Mau Tahu Titik-Titik dan Cara Pijat Refleksi yang Benar? Simak Baik-Baik Tulisan Ini

0
280
cara pijat refleksi
cara pijat refleksi

Cara pijat refleksi – Berkembangnya usia tentu membuat tubuh jadi semakin energi berkurang, apalagi jiak ditambah kesibukan yang semakin padat tiap harinya, tanpa olahraga yang rutin cepat atau lambat penyakit akan menghampiri. Entah itu penyakit-penyakit seperti demam, kelelahan, lesu, letih, hilangnya semangat dan lain sebagainya. Meski bukan penyakit yang terlalu berbahaya, akan tetapi tetap saja dapat menghambat semua rencana yang kamu miliki kan?

Nah, permasalahan ini sebenarnya mudah diatasi sejak zaman dahulu, yakni menggunakan metode pengobatan tradisional yaitu pijat. Pijat dari dulu menjadi pengobatan alternatif pilihan, bukan hanya untuk mengantisipasi penyakit saja tetapi juga sebagai alat untuk mendapatkan relaksasi terbaik. Dipijat oleh terapis apalagi dengan terapis berpengalaman seperti yang dimiliki oleh Halo Jasa mampu mengembalikan semua yang harusnya kembali, seperti energi, semangat, bugar dan lain-lain.

Pastinya, ada banyak jenis pijat yang dapat kamu coba, salah satunya pijat refleksi. Reflexology dalam definisinya merupakan suatu teknik pijat pengobatan alternatif yang fokus pada titik-titik refleksi di mana terhubung dengan organ-organ dan bagian-bagian tubuh tertentu. Pengobatan alternatif reflexology ini asalnya dari Tiongkok, sejak dulu pijat ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada titik-titik refleksi, yang mana dipercaya bisa merangsang peredaran energi atau dalam bahasa Tiongkoknya “qi” yang ada dalam tubuh dan diyakini membantu menyembuhkan berbagai macam kondisi kesehatan.

Teknik reflexology umumnya dilakukan pada beberapa titik, diantaranya telapak kaki, tangan dan kadang-kadang dalam kondisi tertentu dilakukan pada wajah. Terapis reflexology percaya jika dengan merangsang titik-titik refleksi ini, bisa memulihkan keseimbangan energi dalam tubuh dan meredakan berbagai macam keluhan kesehatan, termasuk stress, nyeri tubuh, insomnia dan gangguan pada pencernaan.

Cara pijat refleksi sampai saat ini masih banyak peminatnya, kamu juga akan mudah menemukan jasa reflexology ini di berbagai tempat karena memang sampai sekarang reflexology masih sering dijadikan pilihan oleh banyak orang. 

cara pijat refleksi
cara pijat refleksi

Penasaran dengan informasi mengenai pijat refleksi? Simak informasi yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Baca juga: Halo Massage, Pijat Panggilan Berkualitas yang Dapat Kamu Pesan Kapan Saja dan Dimana Saja

Prinsip Dasar Pijat Refleksi

Reflexology ini memiliki prinsip-prinsip tersendiri dalam pelaksanaanya, apa sajakah itu? Berikut ini informasinya.

A. Konsep Zona-Zona Refleksi pada Tangan dan Kaki 

Berbicara mengenai konsep zona-zona refleksi pada tangan dan kaki dalam reflexology ini merupakan dasar dari terapi reflexology. Terapi ini didasarkan pada keyakinan bahwa terdapat titik-titik refleksi pada tangan dan kaki yang terhubung dengan organ-organ dan sistem tubuh tertentu. Stimulasi pada titik-titik ini diyakini bisa mempengaruhi kesehatan dan keseimbangan energi dalam tubuh. Berikut penjelasan tentang konsep zona-zona refleksi pada tangan dan kaki, diataranya:

1. Telapak Tangan

Meliputi:

  • Jantung dan Paru-Paru

Zona refleksi untuk jantung dan paru-paru berada di bagian tengah berada telapak tangan.

  • Hati dan Liver

Titik refleksi untuk hati dan liver terletak di bagian kanan telapak tangan.

  • Pencernaan

Zona refleksi untuk sistem pencernaan bisa ditemukan di sekitar pangkal jari tangan.

2. Punggung Tangan

Meliputi:

  • Tulang Belakang

Punggung tangan mencerminkan tulang belakang, dengan daerah leher yang berada di bagian dasar jari-jari.

