4 Trik Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Mempersiapkan Pernikahan

0
1177
Trik Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Mempersiapkan Pernikahan

Menikah sepertinya telah menjadi impian bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang sudah memiliki pasangan, berada di usia yang tepat, dan keduanya memiliki komitmen yang kuat. Maka bisa dibilang, menikah adalah impian hidup yang ingin segera direalisasikan. Namun sepertinya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa melakukan pernikahan tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Karena bisa dibilang, pernikahan adalah sebuah rencana dan komitmen yang begitu kompleks. Salah satunya yang seringkali menjadi ganjalan adalah tentang biayanya yang tidak murah. Karena memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa menggelar pernikahan memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dimana hal ini pastinya membuat banyak orang yang memiliki rencana menggelar pernikahan menjadi gentar karenanya. Padahal hal tersebut tidak perlu terjadi apabila terlebih dahulu melakukan perencanaan keuangan yang matang. Dimana perencanaan keuangan yang matang ini nantinya pastinya akan membantu. Bukan hanya mampu mengalokasikan dana yang dimiliki ke arah yang tepat namun juga mampu merampingkan dana untuk pernikahan sehingga tidak terlalu banyak yang keluarkan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang kebingungan tentang bagaimana merencanakan keuangan yang baik untuk mempersiapkan pernikahan. Padahal sebenarnya ada 4 trik cerdas mengatur keuangan dalam mempersiapkan pernikahan. Dimana keempat trik ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang ingin mempersiapkan pernikahan namun tidak ingin terlalu dipusingkan dengan dana yang terkuras habis. Sedangkan keempat trik yang dimaksud adalah seperti berikut ini:

  1. Buatlah Rekening Bersama

Trik Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Mempersiapkan Pernikahan

Trik pertama yang patut dilakukan oleh mereka yang ingin mempersiapkan pernikahan adalah dengan membuat rekening bersama. Dimana langkah sederhana ini seringkali dilewatkan oleh banyak pasangan. Karena sudah terbukti bahwa rekening bersama sangat membantu pasangan dalam mencukupi dana untuk kebutuhan pernikahan. Dimana yang dimaksud dengan rekening bersama itu sendiri adalah sebuah rekening khusus yang dibuat oleh dua orang yang ingin menikah. Dimana rekening itu akan bahu-membahu oleh pasangan tersebut demi kepentingan rencana menikah mereka nantinya. Karena meskipun rencana pernikahan nantinya tidaklah terlalu mewah tentunya tetap membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sehingga untuk mengantisipasinya maka jauh-jauh hari, dana tersebut harus terlebih dulu dipersiapkan. Sedangkan untuk mengisi rekeningnya sendiri tidak perlu terlalu besar. Cukup dengan menyisihkan penghasilan pasanagn sebanyak 20 hingga 30 persen setiap bulan ketika mendapatkan penghasilan. Dimana apabila hal ini dilakukan secara rutin maka akan membuat dana pernikahan yang terkumpul terus semakin membesar dari waktu ke waktu.

  1. Tentukan Target List Dalam Mengumpulkan Uang

Trik Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Mempersiapkan Pernikahan

Untuk bisa menyelenggarakan pernikahan tentunya dibutuhkan banyak hal untuk memenuhinya. Dimana berbagai hal tersebut tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa memenuhinya. Namun pada tahap ini juga banyak orang yang melakukan kesalahan. Yakni mereka mempersiapkan segalanya namun tidak menyeleksi mana yang benar-benar mereka dibutuhkan. Dimana apabila hal ini terus dilakukan maka hanya akan membuat dana yang dipastikan berlebihan untuk keluar. Apalagi masih banyak orang yang hanya mengumpulkan uang untuk merancangkan pernikahan. Untuk mencegah hal ini agar tidak sampai terjadi adalah dengan cara menentukan target list terlebih dahulu. Jadi jangan hanya memikirkan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Namun juga harus menentukan target list terlebih dulu. Dimana target list ini sendiri berisi tentang kebutuhan maupun hal apa yang patut diprioritaskan untuk dibeli nantinya. Hal ini dilakukan agar nantinya dana yang dikeluarkan bisa terfokus terhadap hal yang memang dibutuhkan bukan pada yang diinginkan.

  1. Hindarilah Biaya Yang Tidak Penting

Trik Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Mempersiapkan Pernikahan

Semua orang tentunya memimpikan sebuah pernikahan yang sempurna. Namun hal ini seringkali menjadi pisau bermata dua. Hal tersebut disebabkan karena banyak orang demi bisa mewujudkan pernikahan yang idel tersebut maka akan menghambur-hamburkan uang yang dimiliki. Padahal apabila ditelisik lebih jauh lagi, hal ini hanya akan membuat seseorang mengeluarkan biaya yang tidak terlalu penting. Dimana apabila hal ini dilakukan maka hanya akan menguras dana yang dimiliki oleh seseorang. Dimana dana tersebut masih bisa dialokasikan untuk sesuatu yang lebih baik maupun yang lebih penting lagi. Untuk itulah, pentingnya dalam menghindari biaya yang tidak penting. Kembali lagi dalam menentukan prioritas yang memang harus diutamakan.

  1. Memilih Untuk Melakukan Investasi

Trik Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Mempersiapkan Pernikahan

Hal terakhir yang bisa dilakukan oleh mereka yang selama ini gagal melakukan pengaturan terhadap finasial adalah dengan memilih untuk melakukan investasi. Dimana sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa banyak orang yang apabila mendapatkan penghasilan maka lebih memilih untuk membelanjakannya. Terutama untuk memenuhi berbagai keinginan yang dimiliki. Padahal pendapatan bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih berguna lagi seperti salah satunya dengan melakukan investasi. Dimana dengan melakukan investasi ini tentunya lebih bermanfaat untuk masa kedepannya. Sesuatu yang sekaligus juga bisa mengatur keuangan pribadi secara lebih tepat sasaran. Sehingga nantinya rencana pernikahan lebih matang. Karena tentunya pernikahan bukan hanya tentang perayaannya namun apa yang terjadi setelahnya. Dimana pada titik inilah, lebih dibutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Sesuatu yang seringkali dilupakan oleh pasangan yang ingin menikah.

Apabila dilihat sekilas, ketiga hal yang telah disebutkan diatas memang terdengar rumit. Namun apabila dilakukan secara sungguh-sunggih tentunya bukan tidak mungkin untuk bisa dilakukan. Tapi bagi mereka yang kesulitan atau untuk kepentingan lebih besar seperti urusan kantor maka anda bisa penggunaan jasa financial plan yang tepat akan memberikan solusi dan membantu anda dalam mengatur keuangan yang dianggap rumit.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%