Tips Agar Wiper Mobil Bekerja Maksimal Saat Hujan Tiba

0
814
Halojasa Tips Agar Wiper Mobil Bekerja Maksimal

Tips agar wiper mobil bekerja maksimal saat hujan – Sediakanlah paying sebelum hujan tiba. Demikian ungkapan yang pas untuk Anda yang tengah melakukan perjalanan  di musim penghujan. Mengecek kondisi kendaraan sebelum dipakai pada saat musim hujan memang menjadi hal paling berharga. Kondisi ini akan membantu pengendara terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Salah satu pengecekan kendaraan yang tidak boleh terlupakan adalah bagian wiper.

Halojasa Tips agar wiper mobil bekerja maksimal

Wiper merupakan komponen mobil yang tugasnya membasuh air ketika kaca mobil terkena cipratan air hujan. Wiper akan membantu pengemudi melakukan akivitas mengemudi dengan aman dan terjaga. Meskipun kegunaan wiper begitu penting, sayangnya masih banyak para pemilik kendaraan yang mengabaikan keberadaan wiper dengan jarang mengecek atau membersihkannya. Alhasil ketika hujan tiba, fungsi wiper sendiri menjadi kurang maksimal. Padahal ketika hujan turun, tentu kaca mobil yang berada di depan pengemudi harus bebas dari air supaya pengemudi dapat melihat kondisi jalan.

Sadar atau tidak, kebiasaan tidak mengecek wiper mobil bisa berdampak buruk terutama pada keselamatan. Untuk itu, cobalah melakukan pengecekan terlebih dahulu terlebih saat mulai memasuki musim hujan. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik kendaraan, bagaimana cara merawat atau cek wiper pada mobil.

  1. Cek kondisi karet wiper

Pengecekan pertama bisa dimulai dari melihat terlebih dahulu kondisi karet pada bagian wiper mobil. Lihatlah apakah ada retakan atau kondisi seperti wiper lapuk. Retakan atau lapuknya karet wiper bisa disebabkan oleh cuaca, panas dan kondisi udara. Jika sudah terdapat beberapa retakan atau karet wiper mudah dirobek tandanya karet wiper harus diganti dengan yang baru. Jika wiper sudah dalam kondisi rusak maka tentu kurang mampu menyeka air di kaca. Anda bisa mengganti karet wiper dengan membelinya di toko aksesoris mobil. Disarnkan mengganti dengan wiper yang baru, orisinal, dan berkualitas supaya saat menyeka air hujan, ada bagian wiper yang rusak tidak menggores kaca mobil.

  1. Hindari mengelap pinggiran karet wiper

Pada saat membersihkan mobil bagian kaca depan memang tidak luput dari proses ini. Dan tentu setelah membersihkan kaca mobil, wiper adalah bagian yang juga sering dibersihkan. Biasanya, kita membersihkan wwiper dengan menggunakan kain untuk membantu menyerap sisa air. Akan tetapi pada saat mengelap bagian wiper mobil, lebih baik harus berhati-hati. Pada bagian pinggiran karet terdapat bagian komponen yang dilapisi oleh bahan kimia yang fungsinya untuk menjaga elastisitas wiper. Jadi agar wiper lancer saat bergerak, usahakan tidak mengelap pinggiran karetnya supaya cairan tidak hilang.

  1. Pasang stand saat membersihkan wiper

Ketika melakukan pembersihan pada bagian wiper mobil, unuk membantu kemudahan adalah dengan memasangkan stand. Stand adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk menjaga agar karet wiper tidak bersentuhan langsung dengan kaca mobil. Biasanya pada kondisi basah setelah wiper terkena air cucian, karet akan lebih kuat menempel kaca. Jadi untuk menjaga supaya tidak terjadi kerusakan pada karet maupun gagang wiper, Anda bisa bantu dengan meletakkan stand atau pengait yang menjaga karet wiper agar tidak menempel pada kaca serta mudah dibersihkan dengan tidak menyentuh cairan kimia di pinggir karet wiper.

  1. Gunakan cairan khusus pembersih wiper

Cairan wiper memang bertugas sebagai pelumas karet supaya nanti jadi lebih mudah bergerak dan menghapus air hujan pada kaca mobil. Sementara itu untuk membersihkan bagian karet pada wiper maka sebaiknya menggunakan cairan khusus. Cairan khusus ini bisa Anda dapatkan dengan membelinya di bengkel mobil. Selanjutnya tuangkan cairan khusus tersebut di wadah atau lakukan sesuai petunjuk penggunaan cairan di bagian khusus kemasan. Campur cairan dengan air dan gunakan untuk mengelap wiper menggunakan kain halus.

  1. Pastikan komponen lain wiper juga dalam kondisi bersih

Bukan hanya bagian karet wiper saja yang harus dibersihkan secara maksimal, komponen lain seperti soket-soket yang menghubungkan karet dengan motor wiper juga dalam kondisi bersih dari  kotoran. Jika gerakan pada wiper sudah semakin lambat, tandanya motor wiper pun sudah semakin lemah. Untuk itu disarankan melakukan pemeriksaan wiper dengan membawanya ke bengkel otomotif. Pengecekan akan dilakukan oleh petugas yang sudah berpengalaman. Selain praktis, pengecekan yang dilakukan di bengkel dirasa lebih cepat sebab sudah tersedia berbagai peralatan untuk bongkar pasang wiper.

  1. Semprot pelumas pada wiper

Setelah dibersihkan atau dicek kondisi karet wiper dan komponen lainnya, sebelum dipakai kembali Anda dapat menyemprotkan pelumas khusus. Fungsi pelumas ini akan menjaga supaya wiper tetap lancer digerakkan sehingga tidak merusak bagian motor dan karetnya karena tersendat. Gunakan cairan khusus atau pelumas misalnya WD cleaner dan semprotkan pada area bawah wiper. Terakhir, jangan lupa mengecek fungsi washer supaya lebih sempurna. Tujuannya supaya membantu membersihkan kotoran akibat cipratan air kotor dari kendaraan lain. Jaga agar kinerja pompa air di wadah washer baik caranya dengan cek apakah ada kerak atau lumut yang bisa menyumbat aliran air untuk keluar.

Semakin rajin Anda merawat dan membersihkan piranti mobil ini maka membantu saat berkendara. Menggunakan mobil sudah menjadi aktivtas sehari-hari terutama bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan jauh di musim hujan. Wiper mobil akan membantu menjaga pandangan si pengemudi supaya bisa menggunakan kendaraan dengan aman meski tengah hujan. Dengan leluasa Anda dapat melihat pemandangan selama mengemudi.

Jika Anda mengalami msalah pada wiper mobil seperti tidak mau bergerak tentu saja bisa menyerahkan tugas ini pada mekanik. Anda dapat membawanya ke bengkel otomotif agar fungsi wiper kembali normal.

Baca juga: Tips Mencuci Mobil Yang Benar Agar Cat Awet dan Tidak Pudar

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
100%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%