9 Tips Bermain Gitar Untuk Pemula

0
3144
tips bermain gitar untuk pemula

Salah satu alat musik yang sangat populer sepanjang jaman adalah gitar. Tidak hanya musisi saja yang bisa memakainya, orang tua bahkan remaja pun mampu untuk memainkannya. Belajar bermain gitar memang sangat menyenangkan. Ada berbagai pilihan untuk belajar alat musik satu ini. Baik secara privat dengan memakai jasa guru musik atau pun belajar bersama teman. Agar Anda mendapatkan pengetahuan dan arahan yang tepat maka Anda bisa memilih untuk belajar dirumah bersama dengan guru privat. Meskipun sudah mengikuti kursus ada baiknya Anda juga belajar sendir untuk mengulang materi yang sudah diberikan. 9 tips bermain gitar untuk pemula ini akan membantu Anda memiliki ketrampilan yang lebih baik dalam bermain gitar.

  1. Menentukan Posisi Yang Nyaman

Sebelum belajar tentang kunci gitar atau apa pun itu, Anda bisa mencoba untuk membuat diri Anda merasa nyama saat membawa gitar. Sebagai pemula, Anda bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Tahan badan gitar sambil menekan-nekan senar sembarangan. Jika Anda merasa kurang nyaman maka Anda bisa mengganti posisi gitar. Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman. Jika untuk posisi memegang gitar saja Anda merasa tidak nyaman, maka sehebat apa pun guru les yang Anda miliki, Anda pasti tidak akan fokus saat belajar bermain gitar.

  1. Belajar Tuning Atau Cara Menyetel Senar Gitar

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, maka saatnya Anda belajar untuk menyetel senar gitar. Gitar yang baru dibeli biasanya tidak mengeluarkan suara yang merdu. Belajar tuning perlu Anda lakukan agar suara petikan merdu dan nyaman didengar. Selain itu Anda juga harus melakukannya sendiri, karena guru musik Anda tidak selalu bersama Anda. Anda bisa mencoba untuk melakukan tuning lalu menanyakannya kepada guru les atau pun kepada teman yang sudah mahir apakah tuning yang Anda lakukan sudah tepat atau belum. Jika memang belum tepat, tidak perlu sungkan untuk meminta pengarahan.

  1. Belajar Memetik Gitar

Setelah mendapatkan pengarahan dari guru musik, maka Anda bisa mencoba sendiri untuk memetik gitar di rumah. Anda bisa mencoba untuk mencari kunci-kunci dasar bermain gitar. Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika Anda memainkan kunci A, maka Anda hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

  1. Jangan Malas Untuk Berlatih

Setelah memahami letak masing-masing kunci dasar maka langkah selanjutnya adalah berlatih. Agar jari cepat terbiasa maka Anda harus berlatih intensif. Mulailah dengan kunci termudah dan usahakan untuk menghasilkan nada yang jernih serta merdu. Anda bisa mengulangi untuk memainkan kunci yang lain sampai bisa. Jika sudah bisa sebaiknya tidak terburu-buru untuk memainkan lagu. Tetapi harus berlatih lagi selama smeinggu sampai benar-benar lihai dalam memainkan kunci-kunci dasar.

  1. Melatih Kepercayaan Diri

Di depan guru les Anda pasti sudah terbiasa, tetapi bagaimana jika bermain gitar di depan orang lain? Tentu hal ini perlu dilatih. Untuk memulainya Anda bisa bermain gitar saat bersama teman-teman. Tidak masalah ketika Anda melakukan kesalahan saat memetik gitar, karena memang Anda sedang belajar dan masih pemula.

  1. Memilih 1 Lagu Dengan Kunci Dasar

Setelah mahir memainkan kunci dasar maka selanjutnya adalah memilih satu lagu dengan kunci dasar.  Dengan memilih satu lagu utuh maka jari-jari akan terlatih untuk bergerak dari satu kunci ke kunci lainnya. Lagu milik Sandhy Sondhoro berjudul Tak Pernah Padam bisa menjadi pilihan.

  1. Meminta Saran Dan Kritik

Semakin sering berlatih Anda akan terbiasa dan semakin mahir. Saatnya menunjukkan permainan gitar Anda pada keluarga atau sahabat. Setelah selesai bermain Anda bisa meminta saran dan kritik sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa lebih baik lagi. Jika memang Anda mendapatkan banyak masukan maka tidak perlu merasa malu. Kekurangan ada untuk diperbaiki agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

  1. Membongkar Kunci Dari Musik Yang Dimainkan

Sesekali hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui sejauh mana Anda sudah paham akan kunci-kunci yang digunakan dalam satu lagu utuh. Karena ini bersifat sebagai penilaian untuk diri sendiri, maka Anda dilarang mencontek atau melihat di internet kunci apa saja yang digunakan. Untuk pemula, Anda bisa memilih jenis musik akustik. Musik akustik memiliki saura gitar yang lebih jelas jika dibandingkan dengan jenis musik lainnya. Jangan lupa untuk mencatat pada buku kunci apa saja yang digunakan. Setelah itu Anda bisa memainkan kunci yang Anda tulis untuk mengetahui apakah kunci tersebut benar atau salah.

  1. Menikmati Proses

Dalam belajar, ada proses yang harus dilalui. Memang pada awalnya akan terasa sulit, tetapi dengan ketekunan dan kesabaran maka kesulitan akan berlalu. Segala kesulitan yang Anda alami saat belajar bermain gitar akan tetap menyenangkan selama Anda tidak mengeluh dan tidak menyerah. Dalam bermain gitar tidak hanya membutuhkan latihan dan guru yang profesional tetapi  semangat tinggi dalam menikmati proses yang berjalan. Dengan menikmati proses tidak ada pikiran yang terbebani atau pun perasaan tidak nyaman dan ingin menyerah. Setelah melalui semua tahapan ini maka Anda akan terbiasa untuk belajar gitar dengan lebih baik lagi serta selalu bersemangat.

Baca juga: Tips Menulis Lagu Bagi Pemula

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
50%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%