Begini Cara Pijat Tangan Yang Benar, Ketahui Fakta Menariknya!

0
289
pijat tangan yang bikin nyaman dan aman. cek faktanya
Halo Massage menawarkan jasa pijat tangan yang berkualitas

Memijat tidak hanya dilakukan di area kaki atau punggung saja, tangan juga menjadi bagian yang penting untuk dipijat. Lalu seperti apa sih memijat bagian tangan yang benar? Simak juga fakta-fakta menarik tentang massage bagian tangan yang wajib kamu tau.

Pijat tangan adalah salah satu teknik pijat yang dapat dilakukan untuk merilekskan otot-otot tangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres. Pijat tangan juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, mual, dan gangguan pencernaan.

Bagian tangan memiliki banyak titik tekanan dan saraf yang terhubung dengan berbagai bagian tubuh, sehingga pijatan pada area ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. 

Dengan melakukan pijat pada bagian tangan, kamu bisa merefleksikan diri dan membuat tubuh lebih rileks dan santai. Massage pada bagian tangan juga tidak dilakukan dengan sembarangan, agar pijatan yang dilakukan memberikan manfaat yang maksimal pada tubuh kamu.

Manfaat Pijat Pada Bagian Tangan

tangan kebas? pijat tangan di Halo Massage solusinya
pijatan tangan dari Halo Massage yang berpusat pada titik nyeri

Dari pijatan yang dilakukan pada area tangan dan sekitarnya, akan memberikan dampak yang positif loh untuk kesehatan kamu, mau tau apa saja manfaat pijat tangan untuk kesehatan? Simak informasinya berikut ini :

  • Peningkatan Sirkulasi Darah

Dengan melakukan pijatan, tentunya akan memberikan sensasi rileks dan membuat peredaran darah semakin lancar sehingga terhindar dari darah yang tersumbat yang bisa memperparah keadaan seseorang yang mengalaminya.

Jika terjadi penyumbatan pada pembuluh darah, akan sangat berbahaya bagi kondisi tubuh seseorang. Dampaknya dapat lebih fatal seperti serangan jantung, stroke, hingga terganggunya sistem peredaran darah.

Oleh karena itu, salah satu alternatif yang mudah dilakukan adalah dengan massage. Hal ini, terbukti ampuh untuk mengatasi pegal-pegal di tangan dan melancarkan peredaran darah.

  • Reduksi Stres & Ketegangan

Tingkat stres dan ketegangan yang berlebihan tentunya berdampak buruk baik pada kesehatan mental maupun kesehatan fisik seseorang. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres adalah dengan pijat. 

Massage dapat menjadi pilihan yang tepat yang secara alami dapat merilekskan tubuh yang dilanda gelisah, stres, dan cemas. Dengan demikian, kamu hanya perlu bersantai sejenak dengan menikmati setiap pijatan dalam tubuh untuk mengembalikan semangat dan energi dalam dirimu.

  • Mengurangi Nyeri Pada Tangan 

Saat tangan mengalami masalah seperti nyeri karena keseleo, kamu bisa mencoba untuk melakukan pijat urut yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri di bagian tangan akibat keseleo atau masalah lainnya.

  • Meningkatkan Fleksibilitas dan Gerakan Tangan 

Dengan massage yang teratur dan teknik yang tepat, akan membuat pergerakan tangan menjadi lebih dinamis dan fleksibel tanpa mengalami rasa nyeri. 

Penggunaan pijat sebagai alternatif yang baik untuk meningkatkan fleksibilitas pergerakan tangan memang sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh sebagian orang. Karena dengan melakukan pijat dan urut, dipercaya dapat meningkatkan kenyamanan gerakan tangan.

Teknik dan Cara Pijat Bagian Tangan

melakukan pijat tangan yang bikin relax dan nyaman
Halo Massage memberikan layanan pijat tangan yang nyaman dan relax

Melakukan pijat memang terlihat cukup mudah dan siapapun dapat mengikuti gerakan pijat. Namun, jangan salah bahwa melakukan pijat di tangan juga tidak boleh sembarangan. Ada cara dan teknik yang bisa kamu gunakan saat melakukan pijatan pada bagian tangan. Berikut ini teknik dan cara memijat tangan :

Cara Memijat Jari Tangan Yang Sakit

Jari-jari tangan terkadang mengalami pegal dan kaku. Ini terjadi karena terlalu menekukkan jari tangan seperti menulis, mengetik ataupun melakukan aktifitas lainnya. 

