Tips Mengecat Interior Rumah

0
2426
Tips Mengecat Interior Rumah

Tips Mengecat Interior Rumah – Pengaplikasian cat dalam interior rumah dapat membuat suasana dalam ruangan berubah. Menurut seorang psikolog, warna cat dalam rumah dapat memengaruhi emosi kejiwaan seseorang yang ada di dalam ruangan tersebut. Menurutnya, warna cerah dapat membangkitkan mood atau suasana hari positif dan warna gelap seperti abu-abu akan memberikan efek mood yang kurang bagus untuk psikologi pemilik rumah tersebut.

Lantas, bagaimana penerapan warna cat dalam interior rumah? Berikut kami berikan berbagai tips untuk mengecat interior rumah.

Ruang Keluarga

Untuk warna cat pada bagian ini, usahakan mengaplikasikan warna yang teduh seperti hijau, biru, ataupun warna-warna pastel. Karena pengaplikasian warna-warna lembut seperti itu, akan membuat suasana lebih akrab, dan erat saat Anda bersantai dengan keluarga Anda.

Menurut seorang psikolog di Jakarta, warna-warna tersebut dapat mengguatkan dan memberikan suasana kebersamaan dengan keluarga Anda. Hindari warna-warna gelap seperti abu-abu ataupun kombinasi dengan warna hitam karena membuat suasana hati tidak baik.

Kombinasi Warna

Bagi Anda yang ingin menampilkan sisi berbeda di dalam ruang keluarga Anda, Anda dapat mengaplikasikan beberapa warna cat dalam satu dinding, namun yang perlu diperhatikan jangan terlalu banyak mengaplikasikan warna. Hal ini akan menyebabkan warna dinding tidak teratur dan terlalu ramai. Anda dapat mengombinasikan warna hijau tua dengan warna turunannya, yakni hijau muda. Ataupun biru langit dengan biru telur asin. Ini dapat Anda aplikasikan dalam satu palet dinding dengan setengah warna berbeda. Akan tetai, kembali lagi, jangan terlalu banyak memberikan warna yang berbeda pada masing-masing dinding, hal ini akan membuat dinding ruang keluarga Anda ramai.

Ruang Makan

Jika Anda memperhatikan warna yang diaplikasikan di rumah makan seperti di kedai junk food apa, pasti Anda baru sadar jika mereka selalu mengaplikasikan warna merah terang. Ya, karena menurut seorang psikolog, warna merah dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Jika seperti itu, Anda juga dapat menerapkan pengaplikasian warna ini di ruang makan Anda. Dan perlu diingat, hindari mengaplikasikan warna biru karena ini dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

Kombinasi Warna

Warna merah memang dapat membuat seseorang di dalam ruangan tersebut nafsu makan, namun Anda tidak perlu mengecat dinding ruang makan Anda merah secara keseluruhan. Karena ini tentunya akan merusak mata Anda.

Anda dapat mengaplikasikan warna merah ini dalam satu palet dinding dengan mengombinasikan warna netral seperti putih. Untuk menambah kesan estetika Anda dapat meletakkan lukisan berupa beberapa buah-buahan atau yang memiliki keterkaitan dengan ruangan di dinding ruang makan Anda.

Kamar Anak

Anak-anak sejatinya masih terus berkembang hingga dinyatakan memasuki usia remaja hingga dewasa. Untuk itu, dalam mengaplikasikan warna cat pada ruang anak ini sangat penting diperhatikan. Karena salah-salah mengecat kamar anak Anda, kemungkinannya adalah tumbuh kembang anak Anda akan terganggu.

Jangan anggap ini adalah masalah sepele, karena menurut sebuah penelitian yang diungkapakan seorang psikolog, jika warna cat di dalam kamar anak dapat memengaruhi tumbuh kembangnya. Hal ini disebabkan karena sang anak yang usianya masih dibawah 10 tahun pasti memiliki kegiatan yang lebih besar di dalam kamar daripada di luar kamar.

Jika Anda mengecat kamar anak Anda dengan warna gelap seperti abu-abu atau kombinasi hitam, tidak menutup kemungkinan jika sang anak dapat mengalami depresi karena melihat suasana kamarnya gelap (karena dapat memengaruhi suasana hati). Berbeda dengan anak yang kamarnya dicat dengan warna cerah seperti hijau, biru, merah, dan aplikasi warna lainnya. Akan mengalami tumbuh kembang yang lebih ceria.

Kombinasi Warna

Sebenarnya banyak pilihan warna yang dapat diaplikasikan di dinding kamar anak Anda. Misalnya, ketika Anda memiliki anak perempuan, pilihlah warna yang girly seperti pink, dan dapat dikombinasikan dengan warna pastel. Jika Anda memiliki anak laki-laki, Anda dapat memilih mengaplikasi warna biru, hijau, dan warn-warna kesukaan anak Anda.

Anda dapat mengombinasikan beberapa warna tersebut dengan beberapa gambar karakter kartun atau yang disukai anak Anda pada dindingnya. Namun jika memang Anda berpikir untuk jangka waktu panjang (hingga si anak dewasa) tidak ingin mengganti warna cat, Anda dapat memilih warna netral seperti putih. Selain memberikan efek bersih, warna putih ini dapat memberikan efek luas pada ruangan.

Kamar Utama

Untuk kamar utama, Anda dapat memilih warna yang netral dan juga yang memberikan kesan soft, seperti putih, hijau muda, ungu muda, dan warna-warna pastel. Kesan warna-warna ini akann lebih bisa menghangatkan.

Kombinasi Warna

Untuk kamar utama, lebih baik dicat secara keseluruhan dengan warna yang sama, karena kurang bagus untuk dikombinasikan dengan berbagai warna. Efeknya akan memberikan kesan penuh dan sesak.

Dapur

Dapur merupakan ruangann dengan aktivitas yang tinggi, karena setiap hari dikunjungi atau dipakai. Banyak asap yang akan menempel di dinding sehingga ada baiknya Anda memilih warna-warna agak gelap seperti biru tua, ataupun merah tua. Sehingga ketika terkena percikan minyak dan lain-lain.

Kombinasi Warna

Anda dapat mengaplikasikan beberapa warna dalam dapur Anda, namun harus dilihat terlebih dahulu dengan warna perabot atau kicthen set yang Anda miliki. Jangan terlalu jauh berbeda memilih warna dengan perabot yang Anda miliki. Sebagai ornamen, Anda juga dapat menambahkan beberapa keramik dengan ukuran kecil pada dinding dapur Anda. Biasanya produsen keramik menyediakan beberapa keramik dinding yang dikhususkan untuk ornamen dapur.

Diatas tadi adalah tips untuk memilih warna cat interior rumah Anda. Jika memang perlu, Anda dapat mengkonsultasikan pemilihan warna dalam interior rumah Anda dengan seorang desainer interior. Selamat mencoba!

Baca juga: Beberapa Tips Merenovasi Kamar Mandi (Agar Makin Cantik)

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%