Intip Cara Pijat Anak untuk Batuk Kering Disini

0
254
cara pijat anak batuk kering
cara pijat anak batuk kering

Cara pijat anak batuk kering – Berada dalam kondisi yang sehat pastinya menjadi idaman banyak orang, kondisi yang sehat akan memebuat lancar aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan, hari akan selesai dengan baik. Namun, terkadang penyakit sering datang tiba-tiba, bahkan tanpa gejala, atau ada gejala tetapi tidak menyadarinya. Begitu sudah merasakan adanya sesuatu yang mengganjal baru sadar jika seseorang diincar suatu penyakit sejak dulu.

Salah satunya batuk, batuk ini kerap disepelekan oleh kebanyakan orang, dimana menganggapnya penyakit kecil yang nantinya bakal sembuh sendiri. Memang, ada beberapa jenis batuk yang akan sembuh dengan sendiri, tetapi namanya waspada itu adalah sebuah keharusan. Batuk seringkali menjadi indikator penyakit-penyakit berbahaya lainnya sehingga jika mengalami batuk yang nggak kunjung sembuh, ada baiknya kamu berobat ke tenaga kesehatan untuk memastikan apa yang sedang diderita tidak fatal akibatnya.

Ada berbagai macam jenis batuk, salah satunya batuk kering. Batuk kering merupakan suatu kondisi medis di mana seseorang mengalami batuk tanpa disertai dengan produksi lendir atau dahak. Batuk ini bersifat non-produktif, yang berarti bahwa tidak ada cairan atau lendir yang dikeluarkan saat batuk. Batuk kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi saluran pernapasan atas, iritasi tenggorokan, atau kondisi kronis seperti asma. Seringkali, batuk kering dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit atau kondisi lain, seperti penyakit pernapasan, alergi, atau bahkan efek samping dari beberapa obat. Kondisi ini dapat bersifat sementara atau berlangsung dalam jangka waktu yang lebih panjang tergantung pada penyebabnya. 

Nah, ada berbagai macam penanganan batuk kering, selain menggunakan bantuan medis, ada cara lain yang lebih tradisional, yakni pijat. Pijat dipercaya mampu mengatasi beragam jenis penyakit, termasuk batuk kering. Energi positif yang diberikan melalui pijat dianggap ampuh dalam mengatasi penyakit batuk kering, setidaknya meredakan ketika sudah semakin parah.

Pijat untuk batuk kering nggak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, malah kebanyakan anak-anak yang kerap menggunakan pijat sebagai pengobatan alternatif untuk batuk kering. Kamu juga bisa menggunakan cara ini ketika anak mengalami batuk kering, namun pastikan terlebih dahulu batuk yang diderita masih dalam kondisi yang normal bukan parah atau kronis, karena jika sudah terlalu parah, disarankan dibawa ke tenaga kesehatan untuk dilakukan diagnosa lebih lanjut supaya tidak terlalu fatal.

Nah, agar kamu nggak penasaran mengenai pijat untuk batuk kering, berikut ini informasi lengkap yang sudah kami rangkum untuk kamu mulai dari manfaat sampai tips aman untuk pijat batuk kering ini.

Manfaat mengetahui cara pijat anak batuk kering

Pijat untuk batuk kering ini mengapa masih banyak dilakukan karena dipercaya memiliki banyak manfaat, meskipun tetap saja perawatan medis menjadi opsi utama ketika batuk kering semakin parah, namun jika masih gejala atau masih ringan, pijat merupakan pilihan yang dapat digunakan. Apa saja manfaat pijat batuk kering, khususnya untuk anak? Berikut ini jawabannya.

  • Peningkatan Relaksasi

Pijatan bisa membantu meningkatkan relaksasi pada otot dan juga jaringan yang ada di sekitar dada dan punggung anak. Ini bisa membantu mengurangi ketegangan dan membuat anak jadi lebih nyaman. Ketika anak sudah merasakan nyaman dan rileks, gejala-gejala yang dihasilkan dari batuk kering biasanya akan mereda seiring berjalannya waktu. Apapun jenis pijat, pada umumnya pijat memberikan semacam rasa rileks, sehingga pasien pijat ini bisa membuang semua beban yang ada dengan sejenak. Jika sudah begini, maka untuk mencapai titik sembuh dapat tercapai dengan mudah.

