Jangan Salah Pilih! Ini Pengertian SPA dan 8 Jenis Layanannya

0
8012
Layanan SPA Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Layanan SPA Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Dalam kehidupan yang sibuk dan penuh tekanan, banyak orang akan mencari cara untuk sejenak melepaskan penat. Salah satu cara yang semakin populer untuk mencapai keseimbangan dan mengembalikan kebugaran tubuh adalah melalui perawatan SPA. Eits, tapi tunggu dulu! SPA memiliki banyak jenis layanan. Karena itu, jangan sampai salah pilih, yuk simak penjelasan tentang pengertian SPA beserta jenis dan manfaatnya.

Jika Anda sedang mencari tau tentang SPA dan jenis-jenisnya, Anda berada di artikel yang tepat. Artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu SPA dan macam-macamnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir salah pilih SPA. 

Anda dapat menyesuaikan jenis SPA dengan kebutuhan Anda. Yuk, langsung saja simak penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan SPA berikut ini.

Apa Itu SPA?

Apa Itu Spa? Ini Pengertian SPA dan Penjelasannya
Apa Itu Spa? Ini Pengertian SPA dan Penjelasannya

Pengertian SPA diambil dari terjemahan dari kepanjangannya dalam bahasa latin, Sanus Per Aquam, yang berarti ‘kesehatan melalui air’. Karena itu, pengertian SPA bisa merujuk pada suatu bentuk perawatan tubuh yang menggunakan metode-metode tertentu, seperti uap air atau yang lainnya. 

Perawatan tubuh yang satu ini telah dikenal sejak zaman kuno. Di antara sejumlah metode yang digunakan tersebut adalah mandi uap, jacuzzi, dan terapi pijat. Hal itu dilakukan untuk mencapai efek positif pada tubuh dan pikiran. 

Jadi, SPA bukan hanya tempat untuk relaksasi, akan tetapi juga mencakup serangkaian perawatan untuk meningkatkan kesehatan, baik fisik dan mental seseorang. Dengan menggunakan berbagai metode pemanfaatan air itulah, SPA berfokus pada kesehatan dan kecantikan yang bersifat holistik.

Jadi, apa yang dimaksud kerja SPA adalah kerja para terapis yang terlatih untuk memberikan perawatan tubuh kepada klien. Keahlian dalam hal ini mencakup pemahaman mendalam tentang teknik pijat, penggunaan peralatan SPA, dan pengetahuan tentang produk-produk perawatan kulit.

Dengan cara itu, para terapis akan bekerja untuk menciptakan pengalaman perawatan yang memuaskan dan memberikan manfaat kesehatan yang optimal.

Ketahui Sejarah Singkat SPA Agar Kamu Semakin Yakin Merasakannya!

Nah, setelah mengetahui pengertian SPA, Anda perlu tahu bahwa SPA diyakini sebagai salah satu ritual kecantikan dan kebugaran tubuh. Selain dikaitkan dengan asal bahasa yang digunakan, yakni Sante Par Aqua (terapi air), SPA juga dikaitkan dengan salah satu kota di Belgia dengan nama yang sama. 

Kota Spa itu terletak di provinsi Liege dan terkenal sebagai kota dengan sumber air mineral yang menyehatkan. Kota ini juga terkenal dengan beberapa sumber pemandian air panas yang dipercaya sering didatangi tentara Roma untuk menyembuhkan luka akibat perang.

Hal itu berlanjut hingga tahun 1326, ketika seseorang dari Liege bernama Collin le Loup menemukan pemandian air panas di tengah kota Spa tersebut. Penemuan tersebut disusul dengan penemuan-penemuan yang lain.

Nah, pada pusat-pusat air panas tersebut kemudian bermunculan health resort yang terkenal, yang lambat laun dikenal dengan sebutan Spa. Namun, hal itu tidak hanya terjadi di Roma dan Yunani saja, melainkan juga berkembang di Jepang dengan nama ryoken, di Turki dengan nama hammams, dan di Finlandia yang disebut sauna.

Seiring berjalannya waktu, berbagai fasilitas kesehatan yang terkait dengan SPA pun bermunculan dan berkembang. Bahkan, saat ini, SPA terdiri dari beberapa jenis yang dikaitkan dengan kebutuhan dan tekniknya. Lantas, apa saja sih, macam-macam SPA?

