Baru Tahu Manfaat Totok Wajah untuk Kecerdasan Emosional? Yuk, Pahami Titik-Titik dan Tekniknya!

0
701
Manfaat Totok Wajah Sangat Beragam
Manfaat Totok Wajah Sangat Beragam

Meski segala sesuatu berkembang pesat, termasuk teknologi kecantikan, banyak orang masih memilih mengakses metode-metode tradisional untuk melakukan perawatan kulit wajah. Salah satu metode yang semakin populer adalah totok wajah. Ternyata, manfaat totok wajah ini bukan hanya untuk kecantikan, loh.

Perlu Anda ketahui, totok wajah merupakan sebuah teknik pijat tradisional yang berasal dari kekayaan warisan budaya Indonesia. Totok wajah menawarkan manfaat yang luar biasa, bukan hanya soal kecantikan, tetapi juga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian, manfaat totok wajah, hingga cara melakukannya.

Pengertian Totok Wajah

Totok Wajah, Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya
Totok Wajah, Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Anda tertarik dengan layanan totok wajah untuk mengembalikan kesehatan dan kesegaran kulit wajah Anda? Nah, sebelum mencoba layanannya, ketahui terlebih dahulu bahwa totok wajah merupakan teknik pijat tradisional warisan akulturasi budaya di Indonesia.

Jangan kaget jika wajah Anda ditekan-tekan oleh para  terapis. Totok wajah memang dilakukan dengan metode menekan titik-titik tertentu pada wajah menggunakan ujung jari atau alat-alat khusus. Hal itu mengingat kemajuan teknologi saat ini yang sudah semakin canggih.

Gerakan menekan pada titik-titik tertentu pada wajah itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan pada kulit wajah. Sebab, gerakan tersebut dapat merangsang peningkatan sirkulasi darah, meredakan ketegangan otot, serta merangsang produksi kolagen. 

Secara umum, totok wajah dikenal sebagai bentuk terapi refleksi wajah yang berasal dari konsep pengobatan holistik, yakni menganggap bahwa setiap bagian wajah terhubung dengan organ-organ tubuh tertentu.

Ketahui Sejarah Totok Wajah di Indonesia dan Perkembangannya

Seperti yang telah diketahui, terapi totok wajah di Indonesia merupakan warisan dari terjadinya akulturasi budaya. Jadi, totok wajah merupakan pijat wajah yang berasal dari Tiongkok.

Berbicara terkait dengan sejarah totok wajah di Indonesia, maka tidak bisa terlepas dari sejarah masyarakat Tionghoa di Indonesia. Teknik pijat pada totok wajah ini seringkali disebut terpengaruh oleh sistem pengobatan tradisional China. 

Di mana konsep akupunktur dan pijat refleksi dari tradisi pengobatan China sendiri memiliki kesamaan dengan beberapa teknik totok wajah yang ditemukan di Indonesia, yakni dengan pijatan ringan dan perlahan pada titik-titik tertentu pada wajah.

Dewasa ini, totok wajah kembali mendapat perhatian, tidak hanya sebagai bagian dari tradisi pengobatan tradisional, melainkan juga sebagai salah satu metode perawatan kecantikan alami. 

Bahkan, saat ini, sudah tidak sulit lagi untuk menemukan berbagai pusat kecantikan dan SPA modern di Indonesia yang menawarkan layanan totok wajah sebagai opsi peremajaan kulit dan relaksasi. Layanan yang ditawarkan tersebut pun akan sangat beragam, tergantung pada jenis-jenis totok yang digunakan. 

Apa saja sih, jenis-jenis totok yang biasa tersedia di pusat-pusat SPA?

Kenali Dulu Jenis-Jenis Totok Wajah Ini Agar Tidak Salah Pilih!

Anda ingin melakukan perawatan kulit wajah dengan layanan totok wajah? Eits, jangan asal pilih, sesuaikan dulu dengan jenis-jenis totok wajah yang biasa tersedia di pusat layanan perawatan.