  • Pinggang dan Pinggul

Bagian tengah punggung tangan bisa pada pinggang dan pinggul.

3. Telapak Kaki

Meliputi:

  • Kepala dan Leher

Ujung jari kaki ini nantinya terhubung ke kepala dan leher.

  • Hati dan Liver

Zona refleksi untuk hati dan liver juga berada di bagian tengah kaki, tepatnya di atas lengkungan kaki.

  • Pencernaan dan Usus

Daerah di sekeliling bagian tengah kaki bisa dihubungkan dengan sistem pencernaan.

4. Kaki Bagian Dalam dan Luar

Meliputi:

  • Organ Dalam

Bagian dalam kaki ini dipercaya terhubung dengan organ dalam seperti ginjal dan kandung kemih.

  • Kaki Luar

Cara pijat refleksi yang dilakukan pada bagian luar kaki bisa terhubung pada bagian luar tubuh, seperti paha dan pinggul.

  • Tumit

Meliputi:

  • Pelvis

Tumit bisa terhubung ke pelvis atau panggul.

B. Hubungan Antara Titik Refleksi dengan Organ Tubuh

Konsep hubungan antara titik refleksi dan organ tubuh ini adalah prinsip dasar dalam pelaksanaan terapi reflexology. Reflexology ini percaya bahwa pada tangan, kaki dan wajah ada titik-titik refleksi yang terhubung dengan organ-organ dan sistem tubuh. Seperti pada telapak tangan, bagian tengah dikaitkan dengan jantung dan paru-paru, sementara area di bagian kanan kerap dihubungkan dengan liver dan hati.

Baca Juga  9 Spot Refleksi Pilihan di Jakarta yang Bakal Menenangkan Pikiran Anda

Pada telapak kaki, daerah yang berada di atas lengkungan kaki dianggap mencerminkan hati dan liver, sementara ujung kaki dihubungkan dengan kepala dan leher. Pada kaki bagian dalam dan luar, organ dalam seperti ginjal dan kandung kemih ini dihubungkan dengan bagian dalam, sedangkan bagian luar kaki bisa mencerminkan strukur tubuh seperti pada paha dan pinggul dan yang terakhir tumit, dipercaya terhubung dengan panggul.

Reflexology ini tujuannya untuk bisa merangsang titik-titik refleksi melalui tekanan atau pijatan, dengan harapan bahwa hal ini akan memaksimalkan aliran energi atau qi dalam tubuh dan meredakan ketegangan serta meningkatkan organ-organ yang terhubung. Banyak dari peminat Reflexology percaya jika efek positif yang dirasakan bisa mencakup relaksasi otot, meningkatkan sirkulasi darah dan pemulihan keseimbangan dalam tubuh. 

C. Pandangan Ilmiah dan Kritik Terhadap Pijat Refleksi 

Meskipun dipercaya memberikan efek positif bagi tubuh, reflexology tetap saja masih dalam bentuk “keyakinan” bukan “fakta”, sudah banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal ini dan memang ditemukan hasil bahwa reflexology memberikan berbagai macam manfaat untuk tubuh. Pada dasarnya, cara pijat ini sendiri juga bentuknya masih keyakinan, diyakini bisa memberikan energi untuk tubuh, makanya disebut pengobatan alternatif, karena ada beberapa penyakit yang hanya bisa diatas dengan pengobatan medis, karena jika menggunakan pengobatan pijat akan fatal akibatnya. Untuk itu, apabila kamu memiliki riwayat penyakit dan ingin dipijat, apalagi pijat refleksi, harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu apakah diperbolehkan atau tidak.

cara pijat refleksi
cara pijat refleksi

Pandangan ilmiah terhadap reflexology sampai sekarang memunculkan perdebatan yang belum usai antara tim medis dan terapis pengobatan reflexology. Beberapa studi menunjukkan hasil yang signifikan antara manfaat untuk tubuh dan pijat refleksi, seperti mengurangi rasa stress, meningkatkan sirkulasi darah dan lainnya, namun hal-hal ini sifatnya tidak konsisten menurut studi tersebut. Banyak tenaga medis berpendapat bahwa efek positif yang dirasakan oleh individu yang menjalani pijat mungkin lebih dikarenakan efek plasebo dan relaksasi pada fisik daripada perubahan langsung yang terjadi dalam aliran energi tubuh.

