Apa Itu Teknisi AC dan Tanggung Jawabnya? Mengenal Tugas dan Cara Memilih Jasa Service AC Profesional!

0
157
teknisi ac

Saat AC Anda rusak apa yang terpikirkan pertama kali? Memanggil jasa teknisi AC profesional merupakan langkah cerdas. Selain lebih hemat tenaga, sebagai pengguna Anda bisa jauh lebih tenang karena ditangani oleh tenaga ahli. 

Peranan tukang AC berspesialisasi di berbagai jenis pendingin termasuk AC mobil, freezer, hingga yang akan kita bahas yakni Air Conditioner dalam ruangan. Meningkatnya jumlah kebutuhan jasa perawatan unit juga dipengaruhi oleh penggunaannya, tidak hanya di perumahan termasuk juga kantor, apartemen, dan juga industri. 

Tak heran, profesi satu ini tidak bisa diremehkan, bahkan sekarang jasa perbaikan AC sudah tersebar luar di banyak kota. Untuk memahami lebih lanjut yuk langsung saja kenalan dengan pengertian tenaga perbaikan AC dan peralatan yang sering dibawa.  

peralatan teknisi ac

Apa Itu Teknisi AC? 

Teknisi AC adalah seseorang yang mempunyai keahlian serta keterampilan dalam merancang, memperbaiki, merawat, service, bongkar pasang, dan mengatasi kebutuhan lainnya terkait mesin pendingin. Mereka berperan penuh dalam memastikan unit bekerja secara optimal.

Biasanya para tukang sudah memiliki jam terbang tinggi. Beberapa orang bahkan sudah lolos sertifikat sebagai vendor AC yang profesional dan terpercaya. Memilih layanan yang tepat akan membuat kinerja unit makin baik dengan minimum kerusakan. Hal ini disebabkan peralatan teknisi AC yang juga mendukung.

Tugas dan Tanggung Jawabnya

Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan menyatakan Indonesia membutuhkan sekitar 100.000 teknisi yang berlisensi. Artinya, seseorang yang bekerja di jasa service AC mengemban tugas penting sebab saat ini Indonesia hanya memiliki tenaga bersertifikat sejumlah 2.000 saja. 

Butuh 90.000 lagi untuk mencapai angka tersebut. Kali ini, Anda akan lebih memahami apa saja tanggung jawab yang diperankan vendor treatment AC diantaranya: 

Bongkar dan Pasang AC 

Proses pasang serta bongkar AC merupakan melepas dan memasang kembali AC ke tempat yang sama atau baru. Pada tahapan ini melibatkan beberapa step yang cukup teknis dan memerlukan keahlian khusus. Jika tidak berhati-hati dapat menimbulkan kerusakan di dalam unit tanpa sepengetahuan kita. 

Faktor kerusakan terjadi akibat adanya goncangan saat instalasi AC, posisi pemasangan yang tidak sesuai, serta kekeliruan dalam menghubungkan setiap komponen. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya, keahlian teknisi, alat, serta pemenuhan standar keselamatan kerja.. 

Service 

Service AC umumnya meliputi pembersihan filter, pengecekan tingkat freon, pemeriksaan kondisi kompresor, dan mengecek jalur pipa. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan mengurangi kinerja pendinginan, sedangkan kekurangan freon dapat menyebabkan AC tidak dingin. 

Ketika AC Anda mengalami masalah, jasa perbaikan AC akan mengecek komponen-komponen tersebut lebih dulu. Namun, perawatan AC juga mencakup bagian lain meliputi modul pcb, kapasitor, dan piranti mesin yang lain. 

Cuci AC 

Tugas teknisi AC berikutnya yakni melakukan pencucian unit. Tujuannya untuk memastikan mesin tetap bersih dari debu, jamur, kotoran, lumut, dan partikel kecil lainnya yang kadang tidak bisa dilihat oleh mata secara langsung. AC yang kotor akan menimbulkan beban kerja yang berat bagi AC dan menghambat proses pendinginan. 

Perbaikan

Kerusakan AC bisa disebabkan oleh beragam faktor, seperti masa pakai, penggunaan yang tidak tepat, atau lingkungan sekitar unit yang kurang kondusif. Kerusakan pada AC dapat menyebabkan masalah baru pada komponen lain dan bahkan dapat menimbulkan bahaya kebakaran. 

Mencegahnya semakin parah, disini peran tukang Ac sangat penting. Bagian yang kompleks dan sulit dijangkau akan menyulitkan pengguna mendeteksi sumber kerusakan, jika dibiarkan biaya untuk perbaikan pun akan mahal. Oleh karena itu, lakukan perawatan sedini mungkin guna mencegah kerusakan yang lebih fatal.

Bagaimana Cara Memilih Tukang AC yang Tepat?

Pada zaman sekarang mencari layanan cuci AC akan sangat mudah. Terlebih berkat kecanggihan teknologi Anda bisa mendapatkan akses terkait tukang AC dari yang biasa saja sampai berkualitas. Nah agar mendapatkan jasa berkualitas dengan tenaga kompeten, ada beberapa tipsnya. Diantaranya: 

Pastikan Sudah Berpengalaman 

Sebagai mesin elektronik, AC memiliki tingkat kerumitannya sendiri. Di beberapa unit terdapat jenis dan spesifikasi yang bemacam-macam. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang AC. Teknisi di Halojasa sudah mengantongi sertifikat sebagai tukang AC dan pengalaman selama dua tahun lebih. 

