6 Cara Totok Wajah Agar Awet Muda, Kamu Bisa Lakukan Sendiri di Rumah!

0
435
Ketahui Cara Totok Wajah yang Efektif Bikin Awet Muda
Ketahui Cara Totok Wajah yang Efektif Bikin Awet Muda

Memiliki wajah yang awet muda, tanpa kerutan, dan tidak kusam merupakan impian semua orang, termasuk juga Anda. Untuk memperoleh kondisi wajah yang diidam-idamkan itu, tak sedikit orang akan melakukan berbagai perawatan, salah satunya adalah dengan cara totok wajah

Seperti diketahui, totok wajah merupakan salah satu treatment perawatan wajah yang memanfaatkan metode akupuntur. Sebenarnya, treatment ini sudah ribuan tahun dipercaya oleh masyarakat. Tekniknya sendiri diadaptasi dari masyarakat Tiongkok yang merantau ke Indonesia.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa tekanan yang diberikan pada titik akupuntur dapat membuang kotoran pada wajah melalui aliran darah. Hal itu kemudian dibuktikan melalui berbagai praktik totok wajah yang berkembang di kalangan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, totok wajah dipercaya hingga saat ini dapat memberikan khasiat untuk kesehatan wajah, serta membuat wajah terlihat tampak bercahaya. Meski begitu, totok wajah yang dikenal saat ini sudah mengalami berbagai inovasi dan perkembangan sesuai dengan zamannya. 

Kini, Anda bisa menemukan layanan totok wajah di berbagai pusat treatment kecantikan. Bahkan, Anda sudah tidak perlu keluar rumah lagi untuk mendapatkan layanan tersebut. Sebab, inovasi terbaru totok wajah telah hadir melalui perkembangan teknologi digital berbasis aplikasi, salah satunya adalah Halo Jasa.

Namun, jika tak ingin keluar uang, Anda bisa melakukannya sendiri, loh. Sebelumnya, Anda harus paham betul bagaimana cara melakukan totok wajah yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara totok wajah agar awet muda yang bisa Anda lakukan sendiri. 

Apa Sih, Totok Wajah Itu?

Ini Cara Totok Wajah yang Efektif Bikin Awet Muda
Ini Cara Totok Wajah yang Efektif Bikin Awet Muda – [Freepik]
Totok wajah merupakan tindakan memijat atau memberikan tekanan pada otot wajah yang dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat totok wajah adalah melancarkan energi positif dalam tubuh agar dapat mengalir ke wajah.

Teknik dan metode ini mengikuti kepercayaan adanya jalur meridian alias jalur sirkulasi energi (chi atau qi) dalam tubuh. Jalur ini dipercaya akan menghubungkan otak dengan berbagai organ dalam tubuh, termasuk wajah.

Oleh karena itu, totok akan dilakukan di sepanjang jalur meridian tersebut. Melalui tekanan yang diberikan pada titik akupuntur tersebut, energi positif akan tersalurkan ke wajah, sehingga menghasilkan kecantikan dari dalam.. 

Apa Perbedaan Totok Wajah dengan Facial?

Nah, salah satu perawatan wajah yang juga cukup populer pada masyarakat Indonesia adalah facial. Apakah ada perbedaan antara totok wajah dengan facial? Kapan saatnya Anda memilih totok wajah dan kapan saatnya Anda memilih facial

Oke, jadi, totok wajah dan facial itu berbeda. Hal itu dapat Anda lihat dari teknik dan juga manfaatnya untuk kesehatan wajah. Jika facial dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan wajah dari luar, totok bermanfaat untuk meredakan migrain, sakit kepala, hingga memberikan perawatan kulit wajah dari dalam.

Biasanya, facial akan memberikan treatment seperti pemberian masker komedo dan sebagainya untuk mengangkat sel kulit mati. Sementara itu, totok dilakukan dengan cara memberikan pijatan atau tekanan pada titik-titik tertentu pada wajah. 

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan facial treatment jika ingin membersihkan dan menyegarkan kulit wajah dari luar. Sementara, Anda bisa memilih totok jika ingin kulit wajah lebih bercahaya dan memberikan aura positif dari dalam. 