Sebenarnya, perbedaan jenis-jenis totok wajah ini terletak pada teknik dan alat-alat yang digunakan untuk melakukan pijatan. Secara garis besar, setidaknya terdapat 3 jenis totok wajah berdasarkan teknik tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Totok Wajah Manual

Totok wajah manual mengandalkan keahlian dan kepekaan tangan dari terapis atau praktisi pijat. Terapis totok wajah manual biasanya akan memiliki pemahaman mendalam tentang anatomi wajah dan sistem tubuh manusia. 

Hal itu membuat para terapis dapat menyesuaikan teknik pijatan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi klien. Teknik totok wajah yang satu ini seringkali akan dilakukan dengan bantuan minyak atau krim untuk membantu pergerakan tangan dan mengurangi gesekan pada kulit wajah Anda. 

  • Totok Wajah dengan Alat

Berbeda dengan totok wajah manual yang hanya mengandalkan keahlian dan kepekaan tangan para terapis, jenis totok yang satu ini memanfaatkan alat-alat tertentu untuk memudahkan para terapis. Berikut ini adalah beberapa alat yang umum digunakan dalam totok wajah.

  • Gua Sha

Gua sha merupakan alat yang terbuat dari batu, seperti jade atau rose quartz, yang memiliki tepian rata dan tajam. Teknik ini melibatkan pemijatan lembut menggunakan tekanan ringan hingga sedang dengan gua sha pada wajah. 

  • Roller Wajah 

Roller wajah atau face roller merupakan alat berbentuk rol yang dapat terbuat dari batu, seperti jade atau rose quartz, dan logam. Alat ini memiliki dua rol yang dapat digerakkan ke atas dan ke bwah pada wajah. 

  • Kukusan Wajah

Kukusan wajah atau face steamer adalah alat yang digunakan untuk membuka pori-pori kulit dengan menghasilkan uap air panas. Hal ini dapat membantu membersihkan kulit, mempermudah penyerapan produk perawatan kulit, dan relaksasi otot wajah.

  • Pijat Elektronik

Dewasa ini, alat-alat pijat wajah elektrik juga telah dirancang khusus untuk teknik totok wajah. Beberapa alat ini memiliki berbagai kepala atau pengaturan kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca Juga  Ingin Meredakan Nyeri Gigi Tanpa Obat? 5 Titik Pijat Sakit Gigi Ini Wajib Anda Tahu

Nah, itulah beberapa alat yang biasa digunakan pada totok wajah. Tak sedikit pula layanan totok yang menggunakan peralatan lain, seperti jarum, pisau emas, batu giok, pena, dan sebagainya.

  • Totok Wajah Eksklusif 

Jenis totok wajah yang satu ini acap kali disebut dengan perawatan wajah yang eksklusif karena menggunakan intan atau berlian. Teknik totok yang satu ini seringkali diklaim sebagai bentuk perawatan kecantikan yang memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kulit.

Namun, perlu dicatat bahwa manfaat kesehatan dan kecantikan dari penggunaan intan atau berlian dalam totok wajah belum sepenuhnya didukung oleh bukti ilmiah. Bahkan, penggunaannya seringkali hanya dimaksudkan sebagai simbolis atau eksklusif.

Dari berbagai jenis totok wajah tersebut, perawatan ini diyakini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja sih, manfaat  totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah?

Manfaat Totok Wajah

Manfaat Totok Wajah Bukan Hanya Soal Kecantikan, Tapi Juga Kecerdasan Emosional
Manfaat Totok Wajah Bukan Hanya Soal Kecantikan, Tapi Juga Kecerdasan Emosional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terapi wajah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya soal kecantikan, tetapi juga kesehatan kulit wajah. Yuk, cari tau apa saja manfaat totok wajah.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Teknik pijat pada totok wajah ini dapat meningkatkan aliran darah ke wajah. Hal itu akan membantu menyuplai nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit, sehingga dapat memberikan efek menyegarkan pada kulit wajah Anda.

  • Merangsang Produksi Kolagen

Teknik totok wajah dapat merangsang produksi kolagen, yakni protein yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

  • Merilekskan Otot Wajah

Pemijatan pada titik-titik tertentu pada wajah dapat membantu merilekskan otot-otot wajah yang tegang, mengurangi ketegangan dan stress yang menyebabkan penuaan dini.

