Ketahui 5+ Manfaat dan Cara Tepat Memijat Bayi yang Sakit Badan Ini, agar Bayi Anda Ceria Kembali

0
329
Manfaat dan Cara Tepat Memijat Bayi yang Sakit Badan

5+ Manfaat dan Cara Tepat Memijat Bayi yang Sakit Badan

Tak jarang meski tampak sehat, bayi menjadi rewel dan gelisah karena merasa tidak nyaman.  Apakah itu akibat rasa sakit saat pertumbuhan gigi, vaksinasi, atau demam ringan karena kelelahan.  Bagaimana mengatasi ketidaknyamanan itu tanpa mengandalkan obat terlebih dulu? Dalam artikel ini Pijat Panggilan akan membahasnya  lebih jauh beserta  cara tepat memijat bayi yang sedang sakit badan untuk mengatasi rasa tidak nyaman itu

Pada artikel ini, kami akan merinci penyebab-penyebab nyeri pada bayi, mengidentifikasi gejala-gejalanya, dan memahami respons mereka terhadap situasi tersebut. Tidak hanya itu, kami  juga akan membahas manfaat terapi pijat untuk membantu meredakan rasa sakit dan memperkuat hubungan emosional Anda, sebagai orang tua, dengan bayi tercinta. Siapkan diri Anda untuk membimbing bayi Anda melalui ketidaknyamanan dan perasaan aman!

Apa Itu Sakit Badan pada Bayi? 

Meski bayi secara umum tampak sehat, terkadang mereka juga mengalami ketidaknyamanan tertentu. Ini wajar terjadi karena merupakan bagian dari tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh rasa sakit saat gigi akan tumbuh, ketidaknyamanan saat menerima suntikan vaksinasi atau ketika melakukan pengujian darah untuk kebutuhan medis. Di sisi lain, beberapa bayi juga mengalami ketidaknyamanan karena menderita penyakit atau cedera.

Namun, respons bayi terhadap rasa sakit tidak sama dengan orang dewasa. Bayi memiliki kemampuan komunikasi yang sangat terbatas, sehingga sangat bergantung pada intuisi orang tua untuk menemukan dan mengurangi rasa sakit yang mungkin mereka alami.

Mengenali Penyebab Sakit Badan yang Bayi Rasakan

Penyebab Sakit Badan yang Bayi Rasakan

Bayi dapat mengalami rasa sakit pada fase awal kehidupan mereka, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ini karena bayi akan menjalani beberapa prosedur selama tahun pertama kehidupannya,  Serangkaian  prosedur ini  dapat menyebabkan rasa nsakit dan ketidaknyamanan. Salah satu contohnya  pengambilan sampel darah dari tumitnya pada hari ketiga kehidupannya serta  pemberian beberapa vaksin selama minggu dan bulan pertama kelahirannya.

Selain itu, Bayi yang lahir sebelum waktunya boleh jadi lebih sering mengalami prosedur ini. Dalam kondisi tertentu yang bersifat darurat dengan mempertimbangkan keselamatannya, bayi harus menggunakan selang untuk makan dan menerima infus. Bahkan di antaranya ada yang harus menjalani operasi penyelamatan agar tetap hidup. 

Nyeri Pasca Operas:

Bayi yang menjalani prosedur operasi mungkin mengalami rasa sakit karena sayatan atau bukaan yang dibuat selama operasi. Reaksi inflamasi di tubuh bayi menyebabkan rasa sakit ini. Nyeri setelah operasi juga dapat disebabkan oleh pembengkakan atau peregangan pada jaringan atau organ yang dioperasi.

Prosedur Medis

Prosedur medis seperti memasang  infus atau mengambil darah untuk uji laboratorium dapat menyebabkan rasa sakit pada bayi. Penetrasi jarum atau alat medis lainnya pada kulit dan jaringan bayi dapat merangsang reseptor nyeri, menciptakan sensasi ketidaknyamanan

Luka atau Pembengkakan Saraf

Penyebab utama nyeri pada bayi adalah kerusakan atau pembengkakan saraf. Ini dapat terjadi karena cedera atau akibat kondisi medis tertentu.  Kerusakan pada saraf ini mengirimkan sinyal nyeri, yang menyebabkan sensasi yang tidak menyenangkan bagi bayi.

