Cara Kerokan Badan Ala Tradisional Yang Bantu Untuk Menyegarkan Tubuh dan Pikiran!

0
241
Mengusir Masuk Angin dengan Kerokan Tradisional
Usir masuk angin dengan kerokan. Cara tradisional yang ampuh untuk meredakan gejala masuk angin, seperti demam, sakit kepala, dan pegal-pegal

Tubuh yang selalu melakukan aktifitas setiap harinya membuat daya tahan tubuh menjadi berkurang. Terlebih lagi jika aktifitas kamu sangat padat dan menguras banyak energi. Ketahanan tubuh perlu diperhatikan saat kamu mulai merasakan keletihan dan daya tahan tubuh menurun. Ketika tubuh tidak fresh maka akan membuat aktifitas kamu terganggu dan kesehatanmu juga menurun. Ini jangan sampai terjadi berlarut-larut yang bisa menimbulkan masalah lain di kemudian hari. Jika kamu sedang mengalaminya, kamu bisa menggunakan alternatif metode kerokan badan yang bisa banget bikin tubuh jadi lebih fresh dan terasa segar kembali. Istilah kerokan sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat nusantara. 

Meskipun ada orang yang meragukan hasil dari kerokan akan langsung menyembuhkan masuk angin, namun kerokan masih menjadi primadona bagi siapapun yang ingin mengatasi masuk angin dengan mudah. Ketika tubuh dilanda kelelahan akibat bekerja terlalu keras maka tubuh akan merespon dengan berbagai ketidaknyamanan dan membuat kamu tidak dapat fokus dalam melakukan pekerjaan. Sehingga kamu perlu untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiranmu, salah satunya dengan merilekskan badan dengan metode kerokan yang ampuh membuat tubuh makin segar dan pikiran jadi lebih fresh. Untuk kamu yang belum tau kerokan itu apa, simak di bawah ini.

Pengertian Kerokan Badan 

Seorang wanita sedang menjalani sesi kerokan untuk meredakan masuk angin
Kerokan badan di Halo Massage, pengobatan tradisional untuk meredakan gejala masuk angin

Kerokan badan adalah praktik tradisional yang umum dilakukan di berbagai budaya di seluruh dunia, khususnya di Asia. Praktik ini melibatkan penggunaan benda tumpul, seperti uang logam atau alat khusus yang dirancang untuk tujuan kerok badan, dengan menggosok permukaan kulit secara perlahan dengan tekanan yang cukup kuat. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan penghalang energi, dan meredakan berbagai masalah kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa dihilangkan dengan kerokan adalah gejala masuk angin. Dengan melakukan kerokan, tubuh kamu akan menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih fresh. Meskipun terbilang cara kuno dan tradisional, tetapi kerokan masih tetap eksis dan masih menjadi pilihan favorit keluarga Indonesia. 

Persiapan dan Jenis-Jenis Alat Kerokan 

Kerokan merupakan sebuah praktik tradisional yang telah ada sejak zaman dulu ini salah satu metode alternatif untuk merawat kesehatan. Meskipun terkesan sederhana, praktik ini memiliki dampak positif untuk kesehatan tubuh dan digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. 

Jika kamu memilih untuk melakukan terapi kerokan, kamu perlu memperhatikan persiapan sebelum melakukan kerokan agar hasil kerokan dapat memberikan hasil yang maksimal. Dengan melakukan kerokan yang baik dengan persiapan dan alat kerokan yang baik dapat memberikan kesegaran dan kebugaran pada tubuh dan membuat pikiran kamu makin fresh sehingga membuat mood dan produktifitas kamu juga meningkat.

Persiapan Sebelum Melakukan Kerokan

Sebelum melakukan kerokan, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan dengan aman dan efektif:

  • Pilihlah Ruangan yang Tepat

Pilihlah ruangan yang tenang dan nyaman agar kamu dapat fokus pada proses kerokan tanpa gangguan. Ketika kamu melakukan kerokan di tempat yang ramai, cenderung kamu tidak bisa menikmati terapi ini dan hasilnya kurang maksimal untuk menyegarkan atau mengembalikan kesehatanmu seperti sedia kala. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk memilih tempat kerokan yang tenang dan kamu bisa menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

  • Bersihkan Permukaan Kulit

Pastikan kulit pada area yang akan dikerok dalam kondisi bersih. Mandilah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel pada tubuh kamu. Jika kamu menggunakan kerokan pada saat tubuh tidak dibersihkan, ini dapat membuat tubuh seperti luluran kotoran saja. 