Vendor Halojasa juga sudah tersebar di penjuru daerah termasuk kota-kota besar di Indonesia. Anda dapat mempercayakan segala perawatan AC kepada tenaga Halo Fix yang sudah terjamin profesionalitasnya. 

Memiliki Peralatan Teknisi AC Sesuai Standar

Peralatan yang sesuai SOP membuat efisiensi kinerja vendor lebih optimal lagi. Dari segi keamanan dan keselamatan kerja pun lebih terjamin. Penyesuaian peralatan ini juga akan memudahkan teknisi dalam memperbaiki jenis unit yang berbeda. 

Ada Jaminan Garansi

Dan yang terakhir adalah garansi. Garansi adalah dokumen resmi dari penjual jasa kepada customer yang dapat dipertanggungjawabkan bahwa mereka berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. Dengan garansi Anda bisa memaksimalkan hasil service AC jika terjadi kerusakan atau ketidaksesuaian selama masa jaminan berlaku. 

Peralatan yang Digunakan Layanan Service AC?

Peralatan-peralatan yang sering dipakai vendor AC sudah dirancang khusus untuk menangani berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pemasangan hingga perbaikan AC. Adapun berbagai perkakas dalam perawatan AC dibawah ini:

  • Gauge Manifold : Berfungsi untuk mengukur level tekanan refrigerant atau freon. Alat ini juga berguna sebagai pendeteksi jika ada kebocoran freon dan melakukan isi ulang. 
  • Termometer Digital : Termometer digital merupakan peralatan yang bisa mengukur suhu pada mesin. Hasil digit yang dikeluarkan sensor dapat membantu teknisi dalam mendeteksi kerusakan. 
  • Tang Ampremeter : Tang amperemeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik AC dan DC. 
  • Leak Detector : Berguna untuk mendeteksi kebocoran secara akurat. Dalam hal ini, dapat mempermudah kinerja teknisi saat mencari sumber rembesan pada AC. 
  • Vacuum Pump : Alat yang dapat mengeluarkan cairan, uap, maupun udara yang menyumbat komponen di dalam AC. 

Manfaat Menggunakan Jasa Tukang AC Profesional

tukang ac

Setelah memahami cara memilih layanan cuci AC yang terpercaya. Anda bisa langsung merasakan keuntungan secara nyata. Maka dari itu, riset mendalam ketika memilih tukang service AC terdekat sangat berguna. Adapun manfaatnya antara lain: 

Minim Resiko Setelah Perbaikan 

Resiko yang dimaksud adalah kerusakan yang sering terjadi setelah masa service berlangsung. Ini erat kaitannya dengan perubahan sistem pada setiap komponen dan menyebabkan mesin jadi tidak sinkron. Masalah seperti korsleting, overheating, hingga pelepasan komponen pun sulit dihindari. 

Lebih Hemat Budget

Merawat serta memperbaiki unit memerlukan biaya yang cukup besar. Apalagi jika mesin di ruangan Anda sudah usang. Perlu perhatian ekstra pada setiap detail komponen agar kembali berfungsi. Jika salah sedikit maka akan timbul masalah di bagian yang lain. 

Biaya yang dikeluarkan pun membengkak. Setidaknya ada dua hingga tiga kali perbaikan dilakukan yang seharusnya bisa diatasi langsung jika memakai layanan tukang AC profesional. 

AC Jadi Awet

Perawatan berkala minimal tiga bulan sekali dapat membuat AC ruangan Anda lebih optimal dan memperpanjang masa pakainya. Hal ini juga dipengaruhi oleh penggunaan jasa profesional yang memang memiliki pengalaman dan sudah terbukti profesionalitasnya. Teknisi yang andal mampu mengurangi tingkat kerusakan pada AC.

Penutup

Memilih teknisi AC profesional akan membuat kondisi unit AC semakin membaik, tenaga dan biaya yang dikeluarkan juga dapat diminimalisir untuk keperluan yang lain. Meskipun tanggung jawab jasa perawatan AC itu rumit, sebagai pemilih mesin pendingin Anda juga perlu memahami cara memilih layanan yang tepat. 

Untuk mempersingkat waktu Anda, kini tukang service AC yang berpengalaman, memiliki sertifikat, dan ada jaminan garansi bisa didapatkan hanya melalui Halojasa. Sebuah jasa cuci AC berbasis aplikasi on demand. 

Bahkan demi memudahkan customernya, Halojasa juga menyediakan fitur auto connect dengan vendor AC terdekat, pemesanan online, pemilihan teknisi sesuai kebutuhan, hingga layanan survey gratis. 

Kurang dari satu jam vendor akan datang ke lokasi sekarang juga. Tentunya sudah dilengkapi peralatan dan seragam standar ya! Jika masih belum ada waktu merawat AC dirumah, Anda juga bisa atur jadwal bersama teknisi loh! Untung banyak bukan? 

Kemudahan ini tentunya hanya bisa diperoleh langsung pada aplikasi Halojasa yang tersedia di Playstore dan Appstore. Cuma modal internet seluruh rangkaian pemesanan hingga pembayaran bisa dilakukan secara virtual. 

Beruntungnya, banyak diskon menarik yang ditawarkan! Gunakan kode cashback hingga 50% yang tersedia di situs resmi Halojasa dan media sosialnya seperti IG Official, IG Service AC, Youtube, X, dan Tiktok