Berikut 7 Jenis Pompa Air yang Perlu Diketahui, Sebelum Memutuskan untuk Membelinya!

1
5973
jenis pompa air yang perlu diketahui

Pompa air menjadi salah satu alat yang sangat membantu dalam urusan air. Dengan adanya pompa air Anda tidak perlu menimba ke dalam subur seperti yang dilakukan oleh orang-orang jaman dulu. Pompa air juga erat dengan kehidupan rumah tangga, perkantoran atau pun perindustrian yang membutuhkan air bersih. Meskipun sebagian besar sudah memakai PDAM nyatanya keberadaan pompa air masih saja memiliki prioritas tersendiri. Untuk memilih pompa air memang perlu memperhatikan beberapa hal seperti daya listrik yang digunakan oleh pompa air serta konsumsi listrik yang digunakan di dalam rumah. Tidak hanya itu, jenis pompa air yang dipilih pun juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di rumah. Dengan begitu pompa air yang Anda miliki akan dapat menyesuaikan secara pas apa yang dibutuhkan di dalam rumah. Tidak jarang Anda akan merasa bingung dengan berbagai macam pompa air yang ada di pasaran. Agar Anda tidak salah beli, berikut 7 jenis pompa air yang perlu diketahui, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Hidraulic Pumps

Hidraulic pumps merupakan salah satu jenis pompa air yang memakai sistem pemindah tenaga berupa zat cair dan juga untuk jenis pompa ini hanya memerlukan energi kinetik dan air yang bersal dari pompa itu sendiri. Hanya saja hidraulic pumps memiliki kelemahan yaitu sedikit lambat tetapi daya yang dihasilkan cukup besar dan mampu melipatgandakan daya yang ada sehingga alir tetap dapat mengalir dengan lancar.

Elevator Pumps

Pompa satu ini merupakan salah satu jenis pompa air yang memiliki sistem kerja dengan mengangkat cairan dari tempat yang tinggi dengan memakai roda timbah dan perlatan sejenis yang mendukung selain itu pada elevator pumps juga terdiri atas dua bagian utama yaitu motor drive dan pompa. Motor drive memiliki kegunaan untuk menggerakkan rotor pada lubang di sumur, sedangkan untuk pompa memiliki fungsi sebagai pompa pada lubang perforasi.

Electromagnetic Pumps

 Pompa ini memiliki cara kerja seperti namanya yaitu memakai medan magnet. Cairan dihasilkan dari kekuatan konduktor yang dibawa oleh arus medan magnet. Hanya saja jenis pompa satu ini memiliki kinerja yang terbatas uaitu hanya bisa bekerja pada cairan metal saja.

Centrifugal Pump

Pompa Sentrifugal atau disebut juga dengan Centrifugal Pump, jenis pompa yang mengeluarkan kapasitas air tergantung dari tekanan, yang mana tekanan ini akan meningkatkan putaran dan menghasilkan aliran air. Prinsip kerja pompa ini, mengubah energi kinetik menjadi energi potensial. Banyak perusahaan yang memilih untuk memakai pompa sentrifugal karena memiliki kelebihan daripada jenis pompa lainnya. Seperti ringan dan mudah untuk melakukan perawatan, tidak hanya itu struktur yang dimiliki pompa juga cukup sederhana. Meskipun sederhana Anda tetap harus melakukan service. Agar pompa memiliki kinerja yang prima. Untuk itu Anda bisa mencari jasa service profesional melalui situs yang terpercaya seperti halojasa.

 Positive Displacement Pump

Positive Displacement Pump atau disebut juga pompa desak merupakan jenis pompa yang memisahkan bagian hisap dan pompa tekan.  Untuk kapasitas yang akan dihasilkan oleh pompa tekan memiliki kecepatan yang sebanding dengan kecepatan putaran. Dan untuk tekanan atau total head yang dihasilkan oleh pompa ini tidak tergantung pada kecepatan pergerakan. Pompa desak ini dibagi menjadi dua jenis yaitu pompa desak gerak bolak balik, contohnya piston/plunger pumps dan diaphragm pumps. Sedangkan untuk pompa desak berputar atau disebut juga eccentric spiral pumps, gear pumps, rotary displecement pumps misalnya rotary pumps, vane pumps dan masih banyak lagi. Pastikan Anda memilih pompa sesuai dengan kebutuhan Anda karena setiap pompa pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu harga pompa juga berbed-beda satu sama lainnya. Bahkan perawatan yang dibutuhkan untuk setiap pompa juga berbeda-beda. Bahkan harga yang beredar dipasaran memiliki perbedaa. Itu sebabnya penting untuk Anda mencarai terlebih dulu  referensi tentang pompa yang akan dibeli.

Mammoth pumps

Mammoth pumps atau disebut juga dengan Air lift Pumps, jenis pompa ini memang memiliki kelemahan yaitu memiliki sedotan yang lemah. Meskipun begitu, pompa satu ini juga memiliki kelebihan seperti tidak memerlukan cairan dan hanya memerlukan udara saja sebagai penggerak. Udara akan disuntikkan melalui sebuah pipa pada bagian bawah dan biasanya pipa yang berguna untuk mengangkat air akan memiliki diameter yang lebih besar lagi. Dan gravitasi udara memiliki kerapatan lebih dari cairan akan meningkat dengan cepat.

Struktur yang dimiliki pompa juga cukup sederhana, karena struktur yang sederhana inilah terkadang aliran air pada pompa ini juga juga sering tersumbat. Aliran air yang tersumbat mengakibatkan aliran air tidak stabil dan juga membuat aliran air sulit untuk dikontrol. Jika hal ini terjadi Anda bisa memilih geyser pump untuk mengatasi masalah yang terjadi. Pada dasarnya Air lift Pumps dan geyser pum memiliki struktur yang sama-sama sederhana dan juga sama-sama memerlukan udara dengan tekanna yang lebih tinggi daripada air yang akan dipompa. Dan juga air tidak akan bersentuhan secara langsung dengan peralatan mekanis. Hanya saja dalam beberapa kasus tertentu harga pompa cukup mahal. Untuk itu sebelum membeli sudah seharusnya Anda memahami dengan jelas kebutuhan rumah tangga akan pompa atau pun untuk kantor. Ketika  sudah jelas maka Anda bisa mencari jenis pompa air yang sesuai, meskipun harganya relatif mahal nantinya setidaknya barang yang Anda beli sudah tepat jadi Anda tidak akan menyesal sudah mengeluarkan budget.

Baca juga: Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Ketika Memasang Pompa Air

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
25%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
25%