Ibu Wajib Tahu! Manfaat Baby SPA Ternyata Bejibun untuk Kesehatan Anak

0
423
Manfaat Baby SPA untuk Si Kecil
Manfaat Baby SPA untuk Si Kecil

Anda panik, karena buah hati tiba-tiba rewel? Jika bayi rewel, Anda jangan langsung panik! Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui penyebab buah hati Anda rewel, barulah kemudian Anda mencari solusinya. Nah, salah satu cara untuk mengatasi bayi rewel karena hal-hal tertentu adalah dengan manfaat baby SPA

Ya, memang bayi rewel dianggap menjadi hal biasa, namanya juga anak-anak. Namun, pada kondisi tertentu, bayi ternyata sering menangis dan rewel karena beberapa hal, seperti demam, sembelit, pilek, BAB, merasa sakit di bagian tertentu, dan masih banyak lagi.  

Anda sendiri harus peka dengan hal-hal umum yang biasa dialami bayi. Apalagi, jika buah hati kita masih belum bisa mengutarakan perasaannya. Salah satu solusi yang belakangan ini digemari bunda-bunda adalah memberikan perawatan baby SPA.

Konon, perawatan SPA untuk bayi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Bukan hanya untuk mengembalikan kebugaran tubuh, melainkan juga untuk berbagai manfaat yang lain, termasuk memberikan ketenangan.

Apalagi, saat ini sudah tidak sulit lagi untuk menemukan layanan pijat bayi atau baby SPA. Bahkan, perawatan ini sudah bisa Anda nikmati di rumah saja, yakni melalui layanan berbasis aplikasi, salah satunya adalah Halo Jasa.

Lantas, bayi usia berapa yang sudah boleh mendapatkan baby SPA treatments? Bagaimana cara melakukan SPA untuk bayi? Nah, berikut ini akan dijelaskan terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan baby SPA.

SPA untuk Bayi Apakah Boleh? 

Apakah Baby SPA Aman untuk SI Kecil
Apakah Baby SPA Aman untuk SI Kecil – [Freepik]
Nah, sekali lagi, Anda tidak bisa melakukan baby SPA secara serampangan. Selain harus mempelajari tata cara memberikan pijat atau SPA pada bayi, Anda juga harus mengetahui ketentuannya menurut pandangan medis.

Sebelum mengetahui apa saja yang boleh dilakukan untuk SPA anak, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu, bayi umur berapa yang boleh melakukan baby SPA? 

Ya, hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan serta keselamatan si kecil. Sebab, tidak semua bayi bisa dibawa ke tempat SPA dan diberikan perawatannya. Jadi, untuk usia bayi yang boleh mendapatkan perawatan SPA adalah bayi usia 3 hingga 6 bulan. 

Pada usia tersebut, bayi sudah bisa menegakkan kepalannya sendiri dan lebih kuat pada area leher. Selain itu, bayi usia 3 sampai 6 bulan itu sudah memiliki refleks tersendiri untuk menahan napas maupun menutup mata saat melakukan terapi di dalam air.

Lantas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, baby SPA berapa kali seminggu harus dilakukan? Setidaknya, minimal dua minggu sekali Anda bisa memberikan perawatan SPA pada si kecil. Adapun durasi yang dibutuhkan untuk menjalani setiap SPA adalah sekitar 20 hingga 25 menit saja. 

Sebenarnya, Apa Itu Baby SPA/SPA Bayi?

Baby SPA adalah perawatan untuk bayi yang mengkolaborasikan aktivitas pijat dan SPA. Biasanya, SPA bayi juga memberikan sesi khusus berupa berenang atau berendam di dalam kolam khusus. Barulah pada sesi berikutnya bayi akan mendapatkan massage SPA bersama dengan seorang terapis yang terlatih.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu cemas jika ingin mengajak bayi Anda mendapatkan baby SPA treatment. Sebab, perawatan ini memang dirancang khusus untuk bayi maupun balita. Lantas, apa saja treatment yang bisa didapatkan dari perawatan baby SPA?

Macam-Macam Baby SPA Treatments

Sebelum mengetahui banyaknya manfaat baby SPA untuk buah hati, baiknya Anda ketahui terlebih dahulu treatment apa saja yang bisa didapatkan dari layanan SPA bayi? 