Untuk memijat bagian tangan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mencuci tangan yang akan memijat dengan sabun dan air hangat.
  • Oleskan minyak pijat atau pelembab ke tangan Anda.
  • Mulailah dengan menggosok telapak tangan secara lembut dengan gerakan melingkar.
  • Pijat lembut jari-jari tangan, mulai dari pangkal jari hingga ujung jari.
  • Pijat pergelangan tangan dengan gerakan melingkar.
  • Pijat lengan bagian bawah dengan gerakan memijat atau menggosok.

Pastikan bahwa kamu juga harus mengatur jari-jari tangan dengan sering menggerakkan jari tangan agar tidak kaku dan tetap rileks.

Cara Memijat Tangan Yang Kesemutan

Kesemutan atau seolah mati rasa dan kebas memang cukup mengganggu aktifitas. Ini terjadi karena posisi tangan yang terlalu menekuk atau dalam posisi yang tidak semestinya. 

Baca Juga  Kokuo Reflexology Menteng –Pijat di Jakarta Pusat dengan Layanan Ala Jepang

Nah untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pijatan dengan teknik ini agar kesemutan dapat hilang. 

  • Menggunakan ujung jari untuk menekan pusat kram yang dialami. 
  • Memijat tangan yang kesemutan dengan gerakan memutar atau melingkar.
  • Melakukan pijat setiap 2-3 menit di tempat terjadinya kram pada tangan kamu, lakukan hingga rasa kram atau kesemutan mereda.
  • Jangan lupa gunakan minyak pijat untuk membantu memperlancar pijat dengan baik.

Setelah rasa kesemutan mereda, harap untuk menggerakkan tangan dengan perlahan sampai sudah tidak merasakan lagi kram atau kesemutan di area tangan. 

Cara Memijat Tangan Yang Keseleo

Pernah kamu merasakan keseleo? Bukan hanya kaki, tangan juga bisa terkena keseleo yang tentunya sangat menganggu aktifitas dan rasa sakit yang ditimbulkan sangat tidak nyaman. Adapun penyebabnya bisa dari berbagai faktor salah satunya jatuh dengan menekan area tangan yang tidak tepat, hal ini sering terjadi karena kecerobohan sehingga perlu untuk diperhatikan agar tidak salah tumpuan dan mengakibatkan tangan keseleo.

Jika kamu mengalami tangan terkilir atau keseleo, kamu bisa menggunakan pijat urut yang membantu penyembuhan cidera menjadi lebih tepat. berikut ini cara memijat tangan yang keseleo :

  • Pijat perlahan pada tangan yang terkilir
  • Menggunakan teknik pijat quchi, yang menekankan pada area siku atau lipatan tangan.
  • Memakai teknik shousanli, teknik ini dilakukan dengan menekuk siku dan pijat dengan lembut dari siku sampai ujung jari.
  • Teknik pijat selanjutnya yaitu Hegu, yang merupakan titik pijat pada tangan yang keseleo dengan cara memijat punggung tangan atau cekungan ibu jari dan telunjuk.
  • Teknik yuji, teknik ini dilakukan dengan cara menekan bagian tengah antara pergelangan tangan dan ibu jari. Pijat dengan durasi 3 sampai 5 menit di bagian tersebut sampai tangan mulai membaik.
  • Jika masih merasakan rasa sakit karena keseleo, kamu bisa menggunakan es untuk mengkompres bagian tangan yang keseleo dan mengistirahatkan tangan yang terkilir.

Jadi, dengan menggunakan teknik pijat diatas kamu bisa memijat bagian tangan yang keseleo dengan baik dan benar sehingga meminimalisir rasa sakit yang dialami.

Cara Memijat Tangan Yang Sering Kesemutan

Tangan yang terlalu sering mengalami kesemutan sangat mengganggu aktifitas. Terlebih lagi jika harus melakukan banyak aktifitas fisik yang membuat tangan secara aktif bergerak. 

Perlu kamu tau bahwa terlalu sering kesemutan juga bisa menjadi warning untuk kondisi kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan pijatan ringan pada area tangan yang sering kesemutan dengan harapan kesemutan dapat segera hilang dan tidak kembali lagi.