  • Mengurangi Kemerahan dan Pembengkakan

Kulit wajah sensitif menyebabkan wajah sering memerah. Nah, totok wajah dapat membantu Anda mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada wajah, sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih segar dan merata pada wajah.

  • Memperbaiki Bentuk Wajah 

Pada beberapa titik totok wajah, teknik ini diyakini dapat membantu memperbaiki bentuk wajah seperti menyempitkan pipi atau merampingkan dagu.

  • Menyembuhkan Jerawat dan Bekasnya

Anda memiliki kulit wajah berjerawat para? Nah, pijatan yang tepat pada titik-titik tertentu pada wajah dapat membantu Anda mengurangi peradangan pada jerawat dan mempercepat proses penyembuhan. Jadi, totok wajah bisa jadi solusi agar jerawat minggat.

  • Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan 

Totok wajah juga cocok untuk Anda yang sedang melakukan berbagai perawatan dengan menggunakan produk-produk tertentu. Teknik pijat pada wajah ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit, sehingga nutrisi dari krim atau serum lebih efektif diserap oleh kulit.

  •  Mengurangi Mata Panda dan Kantung Mata

Mata menghitam akibat kelelahan atau insomnia? Ini saatnya Anda menggunakan layanan totok wajah. Sebab, pemijatan lembut pada area sekitar mata dapat membantu mengurangi mata panda dan kantung mata, serta memberikan kesan wajah yang lebih cerah dan segar.

  • Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Totok wajah juga diyakini dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Hal itu dikarenakan gerakan-gerakan pijat pada totok wajah dapat merangsang titik-titik yang terkait dengan energi positif dan kebahagiaan.

  • Menyehatkan Organ Tubuh

Konsep refleksi wajah dalam layanan totok wajah mengaitkan setiap titik dengan organ-organ tubuh. Oleh karena itu, totok wajah dianggap dapat membantu menjaga kesehatan organ-organ tubuh secara keseluruhan.

Efek Samping Totok Wajah

Setelah mengetahui berbagai manfaat totok wajah, perlu Anda ketahui pula efek samping totok wajah yang bisa terjadi akibat ketidakcocokan perawatan. Sebab, perlu diingat bahwa setiap perawatan tidak selalu cocok untuk semua orang.

Beberapa efek samping yang mungkin timbul dari totok wajah meliputi:

  • Reaksi Alergi: Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap produk atau minyak yang digunakan untuk totok wajah.
  • Iritasi Kulit: Biasaya efek samping ini akan terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih layanan totok wajah yang berkualitas. Salah satu penyedia layanan pijat totok wajah panggilan dengan para terapis andal dan berpengalaman adalah Halo Massage. 

Baca Juga  Batuk Tak Kunjung Reda? Pijat Refleksi Solusinya!

Layanan di Halo Massage juga menyediakan layanan premium, yang memungkinkan Anda untuk memilih produk yang sesuai dengan sensitivitas kulit Anda. 

Titik Totok Wajah yang Perlu Diketahui

Yuk, kenali titik totok wajah yang melibatkan pijatan tertentu yang dianggap terkait dengan berbagai bagian tubuh. Berikut ini adalah beberapa titik totok wajah yang umumnya digunakan:

  • Dahi: di antara kedua alis, dianggap terkait dengan sistem pencernaan
  • Samping Mata: titik di samping mata yang terkait dengan hati dan ginjal
  • Hidung: titik ini diyakini terkait dengan pernapasan dan sistem pernapasan
  • Mulut: di sekitar bibir adalah titik yang diyakini terkait dengan sistem pencernaan dan hormonal
  • Pipi: titik di pipi adalah titik yang dapat merangsang sirgkulasi daran dan meningkatkan kekenyalan kulit
  • Rahang: titik di sekitar rahang terkait dengan organ reproduksi dan hormon
  • Leher: titik di leher diyakini terhubung dengan kesehatan tiroid dan sistem saraf

Persiapan dan Prosedur Totok Wajah

Jangan Asal-Asalan, Ini Prosedur dan Teknik Totok Wajah
Jangan Asal-Asalan, Ini Prosedur dan Teknik Totok Wajah

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari totok wajah, Anda perlu mengetahui cara melakukannya dengan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah umum dalam melakukan totok wajah.