  • Merangsang Peredaran Darah

Pijatan yang lembut dapat merangsang peredaran darah di area yang dipijat. Ini dapat membantu mempercepat aliran darah, yang pada gilirannya dapat membantu proses pemulihan tubuh. Permainan jemari dari terapis cukup berpengaruh disini, jika permaianan jemari dari terapis sangat handal dan terampil maka hasilnya akan bagus, peredaran darah akan lancar. Maka dari itu, pilihlah jasa yang telah berpengalaman untuk hasil yang terbaik.

  • Merangsang Sitem Limfatik

Pijatan dengan gerakan yang benar dapat merangsang sistem limfatik, membantu menghilangkan zat-zat sisa dan merangsang respons kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik akan menahan semua penyakit-penyakit yang masuk dan mengusir penyakit yang sudah masuk. Batuk kering pada anak akan selesai dengan sendirinya ketika sistem kekebalan tubuh sudah baik. Pijat ini dipercaya dapat memulihkan kekebalan tubuh kembali ke semula bahkan meningkat.

  • Membantu Mengeluarkan Lendir

Batuk kering ini meskipun umumnya tidak disertai dengan produksi lendir, pijatan yang lembut dapat membantu merangsang saluran pernapasan dan mendukung pengeluaran lendir jika ada. Akan ada kelegaan tersendiri ketika lendir sudah keluar dan jika lendir sudah keluar maka sehat sudah semakin dekat.

  • Memberikan Perhatian dan Kenyamanan

Pijatan adalah bentuk perhatian fisik yang positif dan lembut yang dapat memberikan rasa nyaman dan keamanan kepada anak. Hal ini juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari ketidaknyamanan yang mungkin dialami akibat batuk. Anak tentunya masih memerlukan kasih sayang sebagai bentuk perhatian kepada anak, dengan pijat, anak akan merasakan diperhatikan dengan baik, yang mana dapat membuat rasa nyaman sehingga bisa melawan rasa penyakit ini dengan baik.

  • Meningkatkan Hubungan Emosional

Pijatan dapat menciptakan momen keintiman antara orang tua dan anak. Sentuhan lembut ini dapat meningkatkan ikatan emosional dan memberikan rasa aman pada anak.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Pijatan sebelum tidur dapat membantu anak rileks dan merasa lebih tenang. Ini dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur anak, yang penting untuk pemulihan dan kesembuhan.

Baca Juga  Five Star Reflexology – Pijat Cedera dan Salah Urat Berpengalaman Sejak 2008

Titik-titik cara pijat anak batuk kering

Pijat anak untuk batuk kering ini nggak dilakukan sembarang tempat, ada titik-titik yang menjadi fokus utama dalam melakukan pijat. Nah, berikut ini titik-titik pijat anak untuk batuk kering.

  • Dada

Pijatan lembut pada area dada dengan gerakan yang melingkar searah jarum jam bisa membantu meredakan adanya ketegangan pada area tersebut. Hindari menekan terlalu kuat, karena akan membuat anak kurang nyaman dan merasakan sakit yang belum bisa ditahan. Pijatan yang dilakukan ke anak tentu saja harus membuat anak merasa nyaman, jadi tidak bisa disamakan dengan orang dewasa.

  • Punggung

Pijatan punggung anak dengan gerakan yang melingkar dan tekanan lembut pada tulang belikat bisa membantu anak merasakan rileks pada otot-otot yang ada di sekitar daerah tersebut. Otot-otot anak akan lemas dan nggak kaku, sehingga dapat merasakan santai untuk sejenak.

  • Bahu dan Leher

Pijatan lembut pada bahu dan leher bisa membantu meredakatan ketegangan yang ada di bagian atas tubuh. Hindarilah menekan terlalu keras pada area leher, bukan hanya anak saja, orang dewasa pun terkadang kurang merasa nyaman dan sakit yang nggak bisa ditahan ketika lehernya ditekan terlalu kuat. Pastikan anak merasa nyaman selama proses pemijatan supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

  • Telapak Kaki

Pijat telapak kaki anak dengan gerakan melingkar dapat memberikan relaksasi pada seluruh tubuh. Titik-titik pada telapak kaki juga dianggap memiliki kaitan dengan berbagai organ tubuh. Titik-titik refleksi pada telapak kaki ini dipercaya terhubung dengan bermacam-macam organ yang ada dalam tubuh sehingga jika dilakukan pijat refleksi ini, dipercaya dapat menurunkan gejala sakit yang dirasakan, termasuk batuk kering pada anak.