Umumnya, kegiatan nbaby SPA hanya terdiri dari dua jenis treatment, yakn hidroterapi dan pijat bayi atau baby massage. Hal itu tentu berbeda jika dibandingkan dengan jenis perawatan pada orang dewasa yang memiliki banyak jenis. 

  • Hidroterapi

Adapun hidroterapi sendiri merupakan terapi air yang memungkinkan bayi berendam di dalam kolam khusus dengan menggunakan baby buoy neck. Dengan begitu, mereka akan dengan bebas menggerakkan tangan dan kaki mereka, seperti halnya saat masih di dalam kandungan.

Sejumlah ahli percaya bahwa ketika anak-anak menendang di dalam air, gelombang air akan merangsang buah hati untuk melatih keseimbangan dan keterampilan koordinasi motorik mereka. 

  • Baby Massage

Nah, sebelum melakukan hidroterapi, biasanya baby SPA akan diawali dengan tahap massage atau pemijatan. Dilansir dari The American Massage Therapy Association, pijat bayi dapat dilakukan dengan memegang atau memberi tekanan pada tubuh baby

Baca Juga  Ingin Tahu Cara Memijat Perut Kembung yang Benar? Simak Artikel Ini Sampai Habis

Yuk Kenali 9 Manfaat Baby SPA untuk Si Kecil

Ini Dia Manfaat Baby SPA untuk Anak
Ini Dia Manfaat Baby SPA untuk Anak – [Freepik]
Adapun manfaat SPA untuk si kecil sangatlah beragam. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, melainkan juga merangsang hormon untuk memberikan efek tenang pada bayi. Yuk, cari tahu apa saja manfaat baby SPA untuk buah hati Anda!

  • Mengoptimalkan Perkembangan Motorik dan Sensorik Anak

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari baby SPA yang pertama adalah merangsang anak untuk meningkatkan keseimbangan motoriknya. Dengan aktivitas berenang, anak juga dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot tubuh. 

Berada di dalam air akan membantu anak meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Selain itu, sesi berenang dan massage pada anak akan merangsang sensoriknya melalui sentuhan, suara, dan gerakan air. 

Berbagai aktivitas tersebut akan membantu membangun konektivitas saraf dan pengenalan terhadap lingkungan sekitar.

  • Mendukung Kesehatan dan Perkembangan Bayi

Selain mengoptimalkan perkembangan motorik, SPA untuk bayi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembangnya. Sebab, aktivitas yang dilakukan saat SPA dapat memperkuat jantung dan paru-paru anak. 

Bahkan, menurut jurnal Baby SPA Effect on Growth, latihan fisik pada SPA bayi juga dapat membantu perkembangan otak dan merangsang indra tubuh. 

  • Mengurangi Ketegangan Otot dan Memperbaiki Kualitas Tidur Anak

Anak rewel juga bisa jadi disebabkan karena kelelahan dan ketegangan otot akibat aktivitas sehari-hari. Nah, baby SPA akan membantu buah hati Anda untuk mengurangi ketegangan otot pada bayi. Dengan begitu, bayi akan mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Selain itu, pijat dan hidroterapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan melepaskan serotonin, yang diperlukan untuk memproduksi melatonin. Hormon melatonin inilah yang akan memicu tidur alami tubuh. 

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu hal yang merupakan manfaat baby SPA adalah melancarkan sirkulasi darah pada anak. Dengan adanya massage pada bayi juga dapat merangsang motorik karena melebarkan pembuluh darah, sehingga melancarkan sirkulasi darah ke otak. 

  • Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Nah, bagi Anda yang panik karena anak rewel akibat sembelit atau diare, Anda juga bisa memberikan baby SPA treatment. Pasalnya, SPA untuk bayi dapat membantu meredakan sembelit dan meningkatkan sistem pencernaan yang lebih sehat. 

Kegiatan pijatnya juga dapat meredakan stres dan menurunkan risiko iritasi pada usus besar. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk memberikan baby SPA untuk anak. Jika Anda malas ribet, Anda bisa mendatangkan jasa pijat panggilan, khusus untuk mom and baby SPA, seperti dari Halo Jasa. 