Berikut ini ada beberapa teknik pijat yang wajib kamu ikuti untuk tangan yang sering mengalami kesemutan.

  • Dalam melakukan massage atau pijatan, gunakan ibu jari atau ujung jari-jari dalam menekan bagian tangan yang menjadi titik pijatnya dengan lembut dan nyaman.
  • Pijatan dilakukan dengan melingkar dan gerakan lembut naik turun secara berulang sampai dirasakan rileks pada area tangan yang sering kesemutan.
  • Lakukan pijatan dengan lama durasi 2 sampai 3 menit atau sampai kamu merasakan kenyamanan yang cukup signifikan.
  • Pastikan untuk tetap berhati-hati melakukan pijatan di area yang menjadi titik sakit atau bagian yang sering kesemutan.

Setiap kali akan memijat, pastikan menggunakan minyak pijat yang sesuai agar pijatan menjadi lebih maksimal.

Jika kamu merasakan kesemutan yang berulang, diharapkan untuk segera mengecek kondisi kesehatan kepada dokter agar mendapatkan diagnosa yang jelas dan penanganan yang tepat.

Cara Memijat Tangan yang Rematik

Seseorang yang menderita rematik seringkali mengalami rasa sakit di area tangan yang pastinya sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Tapi kamu gak perlu khawatir, ternyata penderita rematik bisa diatasi dengan pijatan. 

Pijatan untuk penderita rematik bukan sekedar pijatan biasa. Ada beberapa teknik atau cara yang harus digunakan saat memijat pada area sendi yang sakit karena rematik. 

  • Pijat Refleksi 

Memijat bagian kaki dan tangan sangat baik untuk kesehatan, termasuk juga untuk penderita rematik. Pijat ini dilakukan dengan cara menekankan pada area telapak kaki dan tangan, pijat lembut pada punggung kaki dan tangan serta jari-jarinya ditambah dengan bantuan oil untuk membantu melancarkan pijatan.

Melakukan pijatan pada penderita rematik perlu diperhatikan. Jika saat dilakukan pijat terjadi rasa nyeri yang cukup sakit, segera hentikan atau pindahkan pijatan ke sisi-sisi area kaki atau tangan yang terkena rematik. Ini adalah kehati-hatian dalam memijat agar kondisi badan yang terkena rematik tidak mengalami kondisi yang semakin parah.

  • Hot Stone Massage atau Cold Stone Massage

Selain untuk merilekskan tubuh, teknik pijat menggunakan batu vulkanik ini bisa dimanfaatkan untuk pijat rematik. Pijatan klasik ini yang mengandung hydrotherapy yang dilakukan dengan cara menempatkan batu vulkanik baik hot stone maupun cold stone di area yang menjadi pusat nyeri karena rematik.

  • Myofascialrelease 
Baca Juga  Ketahui 10 Cara Tepat Memijat Bayi Agar Tidak Rewel Ini, Agar Bayi Anda Kembali Tenang

Teknik pijat yang satu ini merupakan teknik pijat untuk melepaskan bagian otot yang tegang atau nyeri dan melepaskan ikatan knot (ikatan pada otot) yang terjadi di serat-serat otot. 

Pijat yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti form roller, yakni sebuah busa yang berbentuk tabung sebagai tumpuan agar saat pemijatan menjadi lebih nyaman dan berfokus pada titik nyeri.

Sebelumnya pastikan kamu sudah peregangan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menekankan area yang dianggap sumber nyeri pada form roller lalu massage secara perlahan.

Dengan beberapa teknik diatas, kamu bisa merasakan kenyamanan dan relaksasi pada bagian tangan ataupun kaki yang mengalami rematik.

Ingat, jika rasa sakit pada bagian yang mengalami rematik tidak kunjung reda. Pastikan untuk berkonsultasi kepada tenaga medis untuk selanjutnya diberikan pengobatan medis maupun rekomendasi non medis.

Cara Memijat untuk Perut yang Sakit

Sakit perut sudah menjadi hal yang lumrah terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Penyebab seseorang mengalami sakit perut bisa bermacam-macam. Seperti makan makanan yang kurang higienis, ataupun karena kebiasaan buruk lainnya. 

