Awas, Salah Bantal Bisa Berakibat Fatal! Ini Cara Mengatasinya

0
230
sebuah tips untuk kamu yang sering nyeri leher atau punggung karena salah bantal
Ketika Pemilihan Bantal Salah, Kenyamanan jadi Tertunda!

Bangun tidur punggung dan leher jadi kaku dan nyeri? Itu pertanda kamu salah bantal saat tidur. Meskipun sakit salah bantal sering dialami oleh masyarakat tetapi hal ini jangan sampai dibiarkan. Kamu pasti ingin merasakan bangun tidur yang fresh dan segar dalam menyambut hari baru dengan semangat baru. Kamu harus tau kenapa salah bantal dapat memberikan dampak kurang baik untuk kesehatanmu.

Tidur menggunakan bantal yang sesuai membantu kenyamanan tidur
memilih bantal yang pas sangat baik untuk kualitas tidur

Apa itu “Salah Bantal”?

Dalam dunia medis, salah bantal merupakan istilah seseorang tidur dalam kondisi bantal yang tidak tepat dan mengakibatkan otot leher dan punggung jadi kaku dan menyebabkan nyeri pada punggung dan leher yang berkepanjangan. Bantal yang menjadi penyangga saat tertidur memang memiliki peran yang penting dalam proses tertidur. Jadi ketika kamu tidur dengan posisi bantal yang tidak pas dan sesuai maka kemungkinan besar kamu akan mengalami hal serupa. 

Tanda Kamu Salah Bantal Saat Tertidur

Saat kondisi tubuh sudah lelah dan mengantuk, bisa saja seseorang akan tertidur dimana saja dengan bantal apa saja yang membuat ia tertidur pulas. Namun, hal tersebut dapat memunculkan nyeri pada area tertentu khususnya leher karena bantal yang digunakan tidak tepat. ini dia tanda kamu salah bantal yang menyebabkan nyeri pada area leher dan punggung :

  • Rasa Tidak Nyaman Saat Tertidur

Saat kamu menggunakan bantal yang tidak sesuai kamu akan merasakan ketidaknyamanan saat tidur. Ini mengakibatkan tidur kamu tidak nyenyak dan bangun tidur jadi tidak fresh. Oleh karena itu, saat tertidur dan merasakan leher yang tidak nyaman artinya kamu salah memposisikan bantal untuk tidur.

  • Nyeri Pada Bagian Tubuh Tertentu

Saat kamu tertidur dan dengan posisi bantal yang salah akan menimbulkan masalah pada area tertentu seperti leher, punggung, bahu yang menjadi kaku karena ada penekanan pada area tersebut. Dengan demikian, kamu harus memperhatikan posisi bantal dan bantal yang pas untuk menyangga kepala kamu saat tidur.

  • Gangguan Kualitas Tidur

Tidur merupakan kegiatan untuk merilekskan tubuh yang telah beraktifitas sepanjang hari. Jika tidur tidak membuat fresh maka seseorang akan mudah merasa lelah, letih dan kurang bersemangat. Ini menunjukkan kualitas tidur seseorang apakah baik atau tidak. Salah satu penyebab seseorang memiliki kualitas tidur yang tidak baik adalah karena saat tertidur posisi tubuh tidak baik dan ketika bangun tidur menjadi tidak fresh. Salah bantal bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu karena posisi area tertentu tidak pas seperti leher dan punggung yang menyebabkan nyeri dan menurunnya kualitas tidur.

  1. Penyebab Salah Bantal
  • Kesalahan Pemilihan Bantal

  • Jenis Bantal yang Tidak Sesuai dengan Postur Tubuh

Ada beragam jenis bantal yang biasanya digunakan untuk istirahat. Bantal dengan jenis yang sesuai untuk kamu bisa tergantung dari berat badan dan postur kamu. Untuk tubuh yang menjulang tinggi tetapi tidur dengan bantal yang kecil tentu tidak sesuai atau tidak pas sehingga menimbulkan rasa sakit pada area tertentu. 

  • Material Bantal yang Kurang Cocok

Sesuai dengan penyataan sebelumnya bahwa jenis bantal itu sangat beragam sesuai dengan kebutuhan. Material yang digunakan juga pasti berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ada yang terbuat dari busa, kapuk, dan bahan lainnya. Jika kamu menggunakan bantal dengan material yang cukup keras, kamu akan tidak nyaman menggunakan bantal tersebut yang mengakibatkan nyeri pada leher, punggung hingga lengan.