  • Meningkatkan Mood Positif Anak

Sementara itu, air hangat pada sesi baby SPA sendiri dapat membuat bayi lebih rileks. Aktivitas yang ada dalam SPA treatment untuk bayi dapat membuat suasana hati anak menjadi lebih positif dan tenang. Dengan begitu, buah hati Anda tidak akan gampang menangis atau merengek.

  • Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Memperkenalkan anak pada air sejak dini dapat membantu mencegah munculnya rasa takut akan air. Sebab, dengan manfaat baby SPA swim, anak akan diajarkan untuk melibatkan kemampuan bergerak secara mandiri di dalam air. Hal itu sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri si kecil.

  • Meningkatkan Berat Badan Anak

Bagi bunda-bunda yang merasa khawatir dengan pertumbuhan anak, Anda bisa mencoba memberikan SPA treatment untuk si kecil. Sebab, kegiatan baby SPA yang mengkombinasikan pijatan dan hidroterapi dapat meningkatkan berat badan bayi. 

Hal itu pernah diungkapkan dalam berbagai penelitian yang mengatakan bahwa stimulasi pijat itu berkaitan dengan peningkatan berat badan anak. Jurnal Indian Pediatrics pernah mengemukakan hasil penelitiannya terhadap bayi prematur yang diberikan pijat secara rutin. 

Bayi prematur tersebut menunjukkan kenaikan berat badan per hari hingga 47 persen dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan stimulasi. Hal tersebut diduga merupakan pengaruh dari aktivitas sistem saraf vegal dan motilitas (pergerakan) lambung terkait dengan penyerapan nutrisi. 

Dengan pijat, sistem pencernaan akan mampu melakukan penyerapan nutrisi dengan lebih efisien sehingga dapat meningkatkan berat badan. 

  • Menjaga Kesehatan Kulit Anak

Selain untuk tumbuh kembangnya, baby SPA juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit si kecil. Namun, Anda harus pastikan bahwa pijat yang dilakukan oleh para terapis telah menggunakan minyak atau produk-produk yang tepat untuk anak. 

Pemberian minyak atau baby oil dapat membantu menstabilkan suhu bayi, sehingga dapat mencegah hilangnya panas melalui kulit. Penggunaan minyak dalam massage juga dapat memperbaiki tekstur kulit, karena dapat mengangkat sel kulit mati.

Ini yang Perlu Diperhatikan Ketika Bunda Mau Berikan Baby SPA

Ketika Anda hendak mengajak si kecil melakukan baby SPA, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kegiatan ini memiliki manfaat yang optimal untuk sang buah hati. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan SPA untuk bayi adalah sebagai berikut.

  • Sebelum mendapatkan berbagai treatment dari SPA bayi, pastikan bahwa si kecil sudah kenyang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan ASI secukupnya. Namun, jika si kecil sudah MPASI, maka sebaiknya Anda menyuapinya makanan agar ia bertenaga saat SPA.
  • Pastikan bahwa sang buah hati tidak dalam kondisi sakit atau mengantuk saat proses SPA berlangsung.
  • Meski pusat-pusat baby SPA telah memberikan kolam khusus untuk anak, akan tetapi perlu Anda pastikan terlebih dahulu bahwa kolam tersebut benar-benar telah melalui penyaringan dari bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu sedetail mungkin untuk metode penyaringan kolam yang digunakan pada tempat SPA tersebut.
  • Sebisa mungkin Anda juga turut serta untuk mengikuti kelas SPA si kecil dan mendampinginya selama proses SPA. Dengan begitu, Anda juga dapat mengajari si kecil untuk melakukan interaksi dengan anak-anak yang lain.
  • Pastikan suhu air kolam yang digunakan untuk memberikan treatment memiliki suhu 27-30 derajat Celcius.
Baca Juga  Mengatasi Asam Lambung dengan Pijat Refleksi yang Alami !

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memberikan baby SPA treatment untuk sang buah hati. Lantas, bagaimana jika baby SPA dilakukan secara mandiri di rumah? Bagaimana langkahnya? 

