6 Tips Metode Mengajar yang Menyenangkan

0
7485
metode mengajar yang menyenangkan

Belajar memang menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh siswa. Hanya saja ada banyak faktor yang membuat suasana belajar kurang menyenangkan bagi murid, suasana belajar yang tegang dan kaku membuat siswa belajar hanya karena tuntutan. Belum lagi mata pelajaran yang menurut siswa terasa sulit sehingga membuat mereka tidak menyukai pelajaran yang dibawakan oleh guru. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka murid akan menjadi malas belajar. Untuk itu 6 tips metode mengajar yang menyenangkan bisa menjadi insiprasi bagi Anda yang berprofesi sebagai guru, baik guru formal atau guru privat agar bisa menciptakan suasana kelas yang nyaman.

metode mengajar yang menyenangkan

  1. Multimedia Interaktif

Mengajar baik di kelas atau pun di rumah tentu Anda harus memiliki strategi agar murid memiliki minat dengan apa yang Anda ajarkan. Untuk itu Anda harus kreatif, agar kelas menjadi hidup dan menyenangkan. Untuk membuat suasana kelas lebih interaktif, Anda bisa mencoba untuk memakai multimedia. Anda bisa mencoba untuk mencari animasi atau kartun yang mewakili mata pelajaran yang akan diajarkan.  Atau jika Anda memiliki ketrampilan dibidang informatika maka Anda bisa membuat sendiri animasi dan mengisinya dengan suara Anda agar terasa lebih nyata. Selain animasi, anda juga bisa membuat video atau power point dengan gambar serta suara yang menarik. Dengan membawakan media seperti ini maka siswa akan lebih mudah menyerap pelajaran yang disampaikan karena siswa memiliki perhatian lebih pada pelajaran. Tidak hanya di dalam kelas saja, media ini juga efektif untuk Anda gunakan mengajar privat, agar siswa tidak mudah bosan.

  1. Peace Post Card

Metode satu ini pasti masih asing untuk Anda, ditemukan oleh warga Indonesia sendiri yaitu Saara Suaib Hanafi seorang pengajar di kota Bekasi. Saara Suaib Hanafi mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Al-Azhar 9 kota Bekasi. Metode mengajar satu ini tidak hanya unik tetapi juga inovatif, dimana setiap siswa diberikan kartu pos dan belajar mengeluarkan  pendapat dengan cara menuliskan pesan perdamaian. Lalu pesan yang suah ditulis tadi harus dipresentasikan pada siswa luar negeri melalui skype. Metode peace post card yang Saara Suaib Hanafi buat ini tidak hanya menarik tetapi juga mampu mengantarkan penemunya mewakili Indonesia untuk mengikuti Ajang Microsoft Global Education Forum pada Bulan Maret 2014. Dan dalam ajang bergengsi ini pula Saara Suaib Hanafi menjadi juara learning tools.

  1. Menggunakan Meme

Saat ini Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan meme, apalagi di sosial media meme begitu cepat dibagikan oleh berbagai pohak sehingga dalam hitungan menit sudah menyebar. Meme memang terkenal sebagai salah satu media yang lucu dengan kalimat atau gambar-gambar yang menarik. Anda juga bisa memanfaatkan meme sebagai salah satu metode belajar yang menyenangkan. Metode belajar memakai meme memang masih jarang digunakan, Jika Anda mengajar kimia maka Anda bisa memilih meme yang lucu untuk menjelaskan sifat-sifat cairan.

  1. Simulasi Kesadaran Berkonstitusi

Metode belajar dengan cara lama pastinya membuat murid kurang tertarik apalagi jika berhubungan dengan mata pelajaran PKN atau Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk mata pelajaran satu ini seorang guru SMK Muhammadiyah 4 Surakarta bernama Rahayuningsih menemukan metode simulasi kesadaran berkonstitusi. Dalam metode ini siswa diminta untuk memainkan sebuah peran untuk menjadi narasumber, fasilitator, penonton, dan pemain. Dengan bermain peran diharapkan siswa dapat memahami kandungan dari pasal-pasal melalui kartu masalah dan kartu sanksi yang sudah dibuat. Metode ini sebenarnya cukup sederhana, seperti saat Anda bermain Monopoly hanya saja kertas yang digunakan memiliki ukuran yang lebih besar dan bisa ditempelkan pada papan tulis. Dengan metode sederhana ini  Rahayuningsih terpilih menjadi juara satu pada tahun 2013 untuk Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional. Anda juga bisa mencoba untuk mengaplikasikan metode ini dalam proses pembelajaran agar siswa mudah memahami materi yang diajarkan tanpa terlalu banyak materi.

  1. Alat Peraga Matematika

Matematika memang menjadi salah satu pelajaran yang cukup tidak disukai oleh sebagian besar murid. Selain sulit, terkadang guru pengajar cukup galak, sehingga belajar terasa tidak menyenangkan. Dengan metode belajar yang ditemukan oleh Juli Eko Sarwono, Anda bisa membuat pelajaran matematika terasa menyenangkan. Metode yang ditemukan alat peraga matematika yang ditemukan oleh guru Matematika di SMP 19 Purworejo ini masuk dalam nominasi Liputan 6 Award 2013. Jika Anda mengetahui alat peraga yang digunakan oleh Juli Eko Sarwono tentu Anda tidak pernah menyangka jika Juli Eko Sarwono memasukkan motor ke dalam kelas untuk memberikan materi lingkaran dan tabung. Metode belajar yang satu ini bisa menjadi salah satu insiprasi untuk Anda menjelaskan mata pelajaran matematika.

  1. Mengingat Tabel Periodik dengan Lagu

Selain matematika, pelajaran kimia juga cukup memiliki banyak haters. Tidak hanya rumus dan unsur kimia yang harus dipahami, siswa juga dituntut untuk menghafalnya. Satu hal yang paling dasar yaitu menghafal tabel periodik yang cukup banyak. Tabel periodik harus dihafalkan untuk memudahkan siswa memahami pelajaran kimia. Agar siswa dengan mudah menghafal tabel periodik maka Anda bisa memilih satu lagu sebagai salah satu jembatan untuk membantu siswa mengingat tabel periodik unsur. Metode belajar dengan lagu memang terkenal efektif karena hampir semua orang menyukai lagu dan belajar juga jadi lebih menyenangkan. Dengan memilih lagu yang pas atau lagu yang sedang menjadi trend dan melafalkan bersama murid maka akan membuat murid lebih mudah mengingatnya.

Baca juga: Tips Mengajar Les Privat

Facebook Comments
love
Senang
16%
haha
Terinspirasi
61%
wow
Netral
11%
sad
Sedih
5%
angry
Marah
5%