Ketahui Cara Pijat Asam Lambung yang Benar Agar Kembali Pulih

0
369
cara pijat asam lambung
cara pijat asam lambung

Pendahuluan

Cara pijat asam lambung – Penyakit asam lambung merupakan suatu kondisi kesehatan yang terjadi pada saat asam lambung yang ada di dalam lambung mengalami ketidakseimbangan, baik itu berupa produksi asam yang terlalu banyak atau sebab mekanisme penutupan katup antara kerongkongan dan lambung yang tidak berguna dengan baik. Salah satu bentuk penyakit asam lambung yang umum terjadi merupakan Gastroesofageal Reflux Disease atau biasa disebut GERD.

GERD dapat terjadi pada saat katup antara kerongkongan dan lambung, yang disebut sfingter esofagus bawah (LES), tidak bisa menutup dengan sempurna sesudah makan. Akibatnya, asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan, yang mana menyebabkan gejala seperti rasa terbakar di dada, perasaan asam yang ada dalam tenggorokan atau regurgitasi. Kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, makan yang terlalu banyak dan makanan tertentu seperti memakan makanan pedas atau yang memiliki lemak terlalu tinggi adalah faktor risiko dari GERD.

Selain GERD, penyakit lain yang terkait dengan asam lambung melibatkan peningkatan produksi asam atau kerusakan pada lapisan pelindung dinding lambung. Seperti tukak lambung atau biasa disebut gastritis. Tukak lambung dapat terjadi pada saat lapisan pelindung lambung rusak, yang mana menyebabkan luka atau tukak pada dinding lambung. Gastritis, di sisi lain, merupakan suatu penyakit radang pada dinding lambung yang bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri Helicobacter Pylori, penggunaan obat jenis antiinfalmasi nonsteroid (NSAID) atau faktor-faktor yang lain.

cara pijat asam lambung
cara pijat asam lambung

Gejala umum dari penyakit asam lambung adalah nyeri pada ulu hati, perasaan terbakar pada dada, mual, muntah dan sulit menelan. Pencegahan penyakit asam lambung bisa dilakukan dengan cara merubah gaya hidup seperti mengurangi memakan makanan pedas, berlemak tinggi, makan dengan porsi kecil dan menjaga berat badan agar tetap sehat. Juga, dengan rutin meminum obat sesuai resep dari dokter.

Baca juga: Pijat Panggilan Tangsel yang Menawarkan Berbagai Layanan, 24 Jam Non Stop

A. Meningkatnya Masalah Asam Lambung

Peningkatan masalah asam lambung ini terjadi karena pola hidup yang kurang sehat, beberapa faktor lain juga menjadi masalah yang mengakibatkan peningkatan pada asam lambung, diantaranya:

  1. Polaproduksi asam.
  2. GERD.
  3. Diet yang tidak sehat.
  4. Kelebihan berat badan.
  5. Kebiasaan merokok.
  6. Kondisi kesehatan lainnya.
  7. Kurangnya aktivitas fisik.
  8. Stress dan rasa cemas.

Serta beberapa faktor lainnya, kondisi meningkatnya masalah pada asam lambung akan berbahaya dan berakibat fatal apabila tidak dilakukan pencegahan dengan baik.

B. Peran Pijatan sebagai Alternatif Pengobatan 

Pijat sebagai pengobatan alternatif pastinya dapat membantu meredakan, mengurangi bahkan bisa menghilangkan penyakit-penyakit tertentu, salah satunya masalah pada asam lambung. Ada berbagai macam peran cara pijat asam lambung sebagai alternatif pengobatan seperti mengurangi stress, pijatan bisa membantu mengurangi tingkat stress dan meningkatkan relaksasi. Tingkat stress yang tinggi bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan memocu produksi asam lambung yang berlebihan. Dengan membuat tubuh jadi rileks, pijat bisa membantu mengurangi stress dan mungkin dapat mengurangi tekanan pada sistem pencernaan.

