7+ Manfaat dan Tips Pijat Bayi Yang Wajib Diketahui Moms!

0
542
tempat pijat bayi terbaik dan terpercaya serta aman untuk buah hati hanya di Halo Massage
berikan layanan yang terbaik untuk sang buah hati demi tumbuh kembangnya bersama Halo Massage

Melakukan pijat bayi adalah sebuah praktik yang telah dilakukan selama berabad-abad sebagai bentuk perawatan yang sangat diperlukan untuk kesejahteraan bayi. Proses ini tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, tetapi juga penting untuk memperkuat ikatan batin dan emosional antara bayi dan orang tua. Dengan pemahaman yang tepat tentang teknik pijat bayi yang benar dan perhatian terhadap kebutuhan khusus bayi, moms dapat memberikan perawatan yang baik dan menenangkan untuk mendukung pertumbuhan bayi secara menyeluruh. Salah satu cara untuk memberikan perhatian penuh pada sang buah hati adalah dengan pijat khusus bayi. Ini sangat penting dan jangan moms sepelekan. Memijat bayi tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Perlu keahlian khusus untuk memijat bayi moms.

Definisi Pijat Bayi

Buah hati anda harus mendapatkan layanan terbaik dengan pijatan nyaman dan aman dari Halo Massage
menjadi partner terbaik moms memilih pijat bayi yang nyaman untuk sang buah hati tercinta

Pijatan pada bayi adalah serangkaian gerakan lembut yang dilakukan pada bayi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Terinspirasi dari praktik pijat tradisional, pijat bayi modern telah berkembang menjadi bentuk perawatan yang diterima secara luas di berbagai budaya. Tujuan utama dari pijat bayi adalah untuk memperkuat ikatan bathin antara bayi dan orang tua, merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisik, serta memberikan rasa nyaman dan keamanan pada bayi. Melakukan pijatan payi memberikan efek yang luar biasa, seperti bayi akan terasa lebih rileks dan nyaman saat tertidur, pertumbuhan bayi yang baik dengan dibarengi asupan yang baik dan lingkungan yang mendukung. 

Manfaat Pijat Bayi Bagi Pertumbuhan dan Kesehatan

Massage atau pijat bayi telah menjadi praktik yang umum dilakukan oleh banyak orang tua di seluruh dunia sebagai bagian dari perawatan terhadap buah hati. Selain memberikan momen ikatan bathin antara orang tua dan bayi, pijat bayi juga memiliki sejumlah manfaat positif untuk pertumbuhan dan kesehatan si kecil. 

Pijat bayi bukan hanya tentang memberikan kenyamanan secara fisik, tetapi juga tentang memberikan perhatian dan kasih sayang yang mendalam. Dengan memahami manfaat pijat bayi bagi pertumbuhan dan kesehatan, orang tua dapat membuat hubungan yang kuat dengan anak sejak dini. Pijatan bayi dapat dijadikan sebagai momen berharga dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, memberikan dampak positif yang dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Pijat Bayi Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Hubungan antara orangtua dan bayi adalah inti dari pembentukan ikatan emosional yang kuat. Sentuhan, perhatian, dan kehadiran orangtua memainkan peran kunci dalam perkembangan emosional dan sosial anak. Inilah mengapa pentingnya mempererat hubungan orangtua dan bayi tidak bisa dianggap sepele. Berikut adalah beberapa cara bagaimana orangtua dapat mempererat ikatan emosional dengan sang bayi:

  • Kontak Kulit dengan Kulit (Kangaroo Care)

Praktik ini menempatkan bayi secara langsung langsung di kulit orangtua, biasanya di dada atau perut. Kontak kulit dengan kulit tidak hanya memberikan kehangatan fisik, tetapi juga mengirimkan sinyal ke bayi bahwa mereka aman dan dicintai. Kangaroo Care dapat dilakukan segera setelah kelahiran dan terbukti memiliki efek positif pada perkembangan emosional bayi.

  • Memberikan Perhatian Penuh

Waktu yang dihabiskan bersama bayi seharusnya tidak hanya sebatas kegiatan fisik. Memberikan perhatian penuh melibatkan koneksi emosional dengan bayi. Saat memberikan makan, mengganti popok, atau hanya berbicara dengan bayi, orangtua dapat menciptakan momen ikatan bathin yang kuat.