Cara Melakukan Baby SPA

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, SPA bayi memiliki setidaknya dua treatment, yakni massage dan berenang atau berendam di kolam SPA. Nah, agar Anda tidak salah memberikan SPA untuk anak, simak beberapa cara baby SPA yang benar berikut ini.

  • Berenang atau Berendam di Kolam Khusus

Ini Cara Melakukan Baby SPA
Ini Cara Melakukan Baby SPA – [Freepik]
Nah, jika Bunda ingin memberikan SPA mandiri untuk anak, pastikan Bunda-Bunda telah memiliki kolam SPA khusus untuk sang buah hati. Sebab, langkah pertama yang dapat Anda berikan untuk anak adalah berenang atau berendam di kolam khusus. 

Pertama, Anda harus yakin dan tidak perlu khawatir si kecil akan tenggelam. Sebab, kolam khusus yang berukuran kecil itu telah dipastikan aman untuknya. Selain itu, Anda harus menyediakan ban renang khusus dengan ukuran anak. 

Apabila si kecil baru pertama kali melakukan SPA, terlebih dahulu lakukan penyesuaian secara perlahan, hingga ia benar-benar terlihat nyaman. Anda harus menjaga si kecil agar tetap aman sembari melakukan adaptasi. 

Pada awalnya, anak mungkin tidak terlalu betah berlama-lama di dalam air. Hal itu wajar karena si kecil baru pertama kali melakukannya. Namun, ketika anak sudah terbiasa melakukan baby SPA, biasanya durasi berenang akan lebih lama. 

  • Memberi Pijatan Lembut untuk Si Kecil

Nah, setelah berendam, barulah Bunda bisa memberikan treatment yang kedua, yakni perawatan dengan massage atau pijat. Pijat bayi merupakan salah satu cara yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk anak. 

Anda bisa memulai untuk memijatnya setelah si kecil sudah terlihat lebih tenang. Nah, terdapat beberapa wilayah tubuh yang bisa Anda berikan treatment yang satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Wajah

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat memberikan pijatan pada wajah si kecil

  • Pastikan kondisi anak dalam keadaan berbaring
  • Pijat bagian telinga, Anda bisa menggunakan ibu jari dan juga telunjuk
  • Pijat wajah bayi seolah-olah membentuk tanda hati, mulai dari dahi hingga ke dagu
  • Letakkan ibu jari di atas alis, terutama bagian dalam (antara hidung dan mata) dan pijat ke ara luar hingga ke pipi
  • Berikan pijatan kecil pada rahang si kecil menggunakan ujung jari.
  • Perut

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat memijat perut si kecil adalah sebagai berikut.

  • Berikan pijatan lembut dengan ujung jari pada bagian perut
  • Lakukan proses pijatan tersebut dengan gerakan melingkar searah dengan jarum jam
  • Punggung

Nah, kalau untuk pijatan pada punggung setelah melakukan baby SPA swim adalah sebagai berikut.

  • Pastikan posisi si kecil dalam keadaan tengkurap dan kedua tanggannya berada di atas atau di samping kepala
  • Letakkan tangan Anda pada bagian punggung bayi dan berikan gerakan perlahan, mulai dari leher sampai ke pantat.
  • Pijat area bahu dan pantat dengan gerakan melingkar dengan lembut.
  • Kaki

Bagian selanjutnya yang membutuhkan pijatan adalah kaki, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Mulai dengan memberikan pijatan pada pergelangan kaki dengan gerakan memutar
  • Pijat dari tumit sampai telapak kaki menggunakan ibu jari
  • Tekuk kakinya ke arah pinggul dan bikin gerakan seolah mengayuh sepeda
  • Terakhir, usap lembut seluruh area kaki si kecil.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai baby SPA. Melihat pentingnya SPA untuk si kecil, tentu Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk melakukannya. Jika Anda tidak ingin ribet dan ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati, Anda bisa memesan jasa mom and baby SPA dari Halo Jasa melalui aplikasi. 

Hanya dengan sekali klik order, Anda bisa mendatangkan terapis berpengalaman dan profesional untuk Anda dan si kecil. Semoga uraian mengenai manfaat baby SPA ini dapat membuka wawasan Anda untuk si kecil.