Meningkatkan sirkulasi darah, pijatan bisa meningkatkan sirkulasi darah ke area yang akan dilakukan pijat. Hal ini bisa membantu dalam memulihkan jaringan darah dan mungkin mendukung kesehatan dari sistem pencernaan. Otot di sekitar lambung dapat rileks juga dengan bantuan pijat ini, apabila otot-otot ini tegang, mereka bisa meningkatkan tekanan pada lambung dan meningkatkan risiko refluks asam.

Stimulasi poin akupresur, beberapa terapis pijat ada yang menggunakan teknik akupresur yang baik, yakni menekan pada titik-titik tertentu dari tubuh. Beberapa poin akupresur dipercaya bisa membantu meredakan gejala asam lambung dan menyeimbangkan energi dalam tubuh.

C. Tujuan Artikel

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai asam lambung dan teknik pijat yang pas, tujuan dituliskannya artikel ini mengacu pada dua poin, diantaranya:

  1. Menyajikan Informasi Mengenai Pijatan untuk Asam Lambung 

Tujuan dituliskannya artikel ini yang pertama adalah guna menyajikan informasi berkaitan dengan pijat untuk asam lambung. Jadi salah satu penanganan untuk masalah pada asam lambung bisa dilakukan dengan pijat, hal ini sudah dilakukan sejam masa lampau, yang mana pijat merupakan salah satu opsi dalam mengatasi permasalahan ini.

2. Membantu Pembaca Memahami Manfaat Pijatan pada Kesehatan Lambung 

Meski dirasa lebih efektif dengan bantuan medis, tetapi tidak ada salahnya mencoba pijat untuk mengatasi permasalahan pada asam lambung. Ada berbagai macam manfaat pijat untuk permasalahan pada asam lambung, nah ini menjadi tujuan kedua dari dituliskannya artikel ini sehingga jika kamu ingin mengetahuinya, maka menyimak artikel ini sampai habis adalah jawaban terbaik.

Memahami Asam Lambung dan Gejalanya

Berikut ini informasi mengenai asam lambung dan gejalanya.

A. Proses Pencernaan dan Produksi Asam Lambung

  1. Fungsi Utama Asam Lambung
Baca Juga  Ketahui 5 Fakta Kerokan Masuk Angin Sebelum Melakukan, Ternyata Ini Efeknya!

Fungsi dari asam lambung, yang utamanya terdiri dari asam klorida, memiliki beberapa fungsi utama dalam sistem pencernaan manusia, diantaranya sebagai berikut:

  • Mendukung pencernaan protein. asam lambung berperan penting dalam pencernaan protein. Asam klorida membantu mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin, yang kemudian bertanggung jawab atas pemecahan molekul-molekul protein menjadi fragmen-fragmen yang lebih kecil, dikenal sebagai pepton. Pencernaan protein ini dimulai di dalam lambung sebelum makanan pindah ke bagian selanjutnya dari saluran pencernaan.
  • Aktivasi enzim pencernaan. selain mengaktifkan pepsin, asam lambung juga membantu mengaktifkan beberapa enzim pencernaan lainnya, seperti enzim lipase, yang berperan dalam pencernaan lemak. Aktivasi enzim-enzim ini penting untuk memastikan pencernaan optimal nutrien dalam makanan.
  • Pembunuhan bakteri dan mikroorganisme. asam lambung memiliki sifat asam yang tinggi, sehingga berfungsi sebagai pertahanan alami tubuh terhadap bakteri dan mikroorganisme yang mungkin terdapat dalam makanan yang masuk. Ini membantu mencegah infeksi dan memastikan keamanan dari segi kesehatan.
  • Pembentukan chyme. proses pencernaan di lambung menghasilkan cairan hasil yang disebut kima atau chyme. Chyme adalah campuran makanan yang telah dicerna dan siap untuk dipindahkan ke usus dua belas jari untuk dicerna lebih lanjut.
  • Pengaturan Ph usus. asam lambung membantu mengatur tingkat keasaman di dalam usus halus. Pada dasarnya, asam lambung bertindak sebagai gerbang pengatur yang memastikan bahwa makanan yang mencapai usus halus memiliki tingkat keasaman yang tepat untuk mendukung aktivitas enzim pencernaan di sana.
  • Stimulasi hormon dan sistem pencernaan. proses pengosongan lambung dan produksi asam lambung juga memicu pelepasan hormon-hormon seperti gastrin, yang membantu mengatur fungsi-fungsi lain dalam sistem pencernaan.
cara pijat asam lambung
cara pijat asam lambung

2. Ketidakseimbangan Asam Lambung 

Penyakit asam lambung dapat terjadi karena ketidakseimbangan kinerja, berikut ini merupakan dua kemungkinan ketidakseimbangan pada asam lambung sebab mengapa masalah pada asam lambung bisa terjadi.

