Tips Mengambil Foto Produk Untuk Jualan Online

0
2957
Halojasa Tips mengambil foto produk

Tips mengambil foto produk – Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menggaet banyak konsumen dalam berjualan online. Satu diantaranya ialah dengan mengupload foto produk di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tetapi, mengunggah foto saja tidak cukup lho. Anda harus mempertimbangkan kualitas foto produk yang diunggah. Pasalnya kualitas tampilan foto produk juga memberikan pengaruh yang besar pada para konsumen atau orang yang melihatnya. Produk yang bagus tanpa ditunjang dengan kualitas foto yang baik tidak akan menarik minat para konsumen untuk membeli produk tersebut. Begitu pula sebaliknya, produk yang biasa menjadi terlihat menarik karena pengambilan foto yang tepat. Karena itu, cara pengambilan foto produk perlu dipertimbangkan. Dewasa ini setiap orang bebas mengambil foto beragam produk hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. Hal tersebut sah-sah saja mengingat kini banyak produsen smarthphone yang melengkapi ponsel buatannya dengan kamera yang canggih lengkap dengna beragam fiturnya. Selain memanfaatkan smartphone, beberapa orang lainnya memanfaatkan kamera beresolusi tinggi guna mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Agar foto produk yang Anda ambil makin bagus, yuk cermati beberapa tips berikut ini.

  • Foto Harus Terlihat Jelas

Tips pertama yaitu foto harus terlihat jelas. Maksud dari tips pertama ini adalah Anda sebaiknya mencermati kembali foto-foto yang Anda ambil. Foto yang kurang jelas bisa jadi akan mengurangi minat pembeli produk online. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan untuk mendapatkan foto yang jelas. Beberapa diantaranya ialah pencahayaan yang tidak pas, kamera yang kurang memadai hingga skill memoto yang kurang. Sebelum mengambil foto perhatikan dahulu apa cahaya di sekitar Anda sudah cukup. Cahaya yang terlalu terang menjadikan foto menjadi lebih silau sementara cahaya yang terlalu redup atau kurang membuat efek foto menjadi tidak jelas. Dalam hal kamera, sebaiknya pilihlah kamera yang memadai. Anda bisa menggunakan kamera khusus atau hanya dengan menggunakan smartphone saja. Bila memilih menggunakan smartphone, perhatikan resolusi kamera tersebut. Semakin tinggi resolusi sebuah kamera maka semakin bagus pula foto yang dihasilkan. Skill dalam memotret juga menjadi perhatian penting agar Anda mendapatkan hasil foto yang bagus. Skill bisa juga berkaitan dengan keseimbangan Anda dalam mengambil foto. Misalnya saja tangan yang tidak goyah atau goyang pada saat mengambil foto. Bila Anda tidak dapat menyeimbangkan tangan Anda agar tidak goyah saat mengambil foto ada baiknya gunakan bantuan asesoris seperti tripod atau alat penyangga lainnya.

  • Background Foto Harus Sesuai

Tips selanjutnya ialah dengan memperhatikan background foto. Tips kedua ini masih ada hubungannya dengan tips pertama. Pasalnya, background juga mempengaruhi tingkat kecerahan sebuah foto. Untuk itu Anda perlu memastikan apakah backgroung yang digunakan sudah tepat. Sebelum memilih wana background sebaiknya pertimbangkan warna produk Anda terlebih dahulu. Bila produk yang kita jual memiliki warna yang cenderung terang, ada baiknya kita memilih background yang bertolak belakang dengan warna produk tersebut alis sedikit gelap. Hindari menggunakan background yang memiliki warna sama dengan produk yang difoto. Hal ini untuk menghindari kesamaan warna yang mengakibatkan foto menjadi tidak jelas. Warna background yang sama dengan produk akan mengakibatkan fokus orang yang melihat beralih ke background tersebut. Bila barang yang Anda jual memiliki warna yang cenderung gelap seperti baju hitam atau celana dengan warna coklat tua ada baiknya kita memilih background yang lebih cerah dengan warna produk tersebut misalnya saja krem atau putih.

  • Ambil Foto Dari Beberapa Sisi

Selain harus memperhatikan background yang digunakan untuk menghasilkan foto yang jelas, tips mengambil foto produk lainnya yang bisa Anda terapkan ialah mengambil foto dari beberapa sisi. Ambilah beberapa sisi foto produk yang ingin Anda jual. Mengapa foto harus diambil dari beberapa sisi? Hal ini agar kita dapat memberitahukan kepada setiap orang yang melihatnya khususnya calon pembeli tentang detail produk yang dijual. Misalnya produk yang dijual adalah sepatu, pastikan untuk mengambil foto dari sisi depan, belakang, samping kanan dan samping kiri, dari sisi atas dan bawah. Sementara itu, bila produk yang dijual adalah produk kecantikan seperti masker, ambilah foto produk tersebut dan pada saat masker tersebut digunakan pada wajah. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang lebih menyukai produk yang terlihat jelas dari banyak sisi. Bila Anda menjual produ fashion, teliti kembali detail produk tersebut. Baju yang hendak difoto sebaiknya tidak boleh dalam keadaan kusut. Bila perlu Anda perlu menggunakan model untuk mengenakan baju tersebut. Ambil foto dari beberapa sisi. Bila tidak memungkinkan untuk menggunakan model, Anda bisa menggantung baju atau fashion tersebut. Anda juga masih bisa memanfaatkan manekin. Tehnik ini terlihat sederhana namun sangat penting diperhatikan. Jangan asal-asalan dalam mengambil foto produk baju. Gantung baju dengan cara yang benar. Perhatikan pula warna gantungan baju. Percaya atau tidak, gantungan baju yang digunakan juga mempengaruhi bentuk baju yang Anda foto.

Mengambil foto produk tidak selamanya susah. Untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal memang diperlukan beberapa strategi dan tehnik tertentu. Nah, Anda tidak memilki bakat dalam hal fotografi namun ingin mengupload foto untuk kebutuhan jualan online, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada jasa fotografi produk. Selain hasil foto yang dihasilkan lebih bagus dan profesional, Anda bisa menambah wawasan dalam mengambil foto yang bagus. Bila foto produk yang Anda unggah ke media sosial berkualitas dan bagus maka hal tersebut tentunya akan mempengaruhi minat pembeli bukan?

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
50%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%