Rasa Pegal yang Disebabkan oleh Infeksi

Bayi dapat mengalami nyeri karena infeksi. Misalnya, infeksi saluran pernapasan atau infeksi telinga yang  menyebabkan rasa sakit di area yang terkena. Selain itu, reaksi tubuh terhadap infeksi, seperti pembengkakan atau peradangan, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. 

Nyeri Otot Akibat Kondisi tertentu

Bayi dapat mengalami nyeri otot karena beberapa kondisi medis atau situasi tertentu Misalnya, bayi yang terlalu lama berada di posisi yang tidak nyaman atau terlalu lama terbaring di tempat tidur dapat mengalami kekakuan otot dan rasa sakit.

Ketidaknyamanan dari Peralatan Medis 

Bayi yang memiliki tabung atau peralatan medis tertentu yang ditempatkan di tubuh mereka, seperti tabung pernapasan atau kateter, dapat merasakan ketidaknyamanan atau nyeri akibat dari benda-benda tersebut. Penggunaan peralatan medis ini dapat menjadi sumber ketidaknyamanan yang perlu dikelola dengan hati-hati

Lecet atau Luka pada Kulit

Luka atau lecet pada kulit bayi dapat menyebabkan rasa sakit. Ini dapat terjadi karena berbagai hal, seperti gesekan, gigitan serangga, atau kontak dengan benda tajam. Kulit yang lecet  cenderung  sangat sensitif dan membutuhkan perawatan khusus untuk mengurangi rasa sakit yang muncul. 

Begini Gejala Bayi Sakit Badan 

Gejala Bayi Sakit Badan

Bayi tidak dapat menyampaikan rasa sakitnya secara verbal dengan kata-kata seperti anak-anak yang lebih besar, tetapi mereka menunjukkan itu melalui perilaku tertentu. Sejumlah parameter dapat diamati untuk mengukur tingkat nyeri pada bayi, seperti pola tidur, reaksi yang mudah tersinggung, gelisah, nafsu makan, gerakan tubuh, dan tanda-tanda vital seperti detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah.

Baca Juga  Meiso Reflexology PIK Avenue: Tempat Pijat Refleksi Jakarta Utara Terbaik

Bayi menunjukkan perubahan perilaku yang mencolok saat mereka mengalami rasa sakit, berbeda dengan perilaku mereka saat merasa nyaman. Setiap bayi memiliki respon yang berbeda-beda terhadap rasa nyeri yang dirasakan dan bisa jadi responnya juga tidak konsisten dari waktu ke waktu 

Respon terhadap nyeri dapat bervariasi secara individual, dan bayi mungkin menunjukkan reaksi yang tidak konsisten dari waktu ke waktu. Karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi lebih dari satu tanda untuk memahami perasaandan kondisis bayi karena tanda-tanda ini dapat muncul ketika bayi mengalami ketidaknyamanan fisik tanpa penyakit yang menyertainya.

Berikut adalah beberapa petunjuk perilaku yang dapat dicermati untuk mengidentifikasi rasa sakit pada bayi:

Menangis 

Bayi yang sakit biasanya menangis dengan intensitas dan durasi yang meningkat. Bayi yang sangat sakit atau prematur dengan energi yang terbatas mungkin menangis dengan lirih atau merengek. Salah satu ekspresi utama yang menunjukkan bahwa bayi sedang mengalami ketidaknyamanan adalah menangis.

Ekspresi Muka

Bayi mungkin memiliki ekspresi wajah yang menunjukkan rasa sakit yang mereka alami. Adanya alis yang berkerut atau  bahkan sangat berkerut, mata yang tertutup rapat, dan kadang-kadang getaran pada dagu adalah ekspresi dari rasa sakit tersebut. 

