Mau Totok Wajah Mandiri? Ini 7 Titik Totok Wajah yang Harus Diketahui

0
280
Kenali Titik Totok Wajah yang Benar
Kenali Titik Totok Wajah yang Benar

Ingin perawatan wajah, tapi Anda takut jarum suntik? Memangnya ada solusi lain? Yups, jelas salah satu solusi yang telah banyak dipercaya masyarakat adalah totok wajah. Melakukan pijatan pada titik totok wajah dipercaya dapat mengobati penyakit serta membuat kulit tampak bercahaya dan kencang.

Perlu diketahui, totok wajah merupakan praktik kecantikan maupun pengobatan tradisional yang telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu oleh masyarakat Tiongkok. Selain untuk kecantikan, totok wajah juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih bugar.

Adapun ilmu totok dengan memanfaatkan titik-titik tertentu pada wajah itu biasa disebut dengan akupresur. Sebenarnya, titik akupresur berjumlah ratusan di sepanjang garus meridian di seluruh tubuh, beberapa di antaranya terletak di wajah. 

Nah, untuk Anda yang takut jarum suntik untuk memberikan perawatan pada wajah, Anda bisa memanfaatkan pijat akupresur pada wajah yang satu ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir soal sensitivitas kulit Anda terhadap bahan-bahan kimia yang membuat ketergantungan.

Jika Anda ragu melakukannya sendiri, Anda juga memanfaatkan massage online 24 jam untuk merasakan sensasi totok wajah. Salah satu penyedia layanan totok wajah adalah Halo Massage

Sebelum Anda melakukannya, agar Anda lebih yakin, yuk kenalan terlebih dahulu dengan totok wajah, manfaatnya, serta cara melakukannya dengan benar. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, meski mempraktekkannya secara mandiri. 

Apa Itu Totok Wajah?

Titik Totok Wajah
Titik Totok Wajah – [freepik]
Facial Acupressure atau yang biasa dikenal dengan totok wajah merupakan salah satu teknik pijat yang berasal dari Tiongkok. Metode pengobatan ini memanfaatkan praktik pijat akupresur pada wajah. Oleh karena itu, ketika Anda memilih untuk melakukan totok wajah, terapis akan memberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada wajah.

Nah, titik totok wajah tersebut akan membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga dapat memberikan banyak manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Melalui titik tekanan di sepanjang meridian atau saluran energi dalam tubuh tersebut, totok juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Apa Hubungan Titik Totok Wajah dengan Kecantikan

Jadi, titik-titik pada wajah yang dipercaya berada di garis meridian atau garis energi memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kebugaran maupun kecantikan. Titik-titik yang bisa diakses oleh ahli akupresur ini berkorelasi pada titik-titik pemblokiran meridian. 

Pemblokiran atau simpul yang terjadi pada titik tertentu pada tubuh akan mengakibatkan rasa sakit dan tidak nyaman pada tubuh. Nah, simpul atau pemblokiran inilah yang diupayakan oleh totok wajah agar dapat terbuka dan melancarkan sirkulasi darah.

Dengan memberikan tekanan-tekanan tertentu pada titik wajah, maka besar kemungkinan tekanan tersebut dapat membuka pemblokiran meridian. Dengan begitu tubuh Anda akan dapat meningkatkan aliran energi dan melepaskan hormon endorfin dan “qi” yang dapat meredakan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Selain itu, efek totok wajah pada kulit juga cukup baik. Dengan adanya energi positif yang mengalir di dalam tubuh, kulit akan menjadi lebih kencang, sehingga terlihat lebih segar dan awet muda. 

Apa Saja Manfaat Totok Wajah?

Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, totok wajah tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja, melainkan juga untuk kesehatan. Yuk, cari tahu apa saja manfaat totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan?

Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

Manfaat totok wajah nutuk kecantikan
Manfaat totok wajah nutuk kecantikan – [Freepik]
Ada banyak sekali manfaat totok wajah untuk kecantikan. Adapun beberapa manfaat totok wajah untuk kecantikan kulit wajah adalah sebagai berikut.