  • Kelebihan Asam Lambung

Masalah yang paling sering muncul yakni GERD, di mana apabila produksi asam lambung berlebihan, maka cairan asam lambung dapat naik ke kerongkongan, di mana mengakibatkan penyakit refluks ayam. Ini bisa mengakibatkan gejala seperti perasaan terbakar pada dada, munculnya asam lambung ke dalam mulut dan gangguan tidur. Kemudian masalah kedua dari adanya kelebihan asam lambung yakni Ulseratif Esophagis. Hal ini dapat terjadi sebab asam lambung yang berlebihan juga bisa mengakibatkan luka atau peradangan pada kerongkongan, yang disebut sebagai ulseratif esophagitis.

  • Kekurangan Asam Lambung

Hypoacidity, adalah masalah yang kerap muncul apabila produksi asam lambung. Kondisi di mana asam lambung menurun. Ini dapat terjadi sebagai hasil penuaan atau sebab penyakit-penyakit tertentu, produksi asam lambung yang rendah bisa mengganggu pencernaan protein, penyerapan nutrien dan perlindungan terhadap infeksi bakteri. Kemudian gangguan penyerapan nutrien, asam lambung yang kurang bisa mempengaruhi penyerapan nutrien seperti zat besi, kalsium dan vit B12. Ini bisa bercabang hingga ke anemia, makanya harus ditangani dengan segera agar tidak fatal.

B. Gejala Asam Lambung 

Masalah pad aasam lambung tentu diawali dengan gejala-gejala yang menandakan adanya sesuatu yang tidak beres pada asam lambung, diantaranya:

  1. Refluks Asam

Gejala pada asam lambung biasanya diawali dengan refluks asam, ini merupakan sebuah gejala yang terjadi pada saat cairan asam lambung naik ke dalam kerongkongan. Ini bisa menyebabkan sensasi terbakar di dada yang dikenal dengan heartburn.

2. Nyeri Lambung dan Gangguan Pencernaan 

Kemudian gejala yang terjadi pada saat asam lambung naik yakni nyeri pada lambung, rasa nyeri ini seringkali bikin nggak nyaman, terlalu mengganggu bahkan bisa parah dan butuh bantuan medis. Kemudian juga diikuti dengan gangguan pada pencernaan, sehingga harus cepat-cepat diobati agar tidak merembet kemana-mana.

Dasar-dasar Pijatan untuk Menyehatkan Lambung

Pembahasan masuk ke dalam pijat untuk asam lambung, pertanyaanya adalah apakah bisa pijat menyembuhkan atau meredakan masalah pada lambung? Jawabannya tentu saja bisa! Penasaran? berikut ini informasi cara pijat asam lambung khusus untuk kamu.

A. Prinsip Dasar Pijatan

Ada dua prinsip dasar dari pijatan untuk asam lambung, apa sajakah itu?

  1. Stimulasi Sirkulasi Darah di Area Perut 

Pijatan yang tepat pada area perut bisa membantu merangsang sirkulasi pada darah, merileksan otot-otot dan mengurangi adanya ketegangan, yang bisa memberikan beberapa manfaat untuk orang yang mengalami masalah pada asam lambung. 

  • Peningkatan Relaksasi Otot pada Lambung 

Pijatan yang ditunjukan guna meningkatkan relaksasi pada otot di sekitar lambung bisa menjadi pendekatan yang berpotensi membantu dalam mengurangi adanya ketegangan dan meringankan gejala pada asam lambung. Pijatan untuk asam lambung ini akan memberikan efek relaksasi dan kenyamanan, sehingga akan merasakan ketenangan batin guna mempercepat proses pemulihan dari asam lambung.

