4 Tips Belajar Bahasa Korea Paling Cepat

0
5830
Halojasa Tips belajar Bahasa Korea

Tips belajar Bahasa Korea – Belajar bahasa kerap kali menjadi kendala bagi sebagian orang. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun terkadang sulit mempelajari sebuah bahasa. Apalagi bila sedari kecil seseorang tak terbiasa dengan bahasa-bahasa asing seperti Bahasa Korea maka belajar pun menjadi lebih sulit. Berbeda hal nya dengan orang-orang yang sedari kecil sudah mengenal banyak bahasa selain bahasa ibu. Orang ini akan lebih mudah memahami struktur kalimat dari bahasa asing yang ia pelajari.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda adalah salah satu dari banyak orang yang kesulitan mempelajari sebuah bahasa? Sebenarnya Anda yang memiliki kendala dalam mempelajari bahasa terutama Bahasa Korea dapat memanfaatkan sejumlah tips belajar lho. Dengan beberapa tips belajar berikut ini kendala belajar Bahasa Korea akan lebih teratasi.

1. Belajar lewat lagu Korea
Salah satu cara belajar bahasa Korea yang paling efektif ialah dengan menggunakan lagu-lagu Korea. Balajar bahasa asing dengan memanfaatkan lagu-lagu memang terbilang efektif pasalnya lagu bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja. Tak hanya itu, lirik dari lagu kebanyakan menggunakan kosakata yang dipakai sehari-hari. Meski ada beberapa lirik lagu yang tak bisa dipahami dengan menterjemahkan kata per kata. Akan tetapi, setiap orang bebas memilih lagu yang disukai. Bagaimana caranya mempelajari Bahasa Korea lewat lagu?
Caranya, Anda dapat memilih lagu-lagu favorit yang Anda sukai tentu saja lagu tersebut harus berbahasa Korea. Disarankan untuk memilih lagu yang paling berkesan. Mengapa pemilihan lagu ini penting? Karena bila lagu yang dipilih berkesan secara otomatis orang akan penasaran dengan makna dari lagu yang didengarkan. Karena penasaran, orang tersebut akan mencari terjemahan lirik lagu dan memahami isi lagu tersebut. Bila kita mendengarkannya berulang-ulang bisa jadi tanpa disadari kita akan mengingat kata-kata dalam lirik lagu tersebut sekaligus dengan artinya.

Bila Anda sudah mulai hafal dan memahami makna kata-kata tersebut, gantilah lagu yang Anda dengarkan agar kosakata menjadi berkembang. Secara umum, belajar bahasa menggunakan lagu disukai banyak orang tak hanya pembelajar Bahasa Korea saja. Mereka yang belajar bahasa asing misalnya Bahasa Inggris juga kerap disarankan untuk menggunakan lagu-lagu favorit.

2. Belajar lewat film Korea
Belajar bahasa menggunakan lagu bukan satu-satunya metode yang kerap digunakan banyak orang lho. Rupanya tips lain bisa dimanfaatkan misalnya saja belajar lewat film Korea. Ya, ini adalah metode yang bagus dan sering dipilih oleh kalangan muda terutama bagi pecinta drama Korea. Mempelajari satu persatu kosakata bahasa asing terkadang sangat membosankan. Lain halnya bila kita belajar kosakata lewat film Korea. Dalam film Korea, pastinya ada terjemahan yang bisa kita manfaatkan agar mengerti maksud atau ucapan dari pemain film tersebut. Tak hanya itu, mempelajari kosakata Bahasa Korea menjadi lebih mudah karena kalimat yang sering diucapkan dalam drama atau film Korea adalah kalimat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak harus menghafal semua kosakata yang diucapkan oleh pemain film tersebut. Anda dapat mempelajari kosakata yang menurut Anda penting dan sering keluar di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kosakata sederhana seperti pergi, keluar, makan dan kosakata yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Lebih dari itu, bila Anda sering memutar film lewat gadget Anda dapat menulis kata-kata yang sulit agar Anda bisa lebih mudah untuk menghafalkannya dan memahami maknanya. Dengan begini, belajar Bahasa Korea menjadi lebih mudah bukan?

3. Belajar lewat buku tata bahasa
Tips lain untuk membantu Anda mempelajari Bahasa Korea ialah dengan menggunakan buku tata Bahasa Korea. Buku ini bisa didapat di toko buku terdekat. Pastinya tak sulit untuk mencari buku tata Bahasa Korea. Terlebih saat ini popularitas Bahasa Korea di tanah air sedang tinggi. Tetapi yang harus Anda perhatikan ialah siapa orang yang menulis buku tata bahasa tersebut. Pilihlah buku yang ditulis seseorang yang ahli dalam tata Bahasa Korea misalnya orang Korea asli. Dalam buku tata bahasa tersebut, tak hanya kosakata dan artinya saja.

Anda dapat menemukan beragam percakapan yang digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Bahkan percakapan tersebut sudah dilengkapi dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Anda dapat mencoba percakapan-percakapan yang ada di dalam buku. Lebih dari itu, agar semakin lancar tes kemampuan berbahasa Anda lewat beberapa soal yang ada di dalamnya. Tak perlu takut salah dalam mengisi soal dalam buku karena Anda dapat membenarkannya setelah menghitung kesalahan. Terakhir, latihlah diri Anda untuk mempelajari susunan kalimat. Di sini Anda juga dapat mulai belajar menulis huruf dengan lebih mudah. Setelah mengerti dan mencoba menulis huruf, kini Anda merangkai huruf Hangul dan membentuk kalimat baru.

4. Belajar lewat guru Bahasa Korea
Dari semua cara, belajar lewat guru Bahasa Korea adalah cara yang paling tepat dan efektif. Bahkan belajar bahasa dengan guru yang profesional akan mempercepat kemampuan bahasa kita. Hal ini karena guru Bahasa Korea akan mengarahkan kita untuk belajar lebih cepat. Guru bahasa akan membuat target penguasaan bahasa yang kita pelajari. Dengan begitu, waktu yang digunakan untuk belajar tak akan sia-sia karena perkembangan belajar kita akan dipantau oleh guru bahasa. Keuntungan lain belajar bahasa lewat guru profesional ialah mereka akan mengetahui kesalahan ucapan kita dan membetulkannya. Lebih dari itu, guru yang kita percayai akan menggunakan strategi khusus dalam mengajarkan Bahasa Korea kepada kita.

Itulah beberapa 4 tips belajar Bahasa Korea paling cepat yang bisa dimanfaatkan setiap orang. Singkatnya, kebiasaan mendengar lagu dan film Korea serta membaca buku tata bahasa bisa meningkatkan kemampuan berbahasa seseorang. Kemudian untuk memaksimalkan kemampuan berbahasa Korea, seseorang membutuhkan guru Bahasa Korea yang profesional dan berpengalaman. Dengan begitu, belajar Bahasa Korea yang tadinya sulit menjadi lebih mudah.

Facebook Comments
love
Senang
6%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
6%
sad
Sedih
6%
angry
Marah
46%