Memahami Berbagai Jenis Bedak dan Kegunaannya

0
3322

Powder atau bedak menjadi salah satu produk wajib yang selalu dibawa kemana-mana dan dipakai pada acara apapun oleh seluruh kaum hawa. Kebanyakan perempuan lebih memilih bedak padat daripada bedak tabur. Selain bentuknya yang lebih simpel, bedak padat juga tidak akan mudah tumpah ketika dimasukkan ke dalam tas dan dalam keadaan kondisi terguncang sekalipun. Selain itu, fitur atau ketersediaan isi ulang atau filter bedak jika sudah habis menjadi sebuah keunggulan tersendiri pada bedak padat ini. Akan tetapi, apakah Anda mengetahui ada berapa macam jenis bedak selain bedak padat? Ternyata banyak jenis bedak selain bedak padat dan memiliki fitur serta fungsi yang berbeda. Jangan sampai salah memilih bedak karena memiliki banyak jenis. Maka dari itu, Anda harus memahami berbagai jenis bedak dan kegunaannya agar dapat tampil secara maksimal dan sempurna pada setiap acara.

Lantas, sebenarnya ada berapa jenis bedak yang tersedia? Dan apa saja fungsinya? Berikut kami sajikan ulasan tentang berbagai jenis bedak dan kegunannnya. Simak ulasannya berikut ini.

Loose Powder atau Bedak Tabur

Memahami Berbagai Macam Jenis Bedak

Jenis bedak ini biasanya dijual dalam bentuk tabung atau jar. Bedak tabur memiliki tekstur yang lembut saat diaplikasikan ke wajah. Dibanding dengan bedak padat, memang bedak tabur lebih ringan saat diusapkan ke wajah Anda. Untuk hasil yang lebih merata dan natural saat mengaplikasikannya, disarankan untuk menggunakan powder brush.

Namun kekurangannya dengan jenis bedak lainnya adalah, bedak tabur ini sulit dibawa ketika Anda berpergian, karena jika digunakaan saat di jalan atau di tempat lain (selain di rumah) akan berantakan dan susah diaplikasikan dibanding bedak padat. Selain itu, karena teksturnya yang sangat halus, bedak tabur ini berrisiko tumpah sehingga terkadang tidak sering digunakan saat berpergian.

Kegunaan atau Waktu Pakai

Bedak tabur memiliki sifat yang lebih ringan daripada bedak padat. Maka dari itu, sebaiknya Anda gunakan saat tidak resmi saja. Misalnya saat di rumah atau hanya sekadar ke luar rumah dengan jarak dekat.

Compact Powder atau Pressed Powder

Memahami Berbagai Macam Jenis Bedak

Jenis bedak ini lebih praktis daripada bedak tabur. Biasanya bedak jenis ini sering dibawa-bawa kemanapun perempuan pergi. Selain bentuknya yang padat sehingga lebih praktis dibawa, compact powder ini juga memiliki keawetan yang lebih tahan lama dibanding dengan bedak tabur. Namun sebelum membelinya, Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan Anda. Jika selama ini Anda terbiasa menggunakan BB Cream, Concealer atau foundation sebelum mengaplikasikan bedak, pilihlah pressed powder yang coverage nya cukup sheer agar riasan wajah tidak terlihat seperti memakai topeng atau terlalu tebal.

Kegunaan atau Waktu Pakai

Anda dapat mengaplikasikan bedak ini setelah menggunakan foundation atau bb cream. Jenis bedak ini lebih tahan lama, sehingga bedak ini cocok digunakan pada acara-acara penting seperti pesat pernikahan atau pergi ke kantor. Bedak ini juga biasanya dipakai untuk touch up atau membetulkan bedak yang telah hilang karena kondisi wajah berminyak atau keringat.

Powder Foundation

Memahami Berbagai Macam Jenis Bedak

Jenis bedak ini lebih simpel daripada jenis bedak lainnya. Jenis bedak ini merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menampilkan medium hingga full convarage pada kulit wajah Anda. Jenis bedak ini lebih praktis dan dapat digunakan langsung tanpa perlu menggunakan liquid face base lainnya.

Setting Powder

Memahami Berbagai Macam Jenis Bedak

Jenis bedak ini membantu Anda untuk mengunci riasan wajah Anda, terutama untuk daerah area kilau wajah atau area wajah yang mudah berminyak seperti dahi, pipi, dan juga dagu. Dengan memakai jenis bedak ini riasan wajah Anda dijamin akan lebih tahan lama.

Kegunaan dan waktu pakai

Gunakan bedak ini setelah Anda mengaplikasikan foundation. Pilih warnanya yang translucent, atau saat ini produsen kosmettik banyak mengeluarkan berbagai warna yang disesuaikan dengan warna kulit wajah.

Finishing Powder

berbagai jenis bedak dan kegunaannya

Bedak ini umumnya dipakai setelah mengaplikasikan setting powder. Tujuan menggunakan bedak ini adalah menyamarkan garis-garis halus yang terdapat pada kulit wajah Anda. Selain itu, menggunakan bedak ini dapat menutup pori-pori sehingga riasan tampak lebih sempurna. Bedak jenis ini termasuk produk paling esensial, apalagi jika Anda mengaplikasikannya pada acara penting dari pagi hingga malam hari.

Untuk hasil yang sempurna, Anda juga dapat menggunakan foundation untuk menutup moda, bekas jerawat, atau pori-pori pada wajah Anda. Berikut tips penggunannya:

  1. Foundation memiliki tekstur yang sangat cair dan ringan, untuk itu, bagi Anda yang ingin menutupi noda pada wajah atau lingkar hitam di bawah mata, Anda perlu mengombinasikannya dengan penggunaan concealer.
  2. Untuk penggunaan sehari-hari, Anda dapat menggunakan foundation ini ditabambahkan dengan bedak tabur. Mengapa bedak tabur? Karena foundation dengan sempurna menutup semua pori-pori kulit wajah Anda, sehingga pilihan bedak tabur yang lebih ringan dapat membuat kulit wajah Anda lebih bernafas.
  3. Setelah menggunakan foaundation, disarankan untuk selalu membersihkan kulita wajah menggunakan pembersih khusus. Jangan menggunakan air biasa saja, karena hal ini tidak akan mengangkat keseluruhan bekas make up.

Berikut beberapa jenis bedak dan juga kegunaannya. Jadi, mana bedak yang Anda pakai setiap hari? Jika ingin lebih mengetahui jenis dan cara penggunaan berbagai bedak, Anda juga dapat mengonsultasikannya ke make up artist, jenis bedak yang seperti apa yang cocok dengan kulit wajah Anda agar menghasilkan hasil riasan yang sempurna. Selamat mencoba!

Facebook Comments
love
Senang
66%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%