, debu yang menempel juga akan menganggu rasa nyaman ketika Anda sedang memakai laptop untuk mengerjakan tugas. Untuk itu membersihkan layar laptop bisa menjadi agenda rutin yang harus Anda lakukan. Cara membersihkan layar laptop dan keyboard tentu berbeda. Untuk membersihkan layar laptop Anda butuh sedikit trik agar laptop tetap aman. Ada beberapa cara aman membersihkan laptop yang bisa Anda lakukan.

  1. Pastikan Laptop Dalam Keadaan Mati

Mematikan laptop sebelum dibersihkan merupakan suatu keharusan agar tidak terjadi konsleting dari koneksi listrik. Dengan menekan tombol shut down secara benar maka Anda telah melewati titik aman pertama untuk melakukan perawatan pada laptop. Dengan mematikan laptop maka Anda membantu mempermudah pekerjaan Anda untuk membersihkan layar. Ketika laptop masih menyala maka debu tidak akan terlihat dengan jelas, berbeda saat laptop dalam keadaan mati maka debu akan terlihat dengan jelas. Ketika Anda melihat debu dengan jelas maka Anda bisa dengan mudah untuk membersihkan laptop bagian area yang sudah terlihat kotor dan noda yang membandel.

  1. Memakai Cairan Pembersih

Layar laptop atau LCD memang termasuk dalam benda yang sensitif. LCD sendiri singkatan dari Liquid Crystal Display yaitu sejni layar panel datar yang biasanya digunakan untuk jam digital atau digunakan untuk layar komputer serta laptop. Anda tentu pernah mendengar bahwa memakai cairan pembersih untuk LCD sebaiknya dihindari. Tetapi ada sebagian debu yang bandel dan tidak bisa hilang hanya dengan memakai kain lap kering. Sebenarnya cara satu ini masih bisa diakali, tetapi keamanan LCD tetap menjadi prioritas utama.

Untuk itu Anda tetap bisa memakai larutan tetapi semprotkan kepada kain bersih. Hindari menyemprotkan larutan secara langsung pada layar laptop Anda. Hal ini akan menimbulkan resiko konsleting. Atau bisa saja yang lebih buruk terjadi seperti layar laptop dapat mengalami kebakaran karena adanya kandungan air yang terkandung pada larutan sehingga mengakibatkan layar laptop terkontaminasi. Mencegah tentu lebih baik, untuk itu menyemprotkan larutan pada kain bisa menjadi pilihan. Tidak perlu terlalu banyak, Anda bisa menyemprotkannya sedikit-sedikit pada kain lalu mengelapnya pada LCD sampai noda membandel hilang dan layar kembali bersih seperti saat Anda baru membelinya.

  1. Memastikan LCD Kering

Setelah membersihkan layar laptop dengan cairan, sebaiknya Anda menunggu layar sampai benar-benar kering sebelum memakainya. Ketika laayar tidak benar-benar kering dan Anda nyalakan maka kemungkinan terjadinya kerusakan sangat besar. Hal ini disebabkan oleh sisa-sisa cairan yang mengembun akan merusak komponen layar.

  1. Biarkan LCD Kering Secara Alami

Ada beberapa cara yang biasanya digunakan oleh orang-orang untuk mengeringkan layar laptop. Salah satunya memakai hairdryer, meskipun alat satu ini memang bisa menjadi pengering alami tetapi sangat tidak disarankan. Suhu panas yang dikeluarkan oleh hairdryer akan menjadi penyebab kerusakan komponen pada layar. Sebaiknya Anda membiarkan layar laptop mengering secara alami. Sedikit bersabar tentu lebih baik daripada harus merogoh kocek karena layar laptop rusak.

  1. Lap Kering Untuk Debu

Memberishkan layar laptop dengan lap kering bisa menjadi andalan Anda, apalagi jika laptop hanya berdebu dan tidak ada noda membandel. Anda bisa mengelap layar dengan lembut dan hindari menekan layar. Menekan layar secara berlebihan hanya akan membuat layar laptop mengalami konsleting atau meninggalkan goresan.

  1. Gunakan Kain Lembut

Saat membersihkan layar, Anda harus memperhatikan tekanan yang terjadi agar tidak menyebabkan konsleting pada laptop. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kain yang Anda gunakan. Memilih kain yang kasar dengan harapan akan mudah membersihkan debu bukanlah hal yang bijaksana. Justru sebaliknya,kain yang kasar akan merusak layar. Untuk itu gunakan kain lembut seperti kain katun atau kain mikrofiber untuk membersihkan layar laptop.

  1. Gunakan Anti Gores atau screen protector

Screen protector atau anti gores bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki waktu sibuk dan tidak sempat membersihkan layar laptop. Membersihkan layar laptop dengan terburu-buru akan membuat Anda tanpa sadar merusak layar itu sendiri. Untuk itu anti gores bisa membantu Anda menajag lapisan utama layar laptop serta mengurangi goresan yang timbul pada LCD. Selain itu anti gores juga membantu untuk mengurangi pancaran sinar blue light yang terlalu terang dan dapat merusak kesehatan mata.

Facebook Comments
love
Senang
55%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
11%
angry
Marah
33%