Apa Itu Freon AC, Mengapa Perannya Begitu Penting? Ini Penjelasannya!

0
55
apa itu freon ac

Beberapa komponen dalam AC yang jarang kita ketahui  tetapi dapat membuat AC terus dingin adalah freon. Wujudnya memang tidak bisa disentuh ataupun dilihat oleh mata. Yang bisa dirasakan yakni hembusan udara dingin yang dikeluarkan. Sifatnya yang seperti gas ternyata memiliki banyak fungsi tanpa kita sadari. Dengan memahami apa itu freon AC dan jenisnya membuat kita lebih tahu dalam mengambil tindakan saat piranti tersebut tidak berfungsi dengan semestinya

Seringkali disebut juga dengan refrigerant, senyawa satu ini tidak hanya terletak di AC, melainkan di beberapa barang elektronik yang bisa menghasilkan dingin seperti kulkas sampai dengan AC mobil. Jenisnya pun berbeda-beda tergantung pada kadar fluidanya. Menjaga ‘kesehatan’ freon bisa dengan cuci AC rutin, dengan demikian Anda bisa memperpanjang masa pakai pendingin ruangan.  

Apa Itu Freon AC? 

fungsi freon ac

Dilansir dari Counsin Air, freon adalah gas yang dipakai pada proses pendinginan dari udara panas menjadi hawa sejuk yang seringkali kita rasakan. Artinya tanpa ada freon AC tidak bisa menghasilkan udara dingin. Jika terjadi hal tersebut, Anda sebaiknya segera melakukan cek dan perawatan secara berkala. 

Pada lama Wikipedia sendiri freon memiliki pengertian sebagai fluida yang dipakai dalam siklus pendinginan, dimana berfungsi dalam memompa suhu panas dengan transisi berulang dari cair menjadi gas. Hal ini yang menyebabkan juga setiap pendingin ruangan memiliki jenis freon AC yang berbeda tergantung dengan kebutuhan. 

Selain itu, kegunaanya sebagai fluida dapat menangkap kotoran dan debu yang bercampur dengan oksigen. Maka tak heran apabila ruangan Anda terasa sesak padahal sudah memakai AC ada masalah dengan freonnya. Sampai saat ini cara paling tepat untuk terus menjaga kualitas refrigerant Anda bisa melakukan service AC berkala. 

Fungsi Freon AC yang Perlu Anda Ketahui 

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai apa itu freon AC selanjutnya kita membahas fungsi sebenarnya dari refrigerant itu sendiri. Secara umum disebut sebagai komponen AC yang mampu membuat ruangan jauh lebih dingin. Namun, ada fungsi lainnya yang perlu diketahui. Apa saja? Yuk langsung simak pembahasan dibawah ini.

Menjaga Stabilitas Suhu

Fungsi freon AC yang pertama yakni kemampuannya dalam menstabilkan suhu yang berasal dari luar ruangan ke dalam tempat tertutup. Saat udara di area outdoor sangat panas, evaporator dapat menyerap hawa yang dibantu oleh blower indoor agar udara di tempat kerja atau rumah Anda bisa terus sejuk tanpa mengalami penurunan. 

Kestabilan udara yang dipertahankan secara terus-menerus tentunya bisa membebani kinerja mesin. Maka dari itu, melakukan service dengan dibantu oleh teknisi AC akan mempermudah kita dalam menemukan masalah yang sebenarnya terjadi jika freon mengalami kebocoran dan malfungsi. 

Menyerap Panas

Di dalam mesin refrigeran yang berbentuk cair dialirkan menuju evaporator yang terletak di unit indoor. Ketika udara melewati evaporator, freon yang ada di dalamnya menyerap panas dari udara tersebut. Proses tersebut menyebabkan penguapan, alhasil terciptalah zat dalam bentuk gas. Zat-zat tersebut menjadi satu kelompok jenis freon AC yang masing-masing memiliki keunggulan berbeda.

Gas freon yang terbuat dari chlorofluorocarbon (CFC) menyebar melalui sistem kumparan yang menyebabkan udara beralih dari panas menjadi dingin. Karena menggunakan banyak daya perpindahan panas ke dingin seringkali menimbulkan uap yang menghasilkan cairan. Untuk mengurangi hal tersebut freon mengambil air untuk mendinginkan mesin, kemudian dialirkan keluar melalui selang. 

Menjaga Kinerja AC 

Tanpa adanya refrigerant evaporator tidak dapat bekerja semestinya. Sekalipun AC bisa nyala tidak ada udara dingin yang dihasilkan. Akibatnya, banyak mesin mengalami tekanan tinggi dan berpotensi mengalami kerusakan dini. Bukan hanya kinerja CAC yang terhambat tetapi biaya listrik yang dikeluarkan akan membengkak. 

Karena fungsi freon AC sangat penting, kita sebagai pengguna harus secara berkala melakukan service AC guna memaksimalkan seluruh kinerja dalam bagian AC. Terutama area perkantoran dan industrial yang sering memakai mesin elektrik tersebut dalam jumlah besar. 

