Tips Cara Mendinginkan Processor Komputer

0
6896
Tips cara mendinginkan processor komputer

Tips cara mendinginkan processor komputer Processor bisa diibaratkan sebagai sebuah ‘otak’ yang mampu bekerja dalam banyak hal termasuk menghitung, menyimpan atau memproses informasi yang masuk ke dalam komputer. Tetapi jika otak ini terus dipaksa tanpa henti akibatnya akan fatal. Lebih dari itu, processor semakin lama makin panas hingga akhirnya terjadilah kerusakan pada system otak tersebut.

Bagi sebuah komputer, processor merupakan bagian sangat vital dimana perannya begitu berkaitan dengan hardware. Jika processor sedang tidak beres tentu saja akan mengganggu performa komputer, bahkan bisa membuatnya hank atau mati tiba-tiba. Karena sangat pentingnya peran sebuah processor, tentu saja merawatnya merupakan bagian yang tak boleh terlupakan. Perawatan juga tak bisa dilakukan dengan asal dan perlu dengan cara yang baik dan benar.

Pada dasarnya, cara benar merawat processor itu tidak perlu biaya sangat besar. Cukup dengan perawatan yang rajin dan konsisten supaya performa perangkat tersebut tetap bekerja dengan baik. Semakin ‘sehat’ processor, tentulah aplikasi yang berjalan didalamnya juga sangat baik. Berikut ini sejumlah tips ringan cara mendinginkan processor supaya bebas overhead.

  1. Gunakan thermal paste yang berkualitas

Tips cara mendinginkan processor komputer

Pilih bahan thermal paste yang bagus supaya bisa memberikan hasil maksimal pada perangkat processor. Thermal paste sendiri adalah media untuk menyalurkan panas pada processor ke heatsink atau pendingin processor. Thermal paste ini berguna membantu menurunkan suhu pada processor. Sehingga ketika processor beroperasi maka suhunya akan terkontrol sehingga mencegah pemanasan berlebih. Fungsi lain dari Thermal paste adalah mencegah terjadinya percikan api akibat komputer mengalami overload. Overload bisa terjadi bila processor terlalu sering mengalami gesekan dengan heatsing secara langsung dan lama. Jika memlih Thermal paste yang kurang berkualitas maka fungsinya pun tak akan maksimal.

  1. Posisi casing di tempat yang pas

Tips cara mendinginkan processor komputer

Casing merupakan perangkat keras yang berguna memberi ruang pelindung pada seluruh perangkat di dalam komputer. Supaya kegunaan komputer dapat beroperasi dengan sempurna pastikan posisi casing tepat dan pas. Aturlah supaya casing pada cpu pas agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Lebih disarankan untuk tidak meletakkan casing pada tempat tertutup agar proses pembuangan panas bisa berjalan sempurna.

  1. Aturlah kerapian kabel dalam casing

Tips cara mendinginkan processor komputer

Kabel merupakan komponen dalam komputer yang berperan ganda, selain mampu menyalurkan suplai listrik juga berguna untuk koneksi jaringan perangkat. Supaya tidak terjadi masalah pada komputer, tentu harus mengecek setiap kabel apakah bekerja dengan baik atau tidak. Kerapian kabel menjadi hal utama dan jangan biarkan ada kabel yang berantakan. Jika kabel berantakan, bisa saja mengenai fans processor sehingga bisa membuat kerusakan atau masalah. Agar menghindari kabel tiba-tiba putus, periksalah dengan baik dan tempatkan kebel tersebut serapi mungkin.

  1. Gunakan Fan dan Heatsink Processor yang bagus

Tips cara mendinginkan processor komputer

Biasanya heat sink tersusun dari bahan kuat dari aluminium dan dirancang dalam bentuk mirip sikat. Fungsi heat sink bagi komputer adalah memindahkan panas yang terdapat pada perangkat itu sendiri. Oleh sebab itu ukuran head sink harus disesuaikan, bila semakin lebar maka proses menyerap panas juga akan semakin banyak. Umumnya, pemberian heat sink selalu satu paket dengan fan atau kipas pendingin heat sink. Gunanya sama, untuk menyalurkan panas dari processor agar suhunya sama dengan suhu normal. Saat ini banyak produsen yang memberi fasilitas heat sink dan fan yang berkualitas. Sehingga pastikan anda membeli perangkat heat sink dan fan processor yang berkualitas dan efektig menyedot panas panas pada processor agar keluar.

  1. Bersihkan PC secara berkala

Tips cara mendinginkan processor komputer

Jangan pernah lupa merawat processor dengan baik dan rajin. Pastikan anda memiliki agenda rutin untuk membersihkan PC bisa beberapa bulan sekali atau sesuai kebutuhan tergantung dari cepat atau lambatnya debu menempel ke PC. Bagian yang cukup dibersihkan adalah fan dan heat sink dengan penyedot debu atau kuas khusus. Untuk membersihkannya dimulai dengan memisahkan kipas dan heat sink dan hapus debu dengan kuas. Jika debu menempel pada fan gunakan lap basah atau cuci sekali. Selanjutnya keringkan sampai benar-benar kering dan jangan ada air yang tersisa karena bisa sebabkan konslet. Cek situasi atau kondisi komputer Anda terlebih jika terlalu sering terpapar debu dengan intensitas tinggi. Debu juga menjadi salah satu penyebab masalah pada perangkat keras komputer termasuk processor, sehingga perawatan dengan rutin adalah solusinya.

  1. Pantau suhu Processor dengan Software

Tips cara mendinginkan processor komputer

Cara lain yang memungkinkan dan bisa membantu ringankan pekerjaan processor adalah dengan mengawasi temperatur secara real time. Untuk cara yang satu ini Anda bisa memakai software misalnya HWMonitor yang tersedian baik dalam bentuk portable ataupun installer. Lebih disarankan menggunakan software ini dalam versi portable supaya nanti Anda tak perlu lagi mengintal ulang. Salah satu kelebihan menggunaakn monitor temperature processor adalah agar komputer tetap sehat dan meminimalisir terjadinya over heat. Download terlebih dahulu software atau aplikasi pemantau suhu processor yang banyak tersedia di internet.

Demikian cara ringan mendinginkan processor pada komputer. Tips ini berguna agar tetap merawat processor dari overheating. Dan paling penting adalah lakukan perawatan secara berkala dengan penuh kehati-hatian. Kemampuan merawat komponen komputer memang bukan hal yang mudah. Orang awam tentu akan membutuhkan jasa perawatan yang memungkinkan ia mendapat service terbaik. Karena kini segala kemudahan dalam perawatan komputer bisa didapat dengan menghubungi para teknisi handal berpengalaman. Sekian semoga bermanfaat!

Baca juga: Komputer Anda di Rumah Sering Rusak? Coba Tips Bagi Teknisi Pemula Berikut ini

Facebook Comments
love
Senang
69%
haha
Terinspirasi
30%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%