6 Langkah Awal Untuk Menjadi Entrepreneur yang Perlu Anda Ketahui

0
10026
Langkah Awal Untuk Menjadi Entrepreneur

Setiap orang tentu memiliki impian untuk memimpin perusahaannya sendiri. Jika hal ini menjadi mimpi Anda juga dan maka Anda bisa memulai untuk berbisnis sendiri. Saat ini istilah berbisnis sendiri memang lebih dikenal dengan dengan kata entrepreneur. Bisa jadi diluar sana ada banyak sekali orang yang ingin menjadi entrepreneur hanya saja masih bingung dan belum mengetahui dari mana harus memulai. Jika hal ini juga yang Anda rasakan maka ada beberapa langkah awal untuk menjadi entrepreneur yang perlu anda ketahui. Menjadi seorang entrepreneur memang bukan hanya masalah semangat atau sedang menjadi trend. Tetapi lebih dari itu bahwa menjadi seorang entrepreneur beraarti Anda sedang memulai petualangan baru. Bahkan Anda tidak hanya memulai usaha dari awal, tetapi Anda memulainya dari titik nol. Agar cita-cita Anda terwujud menjadi entrepreneur maka berikut langkah awal yang bisa Anda lakukan.

  1. Cintai Ide Anda

Anda tentu memiliki ide yang sudah lama bersarang di kepala, bahkan Anda sudah mencari berita atau informasi yang berkaitan dengan ide Anda. Love your ideas merupakan harga mati yang harus Anda miliki. Karena lewat ide yang Anda cintai inilah bisnis akan dimulai dan dikembangkan. Apalagi jika Anda ingin mendirikan bisnis dengan budget yang minimal. Pentingnya mencintai ide yang Anda buat berguna agar Anda memiliki motivasi yang kuat dalam menjalani bisnis yang sedang dirintis. Selain itu ketika Anda memiliki antusiasme terhadap bisnis Anda maka Anda akan menjalani bisnis dengan gembira dan bersemangat. Itu sebabnya mengapa sebagian besar ahli ekonomi menyarankan agar Anda memulai usaha dari hal-hal yang Anda sukai dan juga sesuai dengan passion Anda. Passion yang Anda miliki akan membantu Anda untuk terus melakukan inovasi dan tidak mudah menyerah ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Mencintai Lembur

Menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan memiliki banyak keuntungan tentu menjadi impian setiap entrepreneur. Memang tidak ada yang salah dengan sebuah impian, hanya saja saat ini Anda sedang dalam proses untuk menuju sukses. Itu sebabnya kerja keras keras dan kerja cerdas harus Anda lakukan. Bahkan Anda harus dengan senang hati meluangkan waktu untuk bisnis baru yang sedang Anda kerjakan. Hal-hal besar selalu membutuhkan proses dan usaha maksimal untuk mencapainya, begitu pun Anda dalam menjalani proses ini. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa mendapatkan goals yang diinginkan.

  1. Mengenal Produk Sendiri

Berbisnis itu sama seperti orang jatuh cinta, ketika Anda sedang melakukan pendekatan kepada orang yang Anda taksir maka Anda harus mengetahui apa saja tentang si dia, dan hal ini juga berlaku pada produk Anda. Apalagi jika Anda memulai bisnis dari titik nol maka mengetahui seluk beluk dan alur tentang bisnis yang Anda jalani wajib hukumnya.  Meskipun Anda dikenal sebagai seorang ahli dalam bidang pekerjaan yang Anda geluti, tetapi kali ini Anda sedang membangun bisnis Anda sendiri. Jadi pengetahuan tentang produk yang Anda miliki menjadi aset tersendiri. Apalagi jika Anda memilih untuk bergerak di bidang usaha industri kreatif seperti film, animasi atau desain maka Anda bisa memulai bisnis dari diri sendiri. Seperti memakai produk sendiri sebagai salah satu cara untuk promosi.

  1. Cintai Produk Sendiri

Tidak hanya mencintai ide yang Anda miliki, tetapi mencintai produk yang Anda miliki merupakan sebuah keharusan. Dengan mencintai produk sendiri maka Anda akan terus mencari kelemahan dan mengembangkan kelebihan yang dimiliki produk. Selain itu penting untuk menunjukkan pada orang lain bahwa Anda mencintai produk yang Anda miliki dari bisnis yang sedang Anda rintis. Bahkan Anda juga tidak perlu merasa malu untuk memasarkan produk Anda sendiri. Jika perlu, Anda bisa memakainya saat bersama dengan teman-teman atau ketika bertemu orang-orang baru. Memakai produk sendiri merupakan salah satu cara pemasaran yang sangat efektif. Ketika ada orang yang tertarik maka Anda bisa menjelaskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk Anda sambil memberikan contoh nyata untuk produk yang sedang Anda kembangkan.

  1. Jadilah yang Pertama dan Berbeda

Menjadi seorang entrepreneur di jaman modern seperti saat ini memang cukup mudah karena ada banyak peluang yang bisa Anda kembangkan. Tetapi di sini Anda diharuskan untuk menjadi yang pertama dan berbeda.  Karena memang kemudahan yang ada juga diikuti dengan kebangkrutan yang nyata. Bahkan hanya 10% orang yang mampu melewati bisnis kecilnya di tahun pertamanya. Tidak hanya itu, dari sekian banyak entrepreneur yang sukses melewati tahun pertamanya, nyatanya hanya 10% dari mereka yang masih bertahan hingga tahun ke lima. Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting ketika Anda sudah memutuskan menjadi seorang entrepreneur.

  1. Inovasi

Ketika mendengar kata inovasi pasti sebagian besar orang akan berpikir bahwa perlu dana yang besar untuk melakukan inovasi. Tentu saja hal ini tidak benar, karena inovasi tidak selalu identik dengan budget banyak. Anda bisa melakukan perubahan dari hal-hal kecil tanpa harus mengeluarkan budget yang menguras dompet. Anda juga harus pandai melihat peluang-peluang yang ada. Misal, Anda bergerak di industri kreatif yang mana saat ini memiliki banyak sekali pelaku bisnis. Inovasi yang bisa Anda lakukan bisa dimulai dari sampul atau tas yang digunakan untuk membungkus produk yang dibeli. Anda bisa membuat semenarik mungkin dan dengan dana yang serendah mungkin.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Memulai Bisnis Sampingan

Facebook Comments
love
Senang
31%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
25%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%