Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

0
2553
Tips Mengamankan Rumah

Tips Mengamankan Rumah – Sebagai seorang pemilik rumah, tentunya Anda menginginkan keamanan terbaik untuk rumah Anda. Hal ini sudah menjadi kewajaran, karena kita tidak tahu kapan rumah kita diintai oleh pencuri. Apalagi saat ini modus operandi penyusup dan pencuri semakin bervariasi, sehingga keamanan rumah kini semakin menjadi faktor penting.

Meski demikian, terkadang masih ada saja pemilik rumah yang teledor dengan keamanan rumah mereka. Meninggalkan kendaraan di depan rumah, gembok yang lupa dikunci, menyembunyikan kunci di tempat yang mudah ditemukan, dan lain sebagainya. Hal itu tentu saja sangat beresiko.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan rumah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengganti semua kunci

Ketika baru saja menempati sebuah rumah, ingatlah untuk mengganti semua kunci di rumah tersebut. Hal ini penting, apalagi jika dulunya rumah ini sudah bergonta-ganti penghuni.

Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang punya akses terhadap kunci rumah sebelum Anda. Untuk itu, berjaga-jaga dengan mengganti semua kunci dengan kunci baru adalah langkah paling aman.

Selain itu jika Anda tanpa sengaja menghilangkan kunci rumah Anda, Anda perlu menggantinya dengan yang baru (alih-alih membuat duplikat) demi keamanan di rumah yang maksimal.

2. Pasang alarm sistem

Sistem alarm adalah salah satu bentuk perlindungan rumah terbaik. Sistem alarm rumah secara otomatis akan memberikan sinyal darurat pada pihak berwajib dan mengingatkan pemilik rumah terhadap satu bahaya potensial. Menyadari adanya sistem alarm di sebuah rumah, juga akan mengusir orang-orang yang memiliki niat untuk menyusup dan mencuri.

Jika memang nekat, pencuri pun akan panik jika alarm membunyikan sinyal tanda bahaya.

3. Sembunyikan kabel-kabel sistem keamanan

Jika Anda berhadapan dengan pencuri lihai, ia akan memotong sistem keamanan Anda untuk melumpuhkannya, sehingga ia bisa masuk dengan mudah. Sembunyikan kabel-kabel keamanan tersebut dengan baik.

4. Jika bepergian, berikan kesan bahwa rumah tersebut sedang ada orang

Pencuri profesional akan memantau suatu perumahan untuk mencari rumah mana saja yang sedang ditinggal penghuninya dalam beberapa waktu. Jika rumah terlihat kosong, maka pencuri akan masuk dan mengambil barang-barang berharga di dalam rumah Anda. Anda bisa mencegah hal ini dengan menyalakan sejumlah lampu yang tampak dari depan rumah. Ini akan memberi kesan bahwa rumah sedang ditempati.

5. Jangan tinggalkan kunci di bawah keset atau di bawah pot

Ini adalah sebuah keteledoran yang cukup umum, terutama untuk keluarga yang tidak memiliki kunci cadangan.

Salah satu cara mudah menyusup ke dalam sebuah rumah adalah mencari-cari di mana sang penghuni menyembunyikan kunci. Paling sering, kunci disembunyikan di bawah pot, di bawah keset, atau di atas ventilasi. Ini sangat berbahaya. Sebaiknya, jika memang tidak memiliki kunci cadangan, bungkus kunci Anda dengan sesuatu dan sembunyikan di tempat rahasia yang hanya keluarga Anda yang tahu.

6. Berikan penerangan di sekitar rumah Anda

Salah satu cara pintar mencegah maling adalah dengan meningkatkan pencahayaan. Pencahayaan seperti lampu jaman, lampu halaman, dan lampu teras cukup penting, karena pencuri tidak bisa bergerak dan memasuki rumah Anda dengan leluasa. Selain itu, ada juga lampu dengan deteksi inframerah yang otomatis menyala jika seseorang melewati area tertentu. Ini akan mencegah pencuri untuk berusaha masuk.

7. Pasang gerendel di pintu geser

Jika rumah Anda memiliki pintu kaca geser, pintu patio, atau jendela geser, gunakanlah batangan besi yang ditempatkan di rel jendela atau pintu tersebut. Batang besi ini bisa mencegah pencuri yang memaksa pintu atau jendela terbuka.

8. Gunakan engsel yang menghadap ke dalam rumah

Jika engsel pintu Anda menghadap ke luar rumah, seorang penysup akan dengan mudah menarik batangan engsel tersebut agar bisa masuk. Demi keamanan rumah yang optimal, sebaiknya buka engsel tersebut dan atur ulang sehingga engsel berada di sisi dalam rumah Anda.

9. Lindungi jendela Anda

Pencuri terkadang memiliki kesempatan masuk ke dalam rumah melalui jendela. Lindungi area rawan ini dengan memasang gerendel jendela dan juga kusen. Selain itu, tambahkann juga gorden agar penyusup tidak dapat mengintip ke dalam rumah Anda melalui jendela. Jika rumah saat ini sedang dalam tahap konstruksi, memasang jendela yang panjang namun tak bisa dimasuki tubuh manusia juga bisa jadi pilihan.

10. Pasang CCTV

Ketika rumah Anda cukup besar dan maling dapat masuk kapan saja, sangat penting bagi Anda untuk memasangkan CCTV. Kamera CCTV dapat merekam gambar dan menyimpannya, sehingga pencuri yang memiliki niatan buruk bisa mengurungkan itikadnya untuk mencuri.

11. Gunakan CCTV dummy

CCTV memang memiliki manfaat keamanan. Namun permasalahannya, tidak semua orang punya cukup biaya untuk memasang CCTV. Apalagi untuk membeli harddisk sebagai media perekam.

Solusinya? Gunakanlah CCTV dummy. Dummy adalah tiruan kamera CCTV. Bentuknya sangat mirip dengan kamera CCTV sesungguhnya, namun tidak dapat merekam dan menyimpan gambar. Ini hanya untuk gertakan saja agar pencuri tidak berani masuk ke rumah Anda.

12. Miliki safe deposit

Jika Anda memiliki perhiasan berharga dan surat-surat penting, sebaiknya milikilah safe deposit. Safe deposit punya sistem keamanan dengan kombinasi angka. Jadi, hanya Anda saja yang bisa membuka. Selain itu safe deposit biasanya dilapis dengan besi tebal, sehingga mencegah upaya maling untuk mencongkelnya. Selain itu ia juga tahan api. Bentuknya yang besar dan berat, membuat safe deposit tidak praktis untuk dibawa pencuri keluar rumah. Sehingga, pilihan safe deposit box sangat aman untuk barang-barang berharga Anda.

Nah, demikian tadi beberapa tips keamanan untuk rumah Anda. Jika saat ini Anda sedang berniat mencari keamanan tambahan untuk rumah Anda, Anda bisa menggunakan layanan home services diinternet. Para tenaga ahli prodesional akan dengan senang hati membantu Anda.

Semoga bermanfaat!

Facebook Comments
love
Senang
60%
haha
Terinspirasi
40%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%