Hal yang sama juga terjadi pada bayi yang menggunakan mesin pernapasan, meski dengan ekspresi yang lebih lemah. Ketidaknyaman yang dirasakan seorang bayi tampak jelas dari ekspresi wajahnya dan ini memang cara mereka untuk berkomunikasi 

Kekuatan Otot

Bayi cenderung menegangkan ototnya saat merasakan nyeri. Dalam perilaku yang disebut “memukul-mukul”, mereka mungkin menarik kaki dan lengan ke dalam atau bahkan meregangkannya secara ekstrem. Mereka juga dapat mengepalkan tangan atau membuat  tubuhnya menjadi kaku. Tapi saat saat rasa sakitnya semakin parah, bayi akan tampak lemas tidak lagi mampu menegangkan ototnya. 

Reaksi Terhadap Kondisi Lingkungan

Bayi yang sakit seringkali lebih peka terhadap keadaan di sekitarnya. Bayi menajdi rewel, gelisah, tidak mau makan, dan mengalami kesulitan untuk tidur. Perubahan respon bayi terhadap terhadap stimulus luar merupakan pertanda penting dari ketidaknyamanan yang  mereka rasakan.

Aktivitas yang Dilakukan

Aktivitas  yang dilakukan bayi dapat menunjukkan tingkat rasa sakit yang mereka rasakan.  Bayi yang kelelahan biasanya  tampak lebih tenang dan kurang aktif. Meski begitu. Di sisi lain, beberapa bayi mungkin menunjukkan gerakan yang sebaliknya. Gerakannya justru lebih kuat, seperti geliat dan menekuk lengan dan kaki dengan intensitas yang tinggi. Ketika menilai kondisi bayi, sangat penting untuk memahami pola aktivitasnya

Pola Bangun/ Tidur

Kebanyakan bayi  yang sakit, kerap  mengalami perubahan pola tidur dan bangun, serta lebih rewel karena mengalami gangguan tidur. Tapi, di sisi lain, beberapa bayi justru menarik diri dan terlihat tertidur sepanjang waktu sebagai respons terhadap rasa sakit yang dirasakan. Perubahan ini menjadi pertanda/ sinyal penting adanya ketidaknyamanan yang dirasakan oleh bayi.

Dengan memahami berbagai perilaku ini, orang tua dan penjaga bayi dapat merepon dengan lebih baik kebutuhan dan kenyamanan bayi serta  membantu mereka mengurangi rasa sakit yang dialami

Ini Manfaat Pijat untuk Bayi yang Sakit Badan

Berikut sejumlah manfaat terapi pijat untuk bayi  yang  sedang sakit badan: 

Mengoptimalkan Sistem Imun Bayi

Dalam suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, para peneliti menemukan bahwa pijatan dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena berbagai jenis sel, hormon, dan sitokin berinteraksi satu sama lain. Sitokin adalah molekul pembawa pesan kimia antar sel yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang menerima terapi pijat memiliki jumlah sel NK (Natural Killer), yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.Sel NK, yang berasal dari limfosit dan bagian dari sel darah putih, bertanggung jawab untuk menyingkirkan sel-sel berbahaya dalam tubuh. Dengan system imun yang optimal, mempercepat proses penyembuhan. 

Mengatasi Kembung pada Bayi

Bayi sering mengalami kembung karena penumpukan gas dalam tubuh mereka, yang dapat menyebabkan konstipasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Public Health, terapi pijat pada bayi membantu mengurangi konstipasi, yang memungkinkan buang air besar berlangsung lebih lancar.

Metode ini dapat membantu memperlancar pencernaan bayi dan mengurangi ketidaknyamanan perut yang disebabkan oleh penumpukan gas dalam tubuhnya.

Menenangkan Bayi yang Kolik dan Mencegahnya Rewel

Secara umum, bayi yang kolik adalah bayi yang menangis terus menerus berturut-turut yang penyebabnya tidak diketahui, salah satunya bisa karena masalah pencernaan. Anda  bisa mencoba tenangkan bayi Anda dengan memberinya pijatan lembut karena bayi akan relaks dan lebih santai.

Dalam studi di International Journal of Environmental Research and Public Health terungkap  bahwa pijat bayi dapat memberikan efek pereda nyeri untuk berbagai kondisi.Pijat bayi juga mengurangi durasi menangis pada anak yang menderita kolik. Pijatan yang menenangkan juga bisa mengurangi stres pada bayi. Jadi, jangan ragu melakukan pijat bayi untuk Si Kecil agar ia tidak sering rewel.

