Tips Penting Merawat AC dari Tukang Service AC

0
1662
Halojasa Tips Penting Merawat AC

Indonesia menjadi salah satu negara dengan cuaca yang panas karena itu pemasangan AC tidak bisa dihindari. Tips merawat AC dari tukang service AC sangat penting untuk dilakukan sehingga AC Anda tidak akan mengalami masalah. Banyak orang yang tidak menggunakan profesional karena alasan biaya atau tidak menemukan orang yang tepat. Sementara perawatan AC harus dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan. Dan tidak merawat AC dengan tepat juga bisa memberi masalah untuk kesehatan. Tidak hanya masalah kesehatan yang ringan tapi juga berat seperti keracunan gas dari refrigerant.

Tips merawat AC dari tukang service AC

Karena itu sangat penting untuk menerapkan perawatan AC yang tepat. Bagaimana cara yang disarankan? Ikuti petunjuk dibawah ini.

  1. Membersihkan bagian luar dengan bahan pembersih ringan

Apakah Anda melihat bagian luar unit AC Anda sangat kotor? Banyak orang melihat bahwa ini hanya bagian luar dan mungkin saja bagian dalam bersih, karena tidak pernah terkena paparan debu secara langsung. Ini pemikiran yang tidak tepat karena Anda harus tetap membersihkan bagian luar. Perawatan ini bisa dilakukan dengan cara mengelap dengan kain atau handuk yang bersih. Anda bisa menggunakan sedikit bahan detergen ringan yang sudah dicairkan. Kemudian pastikan tidak ada air yang masuk ke unit AC Anda.

  1. Bersihkan filter dengan sikat lembut

Salah satu komponen AC yang sangat kotor adalah filter AC. Bagian ini paling sering tersumbat karena berfungsi untuk menyaring kotoran berupa debu dan partikel lain yang lebih besar. Karena itu Anda bisa membersihkan komponen ini dengan cara menyikat secara lembut. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang masih bagus. Pertama Anda harus mengelap bagian ini dengan kain yang kering. Kemudian ulangi dengan menyikat menggunakan sikat gigi. Setelah itu lap sekali lagi. Kemudian jika melihat filter menjadi sangat kotor atau tidak normal maka segera lakukan perawatan dengan ahli AC.

  1. Bersihkan evaporator dengan desinfektan

Bagian AC lain yang sangat kotor adalah pada evaporator. Ini menjadi tempat untuk berkembang biak sumber penyakit seperti bakteri, jamur dan virus. Bahkan jika semua sumber penyakit itu menyebar lewat udara maka bisa menyebabkan penularan penyakit dengan cepat. Anda harus membersihkan evaporator setidaknya satu bulan sekali. Pertama Anda harus melepas rumah evaporator, setelah itu gunakan bakan desinfektan ringan. Cara ini bisa membantu agar sumber penyakit tidak berkembang biak.

  1. Bersihkan komponen kondensor

Langkah lain yang harus dilakukan untuk merawat AC adalah dengan membersihkan kondensor. Kondensor biasanya menjadi komponen AC yang tidak terlalu kotor. Bagian ini terletak pada rangkaian unit out door. Kondensor berfungsi untuk mengaliran udara luar. Ketika ada kotoran di bagian ini maka bisa menghalangi proses pengeluaran udara. Air yang keluar dari unit bisa menyebabkan banyak kotoran atau terkadang gulma yang sangat kecil. Anda perlu memeriksa kondensor secara rutin dan jika ada kotoran maka segera bersihkan. Hal yang paling penting saat membersihkan kondensor adalah harus dilakukan secara hati-hati sehingga tidak rusak.

  1. Bersihkan bagian kipas dan kompresor

Bagian kipas AC dan kompresor menjadi salah satu tempat berkumpulnya debu. Akhirnya bagian ini memiliki debu yang sangat tebal. Anda sebenarnya bisa membersihkan bagian ini sendiri, tapi harus dilakukan secara hati-hati. Pertama Anda harus menggunakan blower untuk menyedot debu dan meniup debu pada bagian dalam kipas. Kemudian setelah itu bersihkan dengan kain yang sedikit basah. Biarkan sedikit kering kemudian kembali pasang sekrup hingga kencang.

  1. Pastikan motor AC dalam kondisi baik

Motor AC memiliki peran yang sangat penting ketika mesin AC bekerja. Anda mungkin sering mendengar AC yang mengeluarkan bunyi yang sangat keras dan tidak nyaman. Ini bisa terjadi karena motor AC memang sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru. AC yang mengeluarkan suara sangat keras bisa menjadi indikasi ada masalah pada beberapa komponen AC termasuk motor. Jika sudah seperti ini maka Anda harus memanggil service AC sehingga bisa mengganti dengan motor yang baru.

  1. Selalu hidupkan AC dengan suhu yang tepat

Ketika Anda menggunakan AC maka juga sangat penting untuk memperhatikan suhu. Jangan menghidupkan AC dengan suhu yang terlalu hangat karena bisa membuat komponen tidak bekerja dengan baik. Indikator kerusakan yang sering terjadi adalah ketika Anda menghidupkan AC dengan suhu yang rendah tapi tidak mengeluarkan suhu yang dingin. Untuk memeriksa apakah ada kerusakan atau tidak maka cobalah memasang AC dengan suhu yang paling rendah. Biarkan selama kurang lebih dua atau tiga jam kemudian atur lagi ke suhu yang biasa Anda gunakan. Jika udara yang dikeluarkan sudah dingin berarti tidak ada masalah pada AC.

  1. Pastikan menggunakan ahli yang profesional

Anda mungkin bisa menemukan banyak ahli dengan berbagai promosi. Misalnya dengan promosi selebaran yang mengatakan bisa memperbaiki dan merawat mesin AC dan mesin- mesin lain di rumah Anda. Tapi Anda tidak boleh langsung percaya. AC adalah unit yang komplek dan terkadang juga rumit. Kesalahan pada satu komponen bisa menyebar dengan cepat dan terkadang akibatnya sangat fatal. Karena itu ketika Anda ingin mencoba memperbaiki dan merawat AC maka pastikan harus menggunakan ahli yang sudah profesional. Ahli ini biasanya hanya bekerja dengan unit AC dan menguasai berbagai merek dan tipe AC.

Jadi inilah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat AC di rumah atau tempat bisnis Anda. Lakukan semua langkah-langkah ini sehingga AC di rumah Anda bisa bekerja dengan baik dan bermanfaat.

love
Senang
66%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%