Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper dan Cat Yang Perlu Anda Ketahui

0
4404
Kelebihan dan Kekurangan wallpaper dan cat

Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper dan Cat – Tembok merupakan bagian rumah yang memiliki fungsi penting, tidak hanya sebagai penyekat ruang satu dengan ruangan lainnya tetapi juga bisa memberikan efek yang berbeda pada ruangan. Warna gelap pada tembok bisa membuat ruangan terlihat sempit, dan warna cerah pada tembok bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Warna cat yang Anda pilih juga bisa menjadi salah satu pembangkit mood. Bahkan setiap tahun atau pun enam bulan sekali Anda bisa mengganti cat dinding Anda. Jika bosan memakai cat dinding maka Anda bisa memilih wallpaper untuk menggantikan cat pada tembok.

Wallpaper bisa menjadi salah satu pilihan, selain memiliki warna dan motif yang lucu, Anda juga bisa menyesuaikan tembok mana saja yang ingin Anda beri wallpaper. Atau saat ini Anda memang sedang memiliki rencana untuk melakukan renovasi pada tembok hanya saja sedang bingung ingin memilih wallpaper atau cat. Dan tidak jarang pula perdebatan tentang keunggulan tembok dan wallpaper menjadi salah satu hal yang pasti membuat Anda semakin bingung. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipahami berkaitan dengan tembok dan wallpaper. Berikut Kelebihan dan Kekurangan wallpaper dan cat yang perlu Anda ketahui agar bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih material yang tepat.

  1. Pemilihan Desain

Memilih material untuk melapisi dinding rumah menjadi salah satu keputusan besar yang harus Anda ambil. Karena salah memilih cat atau walpaper akan membuat Anda menyesal, pasalnya budget yang Anda keluarkan tidak main-main dalam melakukan renovasi. Wallpaper dan cat merupakan dua material yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mempercantik tampilan visual dinding. Cat memiliki kualitas, kilap dan warna yang beragam. Dan untuk mengecat pun diperlukan teknik agar dinding Anda memiliki penampilan yang cantik dan juga indah. Jika Anda hanya melakukan pengecatan dengan metode umum seperti dari atas ke bawah, maka  tampilan yang didapatkan juga mainstream. Berbeda halnya jika Anda memilih jasa pengecatan profesional maka metode yang digunakan akan bervariasi dan juga dapat memadukan warna cat dengan indah. Selain itu Anda juga bisa memilih desain dan kreasi sesuai selera. Untuk itu penting memilih jasa pengecatan yang sudah profesional.

Selain cat, ada wallpaper yang bisa Anda jadikan pilihan. Untuk wallpaper Anda bisa memilih desain dan dan juga kualitas di awal. Ada berbagai macam desain wallpaper yang bisa Anda pilih. Apalagi saat ini wallpaper dengan bentuk 3D juga sedang hangat di Indonesia. Wallpaper 3D bisa menjadi pilihan yang tepat jika budget yang Anda miliki terbatas, untuk membuat penampilan rumah semakin anggun dan cantik Anda bisa memilih wallpaper dengan desain batu bata 3D.

  1. Daya Tahan

Wallpaper dan cat memiliki durabilitas yang berbeda antara satu dengan lainnya. Cat dinding memiliki fungsi dan warna yang beragam. Untuk cat dinding dapat dibedakan dari penggunaanya yaitu cak interior dan cat eksterior. Cat dinding lebih mudah memudar dan juga memiliki daya tahan yang rendah daripada wallpaper tetapi cat memang lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu harga cat yang lebih murah dari wallpaper bisa menjadi keuntungan tersendiri, karena dari sini Anda bisa sesering mungkin untuk mengganti warna dinding Anda ketika Anda merasa bosan. Sedangkan wallpaper dengan kualitas baik bisa tahan sampai 10 tahun dan juga wallpaper bisa dibersihkan secara berkala.  Jika Anda memilih wallpaper sebagai penghias dinding maka Anda harus memperhatikan kelembapan pada dinding, kondisi didning yang terlalu lembap bisa menyebabkan terjadinya pengelupasan seperti kamar mandi dan dapur. Jika Anda memilih wallpaper maka Anda harus perhatikan bagian ujuang bawah yang sering sekali mengelupas. Pastikan wallpaper Anda terjaga dengan baik mengingat budget yang Anda keluarkan cukup menguras kantong.

  1. Proses Pengecatan atau Pemasangan

Mengecat memang terlihat mudah dan juga sepertinya setiap orang bisa melakukannya, meskipun begitu sebenarnya tidak semua orang bisa mengecat dinding dengan baik. Meskipun Anda pasti bisa mewarnai saat di sekolah tetapi untuk mengecat memang perlu berlatih dan juga butuh ketrampilan khusus. Ketika Anda memutuskan untuk mengecat dinding tanpa bantuan tukang cat profesional sebenarnya tidak masalah. Hanya saja Anda tidak boleh kaget atau marah ketika hasil tidak sesuai dengan keinginan. Dalam mengecat tidak hanya sekedar membutuhkan roller, kuas atau tangga dan selesai. Lebih dari itu, ketrampilan tukang cat profesionalah yang akan membuat tembok Anda terlihat berbeda dan juga cantik.

Memahami langkah-langkah untuk mengecat dinding dengan benar dan memilih jenis cat yang tepat.  Proses yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal. Selain proses pengecatan, Anda juga harus memperhatikan proses pemsangan wallpaper. Dalam pemasangan wallpaper tidak diperlukan peralatan sebanyak proses pengecatan dinding. Dan untuk pemasangan wallpaper ini masalah yang terjadi tidak akan sama pada saat Anda melakukan pengecatan. Hanya saja saat melakukan proses pemasangan wallpaper dibutuhkan ketelitian yang tinggi, agar wallpaper terpasang dengan baik dan rapi.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang mana menghabiskan biaya dan waktu hanya untuk melakukan pembongkaran dan pemasangan ulang. Memilih untuk memanggil jasa pemasangan wallpaper yang sudah memiliki pengalaman merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya dengan memilih orang yang sudah berpengalaman maka Anda akan mengurangi terjadinya kesalahan pada saat proses pemasangan wallpaper.

Baca juga: 6 Tips Memadukan Warna Cat Untuk Rumah Minimalis

Facebook Comments
love
Senang
21%
haha
Terinspirasi
5%
wow
Netral
52%
sad
Sedih
10%
angry
Marah
10%