  • Mencerahkan dan Menghilangkan Sel-Sel Kulit Mati

Metode pijat yang diberikan pada titik-titik tertentu pada wajah akan dapat mengangkat sel kulit mati. Pasalnya, totok wajah mampu menstimulasi otot-otot dengan membawa oksigen ke area sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam.

Aliran darah dan energi yang terbuka karena totok wajah akan mengalir ke area-area kulit kusam tersebut dan mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel baru. Dengan begitu, kulit wajah akan tampak lebih cerah dan sehat.

  • Menghilangkan Kerutan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Sirkulasi darah yang lancar pada tubuh akan mampu mengangkat racun yang mengendap dalam kulit dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Hal ini biasa disebut dengan proses detoksifikasi. Proses inilah yang akan membantu menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit wajah.

  • Membuat Kulit Wajah Lebih Sehat

Totok wajah dapat membantu Anda melancarkan peredaran darah pada kulit, sehingga mampu memperbaiki drainase sistem limfatik. Adapun sistem limfatik sendiri memiliki peran menghilangkan kelebihan cairan, protein, racun, serta limbah yang mengendap dalam tubuh. 

Baca Juga  RX Food Plaza PIK – Rekomendasi Massage Keluarga Jakarta Utara dengan Harga Terjangkau

Dengan peredaran darah yang lancar, maka oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah akan semakin mudah disalurkan. Selain itu, kulit wajah akan direvitalisasi, sehingga dapat mengencangkan kulit pipi yang kendur. 

  • Mengurangi Jerawat

Nah, bagi Anda yang masing pusing dengan masalah jerawat yang tidak kelar-kelar, Anda bisa mencoba teknik totok wajah ini. Sebab, salah satu manfaat totok wajah adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab munculnya jerawat adalah peredaran darah yang tidak lancar di kulit wajah.

Setelah mendapatkan treatment pada titik totok wajah, kulit wajah akan tampak lebih cerah, sehat, dan kencang. Oleh karena itu, aliran darah yang lancar pada kulit wajah itu akan membantu mencegah peradangan pada kulit. Sebab, peredaran darah yang lancar pada kulit dapat melonggarkan pembuluh vena.

Selain itu, pori-pori yang membesar pada kulit wajah juga menjadi salah satu penyebab tampilan wajah kurang halus, bahkan dapat menyebabkan munculnya jerawat. Nah, Anda tak perlu khawatir lagi, hal itu dapat diatasi dengan totok wajah secara rutin. 

  • Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat totok wajah yang lain untuk kecantikan adalah meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang telah Anda tahu, sinar matahari, tidur tidak teratur, dan makanan yang tinggi gula dapat menurunkan produksi kolagen. 

Hal itulah yang membuat wajah mengalami penuaan dini. Nah, di sinilah totok wajah dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Totok wajah secara rutin akan mampu meningkatkan aliran darah pada wajah sekaligus merangsang pembentukan kolagen, sehingga mencegah penuaan dini.

  • Mempercantik Bentuk Wajah

Selain untuk kesehatan kulit, totok ternyata dipercaya dapat mempercantik bentuk wajah. Misalnya, pipi chubby atau merasa wajah kurang simetris, Anda dapat mengatasinya dengan totok wajah secara rutin. 

Adapun manfaat totok dapat meningkatkan tonus otot sekaligus kontur pada wajah. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih simetris dan tirus sesuai keinginan. 

Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan

Selain manfaatnya untuk kecantikan yang bejibun, Anda juga dapat memanfaatkan totok wajah untuk kesehatan. Beberapa di antara manfaat totok wajah untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gejala umum yang seringkali dialami oleh masyarakat. Nah, jika Anda mengalami ini, Anda dapat melakukan totok wajah. Selain untuk menghilangkan sakit kepala, Anda juga dapat menghilangkan stress. Pasalnya, beberapa titik akupresur pada wajah memang berhubungan dengan sakit kepala.