Macam-Macam SPA Sesuai dengan Kebutuhan

Beragamnya jenis SPA mencerminkan kebutuhan dan preferensi berbagai individu. Berikut ini adalah beberapa macam SPA dan penjelasannya yang perlu Anda ketahui.

  • SPA Medis

SPA medis menekankan perawatan tubuh yang didasarkan pada prinsip-prinsip medis. Di bawah pengawasan profesional kesehatan, SPA medis menyediakan perawatan yang melibatkan teknologi medis seperti laser dan pengobatan kosmetik untuk mengatasi masalah kulit atau kondisi medis tertentu.

  • SPA Kecantikan

SPA kecantikan memusatkan perhatian pada perawatan kulit dan kecantikan. Berbagai perawatan wajah, termasuk facial, eksfoliasi, dan penggunaan produk kecantikan, ditawarkan untuk meningkatkan tekstur dan penampilan kulit. 

  • SPA Alam

SPA alam berfokus pada penggunaan bahan-bahan alami seperti lumpur, tanah liat, dan air mineral untuk perawatan tubuh. Metode ini dianggap lebih organik dan ramah lingkungan, memberikan pengalaman SPA terdekat dengan alam.

  • SPA Kesehatan

SPA kesehatan memadukan aspek fisik dan mental dari perawatan tubuh. Selain perawatan fisik seperti pijatan dan terapi air, SPA kesehatan juga dapat menawarkan program kebugaran, meditasi, dan konseling untuk mencapai kesehatan menyeluruh.

  • SPA Resor

SPA resor menawarkan paket perawatan tubuh dalam suasana resor atau hotel mewah. Selain perawatan tradisional, SPA resor seringkali menyediakan fasilitas tambahan seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan layanan kesehatan holistik.

  • SPA Thermal

Jenis SPA satu ini memanfaatkan sumber air panas atau dingin yang kaya mineral untuk perawatan tubuh. Air thermal dikenal memiliki manfaat penyembuhan, dan SPA thermal memadukan kelembutan air dengan berbagai perawatan relaksasi.

  • SPA Ayurveda

SPA Ayurveda berasal dari tradisi kedokteran India kuno. Perawatan SPA Ayurveda mencakup pijatan khusus, penggunaan minyak herbal, ,dan terapi panas untuk mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh.

Baca Juga  Batuk Tak Kunjung Reda? Pijat Refleksi Solusinya!

Layanan Perawatan di Pusat-Pusat SPA yang Perlu Kamu Tahu

Jenis-Jenis Layanan SPA yang Biasa Tersedia di Pusat-Pusat Layanan SPA
Jenis-Jenis Layanan SPA yang Biasa Tersedia di Pusat-Pusat Layanan SPA

Di berbagai pusat SPA, terdapat sejumlah jenis SPA yang bisa Anda pilih, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut ini adalah sejumlah layanan SPA yang perlu kamu ketahui agar tidak salah pilih.

  • Refleksi / Body Massage

Perawatan SPA bisa Anda dapatkan dengan teknik pijat refleksi atau body massage. Layanan ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai sembari mengembalikan kebugaran tubuh. Dari jenis SPA yang satu ini, Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, dan mengurangi stress.

  • Perawatan Wajah / Facials

Facials merupakan jenis SPA yang paling umum. Pada SPA ini, Anda akan mendapatkan perawatan wajah menggunakan berbagai jenis minyak aromaterapi yang memberikan efek relaksasi pada kulit wajah.

  • Body Scrub

Body Scrub merupakan salah satu SPA terbaik untuk membuat kulit lebih halus dan cerah. Selain wajah, tubuh pun membutuhkan pengelupasan kulit agar tampak lebih sehat. Proses pengelupasan kulit mati pada tubuh itu kemudian disebut dengan Body Scrub.

Dengan layanan SPA yang satu ini, Anda akan membantu kulit Anda untuk melepaskan kulit-kulit mati, sehingga tubuh akan lembut dan kembali segar.

  • Mandi Bunga

Mandi bunga adalah praktik yang populer di Indonesia, karena dianggap dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Aktivitas mandi bunga juga dapat membantu seseorang merasa lebih segar. Sebab, khasiat yang terdapat di dalam bunga dapat diserap oleh tubuh. 

Selain itu, mandi bunga juga dapat menenangkan jiwa dan pikiran, melembabkan kulit, serta mengatasi masalah insomnia dan meredakan stress.