  • Umur dan Kondisi Bantal

  • Pentingnya Memperhatikan Umur Bantal

Bagi sebagian orang, bantal tidak terlalu diperhatikan apakah sudah lama atau tidak karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan sehingga bantal kesayanganmu bahkan tidak terawat dengan baik. Ada baiknya kamu memperhatikan apakah bantal yang kamu gunakan masih layak untuk digunakan untuk tumpuan kepala sehingga kamu akan tidur dengan nyaman dan tidak meninggalkan masalah seperti nyeri leher, punggung hingga lengan yang diakibatkan bantal yang digunakan sudah seharusnya tidak lagi digunakan.

  • Tanda-Tanda Sudah Waktunya Bantal Diganti

Kamu punya bantal yang sudah keras dan tidak nyaman dipakai itu artinya kamu harus menggantinya. Selain rutin membersihkan dan menjemur bantal, kamu juga harus memperhatikan apakah bantal masih layak digunakan atau tidak. Biasanya bantal yang sudah keras, dan material didalamnya sudah rusak membuat permukaannya menjadi tidak merata dan sangat mengganggu saat kamu tidur.

Dampak Pada Kesehatan Akibat Salah Bantal

1. Masalah Tulang Belakang

  • Nyeri Punggung

Pada saat tertidur, tanpa disadari seringkali kita menemukan posisi tidur seseorang yang memakai bantal terlalu tinggi atau sebaliknya. Ini dapat mengakibatkan berbagai masalah khususnya pada tulang belakang. Saat terbangun dengan posisi tidur yang salah mengakibatkan penderitanya menjadi tidak fresh dan malah sakit badan pada bagian tertentu seperti punggung. 

  • Keseimbangan Postur Tubuh
Baca Juga  Mana Saja Titik Bekam yang Dilarang?

Jangan salah bahwa tidur dengan bantal yang salah dapat membuat keseimbangan postur tubuh jadi tidak baik. Tidur menjadi cara organ-organ penting dalam tubuh dalam melakukan tugasnya untuk mengalirkan darah, mengeluarkan energi negatif, menyangkal racun, dan mengistirahatkan sejenak pikiran sehingga saat bangun tidur tubuh akan lebih bersemangat. Namun, jika dalam proses tidur terjadi penekanan pada area tertentu akan mengganggu kualitas tidur dan mempengaruhi pada keseimbangan postur tubuh seseorang.

2. Gangguan Tidur

  • Insomnia 

Insomnia merupakan istilah yang pada kondisi seseorang tidak bisa tidur padahal memiliki waktu untuk tidur dengan baik. Insomnia disebabkan karena kebiasaan seseorang yang kurang tidur, ada rasa cemas dan depresi, adanya penyakit kronis maupun pengaruh dari konsumsi obat tertentu. Saat seseorang akan tidur tentunya membutuhkan bantalan untuk menyangga kepala, dengan bantal yang baik maka akan tidur dengan lebih pulas. Namun, jika menggunakan bantal yang keras dan tidak nyaman akan cenderung mengalami insomnia berkelanjutan.

  • Sleep Disordered Breathing (SDB)

Kamu sering mendengar orang yang tidur dengan mendengkur? Atau kamu juga sering tidur dan mengeluarkan suara dengkuran? Hati-hati, ini pertanda ada indikasi Sleep Disordered Breating (SDB) yang merupakan gangguan pada tidur seseorang atau disfungsi saluran pernafasan atas saat tertidur dengan gejala mendengkur hal ini terjadi karena ada upaya peningkatan pernapasan akibat dari resistensi saluran pernafasan atas atau ketika bernafas saat tidur berhenti dan lanjut secara berulang kali.

Saat seseorang tertidur tentunya ia tidak menyadari hal ini, namun ini menjadi lebih serius jika muncul gejala lain pada orang yang tidur dengan mendengkur seperti kelelahan dan tidak fresh bahkan setelah tidur semalaman. 

Menggunakan bantalan tidur memang terlihat simpel, namun akan begitu berdampak saat kamu menggunakan tempat penyangga tidur seperti bantal dan kasur yang nyaman sehingga kamu dapat merasakan kesegaran tubuh saat bangun pagi.