Melalui treatment ini pula, Anda dapat memberikan perawatan wajah secara alami dan tanpa suntikan bahan-bahan kimia. Lantas, apa sih, efek totok wajah?

Apa Efek Totok Wajah?

Bukan hanya dapat menyegarkan wajah dan meredakan sakit kepala, totok wajah juga dapat memberikan efek lain pada wajah Anda. Apa saja efek yang diberikan dari treatment totok wajah?

  • Bikin Awet Muda

Salah satu efek yang dapat ditimbulkan dari totok pada wajah ini adalah tampilan wajah yang awet muda. Sebab, totok dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta dapat memperbaiki drainase sistem limfatik. 

Sistem itulah yang berperan menghilangkan dan mengatasi kelebihan cairan, protein, limbah, serta racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun-racun yang berhasil dikeluarkan dari dalam kulit ini merupakan proses detoksifikasi, yang dapat membantu menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit wajah.

Baca Juga  Cara Luluran yang Benar dan Manfaatnya untuk Kulit Tampak Sehat dan Cerah Alami!

Sementara itu, ketika peredaran darah lancar, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah akan tersalurkan dengan baik.

  • Meningkatkan Aura Wajah

Dengan memberikan rangsangan pada titik-titik akupresur hingga masuk ke dalam sistem saraf yang ada pada wajah, Anda bisa menyalurkan bioenergi ke dalam tubuh. Untuk melakukan totok aura wajah sendiri, Anda membutuhkan terapis yang telah terlatih dan berpengalaman.

Sebab, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengeksplorasi prana, bioenergi, atau hawa murni di dalam sistem saraf.

Perpaduan hawa murni dengan totok wajah tersebut akan berfungsi untuk mendeteksi bagian titik saraf organ tubuh yang mengalami gangguan. Karena adanya daya jelajah stimulasi yang lebih pada simpul saraf, kombinasi tersebut mampu membenahi keselarasan sistem dalam tubuh.

Dengan begitu pula, wajah akan tampak lebih kencang dengan kulit yang lebih bersinar dan awet mudah. Selain itu gerakan totok ini juga dapat mengurangi dan menghilangkan noda hitam serta mengecilkan pori-pori. 

  • Membentuk Garis Muka

Memiliki bentuk wajah yang simetris merupakan idaman setiap orang. Nah, totok wajah secara rutin merupakan salah satu solusinya. Totok wajah dapat membantu Anda untuk meningkatkan tonus otot dan mengkontur wajah. Dengan begitu, wajah akan tampak lebih simetris dan tirus seperti keinginan Anda. 

Lantas, bagaimana cara melakukan totok wajah yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal? 

Cara Totok Wajah yang Efektif Bikin Awet Muda

Ketahui Titik Totok Wajah Agar Hasil Lebih Optimal
Ketahui Titik Totok Wajah Agar Hasil Lebih Optimal – [Freepik]
Nah, seperti yang telah disinggung sebelumnya, melakukan totok wajah tidak bisa dieksekusi secara serampangan. Sebab, ada teknik-teknik khusus yang perlu Anda perhatikan dalam melakukannya, agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Percuma, bukan, jika Anda rutin memberikan pijatan pada wajah, akan tetapi tidak memberikan hasil yang maksimal untuk perawatan wajah Anda? Oleh karena itu, yuk kita cari tahu cara totok wajah yang efektif meningkatkan kesehatan kulit wajah!

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa mengikuti langkah demi langkah berikut ini saat melakukan totok wajah.

  • Tahap Persiapan

Pada tahap ini, Ada bisa membersihkan wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk memastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih, Anda bisa membilasnya dengan air hangat menggunakan handuk. 

Sebelum memulai memberikan pijatan, Anda harus pastikan wajah Anda sudah dalam keadaan kering. Usap dengan handuk kering secara lembut. Setelah itu, siapkan semua alat dan bahan totok wajah yang digunakan untuk proses pijat.

