4 Tips Mengoptimalkan Kesempatan Bagi Fresh Graduates

0
1905
tips mengoptimalkan kesempatan bagi fresh graduates

Mengenyam bangku pendidikan memang menjadi salah satu hanya menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya itu, dengan belajar Anda pasti berharap bahwa belajar merupakan sebuah investasi pendidikan yang mana memiliki tantangannya tersendiri. Meskipun tantangan sebenarnya yang akan hadapi adalah ketika Anda sudah menyelesaikan pendidikan. Setelah menyelesaikan pendidikan pada jenjang kuliah atau pun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maka saatnya Anda berpikir tentang karir. Apa pun karir yang Anda inginkan bisa Anda bangun dari awal atau bahkan dari titik nol.  Tetapi bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah bekerja sambil berkuliah maka Anda tidak terlalu kaget atau pun merasa asing dengan urusan pekerjaan. Yang mana untuk mendapatkan pekerjaan pun Anda membutuhkan waktu. Langkah awal yang Anda buat adalah daftar riwayat hidup atau CV yang mana dari sinilah sebuah perusahaan bisa mengenal Anda. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pekerjaan baik bagi Anda yang sudah berpengalaman atau baru lulus menyelesaikan pendidikan(fresh graduates). Sebagai fresh graduates Anda harus memiliki banyak referensi agar memudahkan Anda memahami dunia kerja yang sesungguhnya. 4 tips mengoptimalkan kesempatan bagi fresh graduates berikut menjadi salah satu referensi.

  1. Koneksi

Untuk mendapatkan pekerjaan memang dibutuhkan usaha yang tidak sedikit. Anda harus berkorban waktu dan tenaga. Dari membuat lamaran kerja, datang ke acara job fair yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat tanpa dipungut biaya. Bahkan tidak jarang Anda harus datang ke acara job faor dengan membayar biaya tiket masuk. Dan juga terkadang yang menyedihkan meskipun Anda sudah sudah menaruh lamaran saat job fair belum tentu Anda akan mendapat panggilan kerja.

Untuk itu Anda perlu memperluas koneksi Anda. mengelilingi diri dengan orang-orang yang bemutu baik personal atau pun karir akan sangat baik bagi perkembangan diri Anda. Selain itu mereka juga bisa menjadi tempat Anda untuk bertanya dan berbagi pengalaman. Anda juga tidak perlu segan untuk bertanya tentang informasi pekerjaan jika memang hal ini Anda butuhkan karena memang peluang bisa datang dari mana saja. Apalagi jika Anda mengikuti berbagai kegiatan kampus saat masih kuliah tentu hal ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan informasi pekerjaan.

  1. Pentingnya Menyesuaikan Pola Pikir

Memiliki cita-cita dan berjuang untuk mewujudkannya memang hal yang baik hanya saja dalam hal ini sebagai fresh graduate Anda tidak harus terpaku pada apa yang Anda cita-citakan. Sebagai fresh graduate Anda harus mampu dan sanggup untuk memperhitungkan lowongan pekerjaan yang mana akan membuat Anda bisa berkembang dan mendapatkan ilmu baru. Perbesar dan perluas lingkaran pencarian kerja Anda, jangan hanya terbatas pada web lowongan kerja saja. Anda bisa memanfaatkan koneksi yang Anda miliki.

  1. Curiculum Vitae

CV atau daftar riwayat hidup menjadi salah satu alat yang akan Anda gunakan saat melamar pekerjaan. Untuk itu Anda harus menaruh perhatian lebih pada CV yang Anda tulis karena dari sinilah langkah awal Anda mendapatkan karir impian. Melalui CV yang Anda miliki, pihak HRD akan belajar untuk mengenal Anda lebih baik, tidak hanya itu dari CV ini pula Anda dapat mencuri perhatian pihak HRD. Anda perlu memperhatkan kata kerja yang akan digunakan saat menulis CV. Jika Anda memiliki pengalaman kerja atau organisasi maka Anda bisa memilih untuk memakai kata kerja aktif dengan diawali huruf “me”.  Tim HRD memiliki waktu yang singkat untuk membaca CV Anda, maka dari itu Anda bisa membuat CV dengan sederhana tanpa perlu menambhakn desain yang mana akan membuat Cv terlihat penuh.

 Gunakan font standar, desain yang bersih dengan format yang simple, hal ini akan memudahkan pihak HRD untuk membaca CV Anda secara detail sehingga jika Anda sesuai dengan kriteria yang diinginkan maka HRD akan mudah untuk melakukan panggilan kerja. Pastikan tata bahasa dan tanda baca yang Anda gunakan sudah benar.

Sebagai fresh graduate Anda bisa mencari sumber atau referensi untuk menulis CV yang benar agar kesalahan dalam penulisan CV bisa diminimalisir. Selain itu sebaiknya membuat CV yang singkat dan memberikan gambaran tentang diri Anda secara tepat dan sesuai. Selain CV Anda juga perlu memperhatikan pembuatan surat lamaran. CV dan surat lamaran kerja merupakan dua hal yang saling mendukung satu sama lainnya. CV bertujuan untuk menjelaskan tentang diri Anda, sedangkan surat lamaran kerja menjelaskan bahwa Anda kandidat yang tepat untuk posisi yang ditawarkan.

  1. Memiliki Konsistensi Diri

Meskipun Anda sudah menyelesaikan pendidikan bukan berarti Anda harus diam tanpa melakukan kegiatan.  Sambil mencari pekerjaan Anda harus tetap memiliki konsisten untuk mengembangkan diri. Sebagai Fresh Graduate Anda  bisa kembali lagi mempelajari bahasa asing yang belum lnacar seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Mandarin, untuk belajar bahasa Anda bisa belajar dari buku atau pun dari guru privat. Saat ini untuk mendapatkan guru privat cukup mudah apalagi dengan hadirnya situs online yang memiliki info detail tentang calon guru. Anda tinggal mencari guru apa yang Anda butuhkan melalui situs online seperti halojasa.com, belajarakan memberikan Anda pengalaman baru dan pengetahuan baru setiap saat meskipun Anda sudah pernah mempelajarinya. Selain belajar Anda juga bisa mencoba untuk melakukan magang pada perusahaan, pengalaman yang Anda terima cukup menggambarkan situasi dunia kerja yang sesungguhnya.

Baca juga: 5 Hal Menakutkan Saat Pertama Kali Masuk Kerja!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%