  • Telapak Tangan

Pijat lembut pada telapak tangan, terutama di area antara ibu jari dan jari telunjuk, dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh.

  • Titik Akupresur

Beberapa titik akupresur yang dapat membantu meredakan batuk kering adalah:

  1. Titik di atas dada. Letakkan jari di tengah dada dan pijat dengan gerakan melingkar yang lembut.
  2. Titik di bawah tulang belikat. Pijat dengan lembut di area ini untuk membantu meredakan ketegangan.
  • Genggaman Lembut

Genggam lembut kedua pundak anak dan berikan pijatan melingkar. Gerakan ini dapat membantu melepaskan ketegangan di daerah tersebut. Anak perlu rileks ketika dipijat agar hasilnya bisa lebih optimal, jika terlalu tegang maka hasilnya akan kurang yang mana proses pijat tersebut akan berakhir sia-sia.

cara pijat anak batuk kering
cara pijat anak batuk kering

Baca juga: Pijat Panggilan Halo Massage yang Siap Melayani Kamu Dimanapun dan Kapanpun

Cara memijat anak batuk kering

Pijat anak dengan batuk kering bisa memberikan rasa nyaman dan membantu untuk meredakan ketegangan pada otot-otot di kisaran dada dan punggung. Nah, proses pijat anak untak meredakan batuk kering ini dilakukan dengan teknik tersendiri, tidak bisa asal-asalan agar hasilnya baik dan maksimal. Berikut ini informasi mengenai cara pijat anak batuk kering.

  • Memposisikan Anak dengan Nyaman

Pilih posisi yang nyaman untuk anak, seperti duduk atau berbaring di tempat tidur. Pastikan anak merasa rileks dan tenang sebelum memulai pijatan. Hal ini penting karena kenyamana dari anak akan mennetukan hasil dari pijat tersebut. Jika pijat membuat si anak nyaman maka untuk sembuh akan mudah dilakukan.

  • Menggunakan Minyak Pijat

Jika anak merasa perlu, anak bisa menggunakan minyak pijat yang lembut seperti minyak almond atau minyak kelapa. Minyak ini dapat membantu memperlunak gerakan pijatan, membantu mengurangi gesekan yang terlalu sakit ketika diurut sehingg anak akan merasakan nyaman.

  • Pijat di Dada

Mulailah pijat dengan memijat lembut dada anak dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Hindari area leher dan tekankan pada area di bawah tulang iga, karena akan membuat anak merasakan sakit yang kurang bisa ditahan.

  • Pijat di Punggung

Pindahkan pijatan ke punggung anak. Gunakan gerakan melingkar atau gerakan panjang dari atas ke bawah punggung. Tekanannya harus lembut dan sesuai dengan kenyamanan anak. Jika tekanan terlalu kuat, anak akan merasakan sakit dan kurang nyaman.

  • Fokus di Tulang Belikat

Berikan pijatan yang lembut pada tulang belikat anak. Gerakan melingkar di daerah ini dapat membantu meredakan ketegangan yang mungkin terjadi akibat batuk. Batuk pun akan dapat mereda seiring berjalannya waktu setelah pijat sudah selesai dilakukan akibat relaksasi yang didapat ketika dipijat.

  • Menggunakan Jari atau Telapak Tangan

Pijatan yang dilakukan bisa menggunakan jari-jari atau telapak tangan untuk memijat. Pastikan gerakan tetap lembut dan tidak memberikan tekanan berlebihan karena anak belum tentu tahan dengan tekanan yang berlebihan, tidak seperti orang dewasa yang sudah tahan.

  • Pijat di Bahu dan Leher

Pijat bahu anak dengan gerakan melingkar dan berikan perhatian khusus pada area leher. Pastikan untuk tetap lembut dan tidak menekan terlalu kuat.

  • Pijat di Telapak Kaki

Jika anak merasa nyaman, pijat telapak kaki dengan gerakan melingkar. Telapak kaki memiliki titik-titik refleksi yang dapat membantu meredakan ketegangan di seluruh tubuh.

