Kelebihan dan Kekurangan Pemakaian Wallpaper di Ruangan

0
10393
Kelebihan dan kekurangan pemakaian wallpaper

Kelebihan dan kekurangan pemakaian wallpaper Wallpaper biasanya menjadi salah satu pilihan oleh penghuni rumah untuk menutup dinding selain dengan cara mengecat. Berbeda dengan cat yang tidak bermotif, wallpaper menyajikan berbagai motif yang dapat Anda pilih sehingga pilihannya pun beragam. Biasanya wallpaper diaplikasikan di dinding kamar anak, karena pilihan motifnya yang beragam dapat menjadikan kamar anak lebih menarik. Biasanya produsen wallpaper menyediakan berbagai motif, seperti bermacam-macam bunga, fauna, animasi, hingga motif bangun ruang yang dikombinasikan dengan bebergai warna menarik lainnya. Akan tetapi, tahukah Anda, jika pemakaian wallpaper juga memiliki kelebihan dan kekurangannya daripada pengaplikasian cat dinding. Maka dari itu, untuk mengurangi kesalahan saat ingin mengaplikasikan wallpaper di ruangan Anda, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan wallpaper tersebut.

Selain itu, beda penggunaan wallpaper dan cat dinding, beda pula perawatannya. Lantas, apa saja yang membuatnya berbeda? Untuk itu, kali ini kami akan sajikan beberapa ulasanya tenang kelebihan dan kekurangan penggunaan wallpaper di hunian Anda.

Kelebihan

Menutupi Tembok Retak

Terkadang tembok rumah memiliki tektur yang tidak rata, bahkan ada beberapa retakan yang menimbulkan kesan minus pada estetika hunian Anda. Ketika Anda mendapati dinding rumah Anda memiliki banyak keretakan, wallpaper ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menutupi kekurangan tersebut. Jika Anda mengaplikasikan cat dinding, keadaan tembok yang retak itu tidak menutup secara sempurna, namun jika menggunakan wallpaper akan tertutup secara sempurna.

Selain itu, jika keretakan tembok berada di ruang tamu atau keluarga, Anda juga dapat memilih motif yang sesuai dengan gaya rumah Anda. Jika gaya rumah Anda minimais, Anda dapat memillih motif wallpaper yang biasa seperti permainan warna yang menarik. Ataupun bisa memilih wallpaper dengan motif batu bata atau yang lebih klasik.

Lebih Praktis

Jika mengecat akan ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Mulai dari mengecat dengan cat dasar, cat utama hingga finisihing. Memilih metode mengecat berarti telah menyiapkan waktu yang panjang untuk proses tersebut.

Berbeda dengan mengaplikasikan wallpaper untuk ruangan di rumah Anda. Hal ini diklaim lebih praktis dibanding mengecat. Anda hanya tinggal membersihkan seluruh dinding yang ingin diaplikasikan oleh wallpaper kemudian tempel walpaper tersebut.

Selain itu, mengaplikasikan wallpaper pun tidak akan mengotori seluruh perabotan yang ada di sekitar dinding.

Lebih Hemat

Pengaplikasikan wallpaper pada ruangan di rumah Anda, akan lebih hemat waktu, karena tekniknya tidak akan seribet dan serumit mengecat. Selain menghemat waktu, Anda juga dapat menghemat biaya. Jika Anda harus menyewa tukang bangunan untuk mengecat dinding. Ketika Anda memilih untuk menggunakan wallpaper, Anda dapat melakukannya secara sendiri, namun pastinya dibantu dengan orang lain.

Hal ini akan dapat menghemat biaya pengeluaran dan dapat mengalokasikan dana tersebut untuk hal lainnya.

Mudah diperbaiki

Tidak sama dengan cat yang apabila terjadi pengelupasan atau kerusakan lainnya harus dicat ulang. Ketika Anda mendapati salah satu sisi wallpaper yang rusak, Anda cukup menggantikan sisi yang rusak tersebut dengan wallpaper baru, namun tidak semuanya yang harus diganti.

Namun apabila Anda mendapati cat yang rusak, Anda harus mengecat secara keseluruhan. Mengapa? Karena jika dicat hanya pada salah satu sisinya saja, akan menimbulkan belang dan hal ini tidak akan enak dipandang dari segi estetika.

Lebih Menarik

Jika cat tembok hanya menampilkan permainan warna, dan tekstur, wallpaper dapat memberikan kesan lainnya. Wallpaper memiliki motif yang sangat beragam, untuk itu Anda dapat bebas memilihnya dibandingkan dengan penggunaan cat tembok. Hal ini dapat membuat rumah Anda lebih terkesan bagus dan menarik.

Mudah dibersihkan

Jika ada kotoran yang menempel pada cat dan mengendanya, Anda harus melakukan cat ulang lagi. Namun jika Anda menggunakan wallpaper, Anda dapat dengan mudah membersihkannya dengan lap bersih ataupun menggunakan kemoceng untuk membersihkannya.

Menampilkan Kesan Mewah

Yang membuat lebih menarik, penggunaan wallpaper akan membuat ruangan terlihat lebih mewah dan menarik. Walaupun ruangan yang diaplikasikan wallpaper tradisional, namun penggunaan wallpaper ini dapat menimbulkan kesan yang lebih mewah.

Kekurangan 

Mudah Rusak dan Berjamur

Sifat wallpaper adalah tidak boleh ada di ruangan yang sangat lembab dan selalu tertutup. Ketika Anda mengaplikasikan wallpaper ini di sebuah ruangan, pastikan ruangan tersebut memiliki udara masuk yang cukup. Jika tidak, upayakan ruangan memiliki AC untuk mengontrol kadar kelembaban. Namun ketika pagi hari, disarankan Anda untuk membuka semua ventilasi sehingga udara pun masuk. Lantas, jika ruangan lembab, apa yang akan terjadi dengan wallpaper? Wallpaper akan cepat rusak, bahkan mengelupas karena dindingnya dalam keadaan lembab. Kemudian akan muncul jamur. Untuk itu, disarankan jika Anda menggunakan wallpaper harus diperhatikan hal ini dengan baik.

Harus dibersihkan Rutin

Tidak seperti dinding yang hanya dicat ulang jika keadaan mulai jelek atau belang. Namun jika Anda menggunakan wallpaper, Anda harus rajin membersihkannya setiap saat. Memang membersihkannya lebih mudah daripada Anda harus mengecat ulang. Namun yang harus diperhatikan adalah Anda harus rajin membersihkannya agartidak ada kotoran yang menempel terlalu lama di atas wallpaper.

Berikut beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan wallpaper. Untuk menemmpatan wallpaper dan motif yang bagus digunakan untu tema per bagian ruangan, Anda dapat berkonsultasi dengan desain interior agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Mengecat Interior Rumah

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
28%
wow
Netral
14%
sad
Sedih
42%
angry
Marah
14%