Kamar Sempit? Berikut Ini Cara Membuat Kamar Sempit Terlihat Luas

0
6035
cara membuat kamar sempit terlihat luas

Katakanlah Anda baru saja menempati sebuah rumah yang sudah jadi, dan Anda mulai masuk dan melihat-lihat beberapa kamar. Semuanya tampak bagus, hingga salah satu kamar ternyata tidak cukup luas untuk ditempati. Hal ini dapat menyusahkan, apalagi untuk melakukan perluasan ruangan biayanya tak sedikit. Namun sesungguhnya ada cara membuat kamar sempit terlihat luas. Hal ini dapat Anda gunakan sebagai alternatif jika Anda belum ada biaya atau waktu untuk meluaskan kamar.

Apa saja cara mengakali ruangan agar terlihat luas?

1.Akali Tempat tidur

Furniture utama yang mengisi kamar tidur adalah tempat tidur, tentu saja. Ketika Anda mulai menata kamar, perhatian utama perlu ditujukan pada kamar tidur. Selain menyesuaikan ukuran dengan kasur, sebaiknya pilihlah tempat tidur yang ukurannya compact dengan desain simpel. Terlalu banyak ornamen akan membuat kamar Anda terkesan penuh. Posisikan kasur ini merapat ke dinding.

Selain itu, Anda perlu melihat berapa orang yang akan menempati kamar tidur ini. Jika satu orang, pilihlah kasur yang ukurannya kecil. Kalaupun misalnya kamar ini ditempati oleh dua orang, belilah ranjang susun yang terdiri dari dua tingkat.

Atau Anda bisa membuat kamar tidur yang dapat dibuka dan dilipat menjadi lemari. Sehingga jika ranjang sedang tidak dipakai, Anda bisa melipatnya atau mengubah fungsinya jadi lemari. Ini akan membuat kamar Anda terkesan lebih luas.

Solusi lain adalah tidak menggunakan ranjang, dalam arti Anda hanya mengeluarkan kasur saat akan tidur. Selain itu, kasur dapat diangkat atau disimpan.

2.Lemari

Lemari adalah urusan penting yang perlu ditempatkan di dalam kamar. Tanpa lemari, baju-baju dapat bergeletakan sembarangan. Dalam membeli lemari, sebaiknya sesuaikan dengan jumlah barang yang ingin Anda simpan di dalamnya.

Tujuannya, agar Anda tidak terlanjur membeli lemari berukuran besar. Prinsipnya adalah apabila semakin banyak barang, semakin besar pula lemari yang ingin Anda gunakan. Jika Anda memiliki terlalu banyak barang, cari alternatif tempat menyimpan lain di luar kamar.

Namun apabila opsi membeli lemari tidak bisa dihindari, pilihlah lemari yang lebih cocok dengan situasi kamar yang sempit. Pilih lemari dengan ukuran sepanjang dinding kamar. Sebaiknya jangan terlalu lebar, karena lemari lebar memiliki kesan memakan terlalu banyak space. Hal ini menyebabkan Anda memiliki lemari yang tidak terlalu lebar. Meski demikian, penyimpanan masih bisa muat banyak karena lemari memiliki bentuk yang lebih panjang dan lebih tinggi.

3. Meja rias

Bagi perempuan keberadaan perabot ini sangat penting. Namun terkadang ukuran kamar yang sempit menyebabkan perabotan ini tidak muat lagi dimasukkan di dalam kamar.

Alternatifnya adalah memilih lemari dengan cermin besar. Selain itu, Anda dapat pula memodifikasi bagian dalam lemari sebagai meja rias, dengan cermin terdapat di bagian dalam pintu lemari. Pada satu tingkat, ada beberapa make upm sehingga bila hendak melakukan tata rias, Anda tinggal membuka pintu lemari, dengan semua peralatan make up telah tersedia di sebelahnya.

Laci rak pun masih dapat digunakan sebagai tempat peralatan make up. Pada lapisan kedua di bawahnya, Anda bisa membuat lapisan, yang bisa ditarik agar bisa meluaskan lapisan atas sebagai meja rias.

Jika kurang puas, Anda juga menambahkan lampu pada bagian dalam lemari, sebagai penerangan saat merias diri. Dengan modifikasi semacam ini, Anda tinggal menambahkan bangku kecil ke dalam kamar Anda.

4.Pencahayaan dan pengecatan dinding

Agar ruangan Anda yang sempit mendapatkan kesan yang luas, Anda bisa menyiasati kesempitan ini menggunakan bantuan efek visual. Caranya? Dengan mengubah pencahayaan dan pengecatan di dinding. Pada prosedur pengecatan, sebaiknya gunakanlah warna cat yang pudar dan terang misalnya warna-warna cat pastel. Selain itu pada lampu, sebaiknya Anda gunakan lampu putih yang terang. Semakin terang sebuah ruangan, semakin Anda merasa bahwa kamar tidak terasa sempit.

5. Pilih Hiasan kamar yang tidak makan tempat

Anda barangkali suka menambahkan hiasan di ruangan, tak terkecuali di kamar Anda. dalam menempatkan hiasan pada kamar yang berukuran sempit, sebaiknya hindari menggunakan hiasan yang memakan banyak tempat seperti misalnya vas bunga dan lain sebagainya. Hiasan yang bisa Anda pakai adalah yang tidak memakan space, seperti misalnya hiasan dinding. Anda bisa memasang hiasan dinding sesuai preferensi Anda, serta bisa disesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Ornamen dinding yang dapat dipasang bisa berupa poster, kaligrafi, foto-foto, lukisan, atau berbagai kerajinan hiasan dinding lainnya. Hal ini dapat meningkatkan nilai tambah secara estetik, tetapi menghindari menggunakan banyak ornamen pada ruangan Anda yang sudah terasa sempit.

6. Simpan barang tambahan saat tidak digunakan

Katakanlah Anda memiliki beberapa peralatan lain seperti laptop, alat olahraga, gitar, dan lain sebagainya. Apabila barang-barang ini dibiarkan bergeletakan, ini akan membuat kamar Anda terasa sempit dan tidak luas.

Untuk mengakalinya, sebisa mungkin temukan ruang untuk menyimpan benda-benda yang tidak digunakan. Atau memang bila tidak ada, Anda harus menemukan susunan yang pas untuk mmbuatnya terlihat teratur. Jika teratur, sebenarnya space yang sempit pun masih akan terasa cukup luas.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah tidak menyimpan barang-barang tersebut di dalam kamar. Amati barang-barang di kamar Anda, dan renungkan kapan Anda terakhir menggunakan barang itu. Bila memang jarang digunakan, sebaiknya jangan ditempatkan di dalam kamar, pindahkanlah ke luar kamar. Atau setidaknya temukan tempat di dalam kamar yang cukup untuk menyimpannya.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membuat kamar terlihat luas. Apabila ruangan Anda memang sudah perlu perluasan yang sesungguhnya, Anda bisa menggunakan jasa tukang renovasi rumah yang tersedia di Halojasa. Layanan jasa kami akan dengan senang hati akan membantu Anda.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Cara Meredam Suara di Kamar Anda

Facebook Comments
love
Senang
15%
haha
Terinspirasi
61%
wow
Netral
7%
sad
Sedih
7%
angry
Marah
0%