Pengajuan KPR Sering Ditolak Bank, Cek Penyebabnya!

0
3504
Pengajuan KPR Sering Ditolak Bank, Cek Penyebabnya
11

Pengajuan KPR sering ditolak Bank, cek penyebabnya! Stress karena pengajuan KPR selalu ditolak Bank bisa dialami oleh siapa saja. Pasalnya, peminat KPR atau kredit rumah melalui Bank saat ini semakin banyak. Dalam prosesnya, masing-masing Bank mengharuskan setiap orang yang hendak mengajukan KPR melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas inilah yang nantinya digunakan oleh pihak Bank dalam mengabulkan permohonan KPR. Bila melihat dari keuntungannya, memiliki rumah dengan mengikuti program KPR bisa dibilang menguntungkan.

Pengajuan KPR Sering Ditolak Bank Cek Penyebabnya

Hal ini karena skema pembiayaannya lebih dari 90 persen. Dan karena alasan inilah, banyak orang memilih mengajukan KPR daripada harus membeli rumah dengan biaya yang sangat mahal secara langsung. Namun, yang harus dipahami ialah tak semua pemohon KPR berhasil mengajukan permohonan KPR ke Bank. Bila Anda mengalami hal ini, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengenali penyebab ditolaknya pengajuan KPR tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan permohonan KPR ditolak.

  1. Tidak memenuhi syarat

Salah satu hal yang benar-benar diperhatikan oleh calon pemohon KPR ialah memenuhi syarat yang ditentukan. Bahkan tak hanya untuk pengajuan pinjaman KPR saja, seseorang yang mengajukan pinjaman dana apapun di Bank dituntut untuk memenuhi syarat. Syarat baku yang harus dipenuhi oleh si pemohon ialah usia dan sumber penghasilan. Pertama, si pemohon KPR nantinya akan memiliki kewenangan untuk melakukan kotrak menggunakan nama dirinya sendiri. Dengan kata lain, orang ini harus memiliki usia minimal 21 tahun. Jadi, meskipun memiliki penghasilan yang tetap dan tinggi namun masih berusia dibawah 21 tahun maka belum tentu pengajuan dikabulkan.

Pengajuan KPR Sering Ditolak Bank Cek Penyebabnya.1

Tak hanya umur yang menjadi syarat wajib, sumber penghasilan si pemohon juga menjadi syarat utama pengajuan KPR. Biasanya meski sudah memiliki umur di atas 21 tahun namun belum memiliki sumber penghasilan yang tetap bisa jadi pengajuan permohonan KPR tidak dikabulkan. Si pemohon nantinya diharuskan menyertakan dokumen pendukung yang membuktikan bahwa orang tersebut memiliki sumber penghasilan tetap misalnya saja slip gaji.

  1. Dokumen tidak lengkap

Jangan berharap banyak untuk diterima mengajukan KPR di Bank bila Anda tidak dapat melengkapi dokumen yang diperlukan. Pasalnya, dokumen menjadi persyaratan mutlak pengajuan permohonan Kredit Kepemilikan rumah yang diajukan ke Bank. Bahkan tidak hanya untuk permohonan KPR lewat Bank saja, bila Anda mengajukan pinjaman ke koperasi sekalipun dokumen menjadi persyaratan yang tidak boleh diabaikan. Tak hanya itu, pengumpulan dokumen kepada pihak Bank menjadi gerbang pertama untuk verifikasi data nasabah. Bila dalam langkah pertama ini calon debitur tidak taat untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan maka Bank pun akan khawatir memercayakan dana kepada calon pemohon.

Pengajuan KPR Sering Ditolak Bank Cek Penyebabnya.2

Lantas apa saja dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KPR? Secara umum dokumen yang diperlukan terbagi menjadi dua yaitu dokumen pribadi dan dokumen jaminan. Dokumen tersebut antara lain formulir aplikasi, KTP atau passport pemohon dan pasangan (saat ini Bank mensyarakatkan e-KTP bagi setiap calon nasabah), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi NPWP/ SPT Tahunan, fotokopi Rekening Koran/ tabungan/ Deposito 3 bulan terakhir, fotokopi slip gaji selama 3 bulan terakhir (untuk karyawan) atau fotokopi SIUP/TDP/ Domisili/ Surat Keterangan Usaha Lain (untuk pengusaha), fotokopi Sertifikat HM/HGB/SHMRS, fotokopi IMB an terakhir fotokopi PBB. Itulah beberapa dokumen yang perlu disiapkan. Yang perlu diingat adalah setiap Bank dapat menentukan dokumen apa saja yang dibutuhkan jadi persyaratan dokumen bisa saja berbeda-beda.

  1. Penghasilan tidak sesuai atau kecil

Penyebab lain yang menjadikan permohonan KPR ditolak Bank ialah penghasilan si pemohon tidak sesuai alias kecil. Umumnya, calon pemohon KPR atau debitur harus memiliki penghasilan minimal tiga kali besar cicilan pinjaman yang akan diajukan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan untuk memastikan pemohon memiliki dana yang cukup membayar cicilan pinjaman setiap bulannya. Apabila yang mengajukan permohonan adalah pasangan suami istri atau joint income maka penghitungan penghasilan dilihat dari penggabungan penghasilan suami dan istri. Dengan kata lain besarnya cicilan maksimal yang boleh diajukan oleh pemohon ialah sekitar 30 persen hingga 35 persen dari penghasilan setiap bulannya.

Pengajuan KPR Sering Ditolak Bank Cek Penyebabnya.3

Bagaimana dengan calon pemohon yang memiliki penghasilan relatif tetap? Bila calon pemohon merupakan seseorang berpenghasilan tetap maka perhitungan akan menjadi lebih mudah. Berbeda bila yang mengajukan adalah wiraswasta atau freelancer. Perhitungan untuk seorang wiraswasta ternyata dihitung dari pemasukan terendah dalam satu tahun. Misalnya dalam satu tahun seorang wiraswasta memiliki total penghasilan 120 juta namun pada bulan tertentu penghasilan hanya berkisar 5 juta saja maka cicilan maksimal yang boleh diajukan ialah sekitar 1,5 juta saja. Faktor inilah yang terkadang membuat calon pemohon menjadi pesimis untuk mengajukan permohonan KPR ke Bank.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menggugurkan permohonan KPR ke Bank. Penyebab lainnya yang juga dapat menyebabkan ditolaknya pengajuan KPR ke Bank ialah tidak cocoknya data dari dokumen yang diserahkan dengan keadaan lapangan. Misalnya alamat rumah yang ternyata bukan milik pribadi atau tempat kerja yang ternyata bukan tempat kerja asli. Ada pula penyebab calon pemohon tidak dapat mengajukan KPR ke Bank yaitu apabila calon pemohon masuk ke dalam daftar black list. Bila Anda memiliki rekam jejak yang tidak baik dalam hal pinjam memijam ke Bank maka bisa dipastikan nama Anda masuk ke dalam black list Bank Indonesia.

Apakah Anda saat ini masih berkutik untuk mengurusi pengajuan KPR yang terus ditolak Bank? Berbicara mengenai Banking and finance Industry memang cukup rumit. Apalagi bila kita memiliki cukup pengetahuan tetap hal tersebut. Untuk itu, tak ada salahnya kini Anda meminta bantuan kepada ahlinya yaitu jasa Banking and finance Industry yang memudahkan Anda mengurusi permohonan KPR yang terus ditolak Bank.

 

11