Tips Sebelum Belajar Biola Agar Menjadi Violin Profesional

0
14445
Tips Sebelum Belajar Biola Agar Menjadi Violin Profesional

Apakah Anda ingin menjadi seorang violin profesional? Anda bisa memulai belajar dari tips sebelum belajar biola untuk pemula. Semua orang yang masuk dalam tahap awal tidak bisa memiliki tuntutan yang benar-benar sempurna. Meskipun jika Anda melihat seorang violin bisa memainkan biola dengan suara yang sangat indah. Karena saat Anda baru mencoba maka akan terdengar sangat kacau dan tidak enak untuk didengar. Itulah yang membuat banyak pemula ingin menyerah karena butuh waktu lama hingga bisa memainkan biola dengan suara yang sangat indah.

Jadi ketika Anda baru belajar maka jangan berharap berlebihan. Kecuali Anda sudah memulai tahap yang lebih baik dan bisa bermain dengan baik. Untuk itu silahkan mengikuti tips saat belajar biola untuk tahap pemula, seperti dibawah ini.

1. Tidak ada suara indah untuk pemula
Banyak pemula yang memiliki mimpi terlalu tinggi. Saat mereka mendengarkan pemain lain yang sudah sangat mahir maka suaranya memang sangat indah. Tapi saat Anda belajar sebagai pemula maka suaranya terdengar sangat kacau. Mungkin saat belajar maka Anda juga merasa sangat malu dengan kemampuan yang sangat rendah. Jadi inilah yang terkadang membuat pemula merasa putus asa. Kemudian guru Anda hanya akan mengajarkan satu nada untuk satu pertemuan dalam waktu beberapa jam. Jadi meskipun Anda hanya belajar sedikit maka percayalah itulah tahap yang paling sempurna.

2. Suara biola bisa terdengar sangat berisik
Untuk orang yang baru belajar maka biola memang bisa terdengar sangat berisik. Karena biola Anda mungkin juga tidak bisa menghasilkan suara yang indah. Semua itu bisa terjadi pada siapapun, termasuk untuk pemain yang sudah profesional. Kondisi inilah yang bisa membuat pemula ingin menyerah. Proses belajar yang sulit terkadang sangat rumit sehingga terlihat tidak mudah. Tidak ada nasehat yang paling tepat selain mencoba untuk terus belajar. Bahkan ketika Anda mendengar suara yang berisik maka bisa jadi Anda belajar tentang artikulasi biola.

3. Mencoba memilih alat yang tepat
Pada awalnya ketika Anda memiliki satu set biola maka itu terlihat sangat keren dan menyenangkan. Namun saat Anda mulai belajar maka Anda juga bisa trauma. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah memilih alat yang tepat bukan karena ingin terlihat keren. Anda juga perlu untuk memilih ukuran yang tepat. Biola untuk anak-anak dan orang dewasa juga berbeda. Jadi saat Anda memilih peralatan maka datang langsung ke toko alat musik. Mintalah bimbingan dari penyedia di toko yang biasanya memang sudah profesional dalam bidang ini. Anda harus mencoba sendiri meskipun itu terlihat memalukan. Jadi yang pertama adalah memilih alat yang tepat dan nyaman untuk Anda.

4. Memilih guru yang paling tepat
Menyatukan pemain biola pemula dan guru yang tepat sangat tidak mudah. Banyak pemula yang menyerah hanya karena tidak menyukai guru. Jadi sangat penting untuk menjadikan guru biola seperti teman. Memilih guru yang sabar dengan sifat dan karakter Anda juga sangat penting. Belajar biola tidak hanya butuh kesabaran tapi juga kerja keras. Dan terkadang rasa menyerah bisa membuat guru Anda muak dan marah. Jadi penting juga untuk memiliki guru dengan sifat yang terbuka.

5. Mencoba untuk belajar setiap hari
Mungkin Anda memiliki waktu pertemuan dengan guru hanya dalam waktu dua atau tiga kali dalam seminggu. Tapi Anda tetap harus mencoba untuk belajar setiap hari. Belajar setiap hari untuk didengarkan sendiri kemudian Anda juga harus menemukan kesalahan sendiri. Ini sangat baik untuk membantu telinga Anda menjadi peka dengan nada dan respon dengan setiap kesalahan. Waktu belajar yang baik adalah setidaknya 20 menit setiap hari. Anda bisa memilih latihan setiap pagi, setelah pulang sekolah atau setiap malam. Dan sangat penting untuk memiliki suasana hati yang baik saat belajar.

6. Sering mendengar pemain lain
Ketika Anda ingin menjadi pemain yang profesional maka cobalah untuk sering mendengar permainan orang lain. Anda bisa menemukan nama-nama yang sudah sangat profesional. Kemudian dengarkan lebih sering baik saat akan latihan atau tidak. Ini trik yang sangat baik untuk membantu Anda tahu tehnik dan cara mendapatkan suara yang indah. Kemudian Anda juga bisa melihat video dari YouTube atau jenis channel yang lain. Cara ini juga sangat baik untuk mendorong Anda mendapatkan motivasi yang lebih tinggi.

7. Mencoba bermain di depan orang lain
Ketika Anda sudah menjadi pemula maka cobalah untuk bermain didepan orang lain. Ini sangat penting untuk membantu agar Anda bisa lebih percaya diri. Anda bisa tampil di depan orang lain yang bisa bermain biola atau tidak sama sekali. Kemudian jangan menyerah dengan semua kritikan atau komentar yang tidak baik. Biasanya orang akan lebih sering protes karena Anda memang masih pemula. Jadikan setiap kritikan sebagai motivasi untuk belajar lebih giat lagi. Tehnik ini juga sangat baik untuk membantu Anda tahu bahwa Anda bisa memiliki keberanian dan percaya diri.

Nah itulah berbagai tips yang bisa dicoba jika Anda memang masih pemula saat belajar biola. Jangan menyerah atau putus asa karena prosesnya memang sangat panjang. Kemudian pastikan juga Anda mendapatkan dukungan dengan menemukan guru yang tepat atau sesuai dengan kepribadian Anda. Untuk mendukung semua orang yang ingin belajar biola maka Anda bisa mendapatkan guru profesional sebagai pelatih biola untuk kelas pemula ataupun mahir.

Facebook Comments
love
Senang
25%
haha
Terinspirasi
60%
wow
Netral
7%
sad
Sedih
2%
angry
Marah
3%