Istilah-istilah Penting Desain Digital

0
1304
Halojasa Istilah-istilah Penting Desain Digital

Istilah-istilah Penting Desain Digital – dalam dunia desain terkadang membuat seorang desainer bingung. Bahkan orang-orang kerapkali mengalami miss uderstanding saat melakukan proyek desain yang diberikan oleh klien tertentu. Apakah Anda adalah salah satu diantara orang-orang tersebut. Bila iya, kini sudah saatnya Anda lebih mengenal dan memahami beragam istilah dalam desain terutama desain digital yang umum ditemukan di sekitar Anda.

Istilah-istilah Penting Desain Digital

Apa saja istilah-istilah penting yang harus kita ketahui? Berikut adalah 6 istilah penting dalam desain digital yang harus kita ketahui mulai sekarang agar tak terjadi miss understanding lagi dalam menangani proyek dari klien.

  1. RGB dan HEX

Istilah pertama digital ydalam desain ang harus diketahui dan dipahami ialah RGB dan HEX. Bagi orang awam, barangkali kedua istilah tersebut masih terdengar asing. Namun bila sudah menjadi seorang desainer, sudah sepatutnya Anda mengenali istilah tersebut. RGB dan HEX merupakan istilah yang rupanya mengacu pada nilai-nilai warna secara numerik. RGB sendiri merupakan singkatan dari kata Red, Grey and Blue. Tahukah Anda bila ketiga warna tersebut dapat menghasilkan susunan warna yang beragam dan lebih luas. Dalam dunia desain, RGB diaplikasikan untuk penggunaan warna on-screen atau yang bukan cetak. Seementara itu, HEX ialah enam digit nomor dimana nomor-nomor tersebut digunakan untuk aplikasi HTML, CSS serta perangkat lunak desain. Nomor-nomor tersebut nantinya akan merepresentasikan jenis-jenis warna dalam sebuah desain digital.

Istilah-istilah Penting Desain Digital

  1. Dither

Istilah penting selanjutnya dalam desain digital yaitu dither. Tahukah Anda bahwa istilah yang satu ini merupakan istilah yang tak boleh dilewatkan oleh seorang desainer. Dither sendiri adalah suatu proses yang digunakan dalam pengeditan audio dan gambar digital. Sehingga perannya sangat penting untuk sebuah desain. Dither rupanya juga memiliki peran dalam membantu agar tidak terjadi random noise. Dalam proses dithering, terdapat rumus matematika yang konon sangat rumit sehingga pada akhirnya dapat menambahkan noise pada gamba atau audio yang diedit. Penambahan noise ini nantinya akan mempengaruhi tampilan gambar dengan warna yang terbatas sehingga gambar atau audio. Melalui proses dithering, seorang desainer juga bisa menciptakan beragam ilusi warna yang menarik dalam sebuah desain.

Istilah-istilah Penting Desain Digital

  1. Metadata dan meta tag

Istilah lain dalam sebuah proses desain digital ialah metadata dan meta tag. Bagi seseorang yang seringkali membuat desain dengan bantuan digitalisasi, metadata dan meta tag sangat penting untuk dipelajari. Bahkan keduanya tak dapat dipisahkan karena dalam prosesnya kedua istilah ini saling berkaitan. Meta tag rupanya selalu bergantung pada metadata yang diciptakan. Metadata merupakan informasi yang berisi mengenai data atau informasi tentang konten dari sebuah item dalam suatu file digital. Sementara itu, meta tag tidak lain adalah tag-tag HTML yang nantinya membantu Anda dalam mengendalikan search engines saat mengindeks situs Anda dengan bantuan keyword dan deskripsi. Metadata rupanya seringkai digunakan untuk mendeskripsikan sebuah konten website di mesin pencari. Informasi tersebut kemudian akan ditambahkan dalam back-end website dengan menggunakan meta tags. Ternyata cukup rumit bukan?

Istilah-istilah Penting Desain Digital

  1. CSS

Tak cukup dengan mengenali dan memahami ketiga istilah di atas. Seorang yang berkecimpung dalam dunia desain digital haruslah memahami istilah CSS. Apa itu CSS? CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets. Ini merupakan satu perangkat aturan yang mana akan menentukan bagaimana sesuatu akan terlihat di dalam websiet yang dibangun dengan menggunakan gaya dan melibatkan elemen HTML. Keuntungan memahami CSS ialah dapat membantu Anda untuk mengendalikan beberapa komponen di dalam sebuah website agar lebih tertata dengan baik dan seragam. Tak hanya itu, CSS dapat memudahkan setiap situs pencari untuk membaca situs Anda serta memudahkan para desainer untuk mengubah semua atribut dalam teks atapun warna. Bahkan hanya dalam satu langkah saja, semua atribut dalam teks dapat berubah. Bagaimana, sudah tahu tentang istilah tersebut?

Istilah-istilah Penting Desain Digital

  1. Resolusi

Satu lagi istilah penting dalam dunia desain digital yang harus diketahui ialah resolusi. Tak hanya dalam dunia desain, sebenarnya kata resolusi barangkali sudah kita dengar saat kita mengambil gambar melalui ponsel atau kamera. Tak hanya itu, saat melihat brosur sebuah gadget layaknya ponsel atau laptop, kata resolusi pasti akan terpampang dalam kolom spesifikasi. Karena itu, istilah resolusi sudah tak asing di telinga banyak orang karena istilah ini sering ditemui. Akan tetapi, apa sebenarnya resolusi tersebut? Resolusi layar rupanya merupakan detail ukuran yang cocok. Dalam dunia desain, resolusi layar menjadi perhatian yang penting untuk dilakukan mengingat dengan melakukannya kita akan mendapatkan kualitas gambar yang sangat bagus. Bahkan dalam situs sekalipun. Dalam mengukur resolusi, seseorang harus mampu mempertimbangkan pikses per inci atau ppi terutama pada saat menyimpan gambar atau desain tersebut.

Istilah-istilah Penting Desain Digital

  1. UI dan UX

Istilah terakhir yang sudah harus dipahami oleh seorang deainer digital ialah UI dan UX. Apa itu UI dan UX? Kedua istilah tersebut mengacu pada back-end dan front-end di dalam desain digital. UX sendiri adalah singkatan dari User Experince. Peran UX adalah berkonsentrasi pada pemecahan masalah yang dialami pengguna. Sementara UI yang merupakan singkatan dari User Interface lebih mengacu pada bagaimana bentuk sebuah website atau aplikasi yang dibangun. UI ini mencangkup beberapa hal misalnya saja layout, branding hingga visual design.  Karena perannya yang banyak, maka UI dan UX adalah dua istilah yang cukup vital bagi seorang desainer digital.

Istilah-istilah Penting Desain Digital

Nah, itulah istilah desain digital yang ternyata tak boleh diabaikan karena perannya yang cukup penting. Meski terbilang rumit, seorang desainer harus memahami istilah tersebut dengan baik. Barangkali karena rumit, seseorang yang ingin mendapatkan desain digital yang sempurna memerlukan layanan jasa desain digital yang profesional.

love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%