  • Berbicara dan Bernyanyi

Meskipun bayi mungkin belum dapat memahami kata-kata, sang bayi merespons suara orangtua dengan baik. Berbicara atau bernyanyi kepada bayi dapat memberikan stimulasi auditif dan membantu membentuk dasar komunikasi. Suara lembut dan melodis dapat memberikan kenyamanan.

  • Pijatan dan Sentuhan Lembut

Seperti yang dibahas sebelumnya, pijatan bayi bukan hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga menciptakan ikatan emosional yang mendalam. Sentuhan lembut melalui pijatan tidak hanya memberikan rasa nyaman fisik tetapi juga mengkomunikasikan kasih sayang dan perhatian.

Manfaat Pijat Bayi

Kenapa sih harus memijat bayi? Apalagi yang masih dibawah umur 2 tahun apakah rentan terjadinya kecelakaan saat memijat? Tenang moms, memang memjiat bayi tidak sama dengan memijat orang dewasa pada umumnya. Pijat bayi dilakukan dengan sentuhan yang lembut, yang membuat rileks bayi bahkan saat sang bayi tertidur. Ketahui beberapa manfaat pijat bayi yang terbukti khasiatnya antara lain:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sentuhan lembut pijatan pada bayi dapat merangsang sistem kekebalan tubuh mereka. Pijatan dapat membuat sirkulasi darah lancar, yang membantu mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Bayi yang mendapatkan pijatan secara teratur lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

  • Memperlancar peredaran darah dan pencernaan

Melakukan pijatan pada bayi dengan tepat memberikan dampak yang baik termasuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh sang bayi. Selain itu, pijat pada perut dapat membantu memperlancar sistem pencernaan bayi dan mencegah masalah pencernaan. Untuk menghindari adanya masalah pada pencernaan bayi, tentunya dengan melakukan pijatan lembut pada bayi dapat membantu perncernaan sang bayi menjadi lancar.

  • Merangsang pertumbuhan otot dan syaraf

Pijatan ringan pada tubuh bayi dapat memberikan stimulasi sensorik yang penting untuk perkembangan saraf. Sentuhan lembut ini membantu meningkatkan kesadaran sensorik, membantu bayi mengembangkan persepsi terhadap lingkungan sekitarnya. Pijatan juga dapat merangsang pengembangan koordinasi motorik halus dan kasar, membantu sang bayi belajar meraih, menggenggam, dan merespons rangsangan dengan lebih baik. Ini bagus untuk menumbuhkan otot-otot pada bayi sehingga bayi tumbuh dengan sehat.

  • Memberi rasa nyaman dan mengurangi kolik

Pijatan pada area perut bayi dapat membantu meredakan kolik dan ketidaknyamanan perut yang sering dialami oleh bayi. Gerakan pijatan yang lembut dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mengurangi kemungkinan bayi merasa tidak nyaman akibat perut kembung dan memberi rasa aman dan nyaman pada bayi.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Pijat bayi secara teratur dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak dan teratur. Dengan memijat pada waktu tertentu seperti dari pagi ke siang atau sore sehabis mandi dapat membantu tubuh bayi lebih rileks dan nyaman saat tidur.

  • Meredakan stres dan meningkatkan mood 

Relaksasi sangat membantu meredakan stress dan otomatis membuat mood menjadi lebih baik. Sama halnya pada sang bayi, dengan relaksasi sang buah hati akan merasakan kenyamanan dan memberikan tumbuh kembang yang baik. Jika bayi tidak stress, maka ia akan merasakan kenyamanan yang baik dan mood baiknya akan terjaga.

  • Membantu pertumbuhan optimal bayi

Dengan kenyamanan pijatan pada bayi, akan membantu pertumbuhan dan perkembangan sang bayi semakin baik. Pijat pada bayi dapat merangsang otot-otot dalam tubuh bayi membuat lebih baik perkembangannya sehingga bayi tumbuh dengan sehat.

  • Meningkatkan ikatan batin orangtua dan bayi

Melalui pijat, bayi dapat merasakan sentuhan sayang dan perhatian dari orang tua, yang membantu membangun koneksi emosional yang sehat. Memijat bayi tidak seperti pijat pada orang dewasa, pijat bayi dilakukan dengan lembut dan memberikan seluruh kasih sayang pada buah hati tercinta sehingga bayi juga akan merasakan hal tersebut dan membantu bayi tumbuh den berkembang dengan baik.