  • Hydrotherapy

Hydrotherapy merupakan salah satu metode pengobatan menggunakan air yang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Aktivitas Hydrotherapy biasanya menggunakan air hangat atau air dingin tergantung dengan treatment yang dilakukan.

  • Perawatan Rambut dan Kuku

Di pusat-pusat SPA, Anda juga tidak akan sulit menemukan layanan perawatan rambut dan kuku. Layanan ini khusus untuk Anda yang ingin memberikan treatment khusus pada rambut atau kuku Anda, seperti creambath atau manipadi. 

  • Yoga dan Meditasi

Biasanya, sebelum melakukan treatment-treatment tertentu di pusat-pusat SPA, Anda akan diminta untuk mencoba layanan ini, Yoga dipercaya dapat menjadi cara untuk meditasi. Dengan melakukan kegiatan ini, treatment pada tubuh Anda pun akan menjadi lebih maksimal. 

  • Perawatan Kebugaran

Perawatan kebugaran atau wellness program merupakan metode yang dirancang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Beberapa contoh program kebugaran ini adalah program pengendalian gula darah bagi penderita diabetes, program penurunan berat badan, dan program berhenti merokok. 

Nah, dengan beragamnya jenis-jenis SPA ini, setiap orang dapat menemukan pengalaman SPA yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka. Berdasarkan berbagai macam SPA tersebut, peralatan yang digunakan pun sangat beragam.

Apa Saja Peralatan SPA?

Perangkat dan peralatan SPA mencakup berbagai elemen yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan relaksasi dan perawatan. Jacuzzi dan sauna menciptakan pengalaman panas yang membantu melepas ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi dara.

Pijatan, baik tradisional maupun menggunakan teknologi modern seperti pijatan shiatsu, membantu menghilangkan blokade energi dan meningkatkan fleksibilitas. Minyak aromaterapi dan musik yang tenang juga sering digunakan untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan. 

Manfaat SPA Bagi Kesehatan dan Kebugaran

Ketahui Banyak Manfaat SPA untuk Tubuh
Ketahui Banyak Manfaat SPA untuk Tubuh

Dengan berbagai macam jenis SPA di atas, tentu saja manfaat yang diberikan juga sangat beragam. Bahkan, manfaat SPA mencakup lebih dari sekedar kepuasan fisik. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan SPA.

  • Mengurangi Stress yang Berlebihan

Perawatan tubuh dengan teknik SPA yang memadukan pijat, aromaterapi, berendam air hangat, dan suasana yang nyaman, dipercaya mampu merangsang produksi hormon endorfin. Akibatnya, efek tersebut dapat membuat pikiran merasa lebih rileks dan tenang.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Selain mengurangi stress, SPA juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebab, terapi pijat yang satu ini dapat merangsang produksi hormon relaksasi melatonin. 

Baca Juga  Kokuo Reflexology Menteng –Pijat di Jakarta Pusat dengan Layanan Ala Jepang

Hal itu didapatkan dari pijatan lembut dengan perpaduan aromaterapi dan air hangat yang membantu mengurangi ketegangan otot dan meredakan stress, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan siap untuk tidur lebih nyenyak.

  • Meningkatkan mood secara keseluruhan

Body SPA juga dapat mengatasi dan mengembalikan mood baik Anda, karena mampu meningkatkan rasa rileks pada tubuh serta mengurangi rasa stress berlebihan. Oleh karena itu, perawatan SPA sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang mengalami bad mood.

  • Mengembalikan energi 

Setelah melakukan SPA, sirkulasi darah akan semakin lancar. Hal itu tentu juga akan meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam tubuh Anda. Dengan begitu, energi dalam tubuh Anda pun akan turut terdongkrak, sehingga Anda akan lebih semangat menjalani hari.

  • Mengurangi rasa sakit dan ketegangan otot

Otot tegang akibat rutinitas yang melelahkan tidak sebaiknya dibiarkan. Hal itu akan menumpuk rasa nyeri di sana-sini. Karena itu, SPA akan menjadi pilihan yang menarik untuk mengurangi ketegangan otot dan badan pegal-pegal. Badan bebas pegal, aktivitas makin lancar.