B. Persiapan Sebelum Memulai Pijatan 

Pijat pastinya tidak bisa asal-asalan dalam proses melakukannya, harus dilakukan persiapan supaya hasilnya maksimal.

  1. Lingkungan yang Tenang 

Lingkungan yang tenang pastinya dapat memberikan efek relaksasi yang maksimal, hal ini disebabkan kenyamanan akan mudah diciptakan dalam lingkungan yang tenang. Lingkungan yang kurang tenang dapat membuat pijatan kurang maksimal, sebab ketidaknyamanan selama proses pijat.

2. Penggunaan Minyak atau Lotion Pijat yang Sesuai

Pijat umumnya menggunakan minyak atau lotion agar permainan jari dari terapis dapat terampil dan mengurangi adanya gesekan kasar serta memberikan energi tambahan. Nah, penggunaan minyak atau lotion yang kurang sesuai dapat membuat hasilnya jadi kurang maksimal, perlu adanya minyak atau lotion yang sesuai supaya hasilnya bisa optimal.

Baca Juga  Ingin Pijat Berkualitas dan Hemat? Cek 6 Rekomendasi Tempat Refleksi Terdekat di Depok Ini!
cara pijat asam lambung
cara pijat asam lambunr

Teknik Pijatan untuk Menyehatkan Lambung

Pembahasan berikutnya masuk ke dalam teknik pijat yang pas untuk asam lambung, teknik pijat yang pas bukan hanya meredakan gejala dari asam lambung, akan tetapi dapat menyehatkan asam lambung kembali seimbang.

A. Pijatan pada Area Perut

Pijatan pada area perut dilakukan dengan dua cara, yakni:

  1. Teknik Pijatan Melingkar

Teknik pijat untuk area perut yang pertama dengan teknik melingkar, teknik pijat ini berfokus pada area perut yang dilakukan secara melingkar sehingga seluruh bagian dari perut dapat merasakan tekanan dari pijat ini.

2. Peregangan Otot Perut 

Teknik pijat ini berfokus pada otot-otot perut yang mana dilakukan agar meregang, peregangan otot perut dapat membantu mengurangi ketegangan, meningkatkan fleksibilitas, dan memberikan kenyamanan.

B. Pijatan pada Area Solar Plexus

Mungkin di telinga kamu istilah “Solar plexus” masih terdengar asing, nah solar plexus ini adalah sekelompok saraf di dalam tubuh manusia yang terletak di bagian tengah perut, tepat di bawah dada, di atas pusar, dan di belakang lambung. Berikut ini penjelasannya.

  1. Mengenali Titik Pijat Solar Plexus 

Titik pijat pada solar plexus biasanya terletak di daerah tengah perut, di atas pusar dan di bawah dada, tepat di mana saraf-saraf simpatis dan parasimpatis berkumpul.

2. Teknik Pijatan yang Efektif 

Teknik pijatan yang efektif dapat memberikan banyak manfaat, termasuk meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan relaksasi yang maksimal.

C. Pijatan pada Area Pinggang

Pijatan yang dilakukan pada area pinggang bermanfaat untuk banyak hal, diantaranya.

  1. Mengurangi Tekanan pada Pinggang

Pinggang yang terlalu banyak menahan tekanan akan membuat masalah makin berat, makanya dengan pijat yang dilakukan di area pinggang dapat mengurangi adanya tekanan sehingga membuat pinggang jadi nyaman dan rileks.

2. Pijatan Ringan untuk Meningkatkan Kesehatan Lambung

Pijat ringan yang dilakukan di beberapa titik tertentu mampu meningkatkan kesehatan lambung, ini disebabkan energi yang disalurkan ke dalam tubuh mampu memberikan efek positif untuk membuat organ yang ada di dalam tubuh bekerja secara seimbang dan optimal.

Keamanan dan Perhatian Khusus

Saat melakukan praktik pijat, tentu ada keamanan tersendiri dan perhatian khusus supaya tidak menyebabkan masalah-masalah yang lainnya.