Baca Juga  Luluran Pengantin Untuk Kulit Sehat dan Berseri di Hari Bahagia

Jenis Pijat untuk Bayi

memberikan pijatan pada bayi merangsang untuk tumbuh kembangnya, dengan Halo Massage membuat bayi makin relax
pijat bayi membantu proses pertumbuhan buah hati anda. Halo Massage memberikan sentuhan sepenuh hati untuk si kecil.
  • Pijat bayi prematur 

Melakukan pijat pada bayi memang baik, namun apakah hal tersebut sama pada bayi yang terlahir dengan prematur? Perlu moms ketahui, memang bayi prematur identik dengan persalinan yang tidak sama dengan bayi normal lainnya. Namun, moms tidak perlu khawatir, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sampai saat ini tidak ada kasus berbahaya akibat massage baby, tetapi tetap harus dibarengi dengan keahlian memijat bayi prematur dengan baik untuk membangun stimulus yang baik bagi bayi agar tumbuh kembangnya perlahan baik dan sehat.

  • Pijat bayi usia 0-3 bulan

Melakukan relaksasi pada bayi di rentang usia 0-3 bulan memang sangat baik untuk menstimulus pertumbuhan bayi. Pada usia bayi 0-1 bulan, moms dapat melakukan pijatan selama 3-5 menit. Sedangkan rentang usia 1-3 bulan, moms bisa melakukan pijatan selama 15 menit. Dengan tetap memperhatikan kondisi bayi dan kehati-hatian sehingga bayi mendapatkan hasil pijatan yang baik.

  • Pijat bayi usia 4-6 bulan

Untuk bayi di usia 4-6 bulan, moms dapat melakukan pijatan pada si kecil lebih dari 15 menit karena pada usia ini, bayi sudah mulai merespon lingkungan sekitarnya. Jadi komunikasi antara moms dan bayi juga menjadi lebih baik dan bayi cepat menangkap stimulus tersebut.

  • Pijat bayi usia 6-12 bulan

Pijatan bayi pada usia 6-12 bulan sangat bermanfaat dan terbukti membantu kualitas tidur menjadi lebih baik. Dalam beberapa penelitian menjelaskan bahwa pijat bayi pada rentang usia 6-12 bulan memiliki pengaruh yang signifikan dalam kualitas tidur sang bayi.

  • Pijat bayi usia 1-3 tahun

Ketika usia bayi sudah menginjak usia 1-3 tahun, mulai memasuki dunia aktif dan mencari tau banyak hal tentang lingkungannya. Melakukan massage sangat baik untuk menstimulus otot bayi agar semakin tumbuh dan berkembang dengan cepat dan sehat.

  • Pijat Relaksasi

Pijat relaksasi dilakukan dengan gerakan lembut dan menenangkan untuk membantu bayi merasa rileks. Dilakukan dengan sentuhan ringan pada tubuh bayi, terutama pada bagian punggung, bahu, dan kaki. Pijatan relaksasi dapat membantu mengurangi ketegangan otot, merangsang kualitas tidur yang nyaman, dan menciptakan suasana yang tenang.

  • Pijat aromaterapi

Massage dengan aromaterapi membuat bayi merasakan ketenangan dan relaksasi yang baik. Sehingga bayi merasa nyaman dan stimulus perkembangan bayi semakin baik.

  • Pijat untuk kolik dan kembung

Pijat perut dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan perut dan kolik yang sering dialami oleh bayi. Gerakan pijatan lembut searah jarum jam di sekitar pusar dapat membantu merangsang pencernaan dan mengurangi gas dalam perut bayi. Ini menjadi pilihan yang baik untuk membantu bayi yang mengalami ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

Baca Juga  7 Spa Hotel Terdekat dan Berkualitas di Bogor untuk Perawatan Kebugaran dan Kecantikan Terbaik

Tips Cara Memijat Bayi dengan Benar

Memijat bayi tidak serta merta dilakukan asal-asalan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diikuti saat melakukan pijat bayi:

  • Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Pastikan lingkungan di sekitar bayi tenang dan nyaman, tanpa gangguan yang dapat mengganggu proses pijatan. Hal ini dilakukan agar sang bayi tetap tenang dalam tidurnya dan menikmati pijatannya.

