Memilih Wedding Video Terbaik? Yuk Intip Tips Berikut ini!

0
2423
Memilih Wedding Video Terbaik

Memilih Wedding Video Terbaik – Momen momen berharga seperti pernikahan yang hanya terjadi sekali sumur hidup haruslah mampu diabadikan dengan baik. Tak hanya memanfaatkan jasa fotografer saja yang saat ini sudah banyak beredar. Cobalah Anda abadikan momen berharga Anda melalui videografi yang unik dan tentunya memiliki kualitas yang bagus.

Memilih Videographer, Photographer, atau keduanya?

Perbedaan keduanya jelas sangat mencolok. Jika Photograper membuat sebuah gambar dalam film sementara Videographer membuat gambar bergerak dalam layar. Namun perbedaan yang tak terlalu terlihat terletak pada bagaimana interaksi kedua media tersebut terhadap Anda sebagai obyek video maupun foto. Umumnya seorang photographer akan mengarahkan gaya untuk foto foto formal dengan pengecualian jika mereka memang mengabadikan acara secara keseluruhan bukan hanya Anda sebagai obyeknya saja.

Sementara dilain sisi, seorang Videographer umumnya hanya mendokumentasikan event tersebut dan tak mengarahkan gaya obyeknya sekalipun ada kalanya hal tersebut juga di lakukan untuk membuat efek yang mendramatisir. Namun jika Anda menggunakan jasa keduanya usahakan kedua vendor tersebut bertemu untuk membahas teknis eksekusi dengan baik.

Terlepas dari Anda memilih keduanya atau tidak, perhatikan lah budget yang Anda miliki apakah memungkinkan untuk hire kedua jasa tersebut atau justru sebaliknya. Namun jika budget Anda tak memungkinkan untuk menyewa keduanya, usahakan lah untuk lebih memilih videographer. Perbandingannya cukup jelas, sebuah foto hanya mampu menangkap momen momen tertentu saja, sementara video memungkinkan Anda untuk merekam waktu yang bergerak.

Selain itu, apabila budget Anda tergolong menjadi masalah pilih lah mana media yang Anda anggap lebih penting. Jika Anda memilih sebuah video jangan lah memilih paket foto wedding yang tidak sesuai dengan budget yang telah Anda tentukan di awal. Namun jika album foto adalah prioritas Anda, pilih lah paket video standar yang setidaknya mampu mengabadikan resepsi pernikahan Anda.

Seberapa pentingnya peralatan video yang terbaik?

Setiap peralatan video yang berkualitas tentunya akan menghasilkan video terbaik, namun sebenarnya hal tersebut tak melulu menjamin juga bilamana sang operator pun masih belum cukup jam terbangnya dalam hal konseptual. Dipasaran banyak sekali tipe video camera terbaru yang menggunakan 1 dan 3 chip CCD (Charge Coupled Display) yang menawarkan kualitas gambar yang sangat baik dan juga kemampuan untuk merekam pada cahaya rendah sekalipun.

Terlepas dari hal hal teknis, Anda tentunya ingin mengabadikan momen momen berharga tersebut dengan baik bukan? Nah, oleh karenanya akan lebih maksimal hasil video wedding Anda apabila Anda memilih vendor videographer yang mencitai perjaanya, memperhatikan setiap detail momen yang ingin di ekspose serta dapat melakukan proses editing dengan sempurna.

Selain itu yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih Videographer juga terkait peralatan yang digunakan. Pilih lah video camera digital dengan 3CDD 1st dengan harga tertinggi, atau video camera digital dengan 1 CDD 2nd untuk harga sedang, dan Super VHS 3rd untuk harga terendah.

DVD atau VHS?

Terdapat berbagai macam media penyimpanan video wedding Anda. Slaah satunya adalah penggunaan VHS dan DVD. Salah satu kekurangan DVD tentunya kualitas yang akan menurun seiring waktu berjalan sehingga Anda pun tak dapat mengoptimalkan fitur atau kelebihan video tersebut. Adalah hal yang sangat tidak bijaksana apabila Anda hanya memanfaatkan DVD sebagai media penyimpanan tunggal lantaran sifatnya yang tak mampu tahan lama.

Yang mana lebih penting, proses shooting atau editing?

Jika Anda bertanya soal proses shooting dan editing, tentunya kedua bagian tersebut bukanlah hal yang dapat dipisahkan. Seorang Videografer tak akan mampu mengedit apa yang tidak Anda miliki atau dengan kualitas footage yang buruk. Oleh karenanya memilih seorang videographer yang berbakat serta kreatif adalah hal yang sangat penting.

Selanjutnya jika Kita bicara soal proses shooting tentunya tak akan terlepas pula soal posisi, angle camera, lighting serta sound. Jika seorang videographer mempunyai footage yang cukup baik maka proses editing juga merupakah sesuatu yang sangat penting kedudukannya. Sebuag footage yang baik pun sebenarnya apabila tidak di dukung oleh proses editing yang baik tak akan menghasilkan video dengan kualitas yang baik, begitupun sebaliknya. Oleh karenanya pilih lah videographer dan editor yang kompeten di bidangnya.

Mengapa memilih multi camera?

Jika Anda memiliki budget yang memungkinkan, taka da salahnya lho memilih multi camera dalam mengambil momen pernikahan Anda. Fungsinya tentu saja untuk menambah dimensi pada video Anda. Utamanya pada saat acara dimana pengunjung acara melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain dan kamera utama yang tak memiliki ruang gerak yang cukup luas. Multi camera tentunya akan cukup menguras dana Anda, namun hal ini akan jauh lebih sepadan untuk sekedar mengabadikan momen terpenting di hidup Anda.

Bagaimana dengan editing dan special effect?

Sendi dari wedding videografi dapat terlihat dari permainan palet warna. Proses editing adalah kanvas atau dasar dari hasil video yang maksimal. Dengan melakukan editing bagian bagian yang dirasa tak memiliki momen strategis dapat di potong, namun di tangan seorang editor yang berbakat dan kreatif, hasil video wedding Anda justru akan menjadi kenangan indah bagi Anda dan tentunya keluarga.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda pergunakan ketika memutuskan untuk menggunakan jasa videography untuk mengabadikan momen momen terpenting hidup Anda.  Selamat mencoba!

Baca juga: Tips dan Inspirasi Foto Prewedding yang Bisa Anda Coba

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%