Batasan Pijatan Sendiri 

Dimulai dari batasan, batasan pijat sendiri ada dua, diantaranya:

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan 

Sebelum melakukan pijat, bagi kamu yang memiliki riwayat sakit, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Apakah boleh dipijat atau tidak, karena ada beberapa penyakit yang tidak diizinkan dipijat, bukan menyehatkan malah membuat fatal keadaan. Jadi, untuk hasil yang lebih baik dan tidak merugikan siapapun, termasuk diri kamu, disarankan kamu untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terlebih dahulu apabila ingin dipijat.

  • Tanda-tanda Bahaya yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa tanda-tanda bahaya yang harus diwaspadai ketika seseorang ingin dipijat. Berikut adalah beberapa tanda tersebut.

  • Nyeri yang tidak wajar:
  • Kesulitan bernapas:
  • Mual atau pusing:
  • Kemerahan atau bengkak yang berlebihan:
  • Kelelahan atau lemas yang berlebihan:
  • Tekanan darah rendah:
  • Rasa tidak nyaman atau tidak aman:
  • Kondisi kesehatan yang dapat memperburuk:

VI. Alternatif Pijatan: Refleksi pada Tangan dan Kaki

Pijat ini ada beberapa macam, ada opsi lain selain pijat di area perut dan lainnya, yakni pijat refleksi di bagian tangan dan kaki.

A. Pengenalan Refleksi pada Tangan 

  1. Titik-titik Pijat yang Berkaitan dengan Lambung

Ada beberapa titik-titik cara pijat asam lambung pada tangan yang berkaitan dengan lambung, diantaranya:

  • Pergelangan Tangan
  • Antara Jempol dan Jari Telunjuk
  • Pada Lengan
  • Pergelangan Tangan
  • Pergelangan Tangan
  1. Teknik Pijatan yang Bermanfaat 

Berikut adalah beberapa teknik pijatan yang dapat kamu coba pada tangan, antara lain:

  • Pijatan dengan teknik efleurage
  • Pijatan pada area pergelangan tangan
  • Pijatan pada jari-jari
  • Pijatan pada telapak tangan
  • Pijatan pada area tengah tangan
  • Pijatan dengan teknik tapotement ringan

B. Refleksi pada Kaki untuk Menyehatkan Lambung 

Dipercaya juga pada kaki terdapat titik refleksi yang terhubung dengan lambung. Berikut penjelasannya.

  1. Zona Pijat yang Terkait dengan Lambung

Terdapat zona-zona pada kaki yang terkait dengan berbagai organ dan sistem tubuh, termasuk lambung. . Berikut adalah beberapa zona pijat pada kaki yang beberapa orang hubungkan dengan lambung:

  • Telapak kaki
  • Bagian tengah kaki
  • Lingkaran di sekitar mata kaki
  • Jari kaki bagian depan
  • Area di sekitar tumit
  1. Langkah-langkah Pijatan Refleksi yang Tepat

Berikut adalah langkah-langkah pijatan refleksi yang tepat pada kaki.

  • Persiapan
  • Pijatan pereda ketegangan
  • Temukan titik-titik refleksi
  • Fokus pada bagian tertentu
  • Tekan dan tahan
  • Gunakan teknik pijatan lainnya
  • Gerakan peregangan
  • Pijatan pada bagian atas kaki
  • Perhatikan respon tubuh
  • Lakukan peregangan terakhir

Itulah beberapa informasi mengenai lambung sampai peran pijat untuk kesehatan lambung. Bagaimana? Apakah kamu jadi tertarik menggunakan pengobatan alternatif pijat untuk menyehatkan lambung kamu? Pastikan jasa layanan pijat yang kamu pilih memiliki kualitas terbaik, salah satunya Halo Massage, yang mana dapat memberikan layanan pijat bermacam-macam untuk kamu.

Hebatnya lagi, kamu bisa memesan layanan ini kapan saja dan dimana saja sebab Halo Massage sudah hadir dengan aplikasi. Kamu bisa mengunduh aplikasi Halo Massage di smartphone kamu secara gratis, nikmati layanan ini mulai dari sekarang!