5 Hal Menakutkan Saat Pertama Kali Masuk Kerja!

0
3979
Hal Menakutkan Saat Pertama Kali Masuk Kerja

Hal Menakutkan Saat Pertama Kali Masuk Kerja – Saat ini mencari pekerjaan memang menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang, apalagi bagi Anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan menyandang gelar fresh graduate. Tentu saja hal ini terkadang membuat Anda pusing sendiri, pasalnya mendapatkan kerja memang butuh waktu dan juga ketrampilan yang dimiliki juga harus memadai. Setelah mencari pekerjaan kesana kemari dan melewati berbagai macam pskites serta wawancara HRD maka Anda dinyatakan diterima.  Ahkirnya pekerjaan yang Anda harapkan pun tiba dan hari pertama masuk kerja akan segera datang.

 Hari pertama masuk kerja memang menjadi salah satu momen yang cukup mendebarkan karena di sinilah Anda akan masuk ke dalam lingkungan baru dan juga bertemu dengan orang-orang baru. Tidak hanya itu, Anda juga dituntut untuk mempelajari hal baru. Ada banyak bayangan akan hal-hal yang bisa saja terjadi dan menghantui pikiran Anda sendiri saat pertama kali masuk kerja. Sebenarnya 5 hal ini tidak perlu ditakutkan saat pertama kali masuk kerja.  Setiap orang pasti pernah merasakan ketakutan karena memulai hal yang baru. Meskipun begitu Anda tidak perlu berpikir yang tidak-tidak karena memang hal-hal yang Anda khawatirkan terkadang belum tentu terjadi. Agar Anda tidak perlu berelebihan dan merasa ketakutan saat pertama kali masuk kerja maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

  1. Merasa Takut Melakukan Kesalahan Dalam Menjalankan Tugas

Dalam bekerja masing-masing karyawan tentu sudah memiliki daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Bahkan untuk menghindari kesalahan yang fatal, saat pertama kali masuk kerja maka diadakan pelatihan atau masa percobaan terlebih dulu. Hal ini bertujuan agar karyawan baru memiliki pengetahuan dan memahami tugas-tugas apa saja yang harus dikerjakan olehnya. Meskipun dilakukan pelatihan tentu selama menjalani pelatihan ada kesalahan-kesalahan yang akan terjadi. Hal ini wajar karena memang Anda sedang berproses menjadi profesional, apalagi jika dalam hal ini Anda seorang fresh graduate yang mana selama di kampus atau sekolah Anda pasti hanya mendapatkan teori saja dan di dunia kerjalah Anda akan mengaplikasikan ilmu yang Anda miliki. Yang pasti ketika Anda melakukan kesalahan maka Anda bisa mengambil pelajaran yang berharga sehingga tidak perlu terjadi kesalahan yang sama untuk ke dua kalinya.

  1. Memiliki Atasan Super Galak

Perasaan khawatir yang Anda miliki karena berada di sebuah lingkungan dan suasana baru pastinya dimiliki oleh setiap orang, tidak hanya Anda yang pertama kali masuk kerja. Tetapi atasan Anda pun dulu juga pernah mersakan hal yang sama. Meskipun perasaan itu benar adanya Anda tidak perlu takut atau cemas karena memang seiring berjalannya waktu maka Anda akan menikmati pekerjaan Anda dan sosok atasan yang super galak pun akan menjadi hal yang lumrah. Memang benar terkadang ada beberapa atasan yang memiliki sikap tegas dan membuatnya terlihat super galak, jika memang hal ini yang Anda dapatkan maka Anda bisa menanamkan sikap positif dalam diri Anda bahwasannya atasan adalah orang yang membantu Anda menjadi lebih baik dalam urusan pekerjaan serta membantu mengembangkan karir Anda. Memiliki atasan yang galak juga akan meningkatkan kapasitas Anda sebagai pribadi yang lebih baik.

  1. Rekan Kerja Akan Mengucilkan Anda

Dikucilkan bukanlah hal yang menyenangkan bagi siapa pun. Dalam hidup ini tidak ada seorang pun yang ingin merasakan hal satu ini. Ketika masih duduk dibnagku sekolah atau bahkan saat pertama kali menjalani masa perkuliahan Anda pasti merasakan masa-masa perkenalan sekolah yang dikenal dengan masa orientasi sekolah atau OSPEK yang mana disini senioritas dan junioritas sangat terlihat mencolok bahkan juniro ditindak dan dikucilkan oleh senior itu hal yang lumrah. Jika Anda berpikiran hal ini akan terjadi saat Anda pertama kali masuk kerja maka ketakutakn Anda untuk yang satu ini tidak perlu dipelihara. Pasalnya dunia kerja dan masa saat Anda sekolah memang berbeda. Di dunia kerja, setiap orang akan bersikap baik dan menghargai satu sama lainnya. Menghormati dan menghargai karyawan lain merupakan budaya perusahaan yang bisa Anda temukan dimana-mana.

  1. Tidak memiliki Teman

Teman memang menjadi salah satu pelengkap kehidupan Anda, dan tidak ada seorang pun dalam hidup ini ingin hidup sendiri tanpa teman. Memiliki teman di kantor pastinya membutuhkan waktu.  Karena memang di sini setiap orang sudah memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang harus dipenuhi. Jika memang Anda takut tidak mendapatkan teman, maka ketakutan ini tidak beralasan. Sebagai karyawan baru Anda pasti membutuhkan penyeusian dan juga rasa nyaman. Anda juga perlu waktu untuk saling mengenal masing-masing pribadi. Seoring berjalannya waktu, Anda akan mengenal karyawan lainnya dan menjalin hubungan sebagai teman baik. Selama Anda memiliki sikap yang baik, bisa menghargai orang lain maka Anda tidak perlu takut tidak memiliki teman. Hanya saja Anda jangan berharap lebih pada teman kerja Anda. Mereka tentu berbeda denganteman-teman semasa Anda kuliah. Dunia kerja dan dunia pendidikan memang sangat berbeda. Tuntutan dan tekanan yang diberikan juga berbeda. Itu sebabnya, Anda bisa berteman dengan karyawan lain tanpa perlu bersikap berlebihan dan juga tetaplah bersikap profesional.

  1. Tidak Ada yang Membantu

Dalam melakukan pekerjaan baru Anda pasti memerlukan waktu untuk menyesuiakn diri. Hal ini wajar untuk karyawan baru. Apalagi jika sebelumnya Anda belum memiliki pengalaman kerja. Tenang saja, bantuan pasti ada untuk Anda sampai Anda memahami pekerjaan Anda dengan baik serta mampu mengerjakannya sendiri.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
60%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
40%
angry
Marah
0%