  • Mengatasi Insomnia

Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur atau memiliki gangguan tidur yang lain, Anda juga bisa melakukan totok wajah. Salah satu titik yang berhubungan untuk mengatasi masalah ini adalah titik An Mian. Titik yang berada di kedua sisi leher ini mampu mengurangi vertigo.

  • Mengatasi Gangguan Kecemasan

Aktivitas sehari-hari yang melelahkan juga dapat menimbulkan adanya gangguan kecemasan. Nah, terapi ini dapat menjadi pilihan Anda untuk mengatasi kondisi ini. Titik-titik tertentu pada wajah akan mampu membantu Anda mengatasi gangguan kecemasan ini.

  • Meredakan Sinusitis

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa totok wajah merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala sinusitis. Untuk mengatasi gejala ini, Anda dapat melakukan penekanan pada titik L120 pada pangkal hidung. 

Nah, itulah sejumlah manfaat totok wajah yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Apabila Anda ingin melakukan totok wajah secara mandiri, Anda bisa perhatikan beberapa titik pada wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Di Mana Letak Titik Totok Wajah?

Pijat akupresur pada totok dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, agar dapat melakukannya dengan benar, Anda wajib tahu titik-titik totok wajah berikut ini.

  • Area Sekitar Pelipis

Area pertama yang bisa Anda berikan pijatan adalah di sekitar pelipis. Memberikan pijatan pada titik ini dapat membantu Anda meredakan sakit kepala. Nah, kalau Anda sedang pusing, jangan buru-buru minum obat, coba berikan tekanan pada titik ini agar lebih relaks. 

Anda bisa melakukan totok pada titik ini menggunakan ibu jari atau telunjuk dengan tekanan yang lembut selama beberapa menit. Dengan begitu, pusing dan penat di kepala Anda akan berkurang secara perlahan.

  • Area di Atas Alis

Titik totok wajah yang juga dapat menghilangkan sakit kepala adalah di kepala baian depan, tepatnua di atas alis. Selain membantu meredakan sakit kepala, Anda juga dapat mencegah munculnya kerutan halus tanda penuaan dini. Yuk, lakukan pijatan pada alis atas untuk hilangkan sakit kepala dan kencangkan kulit wajah!

  • Alis Bagian Dalam

Area alis yang lain untuk mengatasi sakit kepala adalah alis bagian dalam. Pada area alis memang terdapat banyak titik totok wajah yang vital. Totok wajah pada alis bagian dalam ini akan membuat pandangan mata Anda lebih jelas. 

Baca Juga  Intip Manfaat Pijatan untuk Sakit Perut

Jadi, jika Anda mengalami pandangan yang sudah mulai kabur, Anda dapat menekan pada titik alis bagian dalam ini. Dengan begitu, Anda akan dapat menstimulasi otot mata menjadi lebih relaks. Alhasi, pandangan mata Anda akan menjadi lebih jelas dan tidak kabur.

  • Di Antara Kedua Alis

Titik berikutnya yang menjadi titik untuk melakukan totok wajah adalah di antara kedua alis. Titik ini mampu membantu Anda mengurangi pusing karena kelelahan, loh. Anda bisa lakukan tekanan yang sederhana pada titik ini menggunakan ujung jari. 

Selain itu, Anda juga bisa menekan pada area sisi pangkal hidung menggunakan telunjuk dan ibu jari untuk melakukan relaksasi yang sama. Memberikan treatment pada titik bukan hanya dapat mengurangi pusing akibat mata lelah, melainkan juga dapat meredakan stress dan cemas berlebihan. 

  • Area Atas Tulang Pipi

Titik penting totok wajah yang lain adalah pada area di atas tulang pipi. Melakukan treatment pada area ini dapat membuat wajah Anda lebih bercahaya. Anda bisa mempraktekkannya selama tiga kali dalam seminggu. 

Menekan titik ini selama beberapa menit dapat melancarkan aliran darah dan nutrisi ke area wajah, sehingga dapat merangsang pembentukan kolagen. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dan tampak relaks. 