Mengoptimalkan  Kualitas Tidur

Pijat bayi dapat menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produksi hormon oksitosin. Akibatnya, bayi merasa lebih santai dan tenang, yang menyebabkan mereka tidur dengan lebih baik.

Memperkuat Hubungan Emosional dengan Bayi Anda

Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi, pijat juga dapat meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak. Proses ini memungkinkan ibu berbicara dengan bayi selama sesi pijat, yang menghasilkan lebih banyak komunikasi dan memperkuat ikatan Anda dengan bayi anda . Pada gilirannya si kecil merasa sangat dicintai dan disayangi berkat  sentuhan yang lembut dan menenangkan dari Anda, ibunya, 

Baca Juga  Bagaimana Cara Memijat Perut Agar Lancar BAB? Ketahui Disini

Bagaimana Cara Memijat Bayi yang Sakit Badan dengan Benar? 

Untuk memberikan manfaat optimal kepada bayi, berikut tahapan dalam sesi pijat bayi yang disarankan: 

Kondisikan  Ruangan agar Lebih Nyaman 

Disarankan untuk menciptakan suasana ruangan yang ideal sebelum memulai sesi pijat bayi. Pastikan lokasi pijat bayi berada di tempat yang tenang, suhunya moderat, tidak terlalu sejuk atau panas, dan tidak terlalu terang. Untuk membuat suasana lebih santai, Anda dapat memasukkan musik dengan nada lembut.

Gunakan Minyak Pijat Khusus untuk Bayi

Minyak pijat khusus untuk bayi memiliki formula ringan dan aman sehingga tidak menyebabkan iritasi. Aromanya yang menenangkan,  seperti lavender,  membuat sesi pijatan  lebih santai, mengurangi ketegangan otot, memperlancar  peredaran darah, dan membantu mempercepat proses penyembuhan. 

Saat ini ada banyak jenis minyak khusus untuk bayi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan memiliki aroma yang disenangi  bayi Anda, seperti beragam jenis minyak telon, baby oil, minyak zaitun dan minyak kutus-kutus

Memulai dengan Memijat Kaki 

Cara Memijat Bayi yang Sakit Badan
Sumber: Freepik

Untuk meredakan ketegangan pada kaki, Anda dapat memijat kaki terlebih dahulu. Dengan memegang pahanya menggunakan salah satu tangan, putar tangan Anda sampai ke ujung kakinya. Lakukan gerakan bergantian dengan tangan satunya, mirip dengan gerakan “memerah susu”. Ulangi lagi dengan kaki satunya.

Setelah itu, usap telapak kaki bayi dari tumit hingga jari-jarinya dengan ibu jari. Dorong perlahan kaki bayi hingga lututnya menekuk ke arah perut. Ini akan membantu mengeluarkan gas dari perutnya.

Memijat Perut, Dada, dan Tangan

Cara Memijat Perut, Dada, dan Tangan Bayi

Usapkan tangan Anda di dada bayi, lalu  usapkan ke arah bahunya, Setelah itu,  kembali ke posisi semula, seperti membentuk hati. Kemudian usapkan tangan secara menyilang dan bergantian, mulai dari pinggang kanan ke bahu kiri bayi, lalu dari pinggang kiri ke bahu kanan dan kembali ke pinggang kiri. Ulangi beberapa kali.

Untuk memperlancar pencernaan bayi, lakukan gerakan huruf “U” terbalik dan searah jarum jam beberapa kali untuk mengusap bagian tepi perutnya hingga dada bayi. Selanjutnya melakukan gerakan yang mirip dengan “memerah susu” dengan tangannya.

Lanjutkan dengan  Pijatan pada Wajah dan Leher

Pijatan pada Wajah dan Leher Bayi

Dengan menggunakan jari-jari di kedua tangan Anda, usap dahidi kecil ke arah luar lalu turun ke pipi, membentuk lingkaran. Lakukan ini dengan perlahan beberapa kali. Kemudian, pijat kulit kepala anak dengan jari-jari ibu dengan gerakan lingkaran-lingkaran kecil, seperti mengeramasinya.