  • Sentuhan Lembut

Di akhir sesi pijat, bisa melakukan pijatan dengan sentuhan lembut pada anak. Ini dapat menciptakan perasaan yang nyaman untuk anak. Sentuhan yang lembut juga akan membuat anak merasakan diperhatikan dan diberi kasih sayang sehingga imun kekebalan tubuh akan meningkat ketika si anak sudah merasakan kenyamanan.

Baca Juga  Bolehkan Kerokan Saat Hamil? Simak Penjelasannya Ini!
cara pijat anak batuk kering
cara pijat anak batuk kering

Tips aman pijat anak batuk kering

Pijat pada anak dengan batuk kering dapat membantu memberikan kenyamanan dan meredakan ketegangan. Nah, tips-tips berikut ini merupakan tips aman ketika melakukan pijat untuk anak guna menurunkan penyakit batuk kering, apa sajakah itu?

  • Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang sesuai untuk memijat anak, seperti sebelum tidur malam. Pastikan anak dalam keadaan santai dan tidak terburu-buru agar anak merasakan nyaman dan tenang.

  • Pilih Posisi yang Nyaman

Anak bisa duduk atau berbaring, tergantung pada kenyamanannya. Pastikan tempatnya nyaman dan suhu ruangan cukup hangat atau setidaknya anak bisa tahan dengan suhu tersebut.

  • Komunikasi dengan Anak

Selalu berbicara dengan anak sebelum memulai pijatan. Buat dia nyaman dengan proses pijat yang dilakukan sehingga dapat teralihkan ketika ada beberapa pijatan yang membuatnya sakit.

  • Gunakan Minyak Pijat yang Aman

Jika menggunakan minyak pijat, pastikan untuk memilih yang aman untuk kulit anak dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek samping lainnya bagi anak.

  • Tekanan yang Lembut

Gunakan tekanan yang lembut dan sesuai dengan kenyamanan anak. Hindari menekan yang terlalu kuat atau gerakan yang kasar supaya anak bisa tahan selama proses pemijatan bahkan merasa nyaman.

  • Perhatikan Respon dari Anak

Perhatikan respon anak selama pijatan. Jika ada tanda-tanda ketidaknyamanan atau rasa sakit, hentikan pijatan dan ganti teknik serta tekanan yang digunakan.

cara pijat anak batuk kering
cara pijat anak batuk kering
  • Fokus pada Area Dada dan Punggung

Fokus pada pijatan di area dada dan punggung, karena ini dapat membantu meredakan ketegangan di sekitar paru-paru dan saluran pernapasan.

  • Hindari Pijatan Langsung pada Dada atau Leher

Hindari melakukan pijatan langsung pada dada atau leher jika anak mengalami batuk yang intens, karena hal ini dapat meningkatkan ketidaknyamanan.

  • Jaga Kebersihan Tangan

Pastikan tangan bersih sebelum memijat anak untuk menghindari penyebaran kuman atau infeksi.

  • Tetap Tenang dan Santai

Pastikan suasana tetap tenang dan santai selama pijatan. Musik lembut atau suara alam dapat membantu menciptakan suasana yang nyaman.

  • Kenali Batas Anak

Kenali batas anak dan hentikan pijatan jika anak tidak nyaman atau tidak ingin dilanjutkan.

Memijat anak itu sebetulnya mudah-mudah gampang, apabila tips di atas diterapkan dengan baik maka proses memijat anak akan santai dan mudah dilakukan. Namun jika tidak dilakukan dengan baik, anak akan merasakan kurang nyaman sehingga proses pijat sulit dilakukan. Anak bukanlah orang dewasa yang sudah paham dan tentu saja tahan dengan rasa sakit, harus dilakukan metode yang berbeda ketika sedang memijat.

Namun, kini kamu nggak perlu pusing, karena sudah ada ada jasa profesional yang akan menangani ini dengan baik. Siapa lagi kalau bukan Halo Massage, jasa layanan pijat panggilan yang akan membantu kamu memijat anak dengan baik dan berkualitas. Cukup download aplikasi kami di smartphone kamu, pesan apa yang kamu perlukan dan kami akan datang ke tempat kamu dengan segera. Kapan saja kamu memesan, kami akan siap melakukannya.

Jadi tunggu apalagi?