Cara Memilih Bantal Yang Tepat

agar tidur lebih nyaman, perhatikan bantal dan posisikan badan terlentang atau miring kiri dan kanan
bantal sebaiknya disesuaikan dengan postur tubuh

1. Menyesuaikan Bantal Dengan Postur Tubuh

Bagi kamu yang memiliki gaya tertidur terlentang, sebaiknya memilih bantal dengan material yang lembut dan tidak keras namun tidak terlalu tinggi. Sejajar dengan punggung akan baik untuk kenyamanan tidur dan kualitas tidur yang baik. Untuk kamu yang tidur dengan posisi miring kanan atau kiri kamu bisa sesuaikan dengan bantal yang tidak terlalu keras dengan bahan lembut yang tidak membuat leher kamu kaku dan sakit. Tidak terlalu tinggi dan terbuat dari bahan yang halus dapat membantu kamu meningkatkan kualitas tidur. 

Untuk posisi tidur tengkurap memang lebih banyak beresiko. Posisi ini bisa saja digunakan saat kamu merasa sakit dibagian punggung. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga posisi tubuh saat tidur agar tidak menghambat pernapasan dan membuat otot pada bagian tertentu menjadi kaku. Gunakan bantal agak tinggi untuk tidur posisi tengkurap.

  • Bantal Pada Setiap Posisi Tidur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa posisi badan mempengaruhi pada pemilihan bantal yang tepat sesuai dengan posisi tidur. Dengan posisi tidur terlentang sebaiknya bantal tidak terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan sakit pada leher dan punggung.

Jika posisi tidur miring ke kanan atau kiri, pakailah bantal dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi dan bahan yang lembut untuk menjaga leher agar tidak tertekuk dan mengakibatkan nyeri pada leher. Untuk posisi tidur tengkurap pilihlah bantal dengan material yang lembut namun agak tinggi posisinya agar tidak terlalu menekan dada. 

Material Bahan Yang Ideal

1. Jenis Material yang Mendukung Kesehatan Tidur

Memilih jenis bantal yang sesuai dengan kenyamanan tidur memanglah sangat penting. Selain fungsi dari bantal yang memiliki peran penting dalam proses tidur. Adapun jenis-jenis material bahan yang digunakan untuk bantal yang baik untuk kamu ;

  • Busa 

Bantal dengan material busa sangat baik untuk kesehatan tidur karena dengan kepadatan yang pas akan membuat leher dan rahang tidak menekan dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

  • Memory foam atau Busa Memori

Material dalam bantal jenis ini memiliki isian bantal yang terbuat dari Polyurethane yang melalui proses rinci dan khusus untuk menciptakan bantal yang lembut dan ketika digunakan akan menyesuaikan dengan bentuk kepala kamu dan setelah digunakan bantal akan kembali seperti semula. Bantal ini cocok untuk kamu yang punya gaya tidur miring kiri atau kanan dan terlentang.

  • Lateks 

Jenis bantal ini yang paling tahan lama karena tidak mudah ada tungau atau jamur yang bersarang di bantal. Bantal ini juga baik untuk kesehatan tidur kamu khususnya untuk leher dan dan punggung.

  • Katun atau Wol

Bahan bantal jenis ini memang cukup keras karena bantal ini tahan pada tungau atau jamur. Bahan bantal ini cukup baik untuk kamu yang aktif saat tertidur.

  • Bahan Bulu Angsa
Baca Juga  Batuk Tak Kunjung Reda? Pijat Refleksi Solusinya!

Bantal jenis ini sangat cocok untuk kamu karena bantal ini baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Isian dalam bantal ini tidak terlalu padat sehingga sangat cocok untuk kamu yang mempunyai gaya tidur tengkurap.

2. Perawatan Bantal Yang Tepat

Penggunaaan bantal yang terus menerus tanpa dilakukan perawatan kebersihannya sangat beresiko untuk kesehatan. Bukan hanya salah bantal saat tidur, tetapi kebersihan dan kenyamanan bantal juga perlu diperhatikan. Cobalah untuk menjemur bantal setelah kamu gunakan. Dengan menjemur diharapkan kuman atau bakteri dalam sprei bantal dapat hilang dan tidak mengendap kedalam isian bantal. Kemudian rajinlah seminggu sekali untuk mengganti spres bantal agar kulit kepala atau rambut tidak ada kuman yang dapat membuat rambut jadi gatal-gatal. 

Solusi Untuk Mengatasi Nyeri Akibat Salah Bantal

1. Mengganti Bantal Yang Kurang Cocok

Bantal dengan isian yang tidak baik untuk kualitas tidur sangat mengganggu waktu tidur kamu. Dengan mengganti bantal yang sudah keras atau terlalu kosong isiannya bisa menjadi cara agar tidur kamu jadi lebih berkualitas. Saat bantal sudah terasa kurang nyaman waktunya untuk mengganti bantal dengan kualitas baik sehingga terhindar dari nyeri leher atau punggung akibat salah bantal.