Manfaat Kesehatan Pijat Refleksi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, studi menunjukkan hasil signifikan antara reflexology dan manfaat. Apa saja sih manfaat yang bakal kamu dapatkan dari pijat refleksi? Antara lain:

A. Peningkatan Sirkulasi Darah dan Energi 

Manfaat yang pertama dari reflexology meningkatkan sirkulasi darah dan energi, manfaat ini merupakan manfaat yang kerap dihubungkan-hubungkan dengan pijat refleksi. Teori yang ada di balik manfaat ini yakni pijatan pada titik-titik refleksi tertentu, terutama refleksi dari bagian tangan dan kaki, di mana bisa merangsang aliran energi atau disebut “qi” yang ada dalam tubuh, sekaligus dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang baik akan mampu membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, sedangkan merangsang aliran energi dipercaya bisa memulihkan keseimbangan dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dengan cepat. Menurut studi, reflexology bisa memberikan efek positif pada sirkulasi darah. Cara ini bisa merelaksasi otot, membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke daerah yang akan diberi tekanan. Proses ini bisa menyebabkan peningkatan suhu dan perubahan dalam respons tubuh terhadap stimulus.

B. Reduksi Stres dan Ketegangan Emosional 

Manfaat yang kedua dari reflexology yaitu dapat mereduksi stres dan ketegangan emosional. Dalam manfaat ini, teori dasar yang dibawa adalah pijatan pada titik-titik refleksi yang dilakukan di tangan, kaki atau wajah, di mana bisa merangsang respons relaksasi dalam tubuh, mengurangi adanya ketegangan pada otot dan meredakan stress psikologis. Reflexology dipercaya bisa memicu pelepasan endorfin, neurotransmitter yang berguna sebagai analgesik alami dan bisa memberikan rasa nyaman serta pengalaman terbaik.

C. Pengurangan Nyeri dan Ketidaknyamanan pada Tubuh 

Nyeri merupakan penyakit yang dikhawatirkan banyak orang, meski tidak mematikan, akan tetapi dengan adanya penyakit nyeri ini semua rencana akan terhambat begitu saja, aktivitas akan terganggu dan lain banyak hal. Makanya banyak orang menghindari rasa nyeri yang mana biasanya terjadi di tulang, badan, kepala dan lain-lain. Dengan bantuan reflexology, dimana dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri sehingga akan mengusir rasa ketidaknyamanan pada tubuh.

Reflexology yang dilakukan di beberapa titik akan mempengaruhi respons tubuh terhadap penyakit nyeri, meski terkadang proses reflexology ini cukup sakit, namun efek yang dihasilkan positif bagi tubuh. Nyeri dan ketidaknyamanan pada tubuh dapat berkurang, bahkan menghilang begitu saja. Inilah manfaat dari reflexology yang dicari oleh banyak orang, maka tak heran apabila sampai sekarang reflexology masih menjadi sebuah opsi dalam menghilangkan penyakit-penyakit tertentu.

Baca Juga  Ingin Pijat Terbaik? Rekomendasi 10 Tempat Pijat Terbaik di Bekasi 2024 Ini, Layak Dipertimbangkan!

D. Efek Positif Terhadap Fungsi Organ-organ Tubuh 

Manfaat yang terakhir dari reflexology adalah efek positif yang dihasilkan bagi organ-organ tubuh yang bekerja. Kinerja dari organ tubuh ini harus maksimal supaya membuat seseorang dapat hidup dengan sejahtera, karena jika ada yang kurang optimal dan dibiarkan begitu saja, maka cepat atau lambat akan menjadi bom waktu yang mana menyebabkan penyakit datang. Reflexology adalah opsi terbaik untuk efek positif bagi kinerja organ tubuh, titik-titik refleksi yang ditekan dan diberi perhatian khusus akan berimbas pada kesehatan tubuh yang makin meningkat karena kinerja tubuh semakin maksimal dalam bekerja. 

Teknik Pijat Refleksi 

Ada beberapa teknik reflexology yang dilakukan sebelum dan sesudah pijat ini dilakukan, berikut ini informasinya.

A. Persiapan Sebelum Memijat 

Pijat ini memiliki beberapa prosedur dalam pelaksanaanya, sebelum pijat dimulai biasanya terapis akan mempersiapkan banyak hal agar hasilnya bisa maksimal. Apa sajakah itu?

