Jangan Panik Saat Mobil Mogok, Ikuti Cara Mengecek Mobil yang Mogok Berikut Ini

4
9098
Cara Mengecek Mobil yang Mogok
111625

Cara Mengecek Mobil yang Mogok – Memiliki pengetahuan di bidang mesin kendaraan sepertinya saat ini menjadi kewajiban bagi seorang pengendara. Pasalnya, Anda tidak akan pernah menduga kapan mobil atau motor Anda tiba-tiba berhenti (mogok) dan tidak mau berfungsi kembali. Jika sudah seperti ini, ada beberapa cara yang Anda dapat lakukan. Misalnya memanggil jasa derek mobil, ataupun langsung menghubungi jasa montir mobil online.

Akan tetapi, jika memang keadaan kendaraan Anda di pinggir jalan (bukan tol) sebenarnya ada beberapa cara untuk mengecek terlebih dahulu mengapa kendaraan Anda bisa mogok. Berikut beberapa penyebab mobil mogok dan tips mengatasi mobil mogok.

Penyebab mobil mogok berbagai macam, yakni sebagai berikut

  • Arus listrik ke terminal plus koil turun

Penyebab ini biasanya akan terjadi jika mobil Anda berusia 5 tahun ke atas. Akibat dariarus listrik ke terminal koil putus, yakni proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik. Jika ini terjadi Anda dapat memeriksa kabel distributor dan tempelkan ke body mobil, kemudian starter mobil Anda. Jika terdapat percikan api,berarti arus listrik masih ada, begitupun sebaliknya.

  • Arus listrik aki lemah

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendor, alternator atau dinamo ampere yang bermasalah, serta aki yang telah habis asa pakainya.

  • Alternator bermasalah

Alternator berfungsi untuk mengisi arus listrik ke dalam aki. Oleh sebab itu, apabila alternator rusak, maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Setelah mengetahui beberapa penyebab mobil Anda mogok, kami sajikan beberapa tips untuk mengatasi mobil mogok, berikut ini.

Jumper Aki

Cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk menangani mobil yang mogok di tengah perjalanan. Jika memang permasalahan mobil Anda adalah di bagian aki, Anda dapat menggunakan cara ini. Namun, syarat untuk melakukan jumper aki adalah harus tersedia aki lainnya. Dengan kata lain, Anda harus meminta bantuan ke pengendara lain untuk melakukan cara ini.

Ketika sudah tersedia aki yang dapat dijadikan sebagai pemancing, yang Anda harus siapkan adalah kabel berdiameter 10 mm, agar kabel tidak terbakar saat mobil dinyalakan. Dan memang pada cara ini, Anda harus menggunakan kabel berdiameter besar karena arus yang mengalir dapat mencapai 12A.

Kemudian, hal yang Anda perlu lakukan adalah hubungkan kabel antara mobil Anda dengan aki pemancing, pasangkan kabel positif (biasanya berwarna merah) ke kutub positif (biasanya berwarna hitam) ke kutub negatif masing-masing aki tersebut.

Hal yang Anda harus perhatikan pada langkah-langkah ini adalah Anda harus mencabut kabel negatif terlebih dahulu dari terminal, kemudian setelah itu cabut kabel positif. Dan saat memasang kabel aki, sebaiknya kabel positif terlebih dahulu yang dipasangkan, kemudian kabel negatif. Karena jika Anda tidak teliti dalam hal ini, dapat mengakibatkan arus pendek atau konslet.

Setelah kabel terpasang dengan benar, tunggulah beberapa menit hingga aki terisi kembali. Kemudian Anda bisa stater mesin mobil yang sedang dijumper hingga mesin mobil hidup kembali. Jika suda hidup kembali, ingat untuk melepaskan kabel negatif terlebih dahuu.

Setelah mesin mobil berhasil dihidupkan, Anda harus mengamati simbol lampu panel indikator dashboard mobil. Lihat apakah symbol aki mesin menyala atau tidak, jika menyala berarti masih ada masalah di aki Anda, namun jika tidak, sistem pengisian aki dalam keadaan normal.

Aki Pancingan

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya, namun perbedaannya adalah cara ini tidak memerlukan kabel pembantu. Teknik ini dapat dimanfaatkan ketika Anda kesulitan untuk mencari kabel pembantu tersebut.

Caranya adalah, angkat aki mobil Anda yang bermasalah tersebut dan ganti dengan aki yang memiliki daya yang lebih baik. Setelah itu, coba stater mobil Anda, jika sudah hidup kembali, segera lepas aki tersebut dengan urutan dan tata cara yang benar, seperti yang disampaikan di atas. Anda harus memperhatikan juga agar kutub positif kabel tidak menempel pada ground, agar tidak terjadi konslet. Kemudian pasang kembali aki yang bermasalah tadi sesuai aturan yang benar.

Selama proses penggantian aki berlangsung, jangan sekali-kali Anda mematikan mesin atau jaga mesin mobil Anda dalam kondisi tetap hidup. Karena apabila menggunakan teknik ini mesin bisa menyala sambil mengisi daya baterai lewat alternator.

Putar Roda

Ternyata memutar roda mobil, dapat menjadi cara mengatasi mobil mogok juga lho! Cara ini pun dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Bagaimana caranya? Sediakan alat-alat seperti dongkrak, dan seutas tali yang panjang. Kemudian, Anda hanya tinggal memasukan prseneling ke gigi satu kemudian naikan kendaraan dengan didongkrak hingga kedua ban mobil benar-benar mengambang, angkat ban mobil yang berfungsi sebagai penggerak atau penyalur tenaga saja.

Setelah itu, Anda perlu memutar kunci kontak dalam posisi On. Kemudian, ikat melingkar tali tersebut pada ban mobil Anda hingga beberapa kali ikatan ban. Terakhir, Tarik sekuat tenaga band tersebut agar dapat memutar lebih cepat dan segera menyala.

Ketika melakukan cara ini, usahakan kedua tangan memegang masing-masing ujung tali dengan baik yang gunanya sebagai penarik dan pengait agar tidak mudah terlepad, kemudian Tarik sekuat mungkin sambil melepas salah satu tangan sebagai pengait. Namun, tips ini hanya dapat dilakukan khusus pada mobil bertansmis manual saja dan cara ini sebenarnya sama saja dengan teknik mendorong mobil yang sering dilakukan, akan tetapi cara ini dianggap lebih praktis.

Memanggil jasa montir Mobil

Ketika semua cara sudah dilakukan namun hasilnya nihil, sebaiknya Anda panggil mobil derek atau jasa montir mobil online. Hal ini agar meminimilasir kesalahan yang lebih fatal nantinya. Selamat mencoba!

111625