  • Minumlah Air Secukupnya

Minumlah air sebelum sesi kerokan untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempermudah proses pengeluaran racun melalui kulit kamu. Selain untuk menghidrasi tubuh, ini sangat baik untuk proses kerokan karena saat proses kerokan tubuh merespon dengan adanya gesekan antara alat kerokan dengan kulit kamu, sehingga sangat baik tubuh kamu tetap terjaga dengan minum air secukupnya.

  • Gunakan Minyak atau Krim Yang Aman Untuk Kulit Kamu

Oleskan minyak atau krim ke area yang akan dikerok. Hal ini membantu alat kerokan meluncur lebih mudah di kulit dan mengurangi gesekan yang terlalu kuat dan membuat luka. Penggunaan minyak atau krim memang sangat membantu untuk alat kerokan tidak terlalu sakit saat mengerok punggung kamu. Krim atau minyak yang baik biasanya akan membantu menghangatkan tubuh atau membuat kulit kamu tetap terjaga dan tidak terkelupas atau terluka yang bisa menyakitkan.

Baca Juga  Mengapa Remedial Massage Layak Dicoba? Jawabannya Ada di Sini!

Jenis-Jenis Alat Kerokan Badan Dari Zaman Dulu Hingga Kini

Untuk kamu yang sering masuk angin atau pegal-pegal, bisa memakai alat kerokan dari bebatuan alam
buat harimu makin segar dengan alat kerokan tradisional hingga modern dari Halo Massage

Memilih alternatif kerokan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Untuk melakukan kerokan, kamu membutuhkan alat pengerok badan. Biasanya, masyarakat menggunakan uang koin atau pecahan Rp 1.000,00 yang memiliki sisi cukup baik untuk melakukan kerokan. Namun, ada juga alat kerokan yang bisa jadi alternatif dan membantu kamu dalam melakukan kerokan badan. Berikut alat-alat kerokan masuk angin yang cukup modern untuk melakukan terapi yang satu ini :

  • Sendok Bebek Oriental 

Alat ini biasanya digunakan untuk alat makan dengan menu sayur atau bubur. Sendok bebk oriental ini dibuat dari bahan keramik sehingga bagian-bagiannya halus. Cocok untuk alat kerokan yang dapat menyingkirkan masuk angin di tubuh kamu. Menggunakan alat ini sangat membantu untuk proses kerokan semakin maksimal. 

  • Batok Kelapa

Untuk sebagian orang, batok kelapa tidak memiliki manfaat yang bisa digunakan. Padahal, batok kelapa bisa digunakan sebagai alat kerokan. Bagian yang digunakan adalah batok kelapanya yang sudah di kreasikan menjadi alat kerokan yang memiliki tekstur halus dan aman untuk kulit kamu. Meskipun menggunakan alat sederhana, namun jika digunakan dengan baik akan memberikan manfaat luar biasa seperti menjadi alat untuk kerokan yang dapat membantu menghilangkan masuk angin.

  • Bebatuan Alam

Melakukan kerokan menggunakan alat yang satu ini membutuhkan keahlian khusus untuk membuat batuan alam menjadi alat kerokan yang dipoles dan memiliki struktur batuan yang aman serta baik untuk tubuh kamu. Caranya dengan membentuk batuan alam menjadi sendok yang bagian ujungnya tidak cekung. Penggunaan batu dalam alat kerokan ini tidak sembarangan batu. Pilihlah batu paling bagus strukturnya dengan tekstur yang halus sehingga memudahkan untuk pembentukan alat kerokan.

  • Tanduk Kerbau

Alat ini juga dibentuk seperti sendok tetapi tidak terlalu cekung ujungnya serta ada tangkai yang bisa dijadikan genggaman saat melakukan kerokan. Meskipun sangat jarang dipakai, namun menggunakan alat ini sebagai alat untuk kerokan masih menjadi pilihan. Walaupun susah didapatkan, tetapi alat ini jika dibentuk dengan baik akan memberikan manfaat lainnya seperti alat untuk kerokan.

