3 Kerusakan Paling Fatal Pada Mesin Genset

0
14473
Kerusakan Paling Fatal Pada Mesin Genset

Listrik sepertinya telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Apalagi pada jaman sekarang ini yang bisa dibilang teknologi telah menjadi prioritas utama. Dan seperti yang diketahui bahwa setiap teknologi tentunya membutuhkan daya tenaga untuk menjalankannya. Salah satu daya utamanya adalah dengan menggunakan listrik. Hal tersebutlah yang kemudian membuat semua pihak sepertinya sangat tergantung terhadap listrik. Bahkan menurut sebuah penelitian, bahwa daya listrik yang stabil juga adalah salah satu penanda Negara yang telah maju. Tapi seperti yang diketahui bahwa listrik yang stabil setiap waktu adalah hal yang terdengar mustahil untuk bisa terjadi di Indonesia. Karena sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Negara Indonesia seringkali mengalami mati listrik atau bahkan pemadaman. Berbagai alasan pun lantas diungkapkan tentang seringnya kejadian mati listrik maupun pemadaman yang terjadi. Mulai dari cuaca hingga perbaikan pada mesin PLN. Namun apapun alasannya tetap tidak bisa memungkiri bahwa listrik tetap dibutuhkan. Terutama apabila dalam kondisi yang mendesak. Hal tersebutlah yang kemudian membuat kehadiran dari mesin Genset menjadi sangat dibutuhkan. Karena seperti yang diketahui bahwa mesin Genset mampu menjadi daya energy sementara untuk pengganti listrik. Dimana kehadiran Genset tentunya sangat dibutuhkan terutama dalam kondisi yang seringkali mendesak namun kondisi mati listrik. Namun hal tersebut bukan serta merta lantas membuat mesin Genset bisa bekerja tanpa hambatan. Karena mesin Genset juga seringkali mengalami masalah. Terutama 3 kerusakan paling fatal pada mesin genset. Sesuatu yang tentunya dapat diperbaiki apabila mengetahui kerusakannya seperti berikut ini:

  1. Mesin Tidak Dapat Menyala

Kerusakan Paling Fatal Pada Mesin Genset

Setiap mesin jenis apapun tentunya baru bisa dirasakan manfaatnya apabila mampu menyala. Apabila yang terjadi sebaliknya maka tentunya tidak ada manfaat apapun yang bisa didapatkan dari mesin tersebut. Hal yang sama juga terjadi pada Mesin Genset. Dimana salah satu masalah sekaligus kerusakan paling fatal pada mesin genset adalah mesinnya yang tidak dapat menyala. Sedangkan hal ini sendiri ditandai dengan mesin yang tidak kunjung berbunyi meskipun telah dinyalakan berulang kali. Dimana untuk kerusakan ini biasanya terjadi oleh berbagai sebab. Penyebab pertama bisa disebabkan karena baterai yang sudah lemah atau bahkan sudah mati. Hal inilah yang kemudian membuat mesin genset tidak akan menyala meski sudah dicoba berulang kali sekalipun. Sedangkan untuk cara mengatasinya tentunya dengan cara menggantinya dengan baterai yang baru. Penyebab keduanya adalah karena kawat yang kendor atau bahkan putus. Hal inilah yang kemudian membuat mesin genset tidak menyala seperti seharusnya. Sesuatu yang tentunya harus segera diperbaiki. Yaitu dengan cara mengganti kawat atau memasang kawat tersebut dengan lebih erat dari sebelumnya.

  1. Mesin Mendadak Mati

Kerusakan Paling Fatal Pada Mesin Genset

Kerusakan fatal berikutnya yang bisa terjadi pada mesin genset adalah mesin yang mendadak mati. Dimana hal ini terjadi ketika mesin genset tengah menyala dan berfungsi seperti biasanya. Namun di tengah proses penyalaan tersebut mendadak mesin genset mati tanpa alasan yang jelas. Hal ini tentunya membuat banyak orang yang menjadi bertanya-tanya. Dimana untuk penyebabnya sendiri bisa dibilang beragam. Namun yang paling mungkin adalah karena mesin genset yang terisi air terlalu banyak. Hal ini biasanya terjadi ketika mesin menyala dan air di dalam tangki bahan bakar lantas berpindah tempat. Cara untuk mengatasinya, bisa terbilang cukup mudah. Yakni dengan cara membuang air dan udara dalam pipa. Selain hal yang telah disebutkan tadi, penyebab berikutnya yang membuat mesin mendadak mati adalah karena lubang ventilasi pada bahan bakar yang tersumbat. Hal ini tentunya membuat mesin genset menjadi bekerja secara tidak sempurna. Hingga puncaknya adalah membuat mesin genset menjadi mati mendadak ketika tengah menyala. Sedangkan cara untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkan sumbatan yang terjadi pada lubang ventilasi tersebut. Hal ini tentunya dilakukan untuk membuat mesin genset kembali menyala lagi seperti semula. Selain itu katup yang tersumbat juga seringkali membuat mesin genset yang tengah menyala bisa mendadak mati. Dimana tidak beda dengan dua masalah sebelumnya, cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan katup yang tersumbat tersebut. Agar nantinya mesin dapat menyala kembali.

  1. Mesin Tidak Punya Daya

Kerusakan Paling Fatal Pada Mesin Genset

Setiap mesin yang berfungsi tentunya memiliki daya untuk bisa berfungsi secara maksimal. Masalah inilah yang seringkali dialami oleh mesin genset. Yakni mesin namun menyala namun tidak memiliki daya untuk melakukan tugasnya. Hal tersebut tentunya akan membuat penyalaan mesin genset akan menjadi sia-sia. Dimana penyebab masalah ini sendiri disebabkan karena plunyer pompa yang sudah aus. Hal tersebutlah yang kemudian membuat mesin genset tidak bekerja seperti seharusnya. Sedangkan cara untuk mengatasinya sendiri bisa dengan cara mengganti yang baru setelah terlebih dahulu mengujinya. Tentunya hal ini dilakukan demi mempertegas bahwa penyebab kerusakan memang benar disebabkan karena plunyer pompa yang mengalami aus. Sedangkan penyebab berikutnya adalah kebocoran yang terjadi pada rumah katub. Untuk hal ini memang harus segera diatasi. Yaitu dengan cara memperbaiki atau mengganti katub yang rusak.

Tentunya mesin genset yang akan digunakan dan tiba-tiba mengalami kerusakan pastinya sangat menjengkelkan, namun terkadang ada perasaan ragu untuk memperbaikinya sendiri karena takut apabila kerusakannya menjadi lebih parah. Sehingga cara yang paling benar, adalah dengan menggunakan alternatif lain yaitu memberikan pada mereka yang lebih ahli dan professional. Pemilihan jasa genset yang tepat, dapat memperbaiki kerusakan bahkan sampai kerusakan paling fatal pada mesin genset yang telah dijelaskan diatas.

Facebook Comments
love
Senang
81%
haha
Terinspirasi
9%
wow
Netral
9%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%