Prediksi Kebocoran Freon AC Melalui Tanda-tanda Berikut

0
1171
Bongkar Pasang AC

Freon adalah salah satu komponen penting dalam unit AC. Freon merupakan salah satu komponen yang berguna dalam proses pendinginan yang dihasilkan oleh unit AC indoor kita. Ketika AC sudah mulai bermasalah, freon bisa jadi salah satu penyebab nya. Freon sendiri berbentuk gas atau senyawa yang tak  berbau, tak berwarna, serta tidak mudah terbakar. Ketika gas freon mulai tak bekerja dengan normal, maka AC juga akan mengalami penurunan performa. Seringkali freon akan bermasalah ketika melakukan bongkar pasang AC namun tak diperhatikan aspek keselamatan unit AC nya, alias asal copot.

Sebuah AC baru umum nya akan sangat jarang mengalami kerusakan freon. Karena unit nya yang masih baru dan tidak memiliki permasalahan. Namun ketika unit sudah mulai berumur, atau pernah mengalami pindah posisi seperti bongkar pasang AC, maka akan ada kemungkinan AC tersebut bocor di bagian freon. Jika sudah begitu, pendinginan tak akan bekerja secara maksimal. Mengatasi nya bisa dilakukan dengan melakukan isi freon dan mereparasi bagian yang bermasalah.

Bongkar Pasang AC 1

Sebenar nya ada beberapa indikator yang bisa kamu temukan untuk mengetahui apakah AC kamu sedang mengalami kebocoran freon atau tidak. Dibawah ini, adalah beberapa gejala yang biasa nya terjadi karena kebocoran freon:

Gejala AC Mengalami Kebocoran Freon

Muncul Bunga Es pada Pipa

Setiap AC indoor pasti terhubung dengan unit AC outdoor nya. Salah satu penghubung kedua unit AC ini adalah melalui pipa sambungan. Ketika unit AC kamu pada bagian pipa sambungan mengeluarkan bunga es pada sekitaran pipa tersebut, maka kemungkinan besar terjadi kebocoran karena kondisi pipa yang kurang rapat pada bagian pergelangan, ataupun ada bagian pipa yang sudah berkarat. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus menghentikan penggunaan AC, lalu hubungi jasa service AC terdekat atau melalui halo fix dan infokan bahwa kamu ingin mengganti pipa sambungan. Pergantian pipa ini bisa menyudahi kebocoran freon karena jalur pipa sambungan yang bermasalah.

Muncul Oli

Unit AC, khusus nya pada bagian pipa dan bagian kompresor akan mengalami kebocoran dalam bentuk cairan oli ketika terjadi malfungsi. Ini biasanya disebabkan oleh adanya retakan atau lubang pada bagian pipa atau pada bagian kompresor. Jika hal ini terjadi, maka opsi reparasi nya akan tergantung pada bagian mana yang mengalami kebocoran. Jika kebocoran terjadi pada pipa sambungan, maka kamu bisa melakukan las pada bagian pipa yang bocor. Namun jika kerusakan terjadi pada kompresor, maka lebih baik kamu mengganti spare part kompresor tersebut. Karena reparasi belum tentu akan membuat kompresor bekerja optimal.

Pendinginan Ruangan Lama

Tahukah kamu waktu optimal dari sebuah unit AC bisa mendinginkan ruangan adalah maksimal 15 menit? Diatas waktu tersebut, maka akan ada beberapa kemungkinan. Pertama,  PK AC kamu tidak sesuai dengan luas ruangan, sehingga dingin lama tercapai. Kedua, ruangan yang tinggi mobilitas, alias ruangan tersebut banyak orang keluar masuk, sehingga ruangan tak kunjung dingin. Atau ketiga, terjadi kebocoran freon pada unit AC. Jika kamu merasa tak mengalami dua kendala yang baru saja disebutkan, maka kemungkinan AC kamu mengalami kebocoran freon. Namun, sebelum melakukan pengisian atau penggantian unit yang terdampak karena kebocoran freon, ada baik nya kamu mencuci AC mu terlebih dahulu, karena bisa saja permasalahan terletak di kotoran yang menumpuk pada filter AC. Kamu bisa pesan cuci AC di halo fix sebelum melakukan reparasi.

Merasa Keracunan

Ini adalah salah satu bahaya fatal dari kebocoran freon yang berlarut-larut. Bukan hanya merusak kinerja AC, tapi juga berdampak bagi kesehatan. Pasal nya, freon sendiri adalah senyawa yang tak berbau dan berwarna, sehingga akan sulit di deteksi. Salah satu gejala yang mungkin akan kita rasakan adalah pusing, rasa mual, hingga kesulitan bernafas seperti sesak. Oleh karena itu, jika kamu merasakan gejala tersebut saat sedang berada diruangan ber-AC, maka ada kemungkinan AC mengalami kebocoran freon. Segera hentikan penggunaan AC dan buka ventilasi udara seperti pintu dan jendela. Jika rasa sakit terus terjadi, segera konsultasikan dengan dokter.

Jasa Service AC

Kebocoran freon tentu bisa di cegah. Mulai dari memasang unit AC pada mereka yang memang berpengalaman, hingga rutin dibersihkan. Selain freon, faktor yang bisa menurunkan performa AC adalah kotoran pada filter udara di unit AC indoor. Kamu bisa manfaatkan jasa service AC dari halo fix untuk mengatasi hal ini tak terjadi.

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%