  • Alat Kerok Eletrik

Dengan kemajuan zaman dan kebutuhan akan alat untuk melakukan kerokan, menciptakan inovasi baru dengan alat kerokan eletrik yang memudahkan siapa saja untuk melakukan kerokan dengan mudah. 

Cara Kerokan Badan Yang Benar

Sebelum melakukan kerokan pada badan kamu, pastikan sudah sesuai dengan tata cara kerokan badan yang aman untuk tubuhmu. Berikut ini, tata cara kerokan badan yang baik agar hasil kerokanmu makin berkhasiat.

  • Persiapan Awal

Bersihkan area kulit yang akan dikerok dengan air hangat dan sabun dengan bersih. Pastikan kulit dalam kondisi bersih untuk mencegah iritasi atau infeksi pada tubuhmu.

  • Penggunaan Alat Kerokan

Pilih alat kerokan yang sesuai agar tidak menimbulkan penyakit lainnya, seperti uang logam yang tepiannya tidak tajam atau alat khusus yang dirancang untuk kerokan. Gunakan alat tersebut untuk menggosok kulit dengan tekanan yang cukup kuat tetapi tidak menyebabkan luka.

  • Gerakan Kerokan

Lakukan gerakan kerokan dari atas ke bawah atau sebaliknya, tergantung pada preferensi kamu sendiri. Hindari melakukan gerakan kerokan secara horizontal, karena hal ini dapat meningkatkan risiko cedera atau iritasi pada kulit kamu.

  • Tekanan yang Tepat

Pastikan tekanan menggosok kerokan ke badan yang diberikan cukup kuat untuk merangsang sirkulasi darah, tetapi jangan terlalu kuat sehingga menyebabkan rasa sakit atau luka pada kulitmu.

  • Pembersihan Setelah Kerokan

Setelah proses kerokan selesai, bersihkan area kulit yang dikerok dengan air hangat dan sabun hingga bersih, lalu keringkan dengan lembut menggunakna handuk bersih.

Dengan cara kerokan yang baik, akan memberikan hasil kerokan yang memberikan khasiat baik pada tubuhmu maupun pikiranmu agar semakin berpikir jernih dan positif.

Jenis-Jenis Kerokan Badan

  • Alat Kerokan Tradisional (Gua Sha)

Alat ini umumnya terbuat dari bahan seperti jade atau batu bergelombang yang dirancang untuk mengerok di atas kulit. Gua Sha digunakan untuk merangsang peredaran darah, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan energi.

  • Kerokan Kuping (Cupping)

Jenis kerokan ini menggunakan cangkir berbentuk kaca atau plastik yang ditempatkan pada kulit setelah udara di dalamnya dipanaskan. Proses ini menciptakan tekanan negatif yang membantu memperbaiki sirkulasi darah dan meredakan ketegangan otot.

  • Kerokan Minyak (Oil Scraping)

Penggunaan minyak atau oil scraping untuk melumasi kulit sebelum menggunakan alat kerokan. Ini memungkinkan alat kerokan meluncur lebih mudah dan memberikan efek relaksasi pada kulit.

  • Alat Kerokan Elektrik

Teknologi modern telah membawa inovasi kedalam dunia kerokan dengan pengembangan alat kerokan elektrik. Alat ini sering dilengkapi dengan berbagai pengaturan intensitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

  • Alat Kerokan Kayu

Terbuat dari kayu dengan ujung yang runcing atau bergelombang, alat kerokan kayu digunakan dengan cara ditarik di atas kulit untuk meningkatkan aliran darah dan menghilangkan segala pegal linu dan masuk angin.

Baca Juga  Fivestar Daan Mogot: Tempat Reflexology Bintang Lima di Jakarta Barat

Manfaat Kerokan Badan

Melakukan terapi kerokan dianggap sangat manjur untuk mengatasi berbagai penyakit salah satunya masuk angin akibat kelelahan beraktifitas seharian. Manfaat melakukan kerokan juga dapat mempercepat pemulihan otot sehingga semakin bugar dan tetap prima. Adapun manfaat lain dengan melakukan kerokan badan yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Praktik kerokan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area yang dikerok, yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi ketegangan otot. Dengan melakukan kerokan, membantu tubuh kamu untuk mengalirkan sirkulasi darah dengan baik sehingga badan jadi terasa lebih fresh.