  • Gunakan Minyak Pijat yang Aman

Pilih minyak pijat bayi yang alami dan aman untuk kulit bayi. Hindari menggunakan minyak bayi yang dapat menyebabkan buah hati menjadi alergi atau iritasi pada kulitnya yang masih sangat sensitif. Penting untuk moms memilih minyak yang tepat dan tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Mulailah dengan Gerakan Ringan

Mulailah dengan gerakan ringan, seperti mengelus lembut tubuh bayi, untuk membantu bayi merasa nyaman dan rileks. Karena struktur tulang bayi yang masih rentan jika terkena gesekan kasar, maka perlu kewaspadaan dalam memijat bayi, cukup usap dengan lembut, ini akan membantu bayi dalam menikmati sentuhan yang nyaman dan merangsang pertumbuhan sang bayi.

  • Melakukan Gerakan Pijat Bayi yang Lembut dan Beraturan

Gunakan gerakan pijat yang lembut dan beraturan di bagian tubuh yang berbeda, seperti punggung, lengan, kaki, dan perut, untuk merangsang sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot bayi. Untuk mendukung pertumbuhannya, diperlukan pijatan yang lembut dan memberikan dampak yang positif untuk bayi selama tumbuh kembangnya.

  • Berinteraksi dengan Bayi

Selama proses pijat, berinteraksilah dengan bayi dengan senyuman, kontak mata, dan suara lembut untuk membangun ikatan emosional yang kuat. Meskipun hanya berbicara sendirian, namun hal ini berpengaruh besar pada sang bayi dengan menangkap rangsangan melalui pendengaran dan visual serta dibantu dengan pijatan yang lembut membuat bayi mendapatkan kehangatan yang sempurna.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Pijatan Bayi

Memilih pijat bayi sangat penting untuk tumbuh kembang menjadi lebih baik
memberikan layanan on demand terbaik yang bermanfaat untuk pertumbuhan buah hati agar tumbuh maksimal

Sebelum moms melakukan pijatan pada bayi, perhatikan beberapa hal dibawah ini agar pelaksanaan pijatan memberikan dampak yang positif pada bayi. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika moms melakukan pijat bayi :

  • Keamanan

Pastikan keamanan bayi selama proses pijat, hindari gerakan yang kasar atau menekan terlalu keras pada tubuh bayi. Hindari pula gerakan tiba-tiba yang mengagetkan sang bayi dan gerakan yang membuat cedera pada bayi. Buatlah lingkungan senyaman mungkin dan bayi akan menikmati pijatan dengan baik.

  • Kesehatan Kulit

Gunakan minyak pijat yang aman dan hindari kulit yang sensitif atau luka pada bayi. Kulit bayi yang memang sangat sensitif, oleh karena itu perlu menyesuaikan dan memilih minyak bayi yang cocok untuk kulit sensitifnya. 

  • Kenyamanan Bayi

Perhatikan reaksi bayi selama proses pijat, dan hentikan pijatan jika bayi terlihat tidak nyaman atau rewel. Ini menandakan bayi merasakan hal aneh dan bisa saja mengakibatkan hal lain yang dapat menyebabkan cedera. Tetap hati-hati dan buat bayi nyaman dengan pijatan moms. Lakukan pijatan sekitar 15 sampai 20 menit setiap 2 hingga 3 kali dalam sehari. Semua ini dilakukan tetap disesuaikan kembali dengan kondisi sang buah hati.

Dengan perhatian dan kelembutan, pijat bayi dapat menjadi momen yang istimewa antara orang tua dan bayi, memberikan manfaat yang signifikan untuk pertumbuhan fisik dan emosional bayi serta ikatan batin yang kuat anatar ibu dan anak. Melalui pijatan yang teratur dan tepat, orang tua dapat membantu memastikan kesehatan dan tumbuh kembang bayi dalam membangun ikatan emosional yang kokoh sejak usia dini.

Jika moms masih belum mahir melakukan pijat payi, kini ga perlu khawatir. Halo Massage hadir untuk moms dan sang buah hati tercinta. Halo Massage by Halo Jasa bisa menjadi partner untuk menikmati tumbuh kembang si kecil menjadi lebih baik. Halo Massage memberikan layanan terbaik dengan terapis professional dan terpercaya hanya untuk moms dan sang anak tercinta. Buat tumbuh kembang si kecil makin tumbuh dan berkembang bersama Halo Massage dari Halo Jasa. Pesan sekarang dan klaim voucher menariknya.