Pada umumnya, ketika merasakan sakit perut yang hebat kamu akan minum obat. Namun, kini kamu tidak perlu bergantung pada konsumsi obat. Ada fakta bahwa dengan pijatan dapat menyembuhkan sakit perut. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pijatan yang menyembuhkan sakit perut :

  • Menggunakan teknik pijat akupresure

Teknik pijatan pada tangan dengan akupresure memang sangat baik untuk kesehatan apalagi untuk sakit perut. Adapun cara memijatnya dengan memijat dibagian telapak tangan menggunakan jari-jari tangan dengan pijatan yang lembut. 

Ini sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan juga melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, manfaat lainnya yaitu menyeimbangkan energi yang disalurkan ke seluruh tubuh. 

  • Teknik Hegu

Teknik pijat ini dipusatkan diantara tulang jari telunjuk dan ibu jari. Menggunakan pijat teknik ini sangat baik untuk sistem usus besar yang baik untuk pencernaan. Dengan titik pijat yang tepat, akan memudahkan kamu mendapatkan manfaat pijat teknik Hegu.

Penggunaan Minyak Pijat atau Lotion

Dalam proses pemijatan, kamu pasti membutuhkan minyak pijat atau sejenisnya yang membantu pemijatan menjadi lebih nyaman. Menggunakan minyak pijat tidak boleh sembarangan dan harus digunakan sesuai penggunaannya. Agar menghindari dampak buruk setelah melakukan massage.

  • Manfaat Penggunaan Minyak Pijat atau Lotion

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari memijat menggunakan minyak pijat atau sejenisnya. Diantaranya melancarkan sirkulasi darah, membunuh racun, mencerahkan kulit secara alami, menutrisi kulit, menjaga metabolisme tubuh, serta dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

  • Pilihan Minyak Pijat atau Lotion

Setelah kamu tau manfaat dari minyak pijat, berikut ini ada beberapa pilihan alternatif untuk kamu yang mau pijat. Adapun diantaranya yaitu minyak zaitun, minyak kelapa, minyak pijat almond, minyak biji anggur, minyak wijen, minyak mustard, minyak biji wortel, dan minyak serai.

Dari beberapa rekomendasi tersebut, masing-masing memiliki khasiat dan manfaatnya untuk tubuh dan melancarkan proses pemijatan sehingga akan dirasakan pijatan yang berkualitas dan nyaman.

  • Cara Penggunaan Minyak Pijat atau Lotion Dengan Benar

Dari semua jenis minya pijat yang telah direkomendasikan, semua minyak pijat atau massage oil digunakan dengan cara mengoleskan minyak pijat ke area bagian tangan yang akan dipijat seperti jari-jari tangan, telapak tangan, punggung tangan dan area siku. 

Perawatan Tangan Setelah Pijat

pijat tangan terbaik hanya di Halo Massage
teknik pijat tangan yang baik hanya di Halo Massage

Setelah kamu melakukan treatment pijat, tentunya harus memperhatikan pasca pijat agar hasil pijatan menjadi lebih maksimal khasiatnya. Nah berikut ini, beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk perawatan tangan pasca pijat :

  • Kebersihan dan Perawatan Kulit 

Menjaga kebersihan diri memang sangat baik untuk kesehatan. Sama halnya setelah kamu melakukan pijat yang dimana banyak elemen-elemen yang digunakan. Jagalah kebersihan kulit untuk menghindari kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh kamu.

  • Tips Merawat Tangan Sehari-hari

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjaga agar tangan tetap sehat. Diantaranya adalah menjaga kebersihan tubuh khususnya tangan, menghindari adanya benturan yang bisa mengakibatkan luka pada tangan, serta menjaga agar rutin olahraga atau tangan selalu bergerak agar otot-otot tidak kaku.

Nah itu dia, beberapa informasi penting yang wajib kamu ketahui. Untuk kamu yang ingin memijat tangan, kini sudah mengetahui tips dan tekniknya yang bisa kamu gunakan sehingga terhindar dari penyakit yang mengancam bagian tubuh yakni tangan. 

Tidak perlu khawatir jika terjadi permasalahan di bagian tanganmu, karena kini ada alternatif yang bisa kamu gunakan selain meminum obat yaitu menggunakan jasa pijat. Memijat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi masalah di tubuhmu khususnya di bagian tangan sehingga tangan dan tubuhmu kembali rileks dan sehat kembali.