6 Tips Memadukan Warna Cat Untuk Rumah Minimalis

0
16534
tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Rumah minimalis memang mejadi salah satu pilihan yang banyak dimintai oleh sebagian besar orang. Selain desain yang simple tetapi tetap menonjolkan sisi elegan, rumah minimalis juga bisa dibangun dilahan yang sempit. Seperti namanya. Rumah minimalis merupakan sebuah rumah dengan konsep lapang tetapi bisa dibangun pada lahan yang sempit. Agar rumah terlihat lebih lapang ada 6 tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis yang bisa Anda gunakan.

Pemilihan warna cat yang benar akan membuat rumah terlihat lebih luas dan lapang. Setiap warna juga akan meninggalkan kesan yang berbeda ketika Anda mengaplikasikannya pada rumah. Sebelum membeli cat maka Anda harus memahmi karakteristik warna terang dan warna gelap. Warna terang akan memberikan kesan lebih luas untuk sebuah ruangan. Sedangkan warna gelap akan memberikan kesan lebih sempat untuk ruangan. Sedangkan pemilihan warna cat untuk rumah minimalis disarankan dengan warna-warna cerah agar memberikan kesan yang lapang. Perpaduan warna cat yang tepat tidak hanya memberikan kesan yang lapang tetapi juga mempercantik tampilan rumah Anda. Sebelum memilih cat, ada beberapa teori pengkombinasian warna yang bisa membantu Anda menentukan palet untuk warna rumah.

  1. Analogous

Untuk teori ini, warna-warna yang dipilih dalam palet terdiri atas dua atau tiga warna yang bersebelahan dalam color wheel. Misalnnya warna kuning, hijau dan bairu. Atau bisa juga warna merah, oranye dan kuning.

  1. Complementary

Untuk perpaduan warna cat pada teori ini , mengambil dua jenis warna yang saling bersebrangan seperti warna biru dan oranye. Atau warna hijau dan merah.

  1. Monochromatic

Pada teori ini, warna yang digunakan hanya satu warna dasar, lalu dicari turunannya untuk diaplikasikan pada dinding rumah. Misalnya warna navy blue sebagai warna dasar maka turunannya bisa memilih pale turquoise, sky blue, dan light blue.

Setelah memilih konsep untuk perpaduan warna maka saatnya Anda mengaplikasikan pada tembok rumah Anda. Untuk referensi, ada enam tips yang bisa membantu Anda.

  1. Palet Warna Hijau Lime dan Biru

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Palet warna analogous dengan memadukan warna hijau lime dan biru ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika Anda ingin suasana yang lebih segar untuk tampilan rumah. Selain itu kesan modern juga bisa Anda dapatkan untuk perpaduan warna cat ini . Kesan modern yang diberikan akan membuat rumah Anda hidup dan membuat penghuni rumah menjadi betah. Apalagi jika Anda dan keluarga termasuk individu yang menyukai berbagai macam kegiatan baik indoor atau pun outddor. Perpaduan warna ini juga terlihat unik dan masih jarang dipilih oleh orang. Tentu Anda ingin tidak hanya ingin memiliki rumah yang bagus, tetapi penampilan rumah pun cukup mewakili selera Anda. Tidak hanya itu, secara psikologis pepaduan dua warna ini akan membuat Anda dan penghuni rumah semakin produktif.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Sumber gambar: interiordesignershome

  1. Perpaduan Palet Warna Abu-abu dan Pink

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Perpaduan dua warna ini menghasilkan kesan lembut dan penuh cinta yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada tembok rumah. Biasanya perpaduan warna ini banyak digemari oleh wanita.  Untuk perpaduan warna pink dan abu-abu bisa menjadi pilihan untuk tembak kamar anak perempuan Anda atau untuk ruang keluarga. Tetapi jika Anda ingin mengecat seluruh rumah dengan perpaduan dua warna ini tidak masalah. Kesan manis dan elegan yang terpancar pada visual rumah akan membuat penghuninya merasa nyaman. Apalagi jika Anda memiliki anak perempuan yang tidak betah dirumah, maka perpaduan dua warna manis ini bisa membuat anak Anda berlama-lama dirumah.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Sumber gambar: dailydreamdecor

Selain pink dan abu-abu, pink dan warna putih juga bisa menjadi pilihan yang manis untuk kamar Anda atau pun kamar anak-anak. Warna pink memang banyak digemari oleh kaum hawa, tetapi bukan berarti warna ini hanya boleh digunakan untuk kaum perempuan saja. Kaum pria pun juga boleh memilih warna ini untuk cat tembok kamar atau ruangan favorit.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Sumber gambar: desiretoinspire

  1. Palet Warna Coklat Lembut Dengan Warn Biru

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Jika Anda kurang suka dengan waran pink maka Anda bisa mencoba untuk memadukan palet warna coklat muda dengan warna biru. Perpaduan dua warna ini masih jarang sekali digunakan bahkan hampir tidak ada yang memakai. Untuk tembok dengan warna putih tentu sudah biasa Anda lihat tetapi untuk warna biru dan coklat lembut masih belum banyak, kalau pun ada pasti hanya beberapa orang saja. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh konsep yang dipilih orang.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Sumber gambar: benjaminmoore

Tetapi bagi Anda pecinta segala hal yang berhubungan dengan desain klasik dan vintage maka perpaduan warna cat bisa menjadi pilihan yang tepat. Kesan elegan dan hangat yang dberikan akan sangat pas jika dipadukan dengan furnitur yang memiliki warna lembut seperti pink. Agar kesan vintage tetap terasa jangan sampai Anda memberikan sentuhan warna yang mencolok seperti kursi dengan merah darah. Otomatis kesan vintage yang Anda inginkan akan terasa kurang pas dan juga janggal karena warna merah sangat bertabrakan dengan warna-warna lembut ini.

  1. Warna Netral Dengan Warna Merah

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Bagi Anda penyuka warna merah, Anda juga bisa mengaplikan warna satu ini dengan warna-warna netral agar terlihat enak dipandang. Warna merah termasuk warna terang, jika Anda salah memadukan warna maka akan membuat silau penampilan rumah. Tidak hanya itu, rumah juga akan terkesan sempit dan tidak ceria. Anda bisa memilih warna abu-abu atau putih agar tembok terlihat cantik.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Sumber gambar: homecombo

  1. Perpaduan Palet Warna complementary, Oranye dan Biru

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Kesegaran memang tidak hanya dimiliki oleh buah-buahan seperti jeruk, tetapi Anda juga bisa menghadirkan kesegaran pada dinding rumah Anda dengan perpaduan warna oranye dan biru. Dengan perpaduan dua warna ini rumah Anda akan terlihat cantik dan semakin untik. Agar lebih manis, untuk aksesoris rumah Anda bisa membeli dengan warna  senada misalnya untuk bantal atau sofa.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Sumber gambar: home-designing

  1. Palet Warna Monochromatic Abu-abu

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Warna satu ini merupakan warna yang paling muah untuk diaplikasikan pada dinding.  Dengan memilih tone warna ini Anda bisa seketika membuat rumah Anda terlihat mewah dan cantik. Jangan lupa juga untuk mengkombinasikannya dengan aksesoris, usahakan juga agar Anda tidak menumpuk furnitur di rumah Anda.

tips memadukan warna cat untuk rumah minimalis

Baca juga: Tips Mengecat Interior Rumah

Facebook Comments
love
Senang
11%
haha
Terinspirasi
73%
wow
Netral
8%
sad
Sedih
1%
angry
Marah
5%