  1. Konsultasi. Sebelum dilakukan pijat, biasanya terapis akan berbicara kepada kamu mengenai banyak hal, salah satunya berbicara tentang riwayat penyakit yang kamu miliki. Apabila kamu memiliki riwayat penyakit, pastinya terapis akan bertanya ada surat rekomendasi dokter atau tidak, atau memang sudah diperbolehkan atau belum. Manfaat-manfaat yang diperoleh dari reflexology akan hilang begitu saja dan berakhir fatal apabila kamu asal-asalan.
  2. Komunikasi. Berkomunikasi dengan kamu merupakan sesi sebelum reflexology dilakukan, beberapa dari mereka mungkin akan bertanya mengenai apa yang menjadi keluhan kamu, di mana kamu kerap merasakan sakit dan titik-titik mana saja yang akan dipijat. Ini akan menjadikan terapis lebih maksimal lagi dalam melakukan pekerjaannya dan hasilnya dapat kamu rasakan dengan baik.
  3. Kenyamanan pribadi. Tempat menjadi suatu unsur yang dapat berpengaruh bagus atau tidaknya hasil dari pijat refleksi, jika tempat reflexology dilakukan tidak membuatmu nyaman, maka bisa saja bukannya kamu mendapatkan manfaat malah jadi semakin sakit. Sia-sia kan? Makanya beritahu terapis kamu untuk memperbaiki tempatnya apabila dirasa kurang nyaman.
  4. Memberikan suasana yang nyaman. Setelah tempat dinyatakan membuatmu nyaman, kini giliran terapis kamu memainkan perannya dengan melakukan pekerjaan mereka, terapis yang baik akan mampu membuat suasana jadi nyaman meski terkadang reflexology ini membuat seseorang merasa perih ketika dilakukan.
cara pijat refleksi
cara pijat refleksi

B. Identifikasi dan Stimulasi Titik Refleksi yang Tepat 

  1. Pijatan pada jari tangan. Pijat pada jari tangan merupakan sebuah teknik pijat yang menargetkan titik-titik refleksi pada jari untuk merangsang respon dalam tubuh. Terapi reflexology yang dilakukan pada jari tangan biasanya berkisar pada ujung jari, bagian tengah jari, bagian pangkal jari, daerah antara jari dan punggung jari.
  2. Teknik pijat pada telapak kaki. Pijat yang dilakukan pada telapak kaki akan mampu memberikan efek positif untuk tubuh bagian paha dan panggul. Biasanya ada teknik-teknik tersendiri yang dilakukan untuk memijat kaki bagian luar ini agar hasilnya dapat maksimal.
  3. Manipulasi pada telapak tangan. Memanipulasi tubuh pada bagian telapak tangan juga menjadi bagian dari pijat refleksi. Teknik memanipulasi ini nantinya dapat berpengaruh pada banyak organ, seperti jantung, liver, hati dan pencernaan. Telapak tangan dipercaya terhubung ke dalam organ-organ tersebut sehingga diberikan tekanan agar kinerja dari organ-organ yang terhubung bisa bekerja dengan optimal.
  4. Pijatan pada bagian tertentu dari telapak kaki. Selain telapak kaki secara menyeluruh, ada beberapa teknik dari reflexology ini yang dilakukan pada bagian tertentu dari telapak kaki. Telapak kaki ini memiliki beberapa titik yang dipercaya terhubung ke beberapa organ vital dari tubuh. Pijat yang akan dilakukan di sini dengan cara memberikan tekanan-tekanan kencang. 

Nah, itulah beberapa informasi dari reflexology yang dapat kami bagikan untuk kamu. Jika kamu jadi tertarik dengan reflexology, kamu bisa mencari jasa reflexology yang berkualitas seperti Halo Massage. Halo Massage memiliki terapis yang handal dan berkualitas sehingga hasil pijat yang dilakukan dapat optimal. Tidak hanya menyediakan reflexology saja, akan tetapi berbagai macam pijat lainnya juga disediakan.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan layanan dari Halo Massage ini dari mana saja dan kapan saja, hadirnya aplikasi dari Halo Massage memungkinkan kamu memesannya dimana-mana dan sewaktu-waktu. Nikmati layanan ini sekarang, rasakan berbagai macam manfaat dari Halo Massage yang sudah menunggu kamu, kualitas terbaik kini sudah hadir di hadapan kamu.