  • Menghilangkan Penghalang Energi

Kerokan dipercaya dapat membantu menghilangkan blokade energi di tubuh, sehingga meningkatkan keseimbangan energi dan meredakan gejala yang terkait dengan ketidakseimbangan energi. Dengan melakukan kerokan yang baik, akan memberikan dampak yang baik terhadap kebugaran dan daya tahan tubuh kamu.

  • Meredakan Gejala Pilek dan Flu

Beberapa orang percaya bahwa kerokan dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan pada area yang dikerok. Tanpa perlu meminum obat, kamu hanya perlu melakukan kerokan dan gejala flu dan pilek akan menghilang.

  • Mengurangi Ketegangan Otot

Gerakan kerokan yang dilakukan dengan tekanan yang tepat dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meredakan nyeri yang disebabkan oleh ketegangan otot. Dengan teknik kerokan yang baik, dapat mengurangi otot yang kaku dan kekakuan otot kamu sehingga otot akan menjadi lebih fresh.

Setelah kamu melakukan kerokan, badan kamu akan terasa menjadi lebih enak. Ini akibat dari kerokan yang membuatu tubuh kamu melepaskan endorfin. Endorfin adalah hormon yang dihasilkan dari kelenjar pituitari yang memberi efek nyaman. Dengan demikian, setelah kamu melakukan kerokan maka tubuh akan lebih ringan dan nyaman termasuk saat kamu mengalami gejala masuk angin. Badan kamu akan terasa lebih nyaman dan bugar lagi.

Bagian Tubuh yang Dapat Dikerok

Hilangkan Masuk anginmu dengan kerokan yang tepat dan nyaman
Melakukan kerokan dengan teknik dan alat yang baik dari Halo Massage dapat menyembuhkan masuk angin dengan tepat di area tertentu

Melakukan kerokan tidak semata-mata dilakukan dengan asal-asalan. Jika melakukan kerokan dengan asal-asal maka akan menimbulkan dampak lainnya. Bagian tubuh yang dapat dikerok merupakan bagian tertentu yang biasanya menjadi titik mula adanya gejala seperti masuk angin. Kerokan biasanya dilakukan di area tertentu dari tubuhmu, termasuk punggung, bahu, leher, dan lengan atas. Area-area ini dipilih karena seringkali menahan ketegangan dan menumpuknya energi negatif. 

Melakukan terapi kerokan badan membutuhkan keahlian khusus. Karena jika melakukan kerokan dengan tanpa hati-hati dan waspada, maka akan menimbulkan penyakit lain seperti terlalu keras dalam menggosokan alat kerokan ke punggung atau leher aka menimbulkan memar kemerahan. Dengan demikian, diperlukan keahlian khusus agar tubuh kamu terhindar dari efek tersebut. Adapun cara yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan kerokan pada area yang mengalami tegang otot, sehingga membantu agar otot kamu menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit lainnya. Jangan lakukan kerokan tepat diatas tulang kamu, ini bisa menyebabkan memar dan sakit yang hebat, dan lakukan kerokan dengan tepat baik dari atas ke bawah atau dari dalam keluar. Dengan demikian, maka hasil kerokan pada badanmu akan semakin berkualitas. 

Dengan memahami pengertian, cara kerokan, manfaat kerokan, dan bagian tubuh yang dapat dikerok, praktik kerokan badan dapat menjadi metode yang efektif untuk memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, sebelum mencoba praktik ini, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada riwayat penyakit tertentu. Pastikan selalu bahwa kerokan yang kamu pakai tidak menyakiti diri kamu sendiri, dan pelaksanaan kerokan dengan dilakukan secara baik dan benar. Kemampuan dalam melakukan kerokan sangat penting, dimana kerokan badan masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Sehingga kamu perlu untuk memahami bagaimana kerokan  yang baik dan benar. Kalo kamu ga mau ribet, kamu bisa pesan Halo Massage melalui aplikasi Halo Jasa dan pilih paket kerokan yang bisa bantu kamu untuk kebugaran kembali dan menghilangkan masuk angin dengan efektif. 

Halo Jasa memberikan layanan terbaik dengan spa professional dan terpercaya. Menjamin kenyamanan dan kesehatan untuk tubuh kamu yang semakin bugar. Download aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahan menghilangkan gejala masuk angin dengan Halo Jasa.