Memisahkan Ruangan Tanpa Dinding Bisa Dilakukan dengan 5 Cara Ini

0
2745

Dalam proses pembuatan rumah, dinding menjadi salah satu elemen yang tidak bisa dihilangkan.  Selain itu dinding juga memiliki fungsi untuk mempertegas sebuah ruangan dan memisahkan ruangan satu dengan ruangan lainnya. Hanya saja terkadang dinding juga menjadi salah satu masalah baru bagi Anda yang bertempat tinggal di apartemen atau pun rumah dengan ruangan yang tidak luas dan tidak memungkinkan untuk membangun dinding baru. Memisahkan ruangan tanpa dinding masih bisa Anda lakukan tanpa harus membangun dinding baru. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk terapkan dirumah. Partisi atau penyekat ruangan bisa Anda pilih untuk pembatas. Anda juga bisa memilih partisi sesuai dengan selera. Tidak hanya itu, yang menarik lagi, partisi memiliki bentuk dan model yang bermacam-macam yang mana bisa Anda pilih untuk mempercantik ruangan. Selain fleksibel dan mudah diterapkan, partisi juga mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

  • Tirai

Memisahkan ruangan tanpa dinding

Sumber gambar: pinterest

Tirai tentu sudah bukan hal yang asing lagi bagi Anda. Tirai bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memisahkan ruangan tanpa dinding, selain itu tirai juga membuat Anda tidak harus membuat partisi permanen dan tirai juga memberikan privasi penuh bagi penghuni rumah. Dari segi harga pun tirai tidak akan menguras dompet Anda yang mana ini berarti memilih tirai sebagai penyekat ruangan jauh lebih hemat. Selain itu Anda bisa sesuka hati mengganti tirai sesuai motif yang diinginkan. Meskipun begitu agar cahaya luar dapat menembus masuk ke dalam rumah maka Anda bisa memilih tirai dengan warna terang dan sedikit transparan. Warna terang juga memberikan efek cerah untuk ruangan.

  • Manik-manik, Tali dan Pita

Memisahkan ruangan tanpa dinding

Sumber gambar: brit.co

Selain tirai, manik-manik , tali atau pita juga bisa menjadi pilihan yang pas. Apalagi jika Anda memiliki sisi kreatif dan menyukai hal-hal dengan nuansa 1960-an. Nuansa 1960-an memang dilatarbelakangi oleh semangat kaum hippies yang penuh ekpresif serta memilih warna-warna segar sebagai desain interior. Memilih manik-manik, tali atau pita dengan warna-warna segar tentu akan memberikan suasana rumah yang berbeda. Selain itu untuk memisahkan ruangan tanpa dinding pun menjadi hal yang mudah dan menarik karena Anda bisa mengubahnya sesuai dengan selera sewaktu-waktu. Apalagi ketiga bahan ini juga cukup ringan dan tidak menguras tenaga apalagi sampai membuat budget melebar.

  • Layar Lipat

Memisahkan ruangan tanpa dinding

Sumber gambar: pinterest

Jika Anda termasuk orang yang menyukai sesuatu yang klasik dan cantik maka layar lipat bisa menjadi pilihat yang tepat untuk partisi. Layar lipat juga mudah untuk diatur dan biasanya terbuat dari bahan-bahan yang ringan. Di pasaran Anda bisa menemukan partisi dengan bahan yang beragam seperti dari rotan, kain, bambu dan lain-lain dengan harga yang bermacam-macam. Yang cukup menyenangkan Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget Anda jika ingin memakai partisi layar lipat. Sebelum membelinya, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dulu untuk model yang Anda inginkan. Membeli online atau pun secara offline bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau jika Anda merasa bingung dan takut nantinya desain ruangan Anda akan berubah karena salah memilih model atau pun warna maka Anda bisa melakukan konsultasi dengan para desain interior, bahkan untuk hal ini Anda tinggal mencari pada situs halojasa.com yang mana disini Anda akan menemukan para ahli dibidangnya.

  • Rak Buku

Memisahkan ruangan tanpa dinding

Sumber gambar: lauragravelle

Jika layar lipat bukan pilihan yang pas maka rak buku bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda pecinta buku dan membutuhkan sekat tanpa harus membuat dinding baru. Tidak hanya itu, rak buku juga bisa berfungsi untuk menciptakan pembatas tanpa benar-benar memisahkan ruangan itu sendiri. Sebagai dinding semu rak buku juga memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan buku dan barang-barang dekoratif lainnya. Meletakkan buku-buku favorit tentu akan menjadi hal yang menyenangkan, apalagi jika Anda memiliki pemikiran bahwa dengan membaca maka Anda akan menambah wawasan. Tentu saja hal ini akan sangat tepat jika Anda ingin menciptakan pembatas dengan multifungsi. Buku bisa Anda letakkan sesuai dengan urutan judul atau sesuai dengan tebal tipisnya. Diantara buku, menyelipkan beberapa hiasan seperti guci kecil atau vas bunga juga bisa Anda lakukan.Selain itu warna-warn atom yang biasanya dimiliki rak buku juga akan menunjang penampilan ruangan yang semakin cantik. Ada berbagai macam model dan gaya untuk rak buku ini. Dari ukuran mini sampai yang cukup besar. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Tanaman Hijau

Memisahkan ruangan tanpa dinding

Sumber gambar: interdesain

Bagi Anda pecinta tanaman maka partisi satu ini pasti Anda sukai. Tanaman hijau sebagai partisi merupakan ide terbaik yang bisa Anda terapkan di dalam rumah. Bahkan untuk partisi satu ini Anda bisa membuatnya sendiri sesuai imajinasi dan karakter Anda. Memilih rak yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan tentu menyenangkan lalu Anda juga tinggal menambahkan ambalan kayu sebagai tempat dudukan pot. Untuk partisi Anda bebas memilih partisi apa yang ingin digunakan, yang terpenting partisi harus kuat dan mampu menahan beban dari tanaman. Anda juga bisa memanfaatkan partisi yang ada dirumah tanpa harus membeli lagi yang baru. Kemudian Anda bisa mennetukan jenis tanaman apa yang ingin Anda gunakan. Untuk memudahkan maka Anda bisa memisahkan tanaman sesuai dengan warna tanaman, bentuk daun dan juga besar penampang atau sesuai dengan detail lainnya. Misal Anda menyukai tanaman kaktus, maka Anda bisa membuat gurun pasir modern dengan partisi yang Anda miliki.

Baca juga: Kamar Sempit? Berikut Ini Cara Membuat Kamar Sempit Terlihat Luas

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%