Menghasilkan Udara Dingin

Mulai dari ukuran, PK, sampai merek tentunya memiliki keunggulan masing-masing yang ingin ditonjolkan. Tetapi, dari semua bentuk yang kita pilih tentu menginginkan hasil udara yang baik dan stabil. Refirgerant yang sehat adalah kemampuannya dalam menghasilkan hawa sejuk berkualitas. 

Jika sudah mengeluarkan tanda AC perlu di cuci seperti timbulnya bau dalam ruangan, udara terasa sesak, hawa dingin tidak maksimal, dan ac suka mati sendiri, lebih baik periksakan ke teknisi AC untuk mendapatkan perawatan mesin lebih lanjut. 

Berikut Jenis Freon AC 

jenis freon ac

Pernahkah Anda tahu bahwa jenis freon AC itu berbeda-beda? Ada yang memang dipakai untuk sehari-hari dengan skala kecil seperti komplek rumah sampai dengan freon AC khusus yang memang dirakit secara sengaja agar memenuhi kebutuhan lebih spesifik lagi. 

Dari penjelasan apa itu freon AC, kita bisa mengerti kenapa perlu melakukan cuci AC minimal tiga bulan sekali padahal tidak terlalu membutuhkannya. Sebab kualitas fluida untuk menghasilkan udara dingin jadi terpengaruh. Ada beberapa jenis fluida seperti HFC, CFC, HC, dan HCFC. Untuk lebih memahaminya, berikut penjelasan berbagai macam freon. 

R-22 (Chlorodifluoromethane) 

Merupakan freon yang dulunya sempat populer. Termasuk pada jenis fluida HCFC yang mengandung senyawa berbahaya yakni klorin.  Karena dampak buruk yang diciptakan  terhadap lingkungan serta lapisan ozon, kini, telah dibatasi dan dihentikan secara bertahap di banyak negara termasuk Indonesia sejak tahun 2015. 

R-32 (Difluoromethane) 

R-32 memiliki potensi pemanasan global lebih rendah dibandingkan dengan R-410A dan R-22 sebab memiliki nilai ODP 0 persen. Mudahnya, freon tersebut tidak menyumbang kerusakan ozon.  Selain itu sering dipakai dalam beberapa sistem AC modern. R-32 juga hanya mengandung satu komponen, membuatnya lebih mudah untuk didaur ulang.

R-410A (Puron) 

R-410A termasuk refrigerant yang lebih ramah lingkungan dibandingkan R-22. Produksi R-4104 muncul setelah R-22 publikasikan. Freon ini terdiri dari campuran difluoromethane (R-32) dan pentafluoroethane (R-125). R-410A banyak digunakan dalam sistem AC baru yang beroperasi pada tekanan lebih tinggi. 

R-290 (Propane)

Jenis freon AC yang termasuk kategori ramah lingkungan yakni R-290. Mengutip sumber Beinat Gas Solution, R-290 adalah refrigerant yang menghasilkan dingin jauh lebih tinggi namun dampak pada lingkungannya terbilang rendah. Sehingga dipakai pada beberapa sistem termasuk seperti lemari es, freezer, pompa panas, dan AC. 

Penutup

Kesimpulan dari penjelasan tentang apa itu freon adalah senyawa kimia berbentuk gas yang berguna sebagai pendingin ruangan. Sistem kerjanya yaitu dengan menyerap panas pada ruangan terbuka kemudian diproses pada evaporator dilanjutkan ke dalam blower indoor sebagai hawa dingin. Mesin melakukan pompa udara secara berulang selama AC terus menyala.

Fungsi freon AC yang bisa maksimal dalam mendinginkan ruangan, bisa berubah seiring berjalannya waktu. Penggunaan tanpa henti menjadi salah satu penyebab AC bisa tiba tiba mati dan tidak berfungsi. Jika sudah demikian, saatnya Anda mempertimbangkan untuk service AC di Halojasa dengan vendor berpengalaman. 

Halo Fix sudah terafiliasi di kota-kota besar bersama para teknisi AC terlatih. Disini, Anda bisa menyesuaikan jadwal cuci AC kapanpun dari berbagai lokasi, rumah, kos, apartemen, kantor, dan juga area industri. Sudah dilengkapi alat – alat modern tentu saja bisa menyesuaikan jenis dan kebutuhan unit yang berbeda-beda. 

Selain itu, hanya lewat aplikasi saja, Anda dapat melakukan konsultasi gratis, memilih vendor, layanan survey, dan sistem pembayarannya yang transparan dan mudah. Anda bisa bertanya terlebih dulu tentang masalah yang dialami dengan mengunduh langsung di Playstore dan Appstore

Tak perlu khawatir jika hasil tukang AC Halo Fix tidak sesuai, klaim garansi kapan saja dan gunakan fitur keluhan untuk memberikan feedback yang lebih baik kedepannya. Jangan asal pilih jasa service AC, kini gunakan Halojasa untuk memberikan perawatan AC dengan mudah, cepat dan praktis! Terkait layanan kami yang lain Anda bisa mencari tahu di IG Official, IG Cuci AC Halojasa, Tiktok, Youtube, Twitter