Tips Mencuci Mobil Yang Benar Agar Cat Awet dan Tidak Pudar

0
1328
Halojasa Tips Mencuci Mobil Yang Benar Agar Cat Awet

Tips Mencuci Mobil Yang Benar Agar Cat Awet – Sebagian besar dari Anda pasti memiliki kendaraan berupa mobil. Di era modern saat ini, transportasi menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Transportasi tidak hanya menjadi alat penunjang kebutuhan manusia, melainkan alat utama masyarakat untuk berpindah,bekerja dan melakukan aktifitas keseharian lainnya. Mobil bukan hanya dianggap sebagai kebutuhan komplementer. Melainkan,mobil sudah dianggap sebagai kebutuhan yang sangat mendasar bagi beberapa orang.  Agar kondisi mobil Anda tetap dan selalu prima,anda harus telaten dalam merawat mesin mobil yang anda miliki. Namun,tak hanya mesin yang perlu Anda perhatikan. Anda juga tidak boleh melewatkan bodi mobil dalam keseluruhan perawatannya. Bodi mobil adalah tampak awal atau “gambar” utama yang akan dilihat pertama kali oleh orang lain.

Bodi mobil haruslah menampilkan kebersihan dan keelokannya. Cara mendasar yang harus dilakukan oleh pemilik mobil untuk menampilkan kebersihan dan keelokan dari kendaraan yang ditumpanginya  adalah dengan membersihkan atau mencuci mobilnya secara teratur. Cuci mencuci mobil sebenarnya adalah perkara yang cukup mudah dikerjakan. Namun, ada banyak orang yang lalai atau bahkan tidak mengetahui  degan baik bagaimana cara mencuci mobil dengan benar. Selama ini, masih banyak ditemui dikehidupan sehari-hari, orang yang hanya sekadar mencuci mobilnya tanpa mengetahui  ada hal-hal yang justru bisa merusak kendaraan pribadinya. Ada beberapa hal sepele yang jika dibiarkan terus menerus, maka akan berakibat pada kecacatan atau kerusakan yang semakin terakumulasi. Berikut tips mencuci mobil yang benar agar cat awet dan tidak pudar.

Untuk menjaga keawetan warna cat mobil anda,tentu diperlukan alat-alat untuk mencuci mobil yang juga mendukung hal tersebut. Mencuci mobil tidak hanya sekadar basah-menbasahi dan mengelap bodinya saja. Jika melakukannya secara kurang cermat,bukan tidak mungkin jika mobil anda akan terkena goresan atau lecet.

Pilih Tempat Teduh

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih tempat untuk mencuci mobil. Pastikan Anda memilih tempat teduh. Banyak pemilik kendaraan yang kerap kali melupakan hal sekecil ini. Mereka hanya menempatkan mobil di sebuah tempat terbuka,seperti di halaman depan rumah. Jika mencuci mobil dilakukan di tempat yang terik atau banyak terkena sinar matahari,maka kemungkinan cat bodi mobil anda akan luntur atau pudar menjadi semakin besar. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari yang terlalu lama dan terus menerus lalu ditambah dengan saputan dari bahan kimia sabun yang mengering (lalu disabun lagi,mengering lagi,begitu seterusaya), jelas hal ini akan membuat cat mobil akan semakin mudah memudar dan meninggalkan noda atau bekas sabun dimobil anda. Jadi,cucilah mobil Anda di tempat yang teduh atau tempat yang tidak terlalu terpapar sinar matahari terik yang terlalu lama.

Gunakan Spons dengan Permukaan Lembut

Kedua,pilih spons dengan permukaan yang lembut. Selain sabun dan air,tentu yang Anda perlukan adalah spons. Spons berfungsi untuk meratakan sabun pada seluruh bodi mobil. Perlu  kita ingat dan ketahui bersama,bahwa spons adalah alat mencuci yang akan bersentuhan secara langsung dengan bodi mobil. Jadi anda harus memastikan bahwa spons yang anda pakai adalah spons yang lembut. Jika spons terjatuh ke tanah,jangan langsung mencelupkannya ke cairan sabun lali menggosoknya ke bodi mobil. Saat spons terjatuh,jangan lupa untuk mencuci atau membilasnya dengan air yang mengalir,agar tidak ada sisa batu atau kerikil yang masih menempel pada spons yang nantinya dikhawatirkan akan menggores bodi mobil anda.

Pilih Sabun Cuci Khusus Mobil

Ketiga,gunakan sabun cuci khusus mobil. Selama ini Anda tentu kerap menjumpai banyak orang yang mencuci mobilnya dengan menggunakan sabun pencuci piring, sabun colek atau bahkan ada yang menggunakan deterjen. Sebagian besar orang beranggapan tidak ada yang salah dengan memakai detergen atau sabun colek saat mencuci mobil. Meskipun sama-sama sabun, dan sama-sama mengeluarkan busa atau buih. Tetapi yang sebenarnya dibutuhkan mobil anda adalah bukan sekadar buih yang melimpah. Melainkan sebuah sabun khusus mobil yang tentunya sudah memiliki formula khusus didalamnya. Sabun khusus mobil pasti memiliki formula atau kandungan yang berbeda dari sabun cuci piring dirumah.

Sabun cuci mobil memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh mobil seperti ammonia dan alkohol 50%-90%.  Alkohol berperan penting dalam sabun khusus mobil. Karena kadar alcohol tertentu,akan membuat bodi mobil menjadi bersih. Alcohol khusus sabun cuci mobil adalah antara 50%-90%. Jika kadar alcohol lebih dari 90%,maka akan berpotensi tinggi mengakibatkan goresan pada bodi dan kaca mobil. Jika kadarnya kurang dari 50% maka pembersihan akan kurang maksimal. Dan ammonia sendiri berguna untuk mencegah dan memperlambat penempelan kotoran pada bodi mobil anda.

Jangan Salah Arah

Keempat,jangan salah arah. Tak hanya hidup manusia saja yang tidak boleh salah arah,mencuci mobil pribadipun juga tak boleh salah arah. Dalam mencuci mobil,anda harus membasahi mobil dari arah atas lalu ke arah bawah bodi mobil. Jangan dibalik. Dari bawah ke atas. Selain anda melakukan pemborosan air,anda juga melakukan hal yang tidak efisien. Arah dari atas kebawah tentu berguna,yakni jika air anda guyurkan dari atas bodi mobil maka kotoran akan jatuh ke arah bawah mobil. Sehingga anda tak perlu berulang-ulang menyiram dari bawah ke atas. Hal ini juga berlaku pada saat anda mulai mencuci mobil dengan sabun. Sekali lagi,jangan terbalik! Anda harus memulainya dari atas. Jika dari bawah bodi,besar kemungkinan bahwa spons telah terkontaminasi lumpur atau kotoran,dan jika anda gunakan ke atas tentu bodi mobil bagian atas akan tergores oleh spons yang terkena kotoran dari bagian bawah tersebut.

Baca juga: Cara Atasi Bau Mobil Dengan Langkah Sederhana

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%