  • Pembersihan Wajah atau Sterilisasi

Pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih sebelum memulai totok wajah. Sebaiknya, gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Hal ini berguna untuk mengoptimalkan khasiat dari totok wajah atau produk yang digunakan.

  • Menggunakan Minyak atau Krim Pijat

Setelah sterilisasi, biasanya, para terapis akan mengoleskan minyak atau krim pijat ringan untuk membantu jari meluncur dengan lembut dan mengurangi gesekan pada kulit. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari iritasi dan sebagainya.

  • Pemilihan Titik yang Tepat

Seperti yang telah diketahui, para terapis tentunya sudah mengetahui titik-titik totok wajah yang ingin difokuskan, apalagi jika terapi dilakukan secara manual. Meski begitu, Anda perlu memilih para terapis yang sudah teruji. Pilih tempat-tempat atau penyedia layanan yang telah menjamin kualitas dan keahlian para terapisnya.

  • Menggunakan Teknik Pemijatan yang Benar 

Jika Anda sudah mempercayakan totok wajah pada para terapis yang benar, tentu selain mengetahui titik-titik tertentu, para terapis berpengalaman tentu akan menggunakan teknik pemijatan yang benar. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir pijatan mereka akan menimbulkan sakit, seperti gerakan melingkar atau lurus sesuai titik.

  • Teknik Menotok dengan Tekanan Rendah ke Sedang

Baik totok manual maupun menggunakan alat, pastikan teknik pemijatan atau penotokan benar. Gunakan gerakan melingkar atau vertikal dengan tekanan yang nyaman. Hindari tekanan yang terlalu keras agar tidak merusak kulit wajah. Selain itu, terapis juga terkadang memberikan gerakan dari atas ke bawah untuk memberikan efek lifting.

  • Pijatan Wajah Setelah Penotokan 

Setelah proses totok selesai, untuk lebih memberikan efek relaksasi yang sempurna pada wajah, para terapis biasanya akan memberikan pijatan di area wajah dengan tekanan yang lebih ringan. 

  • Melakukan Totok Wajah Secara Teratur

Agar efeknya terasa, lakukan totok wajah secara rutin dan teratur, idealnya seminggu sekali atau sesuai kebutuhan kulit wajah Anda.

Perawatan Pasca Totok Wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah melakukan totok wajah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Hindari Membilas Wajah dengan Air Panas

Setelah melakukan totok wajah, Anda sebaiknya tidak membilas wajah dengan air panas, terutama jika Anda menggunakan produk perawatan kulit atau minyak. Sebab, saat itu pori-pori kulit masih terbuka, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit, menghilangkan minyak alami pada kulit, menyebabkan pembengkakan dan kemerahan.

  • Gunakan Sunscreen untuk Melindungi Wajah

Setelah proses penotokan, sebaiknya Anda menghindari sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen pasca totok dapat membantu kulit Anda. 

  • Kompres dengan Air Dingin untuk Menutup Pori-Pori

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pasca-totok, pori-pori kulit wajah Anda akan terbuka dan dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kulit. Oleh karena itu, sebagiknya Anda mengompress kulit dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

  • Gunakan Pelembab atau Masker Wajah untuk Menenangkan

Untuk menjaga kelembapan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab atau masker wajah, sehingga kualitas totok wajah dapat menyerap secara maksimal. Selain itu, pemberian masker wajah juga akan memberikan efek menenangkan.

Rekomendasi untuk Anda yang Ingin Totok Wajah

Harga totok wajah sendiri sangat bervariasi di setiap penyedia layanan jasa ini. Salah satu rekomendasi penyedia layanan totok wajah dan pijat tradisional lainnya adalah Halo Massage dari aplikasi Halo Jasa. Kenapa?

Selain Anda tidak perlu keluar rumah untuk mengantre di pusat-pusat SPA, para terapis yang dihadirkan ke rumah Anda adalah terapis yang memiliki sertifikasi keahlian dan berpengalaman. Sehingga, Anda bisa menikmati sensasi totok wajah dengan paripurna.

Nah, itulah penjelasan mengenai serba-serbi manfaat totok wajah hingga cara melakukannya. Semoga bermanfaat!