Jalankan Bisnis Tanpa Manajemen Operasional, Mustahil Berkembang!

0
4624
Jalankan Bisnis Tanpa Manajemen Operasional

Jalankan bisnis tanpa manajemen operasional, mustahil berkembang! Percaya atau tidak, sebuah bisnis mustahil berkembang tanpa adanya manajemen operasional yang dijalankan dengan baik dan terkontrol. Faktanya, manajemen operasional diterapkan dalam suatu bisnis untuk mengelola SDM atau tenaga kerja, peralatan bisnis, mesin hinggga raw material dalam bisnis jasa dan porduk barang agar lebih maksimal. Manajemen operasional dilakukan oleh manajer operasioonal dalam suatu bisnis atau perusahaan.

Seorang manajer operasional akan mengendalikan seluruh fungsi dari proses manajemen seperti perencanaan, pengoragnisasian dalam bisnis, pembentukan atau pemenuhan kebutuhan tenaga kerja hingga kepemimpinan. Berikut adalah fakta mengenai peran manajemen operasional dalam membangun dan mengembangkan bisnis jasa maupun produk barang.

  1. Menghasilkan barang atau jasa

Manajemen operasional dalam sebuah bisnis berperan dalam menghasilkan output yang berkualitas dan memiliki kuantitas. Seorang manajer operasional akan menganalisa harga serta kualitas produk sesuai dengan permintaan user atau konsumen. Seorang manajer operasional juga memiliki peran mengambil keputusan dalam mengembangkan bisnis. Tak hanya itu, dalam menghasilkan barang atau jasa, orang-orang ini mengambil keputusan dalam fungsi operasi hingga sistem transformasi barang. Mereka juga harus menganalisa keputusan yang tepat untuk menjalankan bisnis mulai dari barang belum jadi hingga barang sampai ke tangan konsumen.

  1. Merencanakan desain sistem produksi dan operasional

Sepertinya kalimat bisnis tak mudah berkembang tanpa adanya manajemen operasional yang diterapkan memang benar adanya. Pasalnya, dalam menjalankan bisnis, sorang manajer operasional juga bertugas dalam merencanakan desain sistem produksi dan operasional. Secara umum, ruang lingkup manajemen operasional dalam sebuah bisnis ialah menyeleksi secara ketat perancangan desain produk. Bayangkan, tanpa desain produk yang bagus, mustahil bisnis akan mudah dikembangkan. Pasalnya, desain produk yang dirancang dengan baik akan selalu diingat konsumen. Tak hanya itu, bila konsumen mulai tertarik dengan desain produk bisnis tersebut maka untuk mengembangkan sebuah bisnis tidak akan susah. Selain merencanakan desain produk secara matang, manajer operasional juga bertanggung jawab untuk merancang proses dan peralatan yang digunakan dalam operasional bisnis. Manajer operasional juga berperan dalam pemilihan site perusahaan, lokasi dan unik produksi. Bahkan tugas masing-masing tenaga kerja dalam produksi juga dirancang oleh seorang manajer operasional dalam suatu bisnis.

  1. Mengoperasikan sistem produksi dan operasional produk

Peran manajemen operasional dalam sebuah bisnis tak hanya sekedar untuk merancang desain dan menghasilkan barang saja. Lebih dari itu, jajaran manajemen operasional berperan dalam mengoperasiokan sistem produksi dan operasional produk. Dalam hal ini mereka wajib menyusun rencana produk dan operasional bisnis. Bila bisnis yang dijalankan berupa produk barang maka manajer operasional akan menyusun produk hingga ke tangan konsumen. Manajer operasional juga akan merencanakan dan mengendalikan persediaan dan pengadaan bahan yang dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, pemeliharaan peralatan meskin dan kinerja mesin produksi juga harus menjadi perhatian manajer operasional. Lebih dari itu, mengendalikan mutu produk adalah peran dari sistem operasional dalam sebuah bisnis. Dengan pengoperasian sistem produksi yang berjalan lancar dan terkontrol maka tak heran bila bisnis mudah berkembang.

  1. Mengendalikan keputusan manajemen operasi

Salah satu alasan mengapa manajemen operasional sangat penting dalam sebuah bisnis ialah karena bisnis harus dikendalikan dengan keputusan yang tepat. Terutama pada operasional produk. Sebuah bisnis yang menerapkan manajemen opeasional pastinya akan terhindar dari resiko besar yang merugikan. Seorang manajer operasional akan mengendalikan keputusan mengenai resiko yang mungkin akan terjadi selama bisnis dijalankan. Tak hanya itu, peristiwa yang tak pasti akan lebih mudah dikendalikan sehingga bisnis tak akan mudah gulung tikar. Sebaliknya karena pengendalian bisnis berjalan lancar dan pengambilan keputusan saat terjadi masalah operasional tepat maka bisnis yang dijalankan tak akan mengalami kendala yang berat. Bahkan untuk memulai pengembangan bisnis, pebisnis akan sangat dimudahkan dengan adanya manajemen operasional. Singkatnya, manajemen operasional dapat diandalkan dalam segala segi dan situasi saat bisnis dijalankan serta dikembangkan.

  1. Manjemen operasional dijalankan oleh ahli

Jangan berpikir bahwa manajemen operasional dijalankan oleh tenaga kerja biasa-biasa saja. Dalam sebuah bisnis atau perusahan baik bisnis kecil maupun yang sudah berkembang, manajemen operasional dikendalikan oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya. Orang-orang mengendalikan manajemen operasional adalah orang-orang yang mengenal bisnis yang dijalankan. Misalnya bisnis yang dijalankan ialah bisnis jasa maka orang-orang yang mengendalikan manajemen bisnis ialah mereka yang memiliki kompetensi dalam mengoperasikan bisnis jasa. Sebaliknya, bila bisnis yang dijalankan ialah bisnis produk barang maka orang-orang yang terpilih mengendalikan manajemen operasional adalah tenaga yang berkompeten dan mampu menyaring tenaga kerja yang nantinya akan mengerjakan produk hingga ke tangan konsumen. Secara umum, orang-orang ini akan menangangi operasional sebuah bisnis sehingga pengetahuan mengenai sistem operasional produk harus lebih ditekankan.

Nah, dari penjelasan di atas maka sudah pasti manajemen operasional sangat penting dalam pengembangan bisnis. Karena itu, banyak pebisnis dewasa ini memanfaatkan agency manajemen operasional guna melancarkan bisnis yang sedang dijalankan. Bagaimana dengan Anda? Jangan khawatir, dengan memanfaakan agency manajemen operasional, bisnis yang sedang Anda kembangkan akan lebih mudah dikenal oleh dunia. Lebih dari itu, manajemen operasional dikendalikan oleh tenaga profesional yang sudah diseleksi. Pada akhirnya, manusia modern lebih membutuhkan agency manajemen operasional yang bermutu dan terpercaya guna menjalankan bisnis kecil ataupun besar. Jadi, bagaimana dengan bisnis Anda? Harapan berkembangnya bisnis tergantung dari langkah-langkah yang diambil oleh pebisnis dan tenaga profesional yang dipilih lho!

 

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
33%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
33%