Dengan jari-jari kedua tangan Anda, usap dahinya ke arah luar lalu turun ke pipi, membentuk lingkaran. Lakukan dengan perlahan beberapa kali. Kemudian, pijat kulit kepala anak dengan jari-jari ibu dengan gerakan lingkaran-lingkaran kecil, seperti mengeramasinya.

Pijat Lembut Punggung Bayi

 

Pijat Lembut Punggung Bayi

Tempatkan bayi dalam posisi telungkup, kepalanya menghadap ke kiri atau kanan. Kemudian, gunakan ibu  jari untuk melakukan semacam gerakan lingkaran kecil pada punggung sebelah kiri, dimulai dari leher dan melanjutkan hingga bokong. Untuk sesi pijatan sebelah kanan, gunakan kedua tangan ibu untuk melakukan gerakan usapan panjang dari bahu hingga bokong

Apa Saja yang Mesti Anda Perhatikan saat Memijat Bayi yang Sakit Badan?

Menurut beberapa praktisi medis, pijat dapat meredakan demam ringan pada bayi,. Ketika bayi terkena flu atau infeksi virus, mereka, seperti orang dewasa, mungkin mengalami ketidaknyamanan tubuh. Rasa tidak nyaman dapat dikurangi dengan pijatan tersebut.

Perhatikan isyarat bayi saat melakukan pijatan. Bayi akan memberitahu Anda kapan waktunya untuk berhenti memijat dan gerakan mana yang disukai atau tidak disukai. Selama pijatan, bayi mungkin menangis. Ini bisa menunjukkan bahwa dia merasa cukup atau tidak nyaman.

Perhatikan isyarat bayi saat melakukan pijatan. Bayi akan memberitahu Anda kapan harus mengakhiri pijatan dan gerakan mana yang mereka suka atau tidak suka. Jika mereka menangis selama proses pijatan, itu bisa menunjukkan bahwa bayi telah merasa cukup atau bahkan merasa tidak nyaman.

Barangkali, kebanyakan bayi tidak begitu suka dengan pijatan di seluruh tubuh. Tapi, pijatan lembut pada telapak tangan atau kepala mereka, mampu membuat mereka lebih tenang dan lebih rileks. 

Kesimpulan

Sekarang sudah jelas kan mengapa cara tepat memijat bayi yang sedang sakit badan bisa menjadi alternatif solusi yang tepat saat bayi Anda merasa tidak nyaman dan rewel? 

Selain sebagai pertolongan pertama bagi bayi Anda, pijatan juga memberikan banyak sekali manfaat bagi  Si Kecil dan Anda.  Namun, bila keluhan yang dirasakan Si Kecil tak juga mereda setelah mendapatkan pijatan, ini saatnya Anda membawa Si Kecil untuk segera mendapatkan pertolongan medis yang tepat. 

Di lain waktu, jika Anda dan buah hati ingin merasakan relaksasi yang menyeluruh dan lebih optimal, Pijat Panggilan dari halojasa  menyediakan layanan Mom & Baby Spa Massage serta berbagai layanan terapi pijat  terbaik lainnya untuk Anda. 

Ini merupakan massage panggilan 24 jam terlengkap dan berbasis aplikasi yang bisa Anda akses kapanpun dan dari manapun. Anda tinggal memesannya di aplikasi resmi kami yang ada di ponsel Anda atau bisa juga melalui layanan pelanggan di website resmi kami. 

Tunggu apa lagi? Manfaatkan kekuatan pijatan  untuk menciptakan pengalaman penuh cinta dan kenyamanan bagi bayi tercinta, juga Anda!

Referensi:
Childrensmn-org; PAIN IN INFANTS (BABIES)

Id.theasianparent.com; 7 Ciri Bayi Sakit Badan Beserta Tips Mengatasinya, Parents Wajib Tahu!

Babycenter.in; Can I massage my baby if he has a fever?

Orami.co.id; 8 Manfaat Pijat Bayi dan Cara Tepat Melakukannya di Rumah, Moms Perlu Tahu!