  • Oleskan Minyak atau Krim Wajah

Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan minyak atau krim wajah ke seluruh bagian muka. Hal ini dilakukan untuk memudahkan gerakan tangan Anda di permukaan wajah. Selain itu, minyak akan mengurangi gesekan yang bisa membuat kulit wajah lecet. 

  • Mulai Pijatan dari Kepala

Anda bisa mulai meletakkan jari telunjuk dan jempol Anda di area dahi dan pelipis. Lakukan gerakan melingkar kecil serta naik turun untuk membantu meredakan ketegangan di area kepala. Anda bisa memberikan pijatan ini selama beberapa saat sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Lakukan Manual Eyebrow Lift

Gerakan yang ketiga dapat Anda fokuskan di area alis, yakni dengan gerakan manual eyebrow lift. Adapun tujuan Gerakan ini dapat mengangkat alis Anda secara manual. Untuk bisa membuat gerakan ini dengan baik, Anda bisa lakukan dengan posisi tangan mengepal. 

Setelah itu, Anda bisa gunakan buku jari yang paling ujung, dekat dengan kuku, untuk memijat area atas alis ke arah atas (rambut) sebanyak tiga kali. Hal ini dapat menyamarkan munculnya lebih banyak kerutan. 

  • Membentuk Tulang Pipi dengan Cheekbone Sculpt

Cara berikutnya untuk melakukan totok wajah agar awet muda adalah dengan gerakan cheekbone sculpt atau membentuk tulang pipi. Untuk melakukan gerakan cheekbone sculpt, Anda bisa membentuk tangan Anda dalam posisi mengepal. Namun, biarkan ibu jari tetap terangkat. 

Setelah itu, posisikan kedua ibu jari di bawah lubang hidung dan lakukan gerakan secara perlakan ke arah bawah tulang pipi hingga ke tulang pipi yang dekat dengan telinga. Gerakan ini dapat merangsang produksi kolagen di pipi Anda. 

  • Membentuk Rahang dengan Jawline Sculpt

Gerakan pijat berikutnya yang dapat digunakan untuk totok adalah jawline sculpt alias membentuk tulang rahang. Untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik, Anda bisa membentuk tangan Anda dengan posisi mengacungkan dua jari atau peace, kemudian tekuk buku jarinya bagian tengah.

Setelah itu, posisikan kedua tangan Anda di wajah dengan sisi tekuk jari menghadap ke wajah. Posisikan bagian jari telunjuk di pipi bagian bawah (rahang), kemudian jari tengah di bawahnya. Gerakkan kedua tangan sambil menekan lembut searah dengan rahang ke telinga. 

  • Lakukan Secara Teratur

Bagian terakhir, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan di atas secara teratur meski hanya beberapa menit setiap pagi. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam memberikan perawatan pada wajah.

Baca Juga  Kokuo Bintaro – Rekomendasi Pijat Keluarga Warga Tangerang Selatan

Mudah, kan, untuk melakukannya sendiri di rumah? Apalagi, saat ini, telah banyak alat yang bisa membantu Anda melakukan totok wajah. Apa saja alat yang bisa membantu Anda memberikan perawatan pada wajah?

Apa Saja Alat yang Membantu Memaksimalkan Totok Wajah?

Setelah memberikan pijatan rutin pada titik-titik tertentu pada wajah, Anda bisa memaksimalkannya dengan bantuan beberapa alat pijat pada wajah. Berikut ini adalah alat totok wajah yang bisa Anda manfaatkan.

  • Face Roller

Salah satu alat pemijat wajah yang umum digunakan oleh masyarakat adalah face roller. Alat ini sudah bisa Anda temukan di pasaran umum. Umumnya, alat ini terbuat dari batu alami, seperti rose quartz atau topaz yang berbentuk lonjong. 

Meski begitu, pada tipe-tipe tertentu face roller juga dapat memiliki tekstur yang bergerigi. Nah, alat pijat wajah yang satu ini diyakini dapat merangsang sistem kelenjar getah bening untuk mengeluarkan racun dari dalam kulit wajah.

Sebelum menggunakannya, Anda bisa menyimpan face roller di lemari es atau kulkas. Sebab, face roller yang bersuhu dingin dapat membuat kulit terasa lebih sejuk dan segar.

  • Gawai Pembersih Muka

Nah, alat yang satu ini akan membantu Anda untuk mengendurkan otot-otot wajah dan mengencangkan tulang pipi. Selain itu, gawai pembersih yang memiliki fitur canggih ini akan membantu kulit wajah Anda lebih mudah menyerap skincare

  • Gua Sha

Gua Sha Pijat Wajah
Gua Sha Pijat Wajah – [Freepik]
Gua Sha merupakan salah satu alat pemijat wajah yang sudah sangat umum digunakan pada layanan-layanan totok wajah. Fungsinya sendiri hampir sama seperti face roller. Gua Sha dapat bekerja untuk melancarkan sirkulasi darah pada wajah dan meremajakan sel kulit wajah.

Seperti halnya face roller, Gua Sha juga terbuat dari bahan batu alami yang mampu melemaskan otot-otot wajah yang tegang. Adapun alat ini sudah bisa membantu menargetkan beberapa titik tekanan pada wajah, serta membentuk rahang agar lebih tirus.

  • Collagen Roller

Tingkatkan Produksi Kolagen agar Wajah Tampak Kencang Alami
Tingkatkan Produksi Kolagen agar Wajah Tampak Kencang Alami – [Freepik]
Seperti yang telah diketahui, kolagen merupakan protein yang bertanggung jawab menjaga peremajaan kulit, sehingga tampak lebih kencang. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh sendiri akan terus berkurang. 

Akibatnya, kulit wajah akan mengendur dan tidak terlihat kencang. Nah, collagen roller ini dapat membantu kulit Anda lebih kencang. Alat ni diyakini dapat mengurangi munculnya garis halus secara lebih efektif. 

  • Face Sculptor

Untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih kencang, Anda juga bisa menggunakan alat yang bernama face sculptor. Alat ini terbuat dari logam yang dapat memberikan efek sejuk pada kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan alat ini setelah memakai serum. Sebab, alat ini akan membantu penyerapan skincare secara lebih optimal.

Kesimpulan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat totok wajah sendiri sangat bejibun. Bukan hanyya untuk kecantikan, melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan. Meski begitu, agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengetahui titik totok wajah dan manfaatnya untuk kesehatan.

Dengan memahami titik totok wajah untuk kecantikan dan kesehatan, Anda bisa melakukan totok wajah sendiri di rumah. Sebab, seperti yang telah Anda ketahui, totok wajah tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Anda membutuhkan skill khusus untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui dan belajar terkait dengan teknik-tekniknya secara detail. Namun, jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa memanfaatkan layanan totok wajah.

Sudah tidak sulit lagi untuk menemukan penyedia jasa layanan pijat wajah atau totok di berbagai daerah. Beruntungnya, jika Anda tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, Bandung, dan sebagainya. 

Sebab, Anda sudah bisa memanfaatkan layanan pijat panggilan online 24 jam di kota-kota besar tersebut. Jadi, Anda bisa mendatangkan para terapis sesuai dengan keinginan ke rumah Anda hanya melalui aplikasi. Ada banyak aplikasi penyedia jasa layanan pijat panggilan, salah satunya adalah Halo Jasa.

Di Halo Jasa, Anda bisa menemukan banyak sekali penawaran dan berbagai macam pijat sesuai dengan kebutuhan Anda. Bukan hanya body massage, melainkan juga SPA, lulur, creambath, totok wajah, hingga baby massaage

Jadi, tidak ada ruginya, Anda memiliki aplikasi yang satu ini. Perawatan kecantikan dapat Anda lakukan tanpa keluar rumah lagi. Nah, demikian penjelasan mengenai cara totok wajah dan rekomendasi totok mudah melalui aplikasi yang bisa Anda dapatkan. 

Semoga uraian ini bisa membantu Anda melakukan totok dengan cara totok wajah yang efektif bikin awet muda. Rasakan banyak manfaat totok wajah dengan garansi layanan dari aplikasi Halo Jasa!