Titik dengan khasiat yang sama juga dapat Anda lakukan di belakang daun telinga dan area di antara kedua alis untuk relaksasi yang lebih baik. 

  • Di Ujung Cuping Hidung

Umumnya, totok wajah dapat membuat kulit wajah Anda lebih kencang dan mencegah timbulnya garis-garis halus. Nah, begitu pula ketika Anda melakukan pijatan halus pada tiitik yang satu ini. Selain untuk melancarkan aliran darah ke wajah, memijat titik ini juga dapat melancarkan pernapasan.

  • Ujung Dagu

Nah, untuk membuat kulit wajah lebih kencang, Anda bisa memberikan pijatan lembut pada titik ini. Pijatan pada titik ini akan membuat kulit di sekitar dagu terasa lebih kencang dan tidak kendur. Anda bisa melakukannya secara rutin, sehingga membuat tampilan dagu lebih menawan. 

Nah, itulah titik-titik untuk melakukan totok wajah yang bisa Anda terapkan secara mandiri. Meski begitu, Anda tidak bisa melakukannya secara serampangan. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan totok wajah yang perlu Anda perhatikan.

Cara Melakukan Totok Wajah yang Benar dan Efektif

Cara Melakukan Totok Wajah dengan Benar
Cara Melakukan Totok Wajah dengan Benar – [Freepik]
Perawatan kecantikan yang memanfaatkan treatment totok wajah tidak bisa dilakukan secara serampangan, loh. Anda membutuhkan keterampilan tertentu, atau Anda bisa meminta bantuan ahlinya. 

Yuk, simak beberapa tahapan totok wajah yang bisa Anda lakukan dengan benar dan efektif secara mandiri!

  • Tahap Pertama (Persiapan)

Tahap pertama ini berisi sejumlah persiapan sebelum melakukan totok. Adapun tahapan ini dapat diawali dengan membersihkan wajah dengan lembut. Barulah kemudian terapi dapat dimulai dengan beberapa pijatan ringan di tubuh, seperti tangan, pundak, atau kaki untuk mengendurkan otot.

Selanjutnya, pijatan pada tahap pertama ini sebaiknya berfokus pada area wajah, leher, dan punggung bagian atas. Pijatan ini akan memberikan efek rileks dan melancarkan peredaran darah sebelum treatment bagian inti, yakni wajah.

Untuk melakukan tahapan ini, pastikan Anda merasa nyaman dengan tingkat tekanan yang diberikan, begitu pula jika Anda mendapatkan treatment dari terapis.

  • Tahap Kedua

Tahapan berikutnya ini sudah masuk pada bagian inti wajah. Terdapat lebih dari 360 titik yang dapat distimulasi. Namun, Anda tidak perlu melakukan semuanya, pilih saja yang berhubungan dengan tujuan terapi Anda. 

Pada tahapan ini, Anda dapat membagi wajah menjadi bagian kanan dan kiri. Selanjutnya Anda bisa memberikan krim nutrisi pada bagian yang akan mendapatkan pijatan. 

Sebagian besar titik yang harus mendapatkan rangsangan totok ini terletak di area sekitar alis dan mata, sepanjang sisi dahi, tulang pipi, dan dagu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Anda juga bisa mengaplikasikan masker untuk meningkatkan kesehatan dan kesegaran kulit Anda. Dengan begitu, perawatan wajah dengan teknik ini akan lebih optimal.

  • Tahap Ketiga

Tahap terakhir yang bisa Anda lakukan adalah treatment pasca-totok wajah. Pada bagian ini, Anda bisa melakukan pemijatan pada beberapa area wajah, seperti garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan pangkal hidung. 

Pastikan Anda melakukan semua pijatan dengan hati-hati, apalagi ketika berada di sekitar area mata dan alis. 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait dengan titik totok wajah yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun, jika Anda ragu melakukannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa pijat online 24 jam, seperti Halo Jasa. Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar rumah untuk merasakan sensasi totok wajah!