  • Tanda Bantal Harus Diganti

Bantal dengan lapisan yang sudah keras atau kasar dan isiannya sudah tidak bervolume sebaiknya kamu perlu menggantinya dengan bantal yang baru yang tentunya akan membuat tidur semakin nyaman dan berkualitas.

  • Tips Memilih Bantal Terbaru Yang Sesuai 

Memilih bantal yang berkualitas dan nyaman sangat penting untuk kesehatan tidur. Dengan demikian, perlu diperhatikan pemilihan bantal yang memiliki material yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan bahan isian yang baik seperti busa atau busa memori cukup baik untuk dipakai karena bahan ini lembut, membuat nyaman dan tidak menyebabkan sakit leher atau punggung yang terpenting tidak salah menempatkan posisi bantal saat tidur dan kepala harus terlindungi dengan aman dan nyaman.

2. Latihan Postur Tidur Yang Benar

  • Posisi Tidur yang Mendukung Kesehatan Tulang Belakang

Tidur dengan posisi yang baik akan mencegah berbagai masalah pada tulang belakang. Agar tidur kamu semakin berkualitas coba untuk tidur dengan posisi miring karena ini mengurangi resiko sakit pada tulang punggung. Dengan tambahan guling di bagian lutut sampai dada kamu akan membuat tumpuan tulang belakang semakin baik dan terhindar dari sakit tulang belakang saat bangun tidur.

Selain tidur miring yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tidur terlentang juga memberikan manfaat untuk kesehatan tulang belakang. Dengan posisi tidur terlentang, tulang belakang akan sejajar dan mudah dalam pendistribusian berat badan saat tertidur sehingga menurunkan resiko sakit leher atau sakit punggung bagian belakang.

  • Latihan Memperbaiki Postur Tubuh

Sesaat sebelum tidur, biasakan untuk mengendurkan otot punggung, dengan cara peregangan sederhana yang sangat besar manfaatnya untuk kesehatan tulang belakang kamu. Sebelumnya kamu juga bisa berendam dengan air hangat yang ditambah aroma terapi yang dapat merilekskan badan yang berdampak pada peregangan otot punggung.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan guling saat tidur agar tumpuan kaki dan tangan dapat menyangga pada guling. Dengan posisi yang benar, tidur akan memberikan manfaat yang luar biasa sehingga tubuh menjadi lebih fresh saat kamu bangun.

Tidur dengan gaya terlentang dan miring masih cukup aman untuk kesehatan tubuh. Namun, untuk posisi tidur tengkurang terlalu beresiko khususnya dada yang mengalami penekanan akibat tidur terkurap. Tulang rusuk akan bekerja lebih ekstra karena untuk tetap menjaga aliran napas berjalan dengan baik. Meskipun demikian, tidur tengkurap dapat mengurangi mendengkur. Namun, tetap harus sesuai dengan kondisi kamu saat akan tidur. 

Dari berbagai latihan untuk membentuk postur tubuh yang baik, yang terpenting adalah penggunaan kasur dan bantal yang harus memiliki kualitas baik. Selain untuk kenyamanan tidur, ini juga baik untuk kesehatan tubuh sehingga postur tubuh menjadi lebih ideal.

ketika bantal dan kasur yang digunakan sudah nyaman tidur akan lebih berkualitas
bantal dan kasur yang sesuai akan meningkatkan kualitas tidur

Nah itu dia beberapa fakta menarik dan solusi bagaimana kamu bisa terhindar dari salah bantal yang bisa mengakibatkan berbagai masalah. Saat kamu merasa badan pegal dan tulang punggung sakit sebaiknya kamu melakukan massage yang dapat memberikan manfaat untuk menghilangkan pegal-pegal. Kini kamu bisa menghilangkan sakit leher dan punggung hanya dengan memesan Halo Massage dari Halo Jasa.

Ini adalah cara terbaru untuk kamu yang tidak ingin mencari tempat spa yang bisa menguras waktu dan energi hanya untuk menghilangkan pegal-pegal di tubuh. Jangan sampai terlewat untuk merasakan kenyamanan kualitas tidur yang baik dengan memesan pijat panggilan dari Halo Jasa yaitu Halo Massage. Aplikasi Halo Jasa dapat kamu unduh di Google Play Store maupun Apps Store. Pesan sekarang juga biar semangat lagi bugar lagi.