  • Meningkatkan kesehatan kulit pada perawatan wajah dan tubuh

SPA tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagian dalam Anda, akan tetapi juga memberikan perawatan kecantikan pada kulit. Produk-produk yang digunakan pada aktivitas SPA tidak hanya menenangkan, akan tetapi juga dipilih atas khasiatnya untuk kesehatan dan perawatan kulit. 

  • Sarana mencapai keseimbangan

Dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari SPA di atas, Anda akan bisa menjaga keseimbangan dan kebugaran tubuh. Pasalnya, perawatan SPA secara rutin dapat memberikan efek kombinasi fisik dan mental yang baik. Dengan begitu, Anda akan dapat menghadapi hari-hari dengan lebih segar.

Melalui kombinasi perawatan fisik dan mental, SPA bertujuan untuk memberikan efek menyeluruh yang positif pada tubuh dan pikiran. Fokus pada kepuasan klien dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan individual merupakan dasar dari setiap keberhasilan pelayanan SPA.

Apa Perbedaan SPA dan Pijat?

Nah, untuk lebih dapat memahami terkait pengertian SPA jika dibandingkan dengan pijat, berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaannya. 

Meskipun pijat sering menjadi elemen utama dalam pengalaman SPA, perbedaan antara keduanya adalah terkait dengan cakupan perawatan. SPA mencakup berbagai jenis perawatan, termasuk pijatan, perawatan kulit, dan penggunaan peralatan khusus. 

Sementara pijat terutama fokus pada manipulasi otot untuk meredakan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, SPA melibatkan pendekatan yang lebih holistik untuk perawatan tubuh dan pikiran.

Belakangan ini, muncul istilah SPA Mobile, yang berarti layanan SPA yang dapat datang langsung ke tempat tinggal atau lokasi yang diinginkan klien. Ini memberikan kenyamanan bagi mereka yang tidak dapat mengunjungi pusat-pusat SPA dan ingin menikmati perawatan di lingkungan yang lebih nyaman.

Salah satu penyedia layanan SPA panggilan adalah Halo Massage. Anda bisa mendatangkan para terapis profesional dan berpengalaman melalui aplikasi yang terpercaya.

Tips Memilih Layanan SPA

Setelah mengetahui pengertian SPA dan masing-masing jenisnya, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum memilih layanan SPA.

  • Identifikasi Kebutuhan Pribadi: Artinya, Anda harus mempertimbangkan tujuan yang ingin Anda capai dengan SPA, seperti untuk mengurangi stress, meningkatkan kesehatan kulit, atau hanya untuk merayakan me time.
  • Pilih Jenis SPA yang Tepat: Lihat beberapa manfaat tersendiri yang bisa didapatkan dari macam-macam SPA yang tersedia.
  • Cari Rekomendasi dan Ulasan: Sebelum memutuskan menggunakan layanan, pastikan Anda telah melihat rekomendasi dan ulasan dari pelanggan.
  • Periksa Kebijakan dan Harga: Sebelum memesan layanan SPA panggilan, pastikan Anda sudah memeriksa kebijakan SPA, seperti pembatalan atau perubahan jadwal. Selain itu, pahami struktur harga, seperti biaya tambahan dan transparansi harga.
  • Konsultasikan dengan Terapis: Jangan ragu untuk mengungkapkan hal-hal yang Anda rasakan kepada terapis sebelum perawatan dimulai. Diskusikan masalah kesehatan atau area tubuh yang perlu diperhatikan.
  • Pilih Waktu yang Tepat: jangan sampai Anda memilih waktu SPA yang dapat terganggu dengan kewajiban atau aktivitas lainnya.

Nah, Saat ini, Anda tak perlu khawatir untuk mengantre di pusat-pusat SPA. Sebab, Halo Massage telah hadir membawa kemudahan untuk Anda.

Jasa SPA panggilan Halo Massage yang berbasis aplikasi merupakan salah satu rekomendasi yang baik untuk kebugaran tubuh Anda. Bukan hanya fleksibilitas waktu, akan tetapi juga karena keahlian para terapisnya telah terjamin.

Bahkan, Halo Massage telah hadir dengan layanan premium, yang memungkinkan Anda untuk memilih dan menentukan sendiri produk perawatan yang akan digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi soal sensitivitas kulit Anda!

Demikian beberapa uraian mengenai pengertian SPA dan berbagai macam, manfaat, dan tips memilihnya, semoga bermanfaat, ya!